PAKET 2
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA
1.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
Soal :
Di bangunan Taman
Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping
gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung
berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini
juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah .…
A.
panorama kupu-kupu
B.
bangunan Taman Kupu
C.
berbagai jenis kupu-kupu
D.
tempat metamorfosis kupu-kupu
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Gagasan utama atau gagasan pokok
merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut
bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Di
bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. (bangunan Taman Kupu ). Kata yang merujuknya:
Bangunan ini .... (kalimat kedua); Di
sini …. (kalimat ketiga); Bahkan, di sini .... (kalimat keempat)
2.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf
tersebut
Soal :
(1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2)
Mesin buatan Amerika Serikat itu diduga diproduksi pada tahun1952. (3) Bangkai
pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan,
ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada
kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kalimat utama:
kalimat yang menjadi tempat keberadaan gagasan utama. Kalimat utama dapat pula
disebut kalimat pokok. Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat
umum dan didukung kalimat penjelas.
Kata kunci: Sebuah bangkai pesawat ditemukan di
Kepulauan Seribu, Jakarta (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang
ditandai Mesin buatan Amerika Serikat itu ....(kalimat kedua), Bangkai pesawat ...... itu .… (kalimat
ketiga), Pesawat tersebut ....(kalimat keempat).
3.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan kritik terhadap isi bacaan
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kritikan terhadap isi
paragraf tersebut
Soal :
Pemerintah akan menunggu turunnya harga
minyak mentah dunia sampai Maret 2009. Keputusan menunggu ini dilakukan sebelum
memutuskan harga premium dan solar yang dilepas sesuai harga pasar. Jika harga
minyak pada saatnya tetap rendah, pemerintah segera melepas harga premium dan
solar.
Kritikan terhadap isi paragraf
tersebut adalah ...
- Pemerintah hendaknya menunggu bulan Maret.
- Pemerintah hendaknya segera melepas harga.
- Pemerintah hendaknya tidak melepas premium dan solar.
- Pemerintah hendaknya tidak terlalu lama dalam mengambil keputusan.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Dalam KBBI kata kritik berarti kecaman atau tanggapan,
kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil
karya, pendapat, dsb. Kritikan terhadap isi paragraf berarti memberikan tanggapan terhadap isi
paragraf tersebut. Kritikan dapat berupa perbaikan (koreksi)
terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “ Pemerintah
akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009 (kalimat
pertama)
4.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan kutipan dua teks berita, siswa dapat menentukan kesamaan informasi
kedua teks berita tersebut.
Soal :
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada
pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak
berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum
pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak
sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah
hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak,
Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor
mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba
di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Kesamaan informasi kedua teks
berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan
datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana
penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para
pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung
Puncak tiba sebelum pukul 13.00.
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan,
pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita,
kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang
dirujuk:
Teks I: Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau ...
agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00.
Teks II: Kasat
Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan ... mengusahakan tiba di tujuan sebelum
pukul 13.00 WIB.
5.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah teks berita, siswa dapat menentukan informasi teks berita tersebut..
Soal
Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam
layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang
ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga
Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film
tersebut di gedung bioskop.
Informasi yang merupakan isi teks berita
tersebut adalah ...
A.
Karya-karya
Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B.
Para
Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C.
Karya
Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D.
Animo
masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Informasi
adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Mencari isi berita
merupakan usaha menemukan pokok persoalan yang diungkapkan dalam berita
tersebut.
Informasi yang
merupakan isi berita tersebut terdapat dalam kalimat kedua paragraf tersebut
“Seperti, Para Pencari Tuhan,
sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi.”
6.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan dua teks berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian
kedua teks berita tersebut.
Soal :
Cermati kutipan teks berita
berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur.
Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari,
Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban
jiwa. Itulah yang disampaikan Camat
Widang, Dwijono.
|
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari,
Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan
pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi
belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan
pantura berhati-hati.
|
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut
adalah ....
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
apa, bagaimana,
mengapa, siapa
|
apa, kapan
bagaimana, siapa
|
B
|
di mana, mengapa,
bagaimana, siapa
|
apa, bagaimana,
kapan, siapa
|
C
|
di mana,
mengapa, siapa, bagaimana
|
kapan,
bagaimana, apa, siapa
|
D
|
apa, mengapa,
bagaimana, siapa
|
kapan, apa,
bagaimana, siapa
|
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W +
1 H: what (apa), who (siapa), where (di
mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus
mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya , seorang penulis
berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak
lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: (apa)
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. (mengapa)Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo
akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana)
Peristiwa itu juga merenggut dua korban
jiwa. (siapa) Itulah yang disampaikan Camat
Widang, Dwijono.
Teks berita II: (kapan) Minggu dini hari
(apa) tanggul di desa
Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana) Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura
Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum
berhasil. (siapa) Pihak kepolisian
setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
7.
Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan kalimat fakta/pendapat
Indikator Soal : Disajikan sebuah
paragraf yang berisi fakta dan pendapat,
siswa dapat menentukan dua kalimat pendapat dalam paragraf tersebut.
Soal
:
(1) Pemkot Depok telah menertibkan 700
Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. (2) Hal
ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga
dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26
Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai
dengan nomor ....
A.
(1)
dan (2) C. (1) dan (4)
B.
(2)
dan (3) D. (3) dan (4)
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Pendapat=opini adalah pikiran atau anggapan seseorang terhadap
sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain dapat berbeda pendapat bergantung
pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya.
Pada paragraf tersebut terdapat opini atau pendapat,
yaitu kalimat (2) Hal ini dinilai sebagai
penyebab kemacetan. (3) Di samping
itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut.
Kata kuncinya: dinilai dan
dianggap
8.
Kemampuan
yang Diuji : Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragaf
tersebut.
Soal
:
Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar
tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat
dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik
memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki
imunitas.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.
Tidur
yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B.
Tidur
yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C.
Tidur
dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
D.
Tidur
yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari
suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai
tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti
data: Tidur ... menjaga tubuh agar
tetap sehat. (kalimat pertama); ... tidur
8 jam per malam, lebih sehat .... (kalimat kedua); Tidur...memulihkan sistem imun. (kalaimat ketiga); Ketika tidur... kadar melatonik meningkat
dan memperbaiki imunitas.(kalimat keempat)
9.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan gagasan utama tajuk
tersebut
Soal :
Bacalah kutipan
tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
Gagasan utama tajuk tersebut adalah ....
A.
Perlunya
pendataan industri secara maksimal dalam mendukung rencana pemberian stimulus
ekonomi
B.
Penekanan
PHK melalui stimulus ekonomi selalu berhasil dengan gemilang.
C.
Krisis
global terhadap stimulus perekonomian berpengaruh pada PHK.
D.
Perlunya
stimulus ekonomi dalam dunia industri di dunia.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Tajuk adalah karangan pokok dalam surat
kabar
Gagasan utama tajuk berupa ide (pendapat)
penulis terhadap fenomena objek.
Fenomena objek: pemerintah telah
menyiapkan stimulus ekonomi agar industri bisa kembali bergerak. (paragraf
pertama); stimulus inilah yang nantinya bakal ikut menentukan cepat lambatnya
kita bisa bertahan dan keluar dari badai dampak krisis.(paragraf kedua);
Terkait dengan rencana pemberian stimulus tersebut, pihak industri kini sedang
mendata secara detail.(paragraf ketiga)
10.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan letak kalimat fakta pada
tajuk tersebut
Soal
:
Letak kalimat fakta pada tajuk
tersebut adalah ....
A.
paragraf
I kalimat IV
B.
paragraf
II kalimat I
C.
paragraf
II kalimat III
D.
paragraf
III kalimat III
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Fakta adalah peristiwa yang tidak diragukan lagi
kebenarannya. Fakta yang terdapat pada tajuk tersebut terdapat pada paragraf I
kalimat IV.
Bukti fakta: Untuk
itu, pemerintah telah menyiapkan stimulus ekonomi agar industri bisa kembali
bergerak.
11.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan keberpihakan penulis dalam
tajuk tersebut.
Soal :
Penulis pada tajuk tersebut
berpihak pada ....
A.
pelaku
industri
B.
tenaga
kerja
C.
pengusaha
D.
penguasa
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Bukti keperpihakan
penulis: .... Kita jelas tak bisa menganggap enteng ancaman tersebut. (kalimat ketiga paragraf I);
Fokusnya ... tetapi lebih kepada kepentingan tenaga kerja sehingga.... (kalimat
ketiga paragraf III)
12.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan simpulan isi tajuk
tersebut..
Soal :
Simpulan isi tajuk tersebut adalah ...
A.
Rencana
pemberian stimulus ekonomi kepada industri dilakukan secara massal oleh
pemerintah.
B.
Dampak
krisis global terhadap industri di Indonesia terlihat adanya stimulus ekonomi
dari pemerintah.
C.
Stimulus
ekonomi menentukan cepat lambatnya kita dalam mendata jumlah PHK tenaga kerja.
D.
Pendataan
industri secara tepat dalam pemberian stimulus ekonomi dapat mengurangi
PHK.
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan :
Simpulan merupakan ikhtisar dari suatu
uraian. Kesimpulan dapat dikatakan juga sebagai kesudahan dari suatu
pendapat.
Simpulan tajuk tersebut adalah pendataan industri secara tepat dalam
pemberian stimulus ekonomi dapat mengurangi PHK.
Data pendukung:
Kita tentunya berharap data dan rencana
masing-masing industri disusun dan dibuat semaksimal mungkin. (kalimat kedua
paragraf III) Fokusnya ..., tetapi lebih
kepada kepentingan tenaga kerja sehingga tujuan stimulus ekonomi yang salah
satunya untuk menghindari (menekan) terjadinya PHK besar-besaran benar-benar
tercapai. (kalimat ketiga paragrag IV)
13.
Kemampuan
yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan
simpulan isi grafik tersebut.
Soal :
Hasil Penjualan
Dagangan Pak Muis
Simpulan isi grafik tersebut adalah ...
A.
Penjualan
dagangan Pak Muis setiap bulan meningkat.
B.
Dagangan
Pak Muis setiap bulan bertambah.
C.
Dagangan
Pak Muis lebih banyak baju koko.
D.
Orang
lebih banyak memilih membeli sarung.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bukti kenaikan penjualan
dagangan Pak Muis setiap bulan
Bulan
|
Jumlah barang dagangan yang terjual
|
|
Sarung
|
Baju koko
|
|
September
|
240
|
150
|
Oktober
|
240
|
240
|
November
|
260
|
265
|
Desember
|
275
|
300
|
14.
Kemampuan
yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan
informasi tabel tersebut.
Soal :
Cermati
tabel berikut!
Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan dan
Rawat Inap
di Rumah Sakit Sumber Waras
Pasien
|
Tahun
|
|||
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
|
Rawat Jalan
|
5683
|
4160
|
4420
|
4515
|
Rawat Inap
|
712
|
534
|
506
|
379
|
Informasi
yang sesuai dengan tabel tersebut adalah…
A. Jumlah pasien rawat jalan selalu meningkat
setiap tahun.
B. Jumlah pasien rawat jalan dan rawat inap
cenderung meningkat.
C. Setiap tahun jumlah pasien rawat inap
cenderung menurun.
D. Pasien rawat inap mendapat pelayanan yang
baik.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Bukti data
pasien rawat inap
Pasien
|
Tahun
|
|||
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
|
Rawat Inap
|
712
|
534
|
506
|
379
|
15.
Kemampuan
yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah denah, siswa dapat menjelaskan isi
denah tersebut
Soal
:
Perhatikan denah berikut!
Berdasarkan denah tersebut, kalimat
berikut yang tepat adalah ...
A. Pasar Baru berada
berdampingan dengan Jalan Kapuas dan Jalan Indah.
B. Penghuni kompleks Melati
Permai jika berbelanja harus melewati Jalan Indah.
C. Jalan Diponegoro berada
di sebelah utara Pasar Baru dan kompleks Melati Permai.
D. Kompleks Melati Permai
berada di sebelah selatan Jalan Kapuas.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Denah: gambar yang menunjukkan
letak kota, jalan, dsb.; peta.
Gambar bagian atas adalah letak sebelah
utara dan selalu sebagai pedoman kita membaca denah atau peta. Hubungkanlah
letak lokasi (Jalan Diponegoro) pada denah tersebut dengan penunjuk arah mata
angin. Dengan cara demikian, tampaklah bahwa Jalan Diponegoro terletak di
sebelah utara Pasar Baru dan Melati Permai
16.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema
puisi tersebut.
Soal :
Bacalah
puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 16 dan 17!
Ada Tilgram Tiba Senja
....
Ada podang pulang ke sarang
Tembangnya panjang berulang-ulang
pulang ya pulang, hai petualang!
Ketapang. Ketapang yang kembang
Berumpun di perigi tua
Anakku datang anakku pulang
Kembali kucium, kembali kuraba
Tema puisi tersebut adalah ....
A.
Bunga
yang berkembang
B.
Pulangnya
anak tersayang
C.
Kegembiraan
seorang anak
D.
Pulangnya
sang kepodang
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Tema merupakan gagasaan pokok dalam puisi. Tema berfungsi
sebagai landasan utama penyair dalam puisinya. Tema puisi tersebut adalah Pulangnya anak tersayang. Hal ini
ditunjukkan dengan larik Anakku datang
anakku pulang/Kembali kucium, kembali kuraba.
17.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan suasana
dalam puisi tersebut.
Soal
:
Suasana yang tergambar pada puisi tersebut
adalah ....
A. gembira C. sedih
B. bangga D. duka
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bukti suasana
gembira: Ada podang pulang ke sarang/Tembangnya panjang berulang-ulang (pada
larik 1 dan 2); Anakku datang anakku pulang/Kembali kucium, kembali kuraba
(larik 6 dan 7)
18.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan sebuah
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan
bukti latar waktu dalam cerpen tersebut
Soal
:
Bacalah
kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d. 20!
Seperti teman-temannya yang
lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak
enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia
menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang
duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya
ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak
ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa
memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat
tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu
tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas,
pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada
senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Bukti bahwa peristiwa tersebut
terjadi pada malam hari adalah ....
A.
kalimat
pertama pada paragraf pertama
B.
Kalimat
kedua pada paragraph pertama
C.
Kalimat
ketiga pada paragraf kedua.
D.
Kalimat
keempat pada paragraf kedua
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Bukti bahwa latar cerita pada malam hari:
Dimatikannya lampu tidurnya dan
digantinya dengan lampu belajar
19.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kutipan cerpen, siswa dapat menentukan konflik dalam cerpen tersebut
Soal :
Konflik yang terdapat pada
kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.
Teman-teman
Andi semua memberi hadiah pada Tommy.
B.
Andi
ingin meminta uang pada ibu, tapi tidak sampai hati mengungkapkannya.
C.
Sejak
ayahnya meninggal, Andi harus hidup berhemat.
D.
Kepuasan
Andi sudah memiliki hadiah untuk Tommy.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Konflik adalah ketegangan yang terjadi
dalam diri tokoh dalam suatu cerita. Bentuknya bisa konflik fisik, konflik
batin, konflik ide, konflik sosial, atau konflik budaya. Konflik yang terjadi
berupa konflik batin pada diri sang tokoh (Andi). Hal ini tergambar pada
kalimat .... Andi ingin sekali memberi
hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya.
Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy
kemarin.
20.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik cerpen
Indikator Soal Disajikan sebuah
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan
amanat kutipan cerpen tersebut
Soal :
Amanat yang terdapat pada cerpen
tersebut adalah ...
A.
Jangan
menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
B.
Usahakan
selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
C.
Temanilah
ibumu saat duduk-duduk di beranda!
D.
Matikan
lampu jika sudah tidak diperlukan!
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Amanat sama maknanya dengan pesan, yakni ajaran yang
hendak disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Keberadaan amanat
pada umumnya tersirat, tetapi ada juga tersurat.
Amanat yang terdapat pada cerpen tersebut
adalah jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman.
21.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan
perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan dua
kutipan novel yang berbeda, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik
kedua novel tersebut
Soal :
Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor 21!
Kutipan I
Ingin rasanya aku berteriak mendengar
pertanyaan bodoh adikku ini. Biasanya aku akan bilang, ”Ya enggak gitu, bodoh!”
Tapi Mama sudah melarangku mengatakan kata itu lagi. Katanya, anak baik tidak
boleh berkata kasar.
”Priska tidak bodoh, Vin. Dia ingin
pintar seperti kamu,” kata Mama.
Kutipan II
Ah, mau tak mau, ia harus
pergi ke warung bu Rustam. Ia tak mau menolak permintaan ibunya. Warung itu
berjarak dua rumah dari rumah Abah. Tanpa terasa, kini Difa berada di depan
gang. Siang itu tampak sepi. Mungkin anak-anak di sekitar Blok II belum pulang.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan
novel tersebut adalah ....
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A.
|
Tokoh yang terlihat banyak
|
Tokoh yang terlihat dua
|
B.
|
Sudut pandang akuan
|
Sudut pandang diaan
|
C.
|
Latar jelas
|
Latar tidak jelas
|
D.
|
Amanat tidak jelas
|
Amanat jelas
|
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan :
Sudut pandang: teknik
penyampaian cerita oleh pengarang. Pengarang ingin menempatkan posisinya di
mana. Jika pengarang langsung bercerita tentang hal-hal yang diketahuinya
dengan kata ganti orang pertama ( aku, saya), maka pengarang menggunakan sudut
pandang orang pertama. Jika pengarang sebagai orang yang mengamati jalan cerita
dari luar cerita itu sendiri, dia menceritakan kehidupan orang lain maka dalam
hal ini pengarang menggunakan sudut pandang orang ketiga ( ia, dia, beliau,
mereka, nama diri)
Bukti: Kutipan I : Ingin rasanya aku berteriak ....
Kutipan II: Ah, mau tak mau, ia harus ....
22.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan
unsur intrinsik novel
Indikator Soal : Disajikan sebuah kutipan novel, siswa dapat
menentukan bukti nilai agama dalam
kutipan novel tersebut.
Soal
:
Bacalah kutipan novel berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
(1) Teman-teman Fajar bersorak gembira. (2) Daffa
terkulai lemas karena layang-layangnya putus. (3) Senja pun tiba. (4) Ketika
terdengar suara adzan, anak-anak mulai
membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan Fajar atas Daffa
semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Fajar
memang sakti. (6) Fajar menjadi semakin tinggi hati.
Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bertanda
nomor ....
A. (1) C. (4)
B. (3) D. (6)
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Nilai
agama adalah nilai atau ketentuan yang terdapat dalam agama yang mesti dipatuhi
oleh penganutnya. Dalam cerita tersebut dapat diketahui ketaatan anak-anak
untuk menjalankan salat di masjid. Bukti: Ketika
terdengar suara adzan, anak-anak mulai
membubarkan diri untuk pergi ke masjid.
23.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan
perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan kutipan sebuah novel, siswa dapat
menentukan watak tokoh kutipan novel
tersebut.
Soal :
Watak tokoh Fajar dalam kutipan
tersebut adalah ....
A. periang C. congkak
B. santun D. ramah
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Bukti: Fajar
menjadi semakin tinggi hati.
24.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar suasana drama
tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal
nomor 24 dan 25!
Brilian : Sekarang serahkan
hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong
Dimi masuk)
Dimi : Ka
…ka ... kami tidak bawa hp (gugup).
Brilian :
Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus:
Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)
Timmy : Ruang menyimpan
perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp
N.95).
Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi
untuk minta tebusan!
Timmy : Siap, bos!
16. Suasana kutipan drama tersebut adalah ...
A.
haru C. sedih
B.
tegang D. seram
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Bukti suasana
dalam drama itu tegang
25.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik drama Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan
kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar tempat drama tersebut..
Soal
:
Latar kutipan tersebut adalah
...
A.
gudang
C. kamar
B.
garasi D. rumah
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bukti latar
tempat: Timmy : Bekas menyimpan perkakas
26.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis catatan
pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan
sebuah ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan catatan pengalaman pada
buku harian sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
Siang itu, tepatnya Rabu 14 Januari 2009,
Audrey ditegur Pak Tanto karena lupa
mengerjakan PR. Audrey sangat malu ditegur di depan teman sekelasnya. Ia
beranji tidak akan lalai lagi.
Berdasarkan ilustrasi tersebut kalimat yang tepat
untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat
memalukan. Tak disangka, Pak Tanto guru yang dikagumi Audrey, menegur Audrey.
Ia sangat kecewa pada Pak Tanto, guru matematika itu.
B. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang tidak
akan dilupakannya. Pak Tanto guru yang sangat dikagumi, menegur gara-gara
Audrey lupa tidak mengerjakan PR.
C. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat
berat bagi Audrey. Pak Tanto guru matematika itu, menegur gara-gara Audery lupa
tidak mengerjakan PR.
D. Rabu, 14 Januari 2009, hari itu aku merasa
sangat malu. Sedih sekali. Pak Tanto guru yang kukagumi, menegurku gara-gara
aku lupa tidak mengerjakan PR. Aku janji tidak akan lupa lagi.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Buku
harian berisi pengalaman seseorang yang paling berkesan. Isinya terdiri atas
pengalaman paling berkesan, waktu, dan waktu yang dituangkan dengan kalimat
yang ekspresif. Biasanya dalam pengungkapannya penulis menggunakan kata ganti
orang pertama (saya, aku).
27.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi
pesan singkat sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan
sebuah ilustrasi berupa kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan pesan singkat
sesuai ilustrasi tersebut.
Soal
:
Ketua OSIS hendak mengadakan rapat
pengurus. Ia menugasi sekretaris agar
menyiapkan surat undangan rapat.
Isi pesan yang tepat sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah …
A. Harap segera secepatnya susun surat
undangan.
B. Segera siapkan surat undangan rapat
pengurus.
C. Segera siapkan daftar hadir rapat pengurus
secepatnya.
D. Harap edarkan surat undangan rapat
pengurus yang dibuat.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Isi sebuah pesan singkat selain bahasanya singkat juga
isi harus sesuai dengan ilustrasi yang diminta. Pilihan A, C, dan D
kesalahannya terletak pada ketidaksesuaian dengan ilustrasi.
28.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan tabel
hasil lomba, siswa dapat menentukan laporan yang sesuai dengan data dalam tabel
tersebut.
Soal :
Hasil Lomba Cipta Cerpen
Sanggar Ananda Tahun 2009
Juara
|
Nama
|
Nilai
|
I
|
Rama
|
699
|
II
|
Sinta
|
696
|
III
|
Krisna
|
669
|
Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut
adalah ...
- Hasil lomba Cipta Cerpen Sanggar Ananda tahun 2009 adalah sebagai berikut. Rama mendapat juara pertama, Sinta juara kedua, dan Krisna juara ketiga. Urutan nilainya adalah 699, 696, dan 669.
- Secara berturut-turut hasil Cipta Cerpen Sanggar Ananda tahun 2009 yaitu Sinta mendapat juara pertama, Krisna juara kedua, dan Rama juara ketiga. Dengan jumlah perolehan nilai 699, 696, dan 669.
- Selama lomba Cipta Cerpen tahun 2009 dapat dilaporkan sebagai berikut. Krisna mendapat juara pertama, Rama juara kedua, dan Sinta juara ketiga. Urutan nilainya adalah 699, 669, dan 696.
- Hasil lomba Cipta Puisi tahun 2009 adalah sebagai berikut. Sinta mendapat juara pertama, Rama juara kedua, dan kelas Krisna juara ketiga. Perolehan nilainya adalah 699, 696, dan 669.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Membaca tabel memerlukan kecermatan dalam
menentukan bagian kolom dan baris.
Pilihan A sesuai dengan tabel tersaji.
29.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator
Soal : Disajikan data, siswa dapat menentukan
paragraf laporan yang tepat sesuai data tersebut.
Soal :
(1) Terpancar wajah berseri, saat penghuni
panti diajak bernyanyi.
(2) Mereka memberi sumbangan dana dan mengadakan hiburan organ tunggal.
(3)
Kami berbaur bersama dalam kegembiraan.
(4) Kegiatan itu
dipusatkan di Panti Wredatama.
(5) Kegiatan itu berakhir tepat pukul 16.00.
(6) OSIS SMP Bunda melakukan kegiatan
bakti sosial.
Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah....
A.
(6),
(4), (2), (1), (3), (5)
B.
(4),
(3), (2), (5), (2), (1)
C.
(6),
(5), (4), (3), (1), (2)
D.
(4),
(3), (2), (6), (5), (1)
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Dalam menyusun laporan harus memperhatikan keterkaitan
antarkalimat, baik secara kohesi maupun koherensi. Laporan yang sistematis
dengan menggunakan urutan (6), (4), (2), (1), (3), (5)
30.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi surat pribadi
Indikator Soal : Disajikan sebuah surat pribadi yang rumpang
pada bagian pembuka, siswa dapat menentukan pembuka surat yang tepat.
Soal :
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
surat pribadi tersebut adalah...
- Kamu jadi kan ke kotaku? Aku tunggu sangat bahagia itu.
- Keluargaku di Jakarta juga sehat-sehat tidak kurang satu apapun.
- Bagaimana keadaanmu sekarang? Semoga sehat-sehat saja.
- Hai Sobat ... aku akan berkunjung ke kotamu. Tunggu aku!
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Bahasa dalam surat pribadi dapat menggunakan bahasa yang
baik walaupun secara kaidah bahasa Indonesia yang benar kurang tepat. Hakikat
sebuah surat pribadi menyampaikan sesuatu informasi.
31.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Disajikan
sebuah surat resmi yang rumpang bagian tanggal surat dan isinya, siswa dapat
melengkapi bagian yang rumpang tersebut..
Soal :
Bacalah kutipan surat berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor
31 dan 32!
|
Tanggal surat yang tepat untuk
mengisi nomor (1) pada surat tersebut
adalah ....
12 Nopember 2009
- Jakarta, 12 November 2009
- 12 November 2009
- Jakarta, 12 Nopember 2009
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Pada surat
yang berkop penulisan tanggal surat tidak perlu menggunakan nama tempat lagi karena sudah
terdapat pada kop surat tersebut.
Tanggal surat tidak diakhiri dengan tanda baca apapun. Nama bulan tidak
disingkat atau diganti dengan angka begitu pun tahunnya.
32.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Siswa dapat
melengkapi bagian isi surat yang dirumpangkan
dengan tepat.
Soal
:
Isi surat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang (2) pada surat tersebut adalah...
A.
Sehubungan
dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap izin Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu :
Pukul 08.00
tempat :
Ruang Aula Cemerlang
acara : Persiapan Lomba
B.
Sehubungan
dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu :
Pukul 08.00
tempat :
Ruang Aula SMP Cemerlang
acara : Persiapan
Lomba
C.
Sehubungan
dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap bantuan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu :
Pukul 20.00
tempat :
Lapangan SMP Cemerlang
acara :
Evaluasi Hasil Lomba
D.
Sehubungan
dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap sambutan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 12 November
2009
waktu :
Pukul 08.00
tempat :Ruang
Aula SMP Cemerlang
acara : Evaluasi Kegiatan
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Pada dasarnya dalam surat undangan,
panulisan hari, tanggal, waktu, tempat, acara masih dalam satu rangkaian
kalimat. Pilihan A, kalimat pembukaannya tidak tepat dan penulisan tempatnya
tidak sesuai ilustrasi, pilihan C kalimat pembukaannya tidak tepat dan nama
acaranya tidak sesuai ilustrasi, pilihan D kalimat pembukaannya tidak tepat dan
penulisan acaranya tidak sesuai ilustrasi.
33.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi berupa kegiatan siswa, siswa dapat menentukan isi surat resmi yang
tepat sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
OSIS SMP Bangsa akan mengadakan Porseni.
Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia. Rapat
tersebut akan dilaksanakan pada Jumat,
18 Maret 2009, pukul 14.00 di ruang OSIS.
Isi surat resmi yang paling sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Kami
mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP Bangsa dalam rapat yang akan
dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Lomba
B.
Teman-teman
pengurus OSIS SMP Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Persiapan Bakti Sosial
C.
Kami
mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Bangsa dalam rapat yang akan
dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara :
Pembentukan Panitia Porseni
D.
Para
pengurus OSIS Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 13.00
tempat
:
Ruang Media
acara : Pembagian Kerja
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Pilihan A, terdapat ketidaksesuaian
dengan ilustrasi dalam penulisan waktu dan acaranya, pilihan B , terdapat
ketidaksesuaian dengan ilustrasi dalam penulisan tempat dan acaranya, pilihan D, terdapat
ketidaksesuaian dengan ilustrasi dalam penulisan waktu, tempat, dan acaranya.
34.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/menentukan
slogan
Indikator Soal : Disajikan sebuah
ilustrasi, siswa dapat menentukan slogan yang tepat sesuai ilustrasi
tersebut
Soal :
Untuk meningkatkan kepedulian warganya
tentang kesehatan, Abdullah, Lurah Desa Makmur membuat slogan.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut
adalah ...
A.
Lingkungan
hidup asri dambaan kita.
B.
Gaya
hidup bersih cermin perilaku sehat.
C.
Hijau lingkunganku pasti nyaman hidupku
D.
Hidup
sehat dengan makan banyak.
Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Slogan: perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau
mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan
sesuatu. Pada umumnya slogan hanya berupa bagian dari kalimat. Pilihan A
dan C tidak sesuai dengan ilustrasi,
pilihan D berupa kalimat biasa dan kurang daya tariknya.
35.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/menentukan rangkuman
Indikator Soal : Disajikan sebuah
bacaan terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut
Soal :
Pemimpin adalah sosok yang menjadi
panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh
karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan.
Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh
dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur,
mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.
Rangkuman bacaan tersebut adalah ...
A.
Keberadaan
sosok pimpinan baik sangat diperlukan.
B.
Pemimpin
sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
C.
Pemimpin
menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
D.
Jiwa
pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci Jawaban : B
Rangkuman :
Penyajian singkat dari suatu tulisan. Merangkum dapat dilkukan dengan cara
menggabungkan gagasan-gagasan dari tiap paragraf menjadi satu kalimat. Gagasan
utama paragraf I : pemimpin sebagai panutan; gagasan utama paragraf II:
pemimpin memiliki jiwa kepemimpinan. Kedua gagasan digabung menjadi: Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa
kepemimpinan.
36.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/melengkapi
petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan
kalimat-kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang dua kalimatnya rumpang, siswa
dapat melengkapi kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang rumpang tersebut
Soal
:
|
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut
dapat dilengkapi dengan kalimat ...
A. (2) Sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan
pada kaki yang sakit!
(4)
Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
B. (2)
Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
(4) Tempelkan sereh yang cukup panas tadi,
pada bagian kaki Anda yang tertusuk
duri!
C. (2) Tempelkan batang sereh yang sudah
dipanaskan tadi!
(4) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
D. (2) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit
di kaki hilang dengan sendirinya!
(4) Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa
sebelum dibakar!
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan :
Dalam
melengkapi kalimat petunjuk hal yang harus
diperhatikan adalah logika berpikir dan keruntutan kalimat. Kalimat (1) Ambillah sebatang sereh kemudian memarkan
sedikit, maka kalimat selanjutnya adalah celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa. Sedangkan kalimat (3)
Lalu bakarlah di atas api sampai cukup
panas, maka kalimat selanjutnya adalah tempelkan
sereh yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri.
37.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan kalimat-kalimat petunjuk melakukan
suatu yang belum tersusun secara runtut, siswa dapat menentukan susunan yang
tepat tersebut.
Soal :
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Biarkan parutan kentang di wajah selama
kurang lebih 90 menit!
(2) Tempelkan parutan kentang merata ke
seluruh wajah!
(3) Parutlah kentang yang sudah dicuci
tersebut!
(4) Sediakan 2 buah kentang yang besar lalu
cuci sampai bersih!
(5) Setelah mengering, basuhlah dengan air
biasa sampai bersih!
(6) Lakukan hal ini setiap malam menjelang
tidur!
Susunan yang tepat, petunjuk menghilangkan bekas
jerawat adalah ....
A.
(4), (2), (6), (1), (5), (3)
B.
(4),
(1), (3), (2), (5), (6)
C.
(4),
(6), (2), (5), (1), (3)
D.
(4),
(3), (2), (1), (5), (6)
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Mengurutkan sebuah petunjuk melakukan sesuatu juga harus
memperhatikan keterkaitan antarkalimatnya.
38.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/melengkapi
kutipan pidato
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa
dapat menentukan isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
Soal
:
Dalam acara pengukuhan
Pengurus OSIS SMP Rembulan, Aji yang terpilih sebagai ketua OSIS yang baru
memberikan pidato sambutan.
Bagian isi pidato sambutan Aji yang tepat adalah
...
A.
Pada
kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan
kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.
B.
Tingkatkan
kinerja kalian sebagai pengurus OSIS yang baru. Segera susun program kerja yang
jelas dan terarah.
C.
Selamat
kepada pengurus baru yang terpilih. Bapak yakin, kalian mampu menjadi tim yang
solid dan saling mendukung.
D.
Terima
kasih kepada semua yang telah memilih
saya. Untuk menjalankan amanah ini, saya berharap dukungan dari semua pihak.
Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
Isi pidato merupakan isi persoalan yang disampaikan.
Dalam penyampaiann isi pidato kita harus
memperhatikan posisi orang yang berpidato. Dalam hal ini Aji bertindak sebagai
ketua OSIS yang baru terpilih. Pilihan A tepat diucapkan oleh pembina OSIS
kepada mantan pengurus OSIS, Pilihan B tepat diucapkan oleh pembina OSIS kepada
pengurus yang baru, pilihan C berisi ucapan selamat oleh pembina OSIS atau
kepala sekolah.
39.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi kutipan pidato
Indikator Soal : Disajikan isi
teks pidato, siswa dapat menentukan bagian penutupnya.
Soal
:
Teks Pidato
[…]
Kami kelas VII dan Kelas VIII ikut bersyukur dan bangga
atas keberhasilan kakak kelas IX yang sebentar lagi meninggalkan sekolah ini.
Kakak-kakakku,
Barangkali saja selama bersama-sama belajar di sini,
kami sering merepotkan kakak. Harapan kami sudilah kiranya kakak memaafkan
kami. Doa kakak kami harapkan, semoga kami dapat meraih prestasi seperti
kakak. Syukur bisa lebih baik lagi.
[…]
|
Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah ...
A.
Akhirnya,
kami mengucapkan selamat jalan. Mudah-mudahan cita-cita kakak semuanya
tercapai.
B.
Akhirnya
sekian dulu sambutan singkat ini. Bapak mohon maaf jika ada kekurangan dan terima kasih.
C.
Sekian
dulu pembahasan kali ini. Semoga lain kali dapat kita sambung lagi dengan waktu
dan materi yang lain.
D.
Sekian
dulu yang dapat ibu sampaikan. Belajar yang rajin dan terus berprestasi di mana
pun kalian berada.
Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Isi pidato
merupakan isi persoalan yang disampaikan. Dalam penyampaiann isi pidato kita harus memperhatikan posisi
orang yang berpidato. Pilihan B tepat diucapkan oleh perwakilan guru. Pilihan C
tepat diucapkan oleh pembicara dalam kegiatan ceramah ilmiah. Pilihan D tepat
disampaikan oleh perwakilan guru atau kepala sekolah.
40.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan tema
karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan permasalahan karya ilmiah yang
tepat.
Soal :
Tema:
Belajar kelompok meningkatkan prestasi
Rumusan masalah yang sesuai tema tersebut adalah ...
- Siapa sajakah yang belajar kelompok, prestasinya meningkat?
- Belajar kelompok seperti apakah yang dapat meningkatkan prestasi?
- Belajar kelompok yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan prestasi?
- Apakah dengan belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi?
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan :
Rumusan
masalah dalam karya ilmiah dikemukakan dalam bentuk kalimat tanya dengan
prediksi jawaban berupa uraian. Pilihan A, B, dan D memamg berupa kalimat tanya
dan sesuai dengan tema, tetapi jawabannya tidak perlu dengan uraian.
41.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah,
siswa dapat menentukan paragraf latar belakang masalah yang tepat berdasarkan
identifikasi masalah tersebut..
Soal :
Identifikasi masalah:
1.
Apakah
limbah kemasan plastik dapat dimanfaatkan?
2.
Bagaimana
pengelolaan limbah kemasan plastik
menjadi bermanfaat?
Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan
identifikasi masalah tersebut adalah ...
A.
Limbah
kemasan plastik selama ini menjadi masalah. Limbah plastik itu ternyata dapat
menjadi sumber tambahan pendapatan bagi keluarga. Limbah plastik dapat
bermanfaat jika dikelola dengan cara daur ulang.
B.
Limbah
plastik yang diolah dengan baik dapat menambah pendapatan bagi keluarga. Oleh
sebab itu, mari kita manfaatkan supaya memberi keuntungan bagi kehidupan
masyarakat yang semakin sulit.
C.
Plastik
selama ini memang menjadi masalah karena tidak bisa berurai dengan tanah
seperti halnya sampah daun dan sampah makanan. Limbah kemasan plastik ini
selamanya akan tetap menjadi masalah bagi kita.
D.
Berdasarkan
hasil penelitian, ternyata limbah kemasan plastik dapat menambah pendapatan
keluarga. Limbah plastik yang bermasalah akhirnya dapat dicarikan solusinya.
Mari kita mulai memanfaatkan limbah kemasan plastik.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Latar belakang
dalam karya ilmiah merupakan persoalan yang melatarbelakangi dibahasnya suatu
persoalan . Pilihan B berisi kesimpulan
pembahasan, pilihan C dan D mengemukakan pembahasan (isi),
42.
Kemampuan
yang Diuji : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan
kata Indikator Soal : Disajikan
sebuah paragraf pendek yang salah satu
kalimatnya berupa kalimat tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya
Soal :
(1) Kepada semua siswa peserta lomba, agar segera
masuk ke dalam ruang seleksi. (2) Pelaksanaan lomba akan segera dimulai.
Agar kalimat tersebut efektif, kata yang
dihilangkan adalah ...
A. semua, lomba, masuk
B. kepada, siswa, segera
C. semua, peserta, agar
D. kepada, semua, lomba
Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Kalimat “Kepada semua siswa peserta lomba, agar
segera masuk ke dalam ruang seleksi.” tidaklah efektif karena penggunaan
kata kepada, siswa, dan segera
43.
Kemampuan
yang Diuji : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan
kata Indikator Soal : Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital,
siswa dapat menentukan perbaikannya,
Soal :
Jadwal
kedatangan kereta api bima dari jakarta dimundurkan satu Jam. penumpang yang
datang lebih cepat ke stasiun gambir merasa kecewa.
Perbaikan penggunaan huruf
kapital pada paragraf tersebut adalah ....
A
|
B
|
C
|
D
|
Kereta
|
jadwal
|
Bima
|
Bima
|
Bima
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Jam
|
jam
|
Jam
|
jam
|
Penumpang
|
Penumpang
|
Stasiun
|
Penumpang
|
Gambir
|
Gambir
|
Gambir
|
Gambir
|
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Jadwal
kedatangan kereta api bima dari jakarta dimundurkan satu Jam. penumpang yang
datang lebih cepat ke stasiun gambir merasa kecewa.
Pada kalimat tersebut terdapat penulisan huruf kapital,
yaitu kata bima seharusnya Bima (nama diri, jakarta
seharusnya Jakarta (nama kota), Jam seharusnya jam (di tengah atau akhir kalimat),
penumpang seharusnya Penumpang (awal kalimat) gambir seharusnya Gambir (nama tempat)
44.
Kemampuan
yang Diuji : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata Indikator Soal : Disajikan
sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat tiga pilihan kata yang tidak tepat,
siswa dapat menentukan kata perbaikannya.
Soal :
Puskesmas Kasih adalah puskesmas yang banyak
dikunjungi pasien. Dokternya ramah dan
terkenal bertangan panas (1). Setiap
pasien yang bersilaturahmi (2), selalu dibantu (3) dengan baik. Tidak heran, jika banyak orang yang
berobat ke Puskesmas itu.
Kata bercetak miring pada paragraf tersebut tepat
diganti dengan ....
A. dingin, berkunjung, ditolong
B. dingin, berobat, dianjurkan
C. dingin, berkunjung, disuntik
D. dingin, berobat, dilayani
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Ketepatan pilihan kata akan mempermudah penafsiran orang
terhadap isi kalimat tersebut, sebaliknya ketidaktepatan pilihan kata akan
mempersulit orang dalam menafsirkan isi kalimat. Penggunaan kata yang kurang
tepat pada kalimat tersebut adalah panas,
bersilaturahmi, dan dibantu. Kata-kata tersebut harus diganti
dengan kata dingin, berobat, dilayani
45.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/melengkapi
pantun
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi berupa acara sekolah,
siswa dapat menentukan pantun yang tepat sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Setelah berusaha belajar lebih giat dan serius, Danang
mendapat peringkat pertama di kelas. Ia sangat senang karena akan memperoleh
hadiah atas prestasinya itu.
Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah ...
A. Bila kita ingin ke pasar
Pasar modern ada di mall
Ayo kita bergiat belajar
Supaya nilainya maksimal
B.
Kuda
poni si kuda kepang
Tubuhnya tinggi larinya cepat
Riang hati bukan kepalang
Hadiah prestasi akan didapat
C. Sari kelapa buah nira
Nira diolah untuk sedekah
Gembira hati tiada terkira
Ibu datang bawa hadiah
D. Pergi ke goa Jatijajar
Banyak orang bertamasya
Mari kita giat belajar
Supaya orang tua bahagia
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Syarat-syarat
sebuah pantun: terdiri atas 4 baris, baris 1 dan 2 sampiran, baris 3 dan 4 isi,
rimanya a-b-a-b, setiap larik terdiri atas 8 – 12 suku kata. Pilihan A, C, dan
D sudah sesuai syarat-syarat pantun ,
tetapi isinya tidak sesuai dengan ilustrasi.
46.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi pantun
Indikator Soal : Disajikan
sebuah pantun yang bagian isinya dirumpangkan , siswa dapat melengkapinya
dengan tepat.
Soal
:
Perhatikan pantun berikut!
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang
tersebut adalah .…
A.
(1) Bila kamu rajin belajar
(2) Prestasi pasti akan diraih
B.
(1) Untuk dapat raih nikmat
(2) Kerja keras dan ibadah
C.
(1) Meskipun sedikit harta
(2)
Jangan lupa bersedekah
D.
(1) Jika ingin masuk surga
(2) Mari kita tebalkan iman
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Syarat-syarat sebuah pantun: terdiri atas
4 baris, baris 1 dan 2 sampiran, baris 3 dan 4 isi, rimanya a-b-a-b, setiap
larik terdiri atas 8 – 12 suku kata.
Pilihan A,
B, dan D tidak menyambung dengan sampiran dan rumus rimanya.
47.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan
sebuah puisi yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan
larik bermajas yang tepat.
Soal :
Larik
bermajas untuk melengkapi puisi tersebut
adalah ....
A.
Hentikan
asa kehidupan
B.
Pemandangan
alam indah
C.
Rembulan
tampak penuh
D.
Mentari
di balik bukit pohon teh
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Dalam melengkapi sebuah puisi selain
memperhatikan kebulatan makna juga
harus diperhatikan keruntutan bunyi
48.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan
sebuah puisi yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan
kata yang tepat.
Soal :
Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi
puisi tersebut adalah ....
A.
Batu
kerikil
B.
Awan
datang
C.
Langit cerah
D.
Air
hujan
Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
Dalam melengkapi sebuah puisi selain memperhatikan
kebulatan makna juga harus diperhatikan keruntutan bunyi.
49.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan
sebuah gambar, siswa dapat menentukan
puisi yang tepat sesuai gambar tersebut
Soal
:
Perhatikan gambar berikut!
Puisi yang tepat sesuai dengan gambar tersebut
adalah .…
A. Lautan membentang
Engkau ciptakan kehidupan
Sumber pendapatan
nelayan
Meraup rizki
karunia Tuhan
B. Lautan membentang
Lambaian daun nyiur
Menambah keindahan
Pemandangan sore hari
C. Gemericik suara air
Di
pinggir air sungai
Mengalir
perlahan
Bak
irama kehidupan
D. Indahnya kehidupan
Hijaunya dedaunan
Wanginya tanah
Disiram air hujan
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Pilihan A puisi yang sesuai dengan keadaan
gambar. Tampak dalam gambar: lautan yang membentang, nelayan yang sedang
menangkap ikan sebagai kegiatan mencari rezeki yang diberikan Tuhan. Puisi B
tidak sesuai dengan gambar (tidak terdapat pohon nyiur), puisi C tidak sesuai
dengan gambar karena yang ditampilkan gambar laut bukan sungai, Puisi D tidak
sesuai dengan gambar ( tidak terdapat daun hijau dan air hujan)
50.
Kemampuan
yang Diuji :
Menulis/melengkapi drama
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kutipan drama yang salah satu dialognya dirumpangkan, siswa dapat
menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
tersebut
Soal :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Maya
: Pokoknya, Ibu harus setuju!
Ibu :
(menarik napas panjang kecewa)
Dengan apa Ibu membayarnya?
Maya : (terkejut dan gugup)
Kan masih lama, Ibu.
Ibu
: Biaya kursus cukup besar, Maya.
Maya : […]
Ibu
: (dengan tersenyum)
Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.
Dialog yang
tepat untuk melengkapi bagian rumpang
kutipan drama tersebut adalah ...
A.
Iya
deh, Maya turuti nasihat Ibu.
B.
Maya,
kita sekarang lagi kesulitan.
C.
Coba
kamu mengerti kondisi Ibu.
D.
Baiklah
Ibu akan beli yang baru.
Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Melanjutkan dialog drama pada dasarnya melanjutkan
pembicaraan tokoh-tokohnya. Dialog B, C, dan D
lebih tepat bila yang mengucapkan tokoh Ibu.
51.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi
dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan
satu paragraf berupa teks berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang
jawabannya merupakan isi berita tersebut.
Soal :
Dampak penggunaan earphone yang salah dan berakibat pada penurunan pendengaran telah
terbukti. Penelitian yang komprehensif di Amerika Serikat menemukan 5,2 juta
anak usia 6 – 19 tahun pendengarannya terganggu karena terlalu sering
mendengarkan musik keras melalui walkman dan iPod. Para ahli kesehatan di sana
memperkirakan anak-anak itu bakal lebih awal mengalami ketulian, yakni pada
usia 40-an tahun. Padahal secara normal, pengurangan kualitas pendengaran baru
terjadi saat menginjak usia 60 – 70 tahun.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat
dalam paragraf tersebut adalah ...
A.
Di
manakah para remaja bisa mendapatkan earphone?
B.
Bagaimana
cara kerja earphone sehingga dapat
merusak pendengaran penggunanya?
C.
Mengapa
anak-anak remaja di Amerika Serikat diperkirakan akan mengalami ketulian lebih
dini?
D.
Siapa
nama para ahli kesehatan yang melakukan
penelitian dampak penggunaan earphone?
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan : Menjawab pertanyaan
yang jawabannya terdapat pada kutipan berita, cermati kata tanya dan
cari jawaban pada kutipan berita. Kata tanya yang digunakan lima W + 1 H (apa, siapa, di mana, mengapa, kapan,
bagaimana)
Kata
kunci : mengapa… (sebab)
52. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi
dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah
paragraf, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi paragraf
tersebut
Soal :
Striker Flamengo yang juga mantan bintang Inter
Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga
di Eropa. Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar
Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan gemilang si
Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru. “Saya tak
menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah kebahagiaan
dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir panjang dan
membicarakannya dengan beberapa teman, “ ungkapnya.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
tersebut adalah ...
A. Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di
Inter Milan.
B. Adriano
dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo
di Liga Brasil.
C. Adriano langsung menerima tawaran dari
sejumlah klub di Eropa.
D. Flamengo telah beberapa kali memenangkan
kejuaraan di Eropa dan Amerika.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan berita.
Kata kunci : terdapat pada kalimat kedua … (Andriano
kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar
Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu)
53.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan sebuah
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerpen tersebut
Soal :
Ku tak mungkin
jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku
tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala
tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan
kepadaku sejak itu, termasuk yang itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku.
Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu.
Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.
Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong
dapat diketahui melalui ….
A.
Tingkah
laku tokoh kamu
B.
Tingkah
laku tokoh aku
C.
Dialog
tokoh kamu
D.
Dialog
tokoh aku
Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Watak adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang
berhubungan dengan sifat duniawi. Watak tersebut tergambar pada kalimat-kalimat
yang mengacu pada karakteristik tokoh menjadi bukti watak tokoh pada teks
tersebut.
Kata kunci:
(1) ... ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan .... (2)
Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.
54.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan sebuah
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar tertentu cerpen tersebut
Soal :
(1)"Apakah
peranku bagimu, silumankah aku?" tak ada jawabmu, hanya angin berdesir di
sekeliling kita. (2)Bulan pucat tak bisa menyembunyikan senyumanmu demi melihat
kerutan di dahiku. (3)Biarlah menjadi rahasia alam akan apa yang kita rasakan
ini. (4)Jangan lagi memaknainya, menanyakannya atau mengharapkannya esok hari.
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor ….
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Latar selalu berhubungan dengan tempat, waktu, dan suasana. Temukan kata
kunci yang merujuk pada waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama tersebut. Kata kunci pada kutipan tersebut adalah mentari di
sebelah barat.
Kata kunci: Bulan ....
55.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan
paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan
paragraf laporan, siswa dapat menentukan judul yang tepat laporan tersebut
Soal :
Perhatikan paragraf laporan berikut!
Angsana keling adalah pohon yang banyak ditanam di pinggir jalan untuk
penghijauan. Pohon ini dapat mencapai tinggi 30 meter dan berdiameter 80
sentimeter. Kayunya keras, kuat, awet, dan lentur, sehingga banyak digunakan
untuk perabot rumah tangga. Di Pulau Jawa, kayu ini sering dipakai untuk
bahan sarung keris.
|
Judul yang tepat untuk laporan tersebut adalah ….
A.
Angsana
Keling
B.
Gambaran
Angsana Keling
C.
Angsana
Keling untuk Perabotan
D.
Angsana
Keling Untuk Sarung Keris
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Judul laporan harus mencerminkan isi laporan sesuai data
Kata kunci: Angsana keling adalah
pohon ....; Pohon ini ....; Kayunya keras ....; Di Pulau Jawa, kayu ini....
56.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan
slogan
Indikator Soal : Disajikan sebuah
slogan yang pilihan katanya tidak tepat,
siswa dapat menentukan perbaikan slogan tersebut
Soal :
Perhatikan slogan berikut!
Di bumi damai untuk ketenangan di hati
Perbaikan terhadap slogan tersebut yang tepat
adalah ….
A.
Damai
di hati tenang di bumi
B.
Tenang
di bumi tenteram di hati
C.
Tenang
di hati damai di bumi
D.
Damai
di bumi damai di hati
Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok
dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Ciri kalimat slogan berima.
57.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi
kutipan pidato
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan paragraf berisi pembuka
pidato sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
SMP Kejora melaksanakan kegiatan Porseni. Sebagai
ketua OSIS, Daffa menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan Porseni.
Bagian isi pidato Daffa yang sesuai ilustrasi
tersebut adalah …
A.
Bapak,
Ibu dan teman-teman, pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan karena
kita dapat melaksanakan program ini.
B.
Semoga
apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Demikian dan saya akhiri terima kasih.
C.
Teman-teman
yang saya sayangi, marilah kita ikuti kegiatan porseni ini. Kalah dan menang dalam
kompetisi adalah hal biasa.
D.
Adik-adiku
semua, janganlah kita budayakan bolos. Karena bolos itu tindakan yang sangat
meruguikan diri sendiri.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan: Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan
dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau
penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci: pembuka pidato
(ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan);
penutup pidato (harapan, permohonan maaf)
58.
Kemampuan yang Diuji : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kalimat yang menggunakan pilihan kata tidak tepat, siswa dapat mentukan
perbaikannya.
Soal :
Peserta seminar diundang masuk ke ruangan.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada
kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A. dimohon
B.
diajak
C.
disarankan
D. diusahakan
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Pilihan kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah
EYD. Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita
maksud. Bentuk kata yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita
kemukakan dalam konteks yang berbeda.
Kata kunci: Peserta seminar tidak diundang, tetapi dimohon masuk ke ruangan.
59.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan
simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran yang tepat sesuai simpulan
tersebut
Soal :
Bacalah simpulan karya ilmiah!
Secara keseluruhan SMP di provinsi DKI Jakarta
telah siap menyongsong sekolah masa depan, sebab seluruh indikator sekolah masa
depan telah dipenuhi oleh sebagian besar SMP di provinsi DKI Jakarta.
Namun demikian masih diperlukan upaya peningkatan
secara maksimal, khususnya bagi sekolah-sekolah swasta yang kecil. Demikian
juga masih perlu dikembangkan pengelolaan sekolah yang mendukung terciptanya
sekolah masa depan.
Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah ...
A. Upaya peningkatan sumber daya manusia
yang utama dilakukan melalui pembangunan sektor pendidikan
B.
Namun dari keunggulan tersebut apakah SMP di Provinsi DKI Jakarta dapat
memanfaatkan dan mengembangkan fasilitas yang dimilikinya sehingga benar-benar
terkontruksi sebagai sekolah masa depan?
C. Pentingnya pemberdayaan SMP kecil
(jumlah siswa sedikit) melalui pembinaan manajemen dan bantuan operasional
pendidikan sehingga mampu menjadi sekolah masa depan
D. Pendidikan tidak saja menambah
pengetahuan, akan tetapi juga
meningkatkan keterampilan bekerja yang akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja.
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Saran dalam karya tulis adalah saran, anjuran yang
disampaikan untuk memberikan solusi terhadap hasil penelitian.
Kata kunci:Pentingnya pemberdayaan SMP
kecil....
60.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/melengkapi
drama
Indikator Soal : Disajikan
kutipan naskah drama yang terdapat kesalahan penulisan (tidak ada petunjuk
laku) pada dialognya, siswa dapat menentukan perbaikan penulisan naskah drama
tersebut
Soal :
Bacalah kutipan drama
berikut!
1. Putri : Reno....! Kau jangan bersikap tidak sopan kepada orang tua!
2. Reno : Biarin aja, toh mereka tidak peduli.
3. Putri : Bukannya tidak peduli, tapi
mereka sibuk mencari uang buat kita anak-anaknya.
4. Reno : Itu hanya alasan saja! [mondar mandir seperti orang kebingungan]
5. Putri : Reno jika dinasihati itu, cobalah dituruti jangan menuruti kemauanmu saja!
Perbaikan
kesalahan petunjuk laku nomor 4 pada naskah drama tersebut adalah ...
A. (Reno tertawa geli, kemudian ia ngeloyor
pergi dari rumah)
B. (Sambil menggerutu, dari teras Reno masuk ke dalam rumah.)
C. (Sambil melotot matanya, dari teras Putri masuk ke dalam rumah.)
D. (Putri terkekeh, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)
Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Memperbaiki kesalahan petunjuk laku, harus mencermati
dialog sebelum dan sesudahnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar