PAKET
I
CONTOH
SOAL DAN
PEMBAHASAAN
IPA
SMP
SOAL NO : 1
Kemampuan yang diuji : Menentukan
besaran fisika dan satuan yang sesuai
Indikator : Disajikan tabel besaran dan satuan atau tabel
hasil suatu percobaan, peserta didik dapat menentukan pasangan besaran fisika
tertentu dan satuannya yang sesuai
Soal :
|
No
|
Besaran fisika ( B )
|
1.
|
Massa
jenis
|
2.
|
Suhu
|
3.
|
Kelajuan
|
4.
|
Kuat arus
|
Pasangan besaran fisika dan satuan dalam Sistem Internasional ( S I ) yang
benar adalah ....
- B1 dan S4
- B2 dan S3
- B3 dan S1
- B4 dan S2
Kunci jawaban : A
PEMBAHASAN
1.
Pasangan
besaran dan satuan :
No.
|
Besaran Fisika
|
Satuan
|
Keterangan
|
S / B
|
1
2
3
4
|
Massa jenis (K1)
Suhu (K2)
Kelajuan
(K3)
Kuat
arus (K4)
|
kg / m³
(L4)
celcius
(L3)
km /
jam (L1)
ampere (L2)
|
SI
non-SI
non-SI
SI
|
B
S
S
B
|
SOAL NO : 2
Kemampuan yang diuji :
Membaca alat ukur
Indikator : Disajikan gambar /ilustrasi,
peserta didik dapat membedakan pengukuran secara langsung dan tidak langsung
Soal :
Perhatikan gambar berikut !
Pengukuran volume benda dilakukan dengan mencelupkan
benda pada bejana. Dari data yang
tampak pada alat ukur, volume benda
tersebut adalah ....
A.
25 cm³
B. 35 cm³
C. 60 cm³
D. 85 cm³
Kunci
jawaban : A
Pembahasan
1.
SOAL NO : 3
Kemampuan yang diuji : Menentukan salah satu variabel dari rumus
Indikator : Disajikan gambar , peserta didik dapat
menentukan salah satu variabel dari rumus
p= m/v atau jenis suatu zat bila data yang diperlukan diketahui
Soal :
Perhatikan gambar alat
dan bahan berikut !
Jika massa jenis logam yang tercelup tersebut 7.900
kg/m³, maka massanya adalah ....
A.
237 gram
B. 263 gram
C. 300 gram
D. 380 gram
Kunci jawaban : A
Pembahasan
A.
SOAL NO : 4
Kemampuan yang
diuji : Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan ganbar peristiwa dalam kehidupan
sehari hari, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam
peristiwa tersebut
Soal :
1. Perhatikan tabel data
kepustakaan berikut !
Jenis bahan
|
Koefisien muai panjang ( / ºC )
|
Alumunium
|
0,000024
|
Tembaga
|
0,000017
|
Besi
|
0,000012
|
Perak
|
0,000020
|
Dari ke empat jenis bahan tersebut dibuat “BIMETAL” seperti pada gambar.
Jika suhu bimetal dinaikkan, maka yang terjadi adalah….
|
Pasangan logam
|
Bimetal membengkok
ke arah
|
|
Logam A
|
Logam B
|
||
A
|
Perak
|
Alumunium
|
Logam
B
|
B
|
Alumunium
|
Besi
|
Logam
A
|
C
|
Tembaga
|
Perak
|
Logam
B
|
D
|
Besi
|
Tembaga
|
Logam A
|
Kunci Kunci
jawaban : D
Pembahasan
Bila
bimetal dipanaskan, akan membengkok ke arah logam yang koefisien muai
panjangnya lebih kecil.
No.
|
Pasangan logam
|
Bimetal membengkok ke arah
|
B / S
|
Alasan
|
|
Logam A
|
Logam B
|
||||
1
2
3
4
|
Perak
Alumunium
Tembaga
Besi
|
Alumunium
Besi
Perak
Tembaga
|
Logam B
Logam A
Logam B
Logam A
|
S
S
S
B
|
αB > αA
αA > αB
αB > αA
αA > αB
|
SOAL NO : 5
Kemampuan yang diuji : Menentukan salah satu variabel dari rumus
kalor
Indikator : Disajikan grafik suhu terhadap kalor, peserta
didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan
Q = m.c. atau Q = m. L bila
data yang diperlukan diketahui.
Soal :
Gambar berikut
menunjukkan grafik antara suhu dan waktu
dari sebongkah es yang dipanaskan,
Jika kalor jenis es = 2.100 J/kgºC, kalor lebur es = 340.000 J/kg, kalor
jenis air 4.200 J/kgºC dan massanya 300 gram, maka jumlah kalor yang diperlukan
untuk meleburkan es menjadi air pada titik leburnya ( proses B – C ) adalah
....
A. 3.150 joule
B. 25.200 joule
C.
102.000 joule
D. 130.350 joule
Kunci Kunci jawaban : C
Pembahasan
1. Proses B – C : Perubahan wujud
(melebur)
SOAL NO : 6
Kemampuan yang
diuji : Membedakan jenis gerak lurus dan
mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Membedakan GLB,
GLBB dipercepat atau GLBB diperlambat
melalui contoh peristiwa dalam kehidupan sehari hari
Soal :
1. Perhatikan gambar berikut !
Gerakan kelapa jatuh ( gambar I ) dan gerak bola yang
dilempar vertikal ke atas oleh seorang siswa
( gambar II )memiliki jenis gerak ….
|
gambar I
|
gambar II
|
A.
|
GLBB
dipercepat
|
GLBB
diperlambat
|
B.
|
Gerak lurus beraturan
|
GLBB dipercepat
|
C.
|
GLBB diperlambat
|
GLBB dipercepat
|
D.
|
GLBB diperlambat
|
Gerak lurus beraturan
|
Kunci Kunci
jawaban A
Pembahasan
Gambar I : buah jatuh → GLBB dipercepat
Gambar II : gerak vertikal ke atas →
GLBB diperlambat
SOAL NO : 7
Kemampuan yang
diuji : Menentukan variabel dari rumus tekanan pada
suatu zat
Indikator : Disajikan gambar atau tabel tentang tekanan pada zat padat, peserta didik
dapat menentukan salah satu parameter
dalam persamaan p=F/A, bila data yang diperlukan diketahui
Soal :
1. Perhatikan gambar
berikut !
|
Dari perubahan kedudukan
tersebut, maka tekanan yang diberikan oleh benda terhadap lantai adalah ….
|
Posisi
I
|
Posisi
II
|
A.
|
30
N/m²
|
50
N/m²
|
B.
|
30
N/m²
|
60
N/m²
|
C.
|
50
N/m²
|
100
N/m²
|
D.
|
60 N/m²
|
100 N/m²
|
Kunci Kunci
jawaban : D
Pembahasan
Posisi I :
Posisi
II :
SOAL NO : 8
SKL : Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak,
gaya, usaha dan energi ) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kemampuan yang diuji : Menentukan variabel dari rumus tekanan pada
suatu zat
Materi Pokok : Tekanan pada zat padat, zat cair dan gas
Indikator : Disajikan gambar bejana berisi zat
cair, peserta didik dapat
menentukan salah satu variabel dari
persamaan tekanan hidrostatik Ph = p.g.h,
bila variabel yang lain diketahui
Soal :
1.
Perhatikan
gambar berikut !
Jika percepatan gravitasi di tempat ini sebesar 10 N/kg,
maka tekanan hidrostatis tepat di mulut ikan tersebut sebesar….
A. 1.000 N/m2
B. 1.500 N/m2
C. 8.500 N/m2
D. 10.000 N/m2
Kunci : C
Pembahasan
Ρ = ρ. g. h
= 1 g/cm3 .
10 N/kg . 85 cm
= 1.000 kg/ m3
. 10 N/kg . 0,85 m
= 8.500 N/ m2
SOAL NO : 9
SOAL NO : 9
Kemampuan yang
diuji : Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat
dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : Disajikan
gambar suatu alat dalam kehidupan sehari hari,peserta didik dapat menyebutkan
perubahan energi yang terjadi
Soal :
1. Perhatikan gambar bagian depan sepeda lengkap dengan dynamo dan lampunya
berikut !
Ketika sepeda tersebut dikendarai seorang siswa dengan
kelajuan sebesar 5 m/s, proses perubahan energi yang terjadi hingga lampu dapat
menyala adalah ….
A. energi kimia à energi listrik à energi kalor + energi cahaya
B. energi listrik à energi cahaya à energi kalor + energi gerak
C. energi kimia à energi cahaya à energi listrik + energi kalor
D. energi gerak à energi
listrik à energi cahaya + energi kalor
Kunci
: D
Pembahasan
1.
Data dari gambar (sepeda + dinamo) :
Energi gerak → energi listrik →
energi cahaya + energi kalor.
SOAL NO : 10
Kemampuan yang diuji :
Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
Indikator : Menentukan usaha yang dilakukan oleh resultan
beberapa gaya, melalui gambar
Soal :
1. Perhatikan gambar berikut !
Besar usaha yang dilakukan oleh F1 dan F2
adalah....
A. 1000 joule
B.
600 joule
C. 400 joule
D. 200 joule
Kunci
jawaban : B
Pemahasan
= ( 40 N-10 N) . 20 m
= 600 joule.
SOAL
NO 11
Kemampuan yang diuji :
Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
Indikator : Disajikan
gambar berkaitan dengan energi potensial
dan energi kinetik, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam
persamaan Ep = mgh atau Ek = ½ mv2
atau hubungan usaha = perubahan energi mekanik
Soal :
1.
Perhatikan gambar!
Ali yang tubuhnya bermassa 60 kg ingin menaiki tangga
dari lantai A ke lantai B seperti tampak pada gambar. Jika percepatan gravitasi
bumi di tempat tersebut 10 m/s2, maka usaha yang dilakukan oleh Ali
sebesar ….
A. 225 joule
B. 200 joule
C. 300 joule
D. 450 joule
Kunci jawaban : C
Pembahasan 11
1.
|
Kemampuan yang
diuji : Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan gambar dalam stem atau dalam
option , peserta didik dapat mengidentifikasi jenis jenis pesawat
sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari
Soal :
|
|
Di antara keempat pesawat sederhana berikut yang prinsip kerjanya sejenis dengan
alat di atas adalah ....
Kunci jawaban : D
Pembahasan 12
Prinsip kerjanya berdasarkan :
A → tuas
B → tuas
C → tuas
D → bidang
miring
SOAL NO : 13
Kemampuan yang
diuji : Menentukan salah satu besaran fisika pada
getaran dan gelombang
Indikator : Disajikan
grafik gelombang , peserta didik dapat menentukan nilai salah satu besaran gelombang
Soal :
Grafik berikut menampilkan simpangan dari sebuah titik dalam satu medium
sebagai fungsi waktu ketika sebuah gelombang lewat melalui medium.
Jika panjang
gelombang tersebut 6 m, maka cepat rambat gelombangnya adalah ….
- 3 m/s
- 6 m/s
- 8 m/s
- 12 m/s
Kunci
jawaban : D
Pembahasan 13
1.
SOAL NO : 14
Kemampuan
yang diuji : Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta
pemanfaatannya
Indikator : Menjelaskan
ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari, melalui gambar.
Soal :
Seorang siswa melakukan percobaan di lab-IPA dengan menggunakan penggaris
plastik yang dijepitkan salah satu ujungnya pada meja seperti gambar berikut :
Ketika panggaris digetarkan ternyata menghasilkan 1.000 getaran setiap
menitnya, namun siswa tersebut tidak
mendengar getaran bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan ....
A. dinding
lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi
B. bunyi yang
dihasilkan diserap oleh dinding lab-IPA
C. frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari
20 Hz
D. frekuensi
bunyi yang dihasilkan lebih dari 20 Hz
Kunci
jawaban : C
Pembahasa 14
1.
Frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang
dari 20 Hz, sehingga tidak dapat didengar oleh manusia.
SOAL NO : 15
Kemampuan yang
diuji : Menentukan berbagai besaran fisika jika benda
berada di depan lensa atau cermin
Indikator : Menentukan jarak bayangan, tinggi bayangan
jika benda diletakkan di depan cermin
Soal :
Gambar berikut menunjukkan benda B diletakkan di depan cermin .
Bayangan yang terbentuk
akan berada pada posisi yang berjarak dari cermin (titik O) sejauh....
A. 60 cm
B. 22 cm
C. 12 cm
A.
60 cm
B.
22 cm
C.
12 cm
D.
10 cm
Kunci
jawaban : A
Pembahasan : 15
Data dari gambar :
SOAL NO : 16
Kemampuan yang
diuji : Menentukan berbagai besaran fisika jika benda
berada di depan lensa atau cermin
Indikator : Disajikan gambar sebuah benda berada di depan
sebuah lensa , peserta didik dapat menentukan salah satu besaran fisika , jika
variabel yang diperlukan diketahui
Soal :
Diagram di bawah ini
menunjukkan sebuah benda diletakkan di depan lensa cembung dengan jarak fokus
dan posisi benda seperti pada gambar.
Jarak bayangan yang dibentuk berada dari lensa sejauh
....
A. 80 cm
B.
60 cm
C. 40 cm
D. 27 cm
Kunci
jawaban : B
Pembahasan 16
Data
dari gambar :
SOAL
NO : 17
Kemampuan yang
diuji : Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Melalui
gambar , peserta didik dapat menentukan penggunaan lensa kacamata yang benar
pada jenis cacat mata tertentu
Soal :
Perhatikan gambar jalannya
sinar pada mata sebelum dan sesudah menggunakan lensa kacamata berikut :
Berdasarkan data yang tampak pada gambar I dan II, dapat
dipastikan ....
|
cacat mata yang diderita
|
penyebab
|
A
|
hipermetropi
|
titik dekat mata bergeser menjauhi mata
|
B
|
hipermetropi
|
titik dekat mata bergeser mendekati mata
|
C
|
miopi
|
titik jauh mata bergeser menjauhi mata
|
D
|
miopi
|
titik jauh mata bergeser mendekati
mata
|
Kunci jawaban : D
Pembahasan 17
Berdasarkan
jalannya sinar sebelum dan sesudah pakai kacamata, dipastikan cacat mata yang
diderita : MIOPI.
Penyebab : titik
jauh mata (PR) bergeser mendekati mata
SOAL NO : 18
Kemampuan yang
diuji : Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis
serta menentukan jenis muatan
Indikator : Melalui gambar,
peserta didik dapat menjelaskan terjadinya pemuatan listrik statis serta menentukan jenis muatan listriknya.
Soal :
Seorang siswa melakukan
penyelidikan perilaku sisir terhadap serpihan kertas berikut :
Hasil penyelidikannya, sisir plastik tersebut dapat menarik serpihan kertas
seperti pada gambar. Hal ini disebabkan sisir plastik telah ....
|
digosok dengan
|
peristiwa yang terjadi
|
jenis muatan listrik yang ditimbulkan
|
A
|
kain sutera
|
mendapat tambahan elektron
|
negatif
|
B
|
kain
wol
|
mendapat
tambahan elektron
|
negatif
|
C
|
kain sutera
|
kehilangan beberapa elektron
|
positif
|
D
|
kain wol
|
kehilangan beberapa elektron
|
positif
|
Kunci
jawaban : B
Pembahasan
18.
Sisir plastik
digosokkan dengan kain wol akan bermuatan listrik negatif. Peristiwa yang
terjadi: sisir plastik mendapat tambahan elektron dari kain wol sehingga sisir
plastik kelebihan elektron → bermuatan listrik negatif.
SOAL NO : 19
Kemampuan yang
diuji : Menentukan
besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
Indikator : Disajikan
gambar rangkaian listrik yang didalamnya terdapat beberapa penghambat yang
terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat menentukan besar kuat arus
listrik atau besar beda potensial dalam rangkaian listrik tersebut.
Soal :
Perhatikan gambar
rangkaian listrik berikut !
Setelah saklar S ditutup, arus listrik I1 yang mengalir melalui
hambatan 6Ω dan arus listrik I2
yang melalui hambatan 3 Ω adalah ….
|
Kuat
arus I1
|
Kuat
arus I2
|
A.
|
2
ampere
|
1
ampere
|
B.
|
1
ampere
|
3
ampere
|
C.
|
1 ampere
|
2 ampere
|
D.
|
2
ampere
|
3
ampere
|
Kunci
jawaban : C
Pembahasan 19.
, R total
= 2 ohm
+ ( 6x3/6+3 ) ohm
= 2 ohm + 2
ohm
= 4 ohm
I
induk = V/ R total
= 12v/4ohm = 3 ampere
V (2 ohm) = I.
R
= 3 A . 2 ohm
= 6 volt
V ( R
par ) = I . R par
= 3 A .
( 6x3/6+3 ) ohm
= 3 A .
2 ohm
= 6
volt
I1 = V( R par ) / 6 ohm I2 = V ( Rpar ) /
3 ohm
=
6v/6 ohm = 1 A =
6v/3 ohm = 2 A
SOAL NO : 20
Kemampuan yang
diuji : Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk
rangkaian listrik
Indikator : Disajikan gambar
rangkaian listrik yang
didalamnya terdapat beberapa penghambat
(resistor) yang terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat
menentukan besar beda potensial diantara penghambat yang terangkai tersebut
Soal :
Perhatikan gambar
rangkaian listrik berikut !
Bila hambatan dalam baterai diabaikan dan terminal
voltmeter (V) dihubungkan pada titik P dan Q, maka besar beda potensial antara
P dan Q (VPQ) adalah....
A. 4 volt
B. 8 volt
C. 12 volt
D. 16 volt
Kunci
jawaban : B
Pembahasan : 20
R
total = 2 ohm + 3 ohm = 5 ohm
A. I induk Data dari gambar :
= V/ R total = 20
v/5 ohm = 4 A
Vpq = I induk . R ( = 2 ohm )
= 4
A . 2 ohm = 8 volt
SOAL
NO : 21
Kemampuan
yang diuji : Menentukan besarnya
energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Melalui data
pemakaian beberapa alat listrik , peserta didik dapat menghitung biaya rekening
listrik yang harus dibayar pada suatu rumah sederhana
Soal :
Ketika tarif harga energi listrik per kWh adalah Rp
400,00, pesawat TV setiap hari bekerja rata-rata 4 jam. Jika alat ini
dihubungkan dengan sumber tegangan listrik 220 volt dan memakai arus listrik
sebesar 0,5 ampere, maka biaya pemakaian energi listrik per bulan ( 30 hari )
sebesar ....
A.
Rp 52.800,00
B.
Rp
5.280,00
C.
Rp 5.250,00
D.
Rp 4.280,00
Kunci jawaban : B
Pembahasan 21
W sehari = 220 V . 0,5 A . 4
jam = 440 Wh
W 30 hari = 30 . 440 wh =
13200 Wh = 13,2 kWh
Biaya = 13,2 kWh . Rp. 400,00/kWh = Rp.
5.280,00
SOAL NO : 22
Kemampuan yang
diuji : Menentukan besarnya energi dan daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan
gambar produk teknologi yang
dirangkaikan pada jaringan listrik PLN , peserta didik dapat menentukan besar
daya listrik yang digunakan oleh produk teknologi tersebut.
Soal :
Perhatikan gambar teko listrik berikut !
Ibu memanaskan air dengan teko listrik dan
menghubungkannya pada sumber tegangan PLN yang sesuai dengan spesifikasinya
seperti pada gambar. Jika arus listrik yang mengalir pada alat tersebut 400 mA,
maka teko tersebut menggunakan daya listrik sebesar ....
A.
88 kilowatt
B.
8,8 kilowatt
C.
0,88 kilowatt
D. 0,088
kilowatt
Kunci
jawaban : D
Pembahasan
22
A. P =
V. I
= 220 v x 400 mA = 220 v x 0,4 A
= 88 watt = 0,088 kilowatt
SOAL NO : 23
Kemampuan
yang diuji : Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang
dihasilkan
Indikator : Menjelaskan cara pembuatan magnet dengan cara induksi, elektromagnet atau
gosokan serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan, melalui gambar
Soal :
Seorang siswa menggosokkan sebuah magnet KL dengan batang batang besi
dengan arah seperti pada gambar berikut :
|
||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||
Hasil yang benar dilakukan
pada percobaan ke ….
- (1) dan (2)
- (1) dan (3)
- (2) dan (4)
- (3) dan (4)
Kunci jawaban : D
Pembahasan
23
Membuat magnet dengan cara menggosok :
-
Jika
kutub utara magnet yang digosokkan, maka kutub magnet
buatan yang
dihasilkan pada akhir gosokan adalah kutub selatan.
-
Jika
kutub selatan magnet yang digosokkan, maka kutub magnet
buatan yang dihasilkan pada akhir gosokan adalah kutub
utara.
SOAL NO : 24
Kemampuan yang
diuji : Menjelaskan karakteristik benda-benda langit
dalam tata surya
Indikator : Disajikan gambar/narasi susunan Tata Surya,
peserta didik dapat menjelaskan karakteristik benda benda langit dalam Tata Surya.
Soal :
Komet merupakan benda langit yang memiliki ekor. Ketika bergerak mendekati
matahari melalui orbitnya, ekornya selalu bertambah....
A. panjang, arah mendekati matahari
B.
panjang, arah menjauhi matahari
C. pendek, arah menjauhi matahari
D. pendek, arah mendekati matahari
Kunci jawaban : B
Pembahasan 24
Komet
= bintang berekor.
Ekor
komet selalu menjauhi matahari. Ketika mendekati matahari, ekornya bertambah
panjang, dan ketika menjauhi matahari, ekornya bertambah pendek.
SOAL NO : 25
Kemampuan yang
diuji : Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan
pasang surut dengan posisi bulan
Indikator : Disajikan gambar posisi Matahari, Bumi, dan
Bulan , peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan pasang naikdan pasang surut
air laut dengan posisi Bulan.
Soal :
Perhatikan gambar bulan mengelilingi
bumi dan bersama-sama beredar mengelilingi matahari berikut !
Peredaran bulan tersebut menyebabkan air laut pasang di
bumi. Pasang minimum dan pasang maksimum terjadi ketika bulan berturut-turut
berada pada titik….
A.
(1),
(3) dan (2), (4)
B. (1), (4) dan (2), (3)
C.
(2), (4) dan (1), (3)
D. (2), (3) dan (1), (4)
Kunci
jawaban : C ( 2, 4 ) dan ( 1, 3 )
Pembahasan 25
Pasang naik dan pasang surut air
laut disebabkan oleh :
( 1 ) gravitasi bulan, dan
( 2 ) gravitasi matahari terhadap bumi
Jika posisi
bulan, matahari, dan bumi membentuk garis lurus, air laut terjadi pasang
maksimum. Jika posisi bulan, matahari, dan bumi membentuk siku-siku, air laut
terjadi pasang minimum.
Nomor 26.
Kompetensi yang di uji :
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Indikator soal : Disajikan gambar ciri-ciri mahluk hidup,
peserta didik dapat menentukan ciri yang benar
Soal Nomor 26 :
Perhatikan gambar
berikut!
A. berkembangbiak
B. memerlukan makanan
C. tumbuh
dan berkembang
D. peka terhadap rangsang
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan 26
Gambar urutan metamorfosis pada katak dari telur sampai
dewasa merupakan ciri mahluk hidup yaitu
tumbuh dan berkembang
Nomor 27
Kompetensi yang di uji :
Mengidentifikasi ciri-ciri pada
pengelompokan makhluk hidup
Indikator soal :
Disajikan bebapa gabar hewan peserta
didik dapat mengidentifikasi kelompok hewan tertentu
Soal Nomor 27 :
Perhatikan gambar berikut1
|
||||||||
|
||||||||
|
||||||||
|
||||||||
Kelompok hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat
adalah …..
A. 1
dan 2
B.
2
dan 3
C. 3
dan 4
D. 4
dan 1
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah kura-kura
dengan ular, keduanya tergolong dalam kelompok reptilia.
Nomor 28
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan interaksi antar makhluk
hidup dalam ekosistem
Indikator
soal : Disajikan bagan rantai makanan/jarring makanan
peserta didik dapt menetukan akibat yang terjadi bila salah satu komponen
mengalami kepunahan
Soal Nomor 28 :
Perhatikan jaring-jaring makanan pada ekosistem sawah berikut!
Kemungkinan yang akan terjadi jika populasi tikus menurun
karena diburu oleh para petani adalah... .
A. populasi padi meningkat, populasi ular menurun
B. populasi padi menurun, populasi elang meningkat
C. populasi padi meningkat, populasi ulat menurun
D. populasi
elang meningkat, populasi ular menurun
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
Dalam jarring-jaring makanan tersebut jika tikus di
populasinya menurun maka mengakibatkan gangguan dan ketidakseimbangan dalam
ekosistem, dimana tanaman padi akan meningkat populasinya, sementara ular yang
makananya tergantung pada tikus maka
populasinya akan menurun bahkan musnah.
Nomor 29
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup
dalam ekosistem
Indikator
soal : Peserta didik dapat menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)
Soal Nomor 29 :
Contoh yang menunjukkan
pola interaksi antara dua mahluk
hidup yang saling menguntungkan adalah ….
A. ikan
remora dengan ikan hiu
B. bunga rafflesia dengan
tanaman inang
C. lebah madu dengan
bunga mangga
D. burung jalak dengan
kerbau
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Ikan remora dengan ikan hui merupakan
simbiosis komensalisme dimana ikan remora dapat makanan dari sisa-sisa ikan
hiu, sementara ikan hiu tidak rugi
Bunga rafflesia dengan
tumbuhan inang adalah simbiosis komensalisme
Lebah dengan bunga
simbiosis mutualisme
Burung jalak dengan
kerbau simbiosis komensalisme
Nomor 30
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk
mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Indikator soal :
Peserta didik dapat menjelaskan usaha manusia untuk mengurangi pencemaran
Soal Nomor 30 :
Usaha yang harus
dilakukan oleh pemerintah daerah
perkotaan untuk mengurangi tingkat pencemaran udara adalah...
A. membatasi penggunaan kendaraan bermotor
B. menutup pabrik yang tidak bercerobong asap
C. menanam pohon dipinggir jalan jalur hjau
D. membuat undang-undang
anti pencemaran
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Di daerah perkotaan yang
tingkat pencemaran udaranya tinggi akibat asap kendaraan bermotor perlu
dilakukan usaha untuk mengatasinya, salah satu usaha yang tepat dengan menanam
pohon jalur hijau dan membuat taman sebagai paru-paru kota.
Nomor 31
Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi usaha manusia dalam
melestarikan makhluk hidup
Indikator soal : Disajikan gambar tumbuhan langka, peserta
didik dapat menentukan usaha untuk melestarikannya
Soal Nomor
31:
Perhatikan gambar
berikut
Usaha
yang dapat dilakukan
untuk melestarikan jenis tanaman tersebut adalah ….
A. membangun suaka
margasatwa
B.
membuati
kebun raya
C.
menyilangkan jenis tanaman tersebut
D.
menanfaatkan
untuk hiasan
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Tanaman Rafflesia
Arnoldi merupakan tanaman langka, diperlukan usaha untk melestarikannya
agar keberadaannya tidak punah maka perlu di lestarikan dengan mendirikan
tempat khusus seperti kebun raya
Nomor 32
Kompetensi yang di uji : Memprediksi
hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari
kepadatan pnduduk terhadap sumberdaya lingkungan
Soal Nomor 32 :
Pertumbuhan
penduduk yang semakin tak terkendali memiliki dampak terhadap
sumber daya alam, yaitu....
A.
meningkatnya kriminalitas
B. munculnya kasus kelaparan
C. menipisnya sumber air bersih
D. sempitnya lapangan kerja
Kunci Jawaban : C
Pembahasan
:
Dampak pertumbuhan
penduduk yang tak terkendali di suatu daerah akan mengakibatkan berbagai
masalah seperti : kebutuhan air bersih, masalah
lahan tempat tinggal, kebutuhan udara bersih dan sebagainya.
Nomor 33
Kompetensi yang di uji :
Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada
alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal : disajikan gambar peserta didik dapat
menentukan sendi dari gambar yang disajikan
Soal Nomor 33:
Perhatikan
gambar sendi berikut!
Nama
sendi yang di tunjuk oleh tanda K adalah ….
A. sendi engsel
B. sendi peluru
C. sendi
pelana
D. sendi
putar
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
Sendi yang di tunjuk adalah sendi engsel,
terletak pada siku dan lutut. Sendi yang lain adalah sendi peluru terdapat pada
pangkal paha dan pangkal lengan, sendi putar terletak pada tulang atlas yaitu
persendian antara leher dan tengkorak kepala.
Nomor 34
Kompetensi yang di uji :
Menentukan jenis tulang/ sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal : disajikan tabel ciri-ciri otot, peserta didik dapat menentukan perbedaan otot pada manusia
Soal Nomor 34 :
Perhatikan ciri-ciri otot, berikut!
No
|
Otot rangka
|
Otot polos
|
Otot jantung
|
1
|
Bentuk
silinder
|
Bentuk
gelendong
|
Bentuk
silinder bercabang
|
2
|
Berinti
satu
|
Berinti
banyak
|
Berinti
banyak
|
3
|
Warna
bening
|
Warna
bening
|
Warna
lurik-lurik
|
4
|
Bekerja
diatur otak
|
Bekerja
tidak diatur otak
|
Bekerja
secara otonom
|
Pada tabel di atas, yang menunjukkan perbedaan antara otot rangka,
polos, dan jantung adalah nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
No
|
Otot rangka
|
Otot polos
|
Otot jantung
|
bentuk
|
Bentuk
silinder
|
Bentuk
gelendong
|
Bentuk
silinder bercabang
|
Jimlah
inti
|
Berinti
banyak
|
Berinti
1
|
Berinti
banyak
|
Warna
|
Warna
lurik-lurik
|
Warna
bening
|
Warna
lurik-lurik
|
Cara
kerja
|
Bekerja
diatur otak
|
Bekerja
tidak diatur otak
|
Bekerja
secara otonom
|
Terdapat
/tempat
|
Menempel
pada rangka, maka disebut juga daging
|
Terdapat
pada saluran pencernaan, pembuluh darah, saluran ekskresi
|
Terdapat
hanya pada jantung
|
Nomor
35
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses
pencernaan
Indikator soal :
Disajikan gambar alat pencernaan makanan, peserta didik dapat menentukan organ
penghasil enzim tertentu.
Soal Nomor 35 :
Perhatikan gambar berikut
Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton
dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor : ....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
Dalam lambung dihasilkan 3 macam enzim yaitu
pepsin berperan mengubah protein menjadi pepton, enzin rennin mengubah/mengendapkan
casein susu dan asam klorida (HCl) berperan mengasamkan makanan dan membunuh
kuman yang masuk bersama makanan. Enzim lain yang berperan mengubah protein
adalah tripsin yang di hasilkan oleh pancreas, berfungsi mengubah
pepton/protein menjadi asam amino
Nomor 36
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator soal : Peserta didik dapat menentukan zat yang
berpengaruh pada proses pembekuan darah
Soal Nomor 36 :
Seseorang yang kekurangan vitamin K akan mengalami kesulitan
dalam proses pembekuan darahnya, sebab….
A. trombosit tidak
dapat membentuk enzim trombokinase
B. trombosit tidak
dapat mengubah trombokinase
C. fibrinogen tidak
dapat membentuk fibrin
D. protrombin tidak
dapat membentuk trombin
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
:
Pada proses pembekuan darah dibutuhkan mineral kalsium dan vitamin K, keduanya berfungsi
membantu pengubahan fibrinogen menjadi benang-benang fibrin sehingga dapat
menutup luka dan darah tidak
keluar dari tubuh
Nomor 37
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
Indikator soal :
Disajikan gambar nefron peserta didik dapat menentukan bagian organ yang memiliki fungsi tertentu.
Soal Nomor 37 :
Perhatikan gambar berikut
Bagian
ginjal yang berfungsi untuk filtrasi darah di tunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
Bagian ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah adalah
simpai Bowmann dan Glomerolus yang terdapat pada korteks ginjal. Pada gambar
nomor 1). Glomerolus, 2). Sipmai Bowmann, 3).anteri ginjal dan 4) adalah
tubulus halus
Nomor 38
Kompetensi yang di
uji : Menjelaskan sistem saraf pada manusia
Indikator soal :
Disajikan data, peserta didik dapat
menentukan urutan gerak refleks
Soal Nomor 38 :
Perhatikan nama-nama
organ berikut!
1. otot
2. sumsum
tulang belakang
3. saraf motorik
4. pusat saraf
5. alat indera
6. saraf sensorik
Urutan gerak refleks
adalah … .
A.
6 à 5 à 1 à 3 à 2
B.
6à 4 à 2 à 1 à 3
C.
5 à 3 à 4 à 6 à 1
D. 5 à 6 à 2 à 3 à 1
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Gerak refleks adalah gerak yang tidak disadari oleh otak,
sedangkan gerak sadar/normal adalah gerak yang disadari oleh otak
Urutan gerak reflex : rangsang diterima oleh
alat indra diteruskan ke saraf sensorik kemudian ke konektor (sumsum tulang
belakang) terus ke saraf motorik terus ke otot
Rangsang
→ indra → saraf sensorik →
konektor (sumsum tulang belakang) → saraf motorik → otot
Urutan gerak normal/gerak sadar
Rangsang
→ indra → saraf sensorik →
konektor →otak → saraf motorik → otot
Nomor 39
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
Indikator soal : Disajikan
gambar penampang melintang batang, peserta didik dapat menentukan bagian jaringan dengan
fungsi tertentu
Soal Nomor 39 :
Perhatikan gambar penampang melintang batang
dikotil berikut!
Fungsi bagian yang bertanda X adalah
mengangkut ….
- air dari tanah ke seluruh tubuh tumbuhan
- hasil fotosintesis dari seluruh tubuh tumbuhan
- oksigen dari batang ke seluruh tubuh tumbuhan
- karbondioksida ke seluruh organ daun
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
:
Jaringan yang di tunjuk adalah pembuluh tapis
atau floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh
tubuh tumbuhan. Jaringan lain adalah pembuluh tapis merfungsi untuk mengangkut
air dan mineral dari dalam tanah ke daun.
Nomor 40
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator soal : Disajikan tabel, peserta didik dapat
nenentukan hubungan antara jenis rangsang tumbuhan dan arah gerak
Soal Nomor 40 :
Perhatikan tabel berikut!
No
|
Bagian tanaman
|
Jenis rangsangan
|
Arah gerak
|
1
|
Ujung tanaman
|
Cahaya matahari
|
Menghindari matahari
|
2
|
Ujung akar
|
Gaya tarik bumi
|
Ke arah pusat bumi
|
3
|
Sulur tanaman
|
Sentuhan
|
Membelit pada dahan
|
4
|
Daun putri malu
|
Sentuhan
|
Daun akan menutup
|
Dari tabel di atas, bagian
tanaman yang sesuai dengan jenis rangsang dan arah geraknya adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
:
Gerak yang benar pada tabel adalah gerak ujng akar menuju kea rah pusat bumi
disebut gerak geotropism, dan gerak daun putrid malu yang disentuh akan menutup disebut gerak
tigmonasti/seismonanti
Nomor 41
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar
Indikator
soal : Disajikan gambar tumbuhan,
peserta didik dapat menentukan contoh gerak yang dipengaruhi datangnya rangsang
Soal Nomor 41`:
Perhatikan gambar berikut!
Peristiwa yang ditunjukkan oleh perubahan dari gambar 1
ke 2 adalah ….
A. menutupnya daun putri malu karena layu
B. menutupnya
daun putri malu akibat iritabilitas
C. akibat kekurangan air dari dalam tanah
D. karena
suhu lingkungan lembab
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
Gerak yang benar pada tabel adalah gerak ujng akar menuju kea rah pusat bumi
disebut gerak geotropism, dan gerak daun putrid malu yang disentuh akan menutup disebut gerak
tigmonasti/seismonanti
Nomor
42
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan proses
fotosintesis dan percobaan percobaan tentang proses tersebut
Indikator
soal : Disajikan gambar
percobaan fotosintesis, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan
tersebut
Soal
:
Perhatikan gambar proses fotosintesis berikut!
Gambar percobaan di atas menunjukkan bukti bahwa fotosintesis ....
A. menghasilkan
amilum
B. menghasilkan
oksigen
C. memerlukan
oksigen dan air
D. memerlukan
air dan amilum
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
|
Rekasi kimia fotosintesis
:
Nomor
43
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan konsep
perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
Indikator
soal : Peserta didik dapat menjelaskan tingkah laku
mahluk hidup dalam menghadapi bahaya
Soal
Nomor 43 :
Dalam keadaan bahaya, cecak akan mengelabui musuhnya dengan cara ….
A. mengubah
warna tubuhnya
B. memutuskan
ekornya
C. mengeluarkan
cairan
D. mengeluarkan
bau
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
Dalam kondisi berbahaya maka cecak
mengorbankan ekornya untuk diputuskan, peristiwa ini merupakan cara adaptasi
tingkah laku yang disebut ototomi, sementara hewan lain
seperti bunglon dengan cara mengubah warna tubuhnya., cumi-cumi dengan cara
menyemprotkan tinta hitan.
Nomor 44
Kompetensi yang di uji :
Menginterpretasikan hasil persilangan
berdasarkan hukum Mendel
Indikator soal : Disajikan
contoh pesilangan dihibrida, peserta didik dapat menentukan jumlah/perbandingan
fenotip pada F-2
Soal Nomor 44 :
Tanaman mangga berbuah besar dan berasa asam ( BBmm ) disilangkan dengan mangga yang berbuah
kecil dan berasa manis (bbMM) menghasilkan F1 (BbMm) dengan fenotip buah besar rasa manis . Jika F1 disilangkan sesamanya, perbandingnan buah mangga yang besar dan berrasa
manis adalah ...
A.
1/ 16
B.
2/ 16
C.
3/ 16
D.
9/ 16
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
P1. : Besar, asam x
Kecil, manis
(BBmm) (bbMM)
Gamet:
Bm bM
F1 : BbMm
Besar,Manis
100%
P2 : Besar Manis x
Besar Manis
(BbMm) (BbMm)
Gamet :
BM BM
Bm Bm
bM bM
bm
bm
F2 : Keturunan
kedua adalah :
|
BM
|
Bm
|
bM
|
bm
|
BM
|
BBMM
|
BBMm
|
BbMM
|
BbMm
|
Bm
|
BBMm
|
BBmm
|
BbMm
|
Bbmm
|
bM
|
BbMM
|
BbMm
|
bbMM
|
bbMm
|
bm
|
BbMm
|
Bbmm
|
bbMm
|
bbmm
|
Perbandingan fenotip dan
Genotip pada F2 adalah sbb
:
Perbandingan Genotip :
BBMM : BBMm : BbMM : BbMm : BBmm : Bbmm : bbMM : bb Mm :
bbmm.
1
: 2 :
2 : 4
: 1 :
2 : 1
: 2 :
1
Perbandingan Fenotip :
Besar
Manis : 9
Besar Asam :
3
Kecil Manis : 3
Kecil Asam : 1
Nomor 45
Kompetensi yang di uji : Menginterpretasikan hasil persilangan
berdasarkan hukum Mendel
Indikator soal : disajikan
hasil persilangan monohibrida, peserta didik dapat menentukan rasio genotip induknya
Soal Nomor 45 :
Tumbuhan Mirabilis jalapa berbunga merah (MM) disilangkan dengan yang berbunga putih (mm).
Keturunan pertamanya (F1) menghasilkan tumbuhan dengan perbandingan fenotip merah : putih
= 1 : 1, maka genotip induknya adalah ….
A. MM
B. mm
C. Mm
D. mM
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
:
P1. :
merah x putih
(Mm) (mm)
Gamet: M m
m m
F1.
Keturunan kedua adalah
|
m
|
m
|
M
|
Mm
|
Mm
|
m
|
mm
|
mm
|
Perbandingan Genotif :
Mm
: mm
2 2
Nomor
46
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat
untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
Indikator soal : peserta didik dapat menentukan salah satu
cara teknologi rreproduksi inseminasi buatan
Soal
Nomor 46 :
Untuk mendapatkan
keturunan sapi yang unggul,
seorang dokter hewan memasukkan spermatozoid sapi unggul ke dalam rahim sapi
betina. Proses yang dilakukan oleh dokter tersebut disebut....
A. kloning
B. bayi tabung
C. inseminasi buatan
D. transplantasi inti
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Salah satu teknologi reproduksi untuk mendapatkan bibit unggul dan
keturunan yang baik adalah dengan cara kawin suntik/inseminasi buatan, misalnya
pada sapi. Selain itu bisa juga di
lakukan dengan cara kloning
Nomor 47
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
Indikator soal :
Peserta didik dapat menentukan mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan
salah satu jenis makanan
Soal Nomor47 :
Bakteri yang yang membantu perubahan singkong menjadi
tape adalah ....
A. Rizhopus, sp
B. Lactobacillus ,sp
C. Acetobacter xylinum
D. Saccharomyces cereviceae
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Bioteknologi konvensional sering dipakai
dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, salah satunya adalah pembuatan tape
dengan batuan ragi (Saccaromyces
cereviceae), pembuatan tempe dengan bantuan jamur Rizhopus sp, untuk membuat
yogurt dibantu oleh Lactobacillus ,sp. Sementara
untuk membuat nata di coco dengan bantuan
Acetobacter xylinum
Nomor
48
Kompetensi
yang di uji : Menentukan bahan kimia
pada makanan yang ditambahkan pada makanan
Indikator
soal : peserta didik dapat menentukan zat aditif
makanan untuk tujuan tertentu
Soal Nomor 48 :
Bahan makanan berikut yang termasuk jenis penyedap rasa adalah …
A. Aspartam, sakarin, MSG
B. isoamil asetat, etil butirat, MSG
C. metil anthranilat,
vesin, aspartame
D. natirum benzoate, MSG, karamel
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Zat aditif alami
untuk makanan
Pewarna : Antosianian : memberikan warna oranye,
merah dan biru.
Contoh
: anggur, strobery, rasberi, bunga
Karotinoid :
memberikan warna kuning, oranye dan merah
Contoh
: wortel, tomat, cabai, daun jati, daun jambu biji
Klorofil memberikan warna hijau contoh : daun suji, katuk, dan pandan
Kurkumin : memberikan warna kuning. Contoh kunyit
Pengawet : pengawet
makanan alamin digunakan bahan dengan dosisi tinggi seperti pengasinan, pemanisan, pengasapan,
pangasaman, dsb.
Contoh pengawet buatan : asam benzoate, asam asetat, asam
propionate, asam sorbet
Pemanis : aspartame,
siklamat dan sakarin
Penyedap alami :
bawang merah, bawang putih, pandan wangi,
Penyedap buatan : monosodium glutamate (MSG) / vitsin,
isoamil asetat, etil butirat
Nomor 49
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan
teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas
organism disertai dengan contohnya
Indikator soal : peserta
didik dapat menentukan contoh rekayasa reproduksi untuk meningkatkan kualitas
mahluk hidup
Soal Nomor
49 :
Rekayasa reproduksi
yang dilakukan manusia untuk mengubah urutan informasi genetik di dalam
kromosom organisme adalah ….
A. transgenik
B. kultur jaringan
C. inseminasi
buatan
D. bayi tabung
Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Kultur
jaringan atau in vitro atau
mikropropagasi adalah cara menanam dan memelihara sel atau jaringan dari
tumbuhan atau hewan yang di sebut eksplan secara aseptik (suci hama) pada suatu
medium yang cocok dan dalam keadaan steril
Inseminasi
buatan, adalah proses
memasukkan spermatozoid hewan jantan ke dalam tubuh hewan betina yang dilakukan
dengan bantuan alat tertentu (“alat suntik”). Oleh karena itu, inseminasi
buatan sering disebut dengan kawin suntik. Rekayasa reproduksi inseminasi
buatan sering dilakukan pada hewan
ternak seperti sapi dan lembu.
Bayi tabung dilakukan dengan cara mencampurkan spermatozoa dan sel
telur di luar tubuh (invitro) sehingga terjadi pembuahan. Sel telur yang
telah mengalami pembuahan, akan
berkembang sampai pada fase tertentu,
selanjutnya di transplantasikan (dicangkokkan) ke dalam rahim induknya atau
induk pengganti, manakala induk aslinya tidak sanggup mengandung anaknya.
Kloning berarti “menciptakan” suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki materi
genetik persis sama dengan makhluk hidup lainnya, misalnya ketela pohon dan
tebu.
Rekayasa
genetika adalah mengubah faktor
keturunan (gen) untuk mendapatkan sifat baru. Pengubahan gen dapat dilakukan
melalui transfer inti, fusi sel, dan rekombinasi DNA.
Rekombinasi
DNA, Rekombinasi DNA adalah
pemutusan dan penyambungan DNA. DNA mengandung gen yang mengendalikan sifat
individu
Organisme transgenik adalah organisme yang telah diubah urutan informasi
genetik di dalam kromosomnya. Susunan materi genetik, diubah dengan
jalan menyisipkan gen baru yang unggul ke dalam kromosomnya
Nomor 50
Kompetensi yang di uji :
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita
Indikator soal :
Disajikan data ciri-ciri pengaruh zat adiktif bagi kesehatan, peserta didik dapat menentukan
ciri yang di timbulkan oleh zat adiktif tertentu.
Soal Nomor 50 :
Ciri-ciri korban ketergantungan narkotika:
1) merasa rileks
2) pupil mata menyempit
3) tekanan darah menurun
4) denyut urat nadi melambat
5) menimbulkan rasa gembira
berlebihan
Diantara ciri-ciri di atas, yang merupakan ciri pengguna
heroin adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 4, 5, dan 1
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan :
Opium merupakan
narkotika dari golongan opioida, dikenal juga dengan sebutan candu,
morfin, heroin, dan putau. Opium diambil dari getah buah mentah Pavaper
sommiverum
Heroin merupakan
senyawa turunan (hasil sintesis) dari morfin yang dikenal dengan sebutan putau
atau kodein. Penggunaannya yang menyalahi aturan dapat menimbulkan rasa sering mengantuk, perasaan
gembira berlebihan, banyak berbicara sendiri, kecenderungan untuk melakukan
kerusuhan, merasakan nafas berat dan lemah, ukuran pupil mata mengecil, mual,
susah buang air besar, dan sulit berpikir.
Jika pemakaian obat
ini diputus, akan timbul hal-hal berikut: sering menguap, kepala terasa berat,
mata basah, hidung berair, hilang nafsu makan, lekas lelah, badan menggigil,
dan kejang-kejang. Jika pemakaiannya melebihi dosis atau overdosis, akan
menimbulkan hal-hal berikut: tertawa tidak wajar, kulit lembap, napas pendek
tersenggal-senggal, dan dapat mengakibatkan kematian.
Efek yang dapat ditimbulkan karena pemakaian
narkotika antara lain sebagai berikut.
1.Sedatif
atau menghilangkan rasa nyeri.
2.
Analgesik atau membius.
3.
Depresan atau menenangkan.
4.
Stimulan atau merangsang.
5.
Euphoria atau
menyenangkan.
6.
Halusinogen atau menimbulkan khayalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar