Senin, 01 April 2013

Soal IPA, paket 2


PAKET 2
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAAN  
   IPA  SMP

Kemampuan yang diuji      :  Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai
Indikator                                 :  Disajikan tabel besaran dan satuan atau tabel hasil suatu percobaan, peserta didik dapat menentukan pasangan besaran fisika tertentu dan satuannya yang sesuai
 Soal No 1 :
Perhatikan tabel berikut !

Besaran fisika
Satuan
(1).
Tekanan
N/m²
(2).
Panjang
meter
(3).
Berat
kilogram
(4).
Massa
newton

Besaran pokok, besaran turunan dan satuan dalam Sistem Internasional  ( SI ) yang benar berturut turut ditunjukkan oleh ….
A.   ( 1 ) dan ( 2 ) 
B.   ( 2 ) dan ( 1 )
C.   ( 3 ) dan ( 4 )
D.   ( 4 ) dan ( 3 )             

      Kunci  Kunci Jawaban ; B

Pembahasan
No.
Besaran Fisika
Satuan
Keterangan
dalam ...
dalam SI
1
2
3
4
Tekanan
Panjang
Berat
Massa
N / m²
meter
kilogram
Newton
N / m²
meter
kilogram
Newton
B
B
S
S

SOAL NO : 2
Kemampuan yang diuji      :  Membaca alat ukur
Indikator                                 : Disajikan  gambar /ilustrasi, peserta didik dapat membedakan pengukuran secara langsung dan tidak langsung
 Soal :




Massa benda tampak pada gambar sesuai dengan pengukuran tersebut adalah ....
A.     75 gram                 
B.     80 gram
C.   100 gram
D.   125 gram

Kunci Kunci Jawaban : D

Pembahasan
1.   

SOAL NO : 3
Kemampuan yang diuji      :   Menentukan salah satu variabel dari rumus
Indikator                                 :  Disajikan gambar , peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dari rumus  p= m/v atau jenis suatu zat bila data yang diperlukan  diketahui
Soal :
Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut.


 





Dari hasil pengukuran seperti pada gambar (a) dan (b), massa jenis batu tersebut adalah ….
A.    4,62 gram / cm³        
B.     4,58 gram / cm³
C.     4,02 gram / cm³                                            
D.    3,42 gram / cm³

Kunci Jawaban : A
Pembahasan
A.   Dari data pengamatan :

SOAL NO : 4
Kemampuan yang diuji      :  Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 :  Disajikan ganbar peristiwa dalam kehidupan sehari hari , peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam peristiwa tersebut

Soal :
 Perhatikan pemasangan kabel listrik pada transmisi jarak jauh dibuat agak kendur seperti pada gambar berikut
Hal ini dilakukan agar ....
A.    memberi toleransi pemuaian ketika arus listrik mengalir
B.     kawat tidak memuai ketika mendapatkan panas matahari
C.     kawat tidak mudah putus karena memuai ketika suhu panas
D.    kawat tidak mudah putus karena menyusut ketika suhu dingin
Kunci Jawaban : D
Pembahasan
Pada umumnya ; bila logam, bila :
a.    dipanaskan akan memuai
b.    didinginkan akan menyusut

Data dari gambar, kabel listrik kendor (pada suhu kamar). Ketika suhu dingin (rendah), kabel listrik menyusut. Karena sebelumnya dipasang kendor, maka kabel listrik tidak putus



SOAL NO : 5
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor
Indikator                                 :  Disajikan grafik suhu terhadap kalor, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam   persamaan  Q = m.c.  atau  Q = m. L bila  data yang diperlukan diketahui.
Soal :
Perhatikan grafik pemanasan 300 gram es hingga menjadi air berikut ini !
Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgºC), kalor jenis air 4.200 J/(kgºC), dan kalor lebur es = 340.000 J/kg, maka pada saat perubahan suhu pada proses M – N diperlukan kalor sebanyak ….

  1.    6,3 kilojoule                       
  2.  12,6 kilojoule
  3.  83,1 kilojoule          
  4. 102,0 kilojoule

Kunci Kunci Jawaban :B


Pembahasan
M – N : Kenaikan suhu
Proses

SOAL NO : 6
Kemampuan yang diuji      :  Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 : Membedakan GLB, GLBB dipercepat atau  GLBB diperlambat melalui contoh peristiwa dalam kehidupan sehari hari
. Soal :
Sebuah mobil sedang bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lain. Pada saat ini tanki olinya bocor, sehingga tetesan oli pada jalan yang dilaluinya seperti pada gambar berikut :

Ditinjau dari pola tetesan oli, maka jenis gerak yang ditimbulkan pada ….

Lintasan ( P – Q )
Lintasan  ( Q – R )
A
GLBB diperlambat
GLBB dipercepat
B
GLBB dipercepat
GLBB diperlambat
C
Gerak Lurus Beraturan
GLBB dipercepat
D
GLBB diperlambat
Gerak Lurus Beraturan

Kunci Jawaban : A

Pembahasan 6
1.    Berdasarkan data pada gambar :
Lintasan P – Q → GLBB dipedidiperlambatat
Lintasan Q – R → GLBB dipercepat

SOAL NO : 7
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat
Indikator                                 :  Disajikan gambar atau tabel  tentang tekanan pada zat padat, peserta didik dapat menentukan salah  satu parameter dalam persamaan  p=F/A, bila data  yang diperlukan diketahui

Soal :
Perhatikan gambar balok besi berikut !
Bila berat balok 3 newton, maka besar tekanan yang diberikan oleh balok pada lantai adalah….

A.    20 N/m²           
B.    30 N/m²           
C.   100 N/m²
D.   150 N/m²                   

Kunci Jawaban : A

Pembahasan
1.   

SOAL NO : 8
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan variabel dari rumus  tekanan pada zat
Indikator                                  : Disajikan gambar bejana berisi zat cair, peserta didik  dapat menentukan  salah satu variabel dari persamaan tekanan hidrostatik Ph = p.g.h, bila variabel yang lain diketahui


Soal :
  Perhatikan gambar posisi empat ekor ikan dalam bejana kaca berikut !
       Jika percepatan gravitasi di tempat tersebut10 m/s², maka tekanan hidrostatis paling besar dialami oleh....
A.   ikan W karena paling dekat dengan permukaan air
B.   ikan X karena bentuk badannya paling kecil
C.   ikan Z karena paling dekat dengan dasar bejana
D.   ikan Y karena bentuk badannya paling besar

Kunci Jawaban : C

Pembahasan
1.   
tidak tergantung pada badan ikan
tergantung berat dan kedalaman dari permukaan zat cair
paling besar, jika posisi ikan paling jauh dari permukaan atau posisi ikan paling dekat dengan




SOAL NO : 9
Kemampuan yang diuji      :  Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator                                 :  Disajikan gambar suatu alat dalam kehidupan sehari hari,peserta didik dapat menyebutkan perubahan energi yang terjadi
Soal :
Perhatikan gambar rangkaian listrik terbuka berikut !
Setelah sakelar (S) ditutup dan arus listrik mengalir sesuai arah I seperti pada gambar, urutan perubahan energi yang terjadi hingga lampu menyala adalah ….

A. energi listrik à energi kimia à energi cahaya + energi kalor
B. energi gerak à energi listrik à energi kalor + energi cahaya
C. energi listrik à energi kimia à energi kalor + energi cahaya
D. energi kimia à energi listrik à energi cahaya + energi kalor

Kunci Jawaban : D

Pembahasan
Data dari gambar rangkaian listrik + lampu :
Energi kimia → energi listrik → energi cahaya + energi


SOAL NO : 10
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
Indikator                                 : Menentukan usaha yang dilakukan oleh resultan beberapa gaya, melalui gambar
 Soal :
Perhatikan gambar berikut !
Besar usaha yang dilakukan oleh F1 dan F2 adalah....


A.    1000 joule
B.       600 joule
C.      400 joule
D.      200 joule

Kunci Jawaban : C

Pembahasan



SOAL NO : 11
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
Indikator                                 :  Disajikan gambar  berkaitan dengan energi potensial dan energi kinetik, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan  Ep = mgh atau Ek = ½ mv2 atau hubungan usaha = perubahan energi mekanik
Soal :
Seorang siswa akan melompat dari papan loncat ke kolam renang seperti pada gambar.


 













Kunci Jawaban : C


Pembahasan

Usaha yang dilakukan = perubahan energi potensial gravitasi



SOAL NO : 12
Kemampuan yang diuji      :  Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 :  Disajikan gambar dalam stem atau dalam option , peserta didik dapat mengidentifikasi jenis  jenis pesawat  sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari
Soal :
Perhatikan gambar produk teknologi berikut !
Antara keempat pesawat sederhana berikut yang memiliki prinsip kerja  sejenis dengan produk teknologi tersebut adalah ….
  1.                                     C.
                                  
  1.                                     D.

               

Kunci Jawaban : C


Pembahasan
Dari gambar produk teknologi : prinsip kerjanya berdasarkan tuas. Dari pilihan (option) yang prinsip kerjanya berdasarkan tuas adalah C.


SOAL NO : 13
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang
Indikator                                 :  Disajikan grafik/gambar gelombang , peserta didik dapat menentukan nilai salah satu  besaran gelombang
 Soal :
Suatu beban digantungkan pada pegas seperti pada gambar, kemudian digetarkan. Jika dalam selang waktu 9 detik terjadi 27 kali gerakan pegas dari K – L – M – L – K  maka frekuensi getarannya adalah ….
A.   12 Hz
B.   9 Hz
C.   6 Hz
D.   3 Hz



       
Kunci  Jawaban : D


Pembahasan

SOAL NO : 14
Kemampuan yang diuji      :  Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya
Indikator                                 : Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta penerapannya dalam  kehidupan sehari hari, melalui gambar.
 Soal :
Perhatikan gambar berikut !



Bel listrik dibunyikan terus menerus di dalam ruang sungkup. Kemudian udara di dalam sungkup dikeluarkan sampai habis, ternyata bunyi bel tidak terdengar lagi. Hal ini disebabkan bunyi ....
  1. tidak merambat dalam ruang tertutup
  2. terbawa oleh udara keluar sungkup
  3. tidak merambat dalam ruang hampa udara
  4. tidak dapat merambat melalui zat padat

Kunci Jawaban : C

Pembahasan 
Syarat terjadinya bunyi :
-        Sumber bunyi ( 20 Hz – 20 kHz )
-        Ada zat perantara
-        Ada pendengar normal

Setelah udara dikeluarkan, di dalam ruang hampa udara, sehingga bunyi bel tidak dapat kita dengar.

SOAL NO : 15
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan berbagai besaran fisika jika benda berada di depan lensa atau cermin
Indikator                               :  Menentukan jarak bayangan, tinggi bayangan jika benda diletakkan di depan cermin
 Soal :
Perhatikan gambar sebuah benda ( B ) di depan cermin berikut!


 




Jarak bayangan benda B yang terbentuk adalah....
A.   4 cm, di depan cermin
B.   4 cm, di belakang cermin
C.   10 cm, di depan cermin
D.   10 cm, dibelakang cermin

 
Kunci Jawaban : D

Pembahasan
Data dari gambar :







                                                S1 =  - 10cm

SOAL NO : 16
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan berbagai besaran fisika jika benda berada di depan lensa atau cermin
Indikator                                 : Disajikan gambar sebuah benda berada di depan sebuah lensa , peserta didik dapat menentukan salah satu besaran fisika , jika variabel yang  diperlukan  diketahui

 Soal :
Perhatikan gambar jalannya sinar melalui lensa berikut !



Jika data seperti pada gambar dan lensa yang digunakan lensa cembung, maka perbesaran bayangan benda tersebut adalah ....
A.   3 kali              
B.   2 kali  
C.    kali
D.    kali
Kunci  Jawaban : B
Pembahasan
1.    Data dari gambar :
SOAL NO : 17
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 :  Melalui gambar , peserta didik dapat menentukan penggunaan lensa kacamata yang benar pada jenis cacat mata tertentu
Soal :
Perhatikan  gambar jalannya sinar pada mata sebelum dan sesudah pakai kacamata berikut !
Berdasarkan data yang tampak pada gambar I dan II, dapat dipastikan ....

Cacat mata yang diderita
penyebab
A
hipermetropi
titik dekat mata bergeser menjauhi mata
B
hipermetropi
titik dekat mata bergeser mendekati mata
C
miopi
titik jauh mata bergeser menjauhi mata
D
miopi
titik jauh mata bergeser mendekati mata

Kunci  Jawaban : A


Pembahasan
Berdasarkan jalannya sinar sebelum dan sesudah pakai kacamata, dipastikan cacat mata yang diderita : HIPERMITROPI.
Penyebab : titik dekat mata (PP) bergeser menjauhi mata

SOAL NO : 18
Kemampuan yang diuji      :  Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan
Indikator                               : Melalui gambar, peserta didik dapat menjelaskan terjadinya pemuatan listrik statis  serta menentukan  jenis muatan listriknya.
 Soal :
Perhatikan gambar berikut !
Batang kaca dapat menarik serpihan kertas seperti pada gambar karena telah bermuatan listrik yang ditimbulkan oleh peristiwa penggosokan dengan ….

  1. kain wol, sehingga melepaskan beberapa elektron yang dimiliki
  2. kain sutera, sehingga melepaskan beberapa elektron yang dimiliki
  3. kain wol, sehingga menerima beberapa elektron dari kain wol
D.  kain sutera, sehingga menerima beberapa elektron

Kunci Jawaban : B

Pembahasan
Batang kaca akan bermuatan listrik positif jika digosok berulang kali dengan kain sutera. Peristiwa yang terjadi : batang kaca melepaskan beberapa elektron yang dimiliki, sehingga batang kaca kekurangan elektron → bermuatan listrik positif
SOAL NO : 19
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
Indikator                                 :  Disajikan gambar rangkaian listrik yang didalamnya terdapat beberapa penghambat yang terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat menentukan besar kuat arus listrik atau besar beda potensial dalam rangkaian listrik tersebut.
Soal :
Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut !
Jika hambatan dalam baterai di abaikan, berdasarkan data yang diperlihatkan seperti pada gambar , besar kuat arus listrik (I) adalah....
A.   0,5 ampere
B.   1,0 ampere
C.   1,5 ampere
D.   2,0 ampere
Kunci Jawaban : A

Pembahasan
1 ohm, 3 ohm, dan 4 ohm è seri
Rs = 1 ohm + 3 ohm + 4 ohm = 8 ohm
Rs dan 8 ohm è parallel  è Rp = ( 8x8/8+8) ohm = 4 ohm
16 ohm, Rp, 5 ohm èseri è R total = 16 ohm +4 ohm + 5 ohm = 25 ohm
I induk = V/ R total = 12,5 v/ 25 ohm = 0,5 ampere


SOAL NO : 20
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
Indikator                                 :  Disajikan  gambar  rangkaian  listrik  yang  didalamnya  terdapat beberapa  penghambat     ( resistor ) yang terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat menentukan besar beda potensial diantara penghambat yang terangkai tersebut
Soal :
Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut !
Bila hambatan dalam sumber tegangan E diabaikan, maka voltmeter V tampak pada gambar menunjukkan tegangan terukur sebesar ....


A.   12 volt
B.   24 volt
C.   36 volt
D.   48 volt

Kunci Jawaban : A

Pembahasan
R total = ( (6+6) x 12/6+6+12 ) ohm= 6 ohm
V = I induk . R total = 2 A . 6 ohm = 12 vol


SOAL NO : 21
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 : Melalui data pemakaian beberapa alat listrik , peserta didik dapat menghitung biaya rekening listrik yang harus dibayar pada suatu rumah sederhana
Soal :
Di suatu rumah tangga , pesawat TV dinyalakan rata-rata 8 jam sehari. Pesawat TV tersebut mengalir arus listrik 0,5 ampere ketika dihubungkan pada tegangan 220 Volt. Jika tarif listrik Rp 400,00 per kWh, maka biaya pemakaian energi listrik untuk TV tersebut selama 1 bulan ( 30 hari ) sebesar ....
A.   Rp 11.540,00                       
B.   Rp 10.560,00
C.   Rp 2.640,00
D.   Rp 1.320,00

Kunci Jawaban : B

Pembahasan
W sehari = 220v . 0.5 A . 8 jam = 880 wh
W 30 hari = 30 . 880 wh = 26400 wh = 26,4 kWh
Biaya = 26,4 kWh . Rp. 400,00/kWh = Rp. 10.560,00



SOAL NO : 22
Kemampuan yang diuji      :  Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 :  Disajikan gambar produk  teknologi yang dirangkaikan pada jaringan listrik PLN , peserta didik dapat menentukan besar daya listrik yang digunakan oleh produk teknologi tersebut.
 Soal :
Gambar berikut menunjukkan sebuah seterika listrik yang  dihubungkan dengan jaringan listrik  PLN.
Jika hambatan kawat yang ada di dalam seterika listrik tersebut sebesar 800 ohm dan kuat arus listrik yang melewatinya 500 mA, maka daya listrik yang digunakan oleh seterika adalah ….
A.   500 watt
B.   400 watt
C.   300 watt
D.   200 watt

Kunci Jawaban : D

Pembahasan
P = I2 x R = ( 500 mA )2 x 8oo ohm =  (0,5)2 x 800 ohm = 200 watt     



SOAL NO : 23
Kemampuan yang diuji      :  Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan
      Indikator                                    : Menjelaskan cara pembuatan magnet  dengan cara induksi, elektromagnet atau gosokan serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan, melalui gambar
Soal :
Seseorang membuat magnet dengan cara induksi sebagai berikut :
Paku besi YZ didekatkan dengan magnet batang , kemudian paku besi PQ didekatkan pada paku YZ.  Jenis kutub magnet yang dihasilkan oleh ujung ujung paku adalah....

kutub utara
kutub selatan
A.
ujung Z
ujung Q
B.
ujung Y
ujung Q
C.
ujung Y
ujung P
D.
ujung Z
ujung P

Kunci Jawaban : B

Pembahasan
Membuat magnet dengan cara INDUKSI:
-          Jika kutub utara magnet yang didekatkan , maka kutub magnet buatan
yang dihasilkan pada ujung yang berdekatan adalah kutub selatan.
-          Jika kutub selatan magnet yang didekatkan, maka kutub magnet buatan
yang dihasilkan pada ujung yang berdekatan adalah  kutub utara.
Data dari gambar :
Kutub selatan magnet yang didekatkan, maka :
-          Ujung Y menjadi kutub utara dan ujung Z menjadi kutub selatan.

SOAL NO : 24
Kemampuan yang diuji      :  Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
Indikator                                 :  Disajikan gambar/narasi susunan Tata Surya, peserta didik dapat menjelaskan karakteristik benda benda langit  dalam Tata Surya.
Soal :

Perhatikan gambar susunan anggota tata surya berikut !

Planet terbesar kedua yang memiliki cincin berlapis-lapis dan indah berada di antara planet yang bernomor urut ke ....
A.  6 dan 8                      
C.  5 dan 7
B.  4 dan 6
D.  3 dan 5
Kunci Jawaban : C

Pembahasan
Pelanet yang memiliki cinsin berlapis-lapis dan  lidah adalah saturnus (6) berada di antara Jupiter (5) dan Uranus (7)

SOAL NO : 25
Keampuan yang diuji          :  Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan
Indikator                                 :  Disajikan gambar posisi Matahari, Bumi, dan Bulan , peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan pasang naikdan pasang surut air laut dengan posisi Bulan.
Soal :
Perhatikan gambar posisi bulan, bumi, dan matahari berikut !



Ditinjau dari posisi matahari (a), bulan (c), dan bumi (b), air laut mengalami pasang maksimum dan pasang minimum di bumi berturut-turut ditunjukkan pada gambar nomor ….
A.  1, 2 dan 3, 4
B.  1, 4 dan 2, 3
C.  3, 4 dan 1, 2
D.  2, 3 dan 1, 4
Kunci Jawaban : B

Pembahasan
Posisi matahari ( 1 ), bumi ( 2 ),  dan bulan ( 3 )



Pada posisi ketiganya seperti pada gambar, maka :
-        pada daerah B dan D mengalami pasang
-        pada daerah A dan C mengalami surut


Nomor  26
Kompetensi yang di uji          :   Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Indikator soal                   :  Disajikan gambar ciri-ciri mahluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri yang benar

Soal   
Perhatikan gambar berikut


 





Ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh gmbar di atas adalah....
A.   berkembangbiak
B.   memerlukan makanan
C.   tumbuh dan berkembang
D.   peka terhadap rangsang

Kunci Jawaban             :  A

Pembahasan 
Gambar ayam dengan beberapa ekor anaknya  merupakan ciri mahluk hidup yaitu berkembangbiak

Nomor  27
Kompetensi yang di uji   :  Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup
Indikator soal                    :  Disajiikan beberapa gambar hewan, peserta didik dapat meng-identifikasi kelompok hewan tertentu
Soal                :
Perhatikan kelompok hewan berikut!                  
           











S
 

P
 


Q
 

R
 


 
Diantara gambar tersebut, hewan- hewan yang tubuhnya berpori adalah….
A.  P dan Q
B.  Q dan R
C. Q dan S
D. R dan S

Kunci Jawaban            :  D

Pembahasan           : 
hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah R dan S keduanya termasuk kelompok hewan porifera


Nomor  28
Kompetensi yang di uji      : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator soal                       : Disajikan bagan rantai makanan makanan peserta didik dapt menetukan akibat yang terjadi bila salah satu komponen mengalami kepunahan
Soal               :
Perhatikan bagan rantai makan berikut!
           
   










 
Akibat yang terjadi apabila jumlah populasi ular menurun  karena diburu untuk diambil    kulitnya, adalah…
A.  tikus berkurang
B.  elang meningkat
C.  padi meningkat
D.  tikus meningkat

Kunci Jawaban            :  D

Pembahasan           :
pada rantai makanan tersebut jika ular  dibunuh sehingga  populasinya menurun, maka mengakibatkan gangguan dan ketidakseimbangan dalam ekosistem, dimana tikus akan meningkat populasinya, karena tidak ada yang memakan.



Nomor  29
Kompetensi yang di uji      :  Menjelaskan interaksi antara makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator soal                       :  disajikan contoh interaksi antara mahluk hidup, peserta didik dapat menentukan  interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)
Soal               :
Perhatikan contoh interaksi makhluk hidup berikut!
1.   Ikan remora dengan ikan hiu
2.   Bunga anggrek dengan tanaman inang
3.   Lebah madu dengan bunga mangga
4.   Burung jalak dengan kerbau
5.   Bakteri pembusuk dalam usus manusia
Contoh simbiosis komensalisme adalah nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B.   1, 2, dan 4
C.   2, 3, dan 4
D.   3, 4 dan 5

Kunci Jawaban             :  B

Pembahasan           :  
Ikan remora dengan ikan hui merupakan simbiosis komensalisme dimana ikan remora dapat makanan dari sisa-sisa ikan hiu, sementara ikan hiu tidak rugi
Bunga anggrek dengan tumbuhan inang adalah simbiosis komensalisme
Lebah dengan bunga simbiosis mutualisme
Burung jalak dengan kerbau simbiosis komensalisme
Bakteri pembusuk dalam usus manusia simbiosis komensalisme
Nomor  30
Kompetensi yang di uji      :  Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Indikator soal                       :  disajikan gambar peserta didik dapat menenetukan  penyebab pencemaran air

Soal
Perhatikan gambar sungai yang tercemar berikut!





Go to fullsize image



 




Penyebab pencemaran dan  kerusakan lingkungan seperti gambar tersebut  adalah ...
A.     limbah kimia rumah tangga dan pabrik, berupa deterjen
B.     bahan dari plastik, bekas pembungkus barang
C.    bahan  kimia dari pabrik, seperti magnesium
D.    bahan dari pabrik, seperti kaleng minuman

Kunci Jawaban            :  A

Pembahasan           : 
Di daerah perkotaan yang tingkat pencemaran air tinggi akibat limbah buangan dari rumah tangga dan pabrik berupa deterjen, bahan ini sebagai pencemar karena tidak bisa diuraikan oleh mkroorganisme sehingga air menjadi keruh.


Nomor  31
Kompetensi yang di uji      :    Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
Indikator soal                       :    Disajikan gambar tumbuhan langka, peserta didik dapat menentukan usaha untuk melestarikannya

Soal                :
Perhatikan gambar berikut










Go to fullsize image

 






Usaha yang di lakukan untuk melestarikan jenis tanaman tersebut adalah ….
A.       membangun suaka margasatwa
B.       mendirikan kebun raya untuk melindunginya
C.      menyilangkan jenis tanaman tersebut
D.      menanfaatkannya  untuk hiasan

Kunci Jawaban            :  B.

Pembahasan           :
Tanaman bunga bangkai (Amorpophalus tinanuim) dan anggrek merupakan tanaman langka, diperlukan usaha untuk melestarikannya agar keberadaannya tidak punah, maka perlu di lestarikan dengan mendirikan tempat khusus seperti kebun raya


Nomor  32
Kompetensi yang di uji      : Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
Indikator soal                       :  Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari kepadatan pnduduk terhadap sumberdaya lingkungan

Soal               :
Pertumbuhan penduduk yang semakin tak terkendali memiliki dampak terhadap sumber daya  manusia,  yaitu....
A.  meningkatnya lahan kritis
B. munculnya polusi udara
C. menurunnya krimilalitas
D. sempitnya lapangan kerja
    
Kunci Jawaban            :  D

Pembahasan           : 
dampak pertumbuhan penduduk yang tak terkendali di suatu daerah akan mengakibatkan berbagai masalah antara lain : kebutuhan air bersih, masalah  lahan tempat tinggal, kebutuhan udara bersih dan sempitnya lapangan kerja dan meningkatnya kriminalitas.



Nomor  33
Kompetensi yang di uji      : Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal                       : disajikan gambar tengkorak peserta didik dapat menentukan nama-nama tulang

Soal               :
Perhatikan gambar ini ! 






Bagian yang diberi tanda huruf A dan B berturut – turut adalah ....
A.  tulang pelipis dan  tulang ubun ubun
B.  tulang  baji dan tulang pelipis.
C. tulang tapis dan  tulang ubun ubun.
D. tulang hidung dan tulang

Kunci Jawaban            :  A

Pembahasan           : 
Bagan yang di tunjuk adalah tulang pelipis dan tulang ubun-ubun


 




Nomor  34
Kompetensi yang di uji      : Menentukan jenis tulang/ sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal                        :  disajikan gambar sendi peserta didik dapat menentukan nama sendi yang di tunjuk
Soal               :
Perhatikan gambar berikut


 




Persendian yang ditunjukkan oleh huruf X pada gambar di samping termasuk ....
A. sendi engsel                                    
B. sendi putar
C. sendi peluru
D. sendi pelana

Kunci Jawaban            :  C

Pembahasan           :  
Sendi yang ditunjuk adalah sendi peluru terdapat pada pangkal paha dan pangkal lengan, sendi putar terletak pada tulang atlas yaitu persendian antara leher dan tengkorak kepala. 


Nomor  35
Kompetensi yang di uji      : Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
Indikator soal                       : Disajikan data fungsi makanan, peserta didik dapat menentukan fungsi protein
Soal               :
Perhatikan beberapa fungsi makanan berikut! 
1. menghasilkan energi
2. mengganti sel sel yang rusak
3. membentuk enzim dan hormon
4. mengatur proses dalam tubuh
Fungsi dari protein bagi tubuh manusia sesuai dengan nomor . . . .
A.  1 dan  2
B.  2 dan  3
C. 3 dan  4
D. 4 dan  1

Kunci Jawaban            :  B

Pembahasan           :
Fungsi makanan bagi tubuh manusia
1.      Sebagai sumber energy/tenaga (karbohidrat dan lemak)
2.      Membentuk sel baru dan mengganti sel-sel yang rusak (protein)
3.      Membentuk enzim dan hormone (protein)
4.      Mengatur proses metabolism tubuh (vitamin dan mineral)
5.      Sebagai penahan dingin/menjaga suhu tubuh (lemak)



Nomor  36
Kompetensi yang di uji         :   Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator soal                       :    disajikan data peserta didik dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan darah

Soal               :
Perhatikan nama-nama penyakit berikut :
1. anemia                  
2. leukemia
3. varises      
4. hemofilia              
5. arteriosklerosis
6. ambien
Penyakit manakah yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah?
A.  1, 2 dan 4
B.  1, 3 dan 6                  
C. 2, 4 dan 5                  
D. 3, 5 dan 6                  

Kunci Jawaban            :  D

Pembahasan           : 
Anemia                    :  kekurangan sel darah merah                
Leukemia                :  kekurangan sel darah putih
Varises                    :  penyumbatan pada pembuluh darah vena                
Hemofilia                 :  darah tidak dapat membeku                  
Arteriosklerosis      :  penyumbatan pembuluh darah pada arteti
Ambien                    :  penyumbatan pembuluh darah pada anus

Nomor  37
Kompetensi yang di uji      :   Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
Indikator soal                       :  Disajikan gambar system ekskresi peserta didik dapat menenentukan urutan system ekskresi

Soal               :


 








Berdasarkan gambar tersebut, ureter da uretra di tunjukan oleh nomor : ….
                 A.  1 dan 2
                 B.  2 dan 3
                 C.  2 dan 4
                 D.  3 dan 4








 
Kunci Jawaban            :  C

Pembahasan           :
Nama-nama bagian system eksresi pada gambar :
1.    Ginjal
2.    Ureter
3.    Kantong kemih
4.    Uretra


Nomor  38
Kompetensi yang di uji       : Menjelaskan sistem saraf pada manusia
Indikator soal                        : peserta didik dapat  menjelaskan fungsi salah satu organ pada sistem saraf manusia
Soal               :

Pernyataan mana yang menunjukkan fungsi sumsum tulang belakang ?
A.  Memberi kemungkinan jalan yang panjang menuju pusat saraf.
B.  Memberi kemungkinan jalan yang terpendek pada gerak refleks.
C. Sebagai penghubung impuls saraf dari dan ke otak.
D. Sebagai penghubung impuls dengan berbagai otot.

Kunci Jawaban            :  B

Pembahasan           :
Sumsum tulang belakang berfungsi sebagai pusat gerak reflex dan sebagai konektor atau penghubung dari dan ke otak 

Nomor  39
Kompetensi yang di uji      : Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
Indikator soal                       :  disajikan data fungsi organ tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi  fungsi akar

Soal                :
Perhatikan fungsi-fungsi organ tumbuhan berikut1
1. menyimpan cadangan makanan
2. membantu pernapasan melalui
3. melakukan fotosintesis
4. sebagai alat perkembangbiakan
5. menyerap air,garam mineral
6. sebagai penguat berdirinya tumbuhan
 Fungsi fungsi  akar bagi tumbuhan  dapat ditujunkan pada data nomor . . .
A.  1, 2 , 3 dan 6
B.  1, 4, 5 ,dan 6
C. 2, 3 , 4 dan 6
D. 3, 4 , 5 dan 6

Kunci Jawaban            :  B

Pembahasan           :
Fungsi akar pada tumbuhan
1. menyimpan cadangan makanan sebagai umbi
2. membantu pernapasan nmelalui lenti sel
4. sebagai alat perkembangbiakan
5. menyerap air,garam mineral
6. sebagai penguat berdirinya tumbuhan


Nomor  40
Kompetensi yang di uji      : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator soal                       :  disajikan beberapa gambar, peserta didik dapat nenentukan arah gerak tumbuhan sesuai rangsang

Soal               :
Dari gambar-gambar berikut,  yang menunjukkan gerak  fototropisme  adalah  yang diberi huruf .....
gerak-tumbuhangerak-tumbuhan


                        A                                 B                                 C                                 D
Kunci Jawaban            :  A

Pembahasan          :
Gerak yang benar pada adalah  gerak ujng batang menuju kearah cahaya disebut gerak fototropism,  gerak sulur tanaman melilit batang disebut gerak tigmotropisme.

Nomor  41
Kompetensi yang di uji         :    Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator soal                          :    disajikan gambar peserta didik dapat menentukan contoh gerak yang dipengaruhi datangnya rangsang


Soal               :
Perhatikan gambar gerak tumbuhan berikut!



Gerak tumbuhan seperti pada gambar merupakan contoh ….
A.    geotropism
B.    fototropisme
C.    hidrotropisme         
D.    tropisme

Kunci Jawaban            :  A

Pembahasan           :  
Gerak akar menuju pusat bumi merupakan gerak geotropism positif, sedangkan gerak ujung tunas tumbuh kea rah atas/menjauhi pusat bumi disebut gerak geotropisme negatif

Nomor  42
Kompetensi yang di uji      : Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan percobaan tentang proses tersebut
Indikator soal                       :  Disajikan bagan reaksi fotosintesis, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut


Soal               :
Perhatikan rangkaian percobaan fotosintesis berikut!




        1                 2                     3                4
Perlakuan terhadap bagian bertanda 3 bertujuan untuk ....
A.   mematikan sel-sel daun
B.   menguji adanya amilum
C.   menguji pentingnya cahaya matahari
D.   melarutkan butiran khlorofil

Kunci Jawaban             :  D

Pembahasan          :
Pada percobaan tersebut perendaman daun dengan air panas (2), bertujuan untuk membuat daun layu dan mematikan sel-sel daun. Sedangkan perendaman  daun dalam alcohol panas (3) bertujuan untuk melalutkan butiran klorofil, yang terdapat dalam daun.
                                        
Nomor  43
Kompetensi yang di uji         : Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
Indikator soal                          :  Disajikan beberapa contoh prilaku mahluk hidup peserta didik dapat menentukan tingkah laku mahluk hidup


Soal               :
Contoh adaptasi mahluk hidup
  1. Pada musin penghujan manusia sering mengeluarkan urin.
  2. Bunglon dapat mengubah warna tubuhnya sesuai lingkungannya.
  3. Hewan herbivora memiliki enzim selulase dalam perut besarnya
  4. Burung elang memiliki paruh yang tajam dan kuat untuk mengoyak mangsa
Dari pernyataan di atas, yang merupakan contoh adaptasi fisiologi adalah ….
A.   1 dan 3
B.   2 dan 4
C.   3 dan 4
D.   4 dan 1

Kunci Jawaban             :  A

Pembahasan           :
Pada musin penghujan manusia sering mengeluarkan urin. (adaptasi fisiologi)
Hewan bunglon dapat mengubah warna tubuhnya sesuai lingkungannya. (adaptasi tingkahlaku)
Hewan herbivora memiliki enzim sesulase dalam perut besarnya (adaptasi fisiologi)
Burung elang memiliki paruh yang tajam dan kuat untuk mengoyak daging (morfologi)


Nomor  44
Kompetensi yang di uji      : Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
Indikator soal                       :  Disajikan contoh gambar pesilangan monohibrida, peserta didik dapat menentukan jumlah/perbandingan fenotif pada F-2

Soal               :
 Perhatikan bagan persilangan tumbuhan monohibrid berikut!
P1               
                                   
                       
                                             




 merah muda  100 %
Jika antara sesama F 1 disilangkan, akan dihasilkan F 2  dengan rasio fenotip.....
A.  50 % merah : 50 % putih
B.  25 % merah : 50 % merah putih : 25 % putih *
C. 75 % merah muda  : 25 % putih
D. 75 % merah : 25 % putih

Kunci Jawaban            :  B
Pembahasan           :
P1. :             merah         x          putih
               (MM)                       (mm)

Gamet:          M                              m
      
F1  :                              Mm    
                               Merah muda
                                    100%    

Induk (P2)  Merah muda  x  Merah muda                 
(Mm)           (Mm)   

Gamet               M                 M
                          m                 m              
F2. Keturunan kedua adalah
M
m
M
MM
Mm
 M
Mm
mm

Perbandingan Genotif :
   MM   :    Mm   :    mm
     1                 2                1
Perbandingan Fenotif :
Merah  :  Merah muda  :  putih
     1        :          2        :        1
  25%               50%           25%                           



Nomor  45
Kompetensi yang di uji      :   Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
Indikator soal                       :      disajikan hasil persilangan monohibrida, peserta didik dapat menentukan rasio genotif induknya
Soal               : 
Tumbuhan Mirabilis jalapa berbunga merah disilangkan dengan berbunga putih.  Keturunan pertamanya (F1) menghasilkan tumbuhan dengan perbandingan fenotip merah : putih  = 1  :  1, maka genotip induknya adalah ….
A.     MM  x  MM
B.     Mm x  Mm
C.    Mm x  mm
D.    mM  x  MM

Kunci Jawaban            :  C

Pembahasan           :
P1. :             merah         x          putih
               (Mm)                       (mm)

Gamet:          M                              m
                      m                               m
F1. Keturunan kedua adalah
m
m
M
Mm
Mm
       m
mm
mm

Perbandingan Genotif :
     Mm   :    mm
       2             2         
Nomor  46
Kompetensi yang di uji          : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
Indikator soal                           : peserta didik dapat menentukan salah satu teknologi rreproduksi dengan cara kultur jaringan

Soal                :
Seorang petani ingin mendapatkan bibit unggul yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Bibit unggul ini dibutuhkan dalam jumlah yang banyak untuk penanaman dalam skala besar. Cara yang paling tepat untuk mendapatkan bibit tersebut adalah....
  1. mencangkok
  2. kultur jaringan
  3. stek    
  4. okulasi

Kunci Jawaban             :  B

Pembahasan           :  
Kultur jaringan atau in vitro atau mikropropagasi adalah cara menanam dan memelihara sel atau jaringan dari tumbuhan atau hewan yang di sebut eksplan secara aseptik (suci hama) pada suatu medium yang cocok dan dalam keadaan steril


Nomor  47
Kompetensi yang di uji      : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
Indikator soal                       :  peserta didik dapat menentukan mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan salah satu jenis makanan

Soal               :
Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan tempe adalah ....
A. Rhizopus,sp
B  Acetobacter xylinum
C. Sacharomyces cereviceae
D. Lactobacilles casei

Kunci Jawaban            :  A

Pembahasan           :
Bioteknologi konvensional sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, salah satunya adalah pembuatan tape dengan batuan ragi (Saccaromyces cereviceae), pembuatan tempe dengan bantuan jamur Rizhopus sp,  untuk membuat yogurt dibantu oleh Lactobacillus ,sp. Sementara untuk membuat nata di coco dengan bantuan Acetobacter xylinum


Nomor  48
Kompetensi yang di uji          :   Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organism disertai dengan contohnya
Indikator soal                           :    disajikan data peserta didik dapat menentukan contoh bioteknologi di bidang kesehatan

Soal                :
Perhatikan beberapa produk bioteknologi  berikut!
1.                           Antibiotik
2.                          Transgenic
3.                          Hormone sintetik
4.                          Kultur jaringan
5.                          Recombivax Hb
Produk bioteknologi dalam bidang kesehatan adalah…
  1. 1 , 2, dan 4
  2. 1,3, dan 5
  3. 2, 3, dan 4
  4. 2,3, dan 5

Kunci Jawaban             :  B

Pembahasan           :  
Dalam bidang kesehatan bioteknologi dapat menghasilkan beberapa bahan produk untuk membatu pasien seperti : antibiotika, hormone sintetik untuk penyakit kencing masin dan rekombivax haemoglobin


Nomor  49
Kompetensi yang di uji      : Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan
Indikator soal                       :  peserta didik dapat menentukan zat aditif makanan untuk  pengenyal
Soal               :
Zat aditif yang biasa digunakan untuk pengawet dan pengenyal bakso adalah ….
A. siklamat
B. boraks
C. formalin
D. monosodium

Kunci Jawaban            :   B

Pembahasan           :
Zat aditif  makanan
Pengawet : pengawet makanan alami digunakan bahan dengan dosisi tinggi seperti pengasinan, pemanisan, pengasapan, pangasaman, dsb.
Contoh pengawet buatan  asam benzoate, asam asetat, asam propionate, asam  sorbet,   formalin, sodium benzoate,
Pengenyal                     :  boraks
Pemanis                         :  aspartame, siklamat dan sakarin
Penyedap           alami  :  bawang merah, bawang putih, pandan wangi,
Penyedap buatan         : monosodium glutamate (MSG) / vitsin, isoamil asetat, etil butirat

Nomor  50
Kompetensi yang di uji             :  Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita
Indikator soal                             :  Disajikan data ciri-ciri pengaruh zat adiktif bagi kesehatan, peserta didik dapat menentukan ciri yang di timbulkan oleh zat aditif

Soal               :
Dampak  yang akan ditimbulkan oleh narkotika adalah
A.           hilangnya kesadaran dan ketergantungan
B.           meningkatnya tekanan darah
C.           menurunnya kualitas pendengaran
D.           timbulnya bercak-bercak merah pada kulit

Kunci Jawaban            :  A

Pembahasan           :
Efek yang dapat ditimbulkan karena pemakaian narkotika dan psokotropika antara lain sebagai berikut.
1.      Sedatif atau menghilangkan rasa nyeri.
2.      Hilangnya kesadaran dan tidak bisa berfikir normal
3.      Analgesik atau membius.
4.      Depresan atau menenangkan.
5.      Stimulan atau merangsang.
6.      Euphoria atau menyenangkan.
7.      Halusinogen atau menimbulkan khayalan.
8.      Menimbulkan ketagiah/ketergantungan obat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar