PAKET 2
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAAN
IPA SMP
Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika dan satuan yang
sesuai
Indikator : Disajikan tabel besaran dan satuan atau tabel
hasil suatu percobaan, peserta didik dapat menentukan pasangan besaran fisika
tertentu dan satuannya yang sesuai
Soal No 1 :
Perhatikan tabel berikut !
|
Besaran fisika
|
Satuan
|
(1).
|
Tekanan
|
N/m²
|
(2).
|
Panjang
|
meter
|
(3).
|
Berat
|
kilogram
|
(4).
|
Massa
|
newton
|
Besaran pokok, besaran turunan dan satuan dalam Sistem
Internasional ( SI ) yang benar berturut
turut ditunjukkan oleh ….
A. ( 1
) dan ( 2 )
B. ( 2
) dan ( 1 )
C. ( 3
) dan ( 4 )
D. ( 4 )
dan ( 3 )
Kunci Kunci Jawaban ; B
Pembahasan
No.
|
Besaran Fisika
|
Satuan
|
Keterangan
|
|
dalam ...
|
dalam SI
|
|||
1
2
3
4
|
Tekanan
Panjang
Berat
Massa
|
N / m²
meter
kilogram
Newton
|
N / m²
meter
kilogram
Newton
|
B
B
S
S
|
SOAL NO : 2
Kemampuan yang diuji : Membaca alat ukur
Indikator : Disajikan gambar /ilustrasi,
peserta didik dapat membedakan pengukuran secara langsung dan tidak langsung
Soal :
Massa benda tampak pada gambar sesuai dengan pengukuran
tersebut adalah ....
A. 75 gram
B. 80 gram
C. 100 gram
D. 125 gram
Kunci
Kunci Jawaban : D
Pembahasan
1.
SOAL NO : 3
Kemampuan yang diuji : Menentukan
salah satu variabel dari rumus
Indikator :
Disajikan gambar , peserta didik dapat
menentukan salah satu variabel dari rumus
p= m/v atau jenis suatu zat bila data yang diperlukan diketahui
Soal :
Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan sebagai
berikut.
Dari hasil pengukuran seperti pada gambar (a) dan (b), massa jenis batu
tersebut adalah ….
A.
4,62
gram / cm³
B.
4,58
gram / cm³
C.
4,02
gram / cm³
D.
3,42
gram / cm³
Kunci Jawaban : A
Pembahasan
A. Dari data pengamatan :
SOAL
NO : 4
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan ganbar peristiwa dalam kehidupan
sehari hari , peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam
peristiwa tersebut
Soal :
Perhatikan
pemasangan kabel listrik pada transmisi jarak jauh dibuat agak kendur seperti
pada gambar berikut
Hal ini dilakukan
agar ....
A.
memberi toleransi pemuaian ketika arus listrik mengalir
B.
kawat
tidak memuai ketika mendapatkan panas matahari
C.
kawat
tidak mudah putus karena memuai ketika suhu panas
D.
kawat
tidak mudah putus karena menyusut ketika suhu dingin
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
Pada umumnya ;
bila logam, bila :
a. dipanaskan akan memuai
b. didinginkan akan menyusut
Data dari gambar, kabel listrik
kendor (pada suhu kamar). Ketika suhu dingin (rendah), kabel listrik menyusut.
Karena sebelumnya dipasang kendor, maka kabel listrik tidak putus
SOAL NO : 5
Kemampuan yang diuji :
Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor
Indikator : Disajikan grafik suhu terhadap kalor, peserta
didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan
Q = m.c. atau Q = m. L bila
data yang diperlukan diketahui.
Soal :
Perhatikan grafik pemanasan 300 gram es hingga menjadi
air berikut ini !
Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgºC), kalor jenis air
4.200 J/(kgºC), dan kalor lebur es = 340.000 J/kg, maka pada saat perubahan
suhu pada proses M – N diperlukan kalor sebanyak ….
- 6,3 kilojoule
- 12,6 kilojoule
- 83,1 kilojoule
- 102,0 kilojoule
Kunci Kunci Jawaban :B
Pembahasan
M – N : Kenaikan suhu
Proses
SOAL NO : 6
Kemampuan yang diuji :
Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak
tersebut dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
Membedakan GLB, GLBB dipercepat atau
GLBB diperlambat melalui contoh peristiwa dalam kehidupan sehari hari
. Soal :
Sebuah mobil sedang bergerak dari suatu tempat ke tempat
yang lain. Pada saat ini tanki olinya bocor, sehingga tetesan oli pada jalan
yang dilaluinya seperti pada gambar berikut :
Ditinjau dari pola
tetesan oli, maka jenis gerak yang ditimbulkan pada ….
|
Lintasan ( P – Q )
|
Lintasan ( Q – R
)
|
A
|
GLBB diperlambat
|
GLBB dipercepat
|
B
|
GLBB dipercepat
|
GLBB diperlambat
|
C
|
Gerak Lurus Beraturan
|
GLBB dipercepat
|
D
|
GLBB diperlambat
|
Gerak Lurus Beraturan
|
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
6
1. Berdasarkan data pada gambar :
Lintasan
P – Q → GLBB dipedidiperlambatat
Lintasan
Q – R → GLBB dipercepat
SOAL NO : 7
Kemampuan yang diuji : Menentukan variabel dari rumus tekanan pada
suatu zat
Indikator : Disajikan gambar atau tabel tentang tekanan pada zat padat, peserta didik
dapat menentukan salah satu parameter
dalam persamaan p=F/A, bila data yang diperlukan diketahui
Soal :
Perhatikan gambar balok besi berikut !
Bila berat balok 3 newton, maka besar tekanan yang
diberikan oleh balok pada lantai adalah….
A. 20
N/m²
B. 30 N/m²
C. 100
N/m²
D. 150
N/m²
Kunci Jawaban : A
Pembahasan
1.
SOAL NO : 8
Kemampuan yang diuji : Menentukan variabel dari rumus tekanan pada zat
Indikator
: Disajikan
gambar bejana berisi zat cair, peserta didik
dapat menentukan salah satu
variabel dari persamaan tekanan hidrostatik Ph = p.g.h, bila variabel yang lain
diketahui
Soal :
Perhatikan gambar posisi empat ekor
ikan dalam bejana kaca berikut !
Jika
percepatan gravitasi di tempat tersebut10 m/s², maka tekanan hidrostatis paling
besar dialami oleh....
A. ikan W karena paling dekat dengan permukaan air
B. ikan X karena bentuk badannya paling kecil
C. ikan Z karena paling dekat dengan dasar bejana
D. ikan Y karena bentuk badannya paling besar
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
1.
tidak tergantung pada badan ikan
tergantung berat dan kedalaman dari permukaan zat cair
paling besar, jika posisi ikan paling jauh dari permukaan
atau posisi ikan paling dekat dengan
SOAL NO : 9
Kemampuan yang diuji : Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat
dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : Disajikan
gambar suatu alat dalam kehidupan sehari hari,peserta didik dapat menyebutkan
perubahan energi yang terjadi
Soal :
Perhatikan gambar rangkaian listrik terbuka berikut !
Setelah sakelar (S) ditutup dan arus listrik mengalir
sesuai arah I seperti pada gambar, urutan perubahan energi yang terjadi hingga
lampu menyala adalah ….
A. energi listrik à energi kimia à energi cahaya + energi kalor
B. energi gerak à energi listrik à energi kalor + energi cahaya
C. energi listrik à energi kimia à energi kalor + energi cahaya
D. energi kimia à energi listrik à energi cahaya + energi kalor
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
Data dari gambar rangkaian listrik + lampu :
Energi kimia → energi
listrik → energi cahaya + energi
SOAL NO : 10
Kemampuan yang diuji :
Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
Indikator : Menentukan
usaha yang dilakukan oleh resultan beberapa gaya, melalui gambar
Soal :
Perhatikan gambar berikut !
Besar usaha yang dilakukan oleh F1 dan F2
adalah....
A. 1000 joule
B. 600 joule
C. 400 joule
D. 200 joule
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
SOAL NO : 11
Kemampuan yang diuji :
Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
Indikator : Disajikan
gambar berkaitan dengan energi potensial
dan energi kinetik, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam
persamaan Ep = mgh atau Ek = ½ mv2
atau hubungan usaha = perubahan energi mekanik
Soal :
Seorang siswa
akan melompat dari papan loncat ke kolam renang seperti pada gambar.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan
Usaha yang dilakukan = perubahan energi potensial
gravitasi
SOAL NO : 12
Kemampuan yang diuji :
Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan gambar dalam stem atau dalam option
, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis
jenis pesawat sederhana serta
penerapannya dalam kehidupan sehari hari
Soal :
Perhatikan gambar produk teknologi berikut !
Antara keempat pesawat sederhana berikut yang memiliki
prinsip kerja sejenis dengan produk
teknologi tersebut adalah ….
- C.
- D.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan
Dari gambar
produk teknologi : prinsip kerjanya berdasarkan tuas. Dari pilihan (option)
yang prinsip kerjanya berdasarkan tuas adalah C.
SOAL NO : 13
Kemampuan yang diuji : Menentukan salah satu besaran fisika pada
getaran dan gelombang
Indikator : Disajikan grafik/gambar gelombang , peserta didik dapat
menentukan nilai salah satu besaran
gelombang
Soal :
Suatu beban digantungkan pada pegas seperti pada gambar,
kemudian digetarkan. Jika dalam selang
waktu 9 detik terjadi 27 kali
gerakan pegas dari K – L – M – L –
K maka frekuensi getarannya adalah ….
A. 12 Hz
B. 9 Hz
C. 6 Hz
D. 3 Hz
Kunci Jawaban : D
Pembahasan
SOAL NO : 14
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi
serta pemanfaatannya
Indikator :
Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari, melalui gambar.
Soal :
Perhatikan gambar berikut !
Bel listrik dibunyikan terus menerus di dalam ruang sungkup. Kemudian udara
di dalam sungkup dikeluarkan sampai habis, ternyata bunyi bel tidak terdengar
lagi. Hal ini disebabkan bunyi ....
- tidak merambat dalam ruang tertutup
- terbawa oleh udara keluar sungkup
- tidak merambat dalam ruang hampa udara
- tidak dapat merambat melalui zat padat
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
Syarat terjadinya bunyi :
-
Sumber
bunyi ( 20 Hz – 20 kHz )
-
Ada zat perantara
-
Ada pendengar normal
Setelah
udara dikeluarkan, di dalam ruang hampa udara, sehingga bunyi bel tidak
dapat kita dengar.
SOAL NO : 15
Kemampuan yang diuji : Menentukan berbagai besaran fisika jika benda
berada di depan lensa atau cermin
Indikator : Menentukan jarak bayangan,
tinggi bayangan jika benda diletakkan di depan cermin
Soal :
Perhatikan gambar sebuah benda ( B ) di depan cermin
berikut!
Jarak bayangan benda B yang terbentuk adalah....
A. 4 cm, di depan cermin
B. 4 cm, di belakang cermin
C. 10 cm, di depan cermin
D. 10 cm, dibelakang cermin
|
Pembahasan
Data dari gambar :
S1
= - 10cm
SOAL NO : 16
Kemampuan yang diuji :
Menentukan berbagai besaran fisika jika benda berada di depan lensa atau
cermin
Indikator : Disajikan
gambar sebuah benda berada di depan sebuah lensa , peserta didik dapat
menentukan salah satu besaran fisika , jika variabel yang diperlukan
diketahui
Soal :
Perhatikan gambar
jalannya sinar melalui lensa berikut !
Jika data seperti pada gambar dan lensa yang digunakan lensa cembung, maka
perbesaran bayangan benda tersebut adalah ....
A. 3 kali
B. 2 kali
C. kali
D. kali
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
1.
Data
dari gambar :
SOAL NO : 17
Kemampuan yang diuji :
Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : Melalui gambar , peserta didik dapat
menentukan penggunaan lensa kacamata yang benar pada jenis cacat mata tertentu
Soal :
Perhatikan gambar jalannya
sinar pada mata sebelum dan sesudah pakai kacamata berikut !
Berdasarkan data yang tampak pada gambar I dan II, dapat
dipastikan ....
|
Cacat
mata yang diderita
|
penyebab
|
A
|
hipermetropi
|
titik dekat mata bergeser menjauhi mata
|
B
|
hipermetropi
|
titik dekat mata bergeser mendekati mata
|
C
|
miopi
|
titik jauh mata bergeser menjauhi mata
|
D
|
miopi
|
titik jauh mata bergeser mendekati mata
|
Kunci Jawaban : A
Pembahasan
Berdasarkan jalannya sinar sebelum dan sesudah pakai
kacamata, dipastikan cacat mata yang diderita : HIPERMITROPI.
Penyebab : titik
dekat mata (PP) bergeser menjauhi mata
SOAL NO : 18
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis
serta menentukan jenis muatan
Indikator : Melalui gambar, peserta didik dapat menjelaskan
terjadinya pemuatan listrik statis serta
menentukan jenis muatan listriknya.
Soal :
Perhatikan gambar berikut !
Batang kaca dapat menarik serpihan kertas seperti pada
gambar karena telah bermuatan listrik yang ditimbulkan oleh peristiwa
penggosokan dengan ….
- kain wol, sehingga melepaskan beberapa elektron yang dimiliki
- kain sutera, sehingga melepaskan beberapa elektron yang dimiliki
- kain wol, sehingga menerima beberapa elektron dari kain wol
D. kain sutera,
sehingga menerima beberapa elektron
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
Batang kaca akan bermuatan listrik positif jika digosok berulang kali
dengan kain sutera. Peristiwa yang terjadi : batang kaca melepaskan beberapa
elektron yang dimiliki, sehingga batang kaca kekurangan elektron → bermuatan
listrik positif
SOAL NO : 19
Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika pada berbagai
bentuk rangkaian listrik
Indikator : Disajikan gambar
rangkaian listrik yang didalamnya terdapat beberapa penghambat yang terangkai
secara kombinasi, peserta didik dapat menentukan besar kuat arus listrik atau
besar beda potensial dalam rangkaian listrik tersebut.
Soal :
Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut !
Jika hambatan dalam baterai di abaikan, berdasarkan data
yang diperlihatkan seperti pada gambar , besar kuat arus listrik (I) adalah....
A. 0,5 ampere
B. 1,0 ampere
C. 1,5 ampere
D. 2,0 ampere
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
1 ohm, 3 ohm, dan 4 ohm è seri
Rs
= 1 ohm + 3 ohm + 4 ohm = 8 ohm
Rs
dan 8 ohm è
parallel è Rp = ( 8x8/8+8) ohm = 4 ohm
16
ohm, Rp, 5 ohm èseri
è R total
= 16 ohm +4 ohm + 5 ohm = 25 ohm
I induk
= V/ R total = 12,5 v/ 25 ohm = 0,5 ampere
SOAL NO : 20
Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika pada berbagai
bentuk rangkaian listrik
Indikator : Disajikan
gambar rangkaian listrik
yang didalamnya terdapat beberapa penghambat
( resistor ) yang terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat
menentukan besar beda potensial diantara penghambat yang terangkai tersebut
Soal :
Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut !
Bila hambatan dalam sumber tegangan E diabaikan, maka
voltmeter V tampak pada gambar menunjukkan tegangan terukur sebesar ....
A.
12 volt
B.
24 volt
C.
36 volt
D.
48 volt
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
R total = ( (6+6) x 12/6+6+12 )
ohm= 6 ohm
V = I induk . R total =
2 A . 6 ohm = 12 vol
SOAL NO : 21
Kemampuan yang diuji : Menentukan besarnya energi dan daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Melalui data
pemakaian beberapa alat listrik , peserta didik dapat menghitung biaya rekening
listrik yang harus dibayar pada suatu rumah sederhana
Soal :
Di suatu rumah tangga , pesawat TV dinyalakan rata-rata 8
jam sehari. Pesawat TV tersebut mengalir arus listrik 0,5 ampere ketika
dihubungkan pada tegangan 220 Volt. Jika
tarif listrik Rp 400,00 per kWh, maka biaya pemakaian energi listrik untuk TV
tersebut selama 1 bulan ( 30 hari ) sebesar ....
A. Rp
11.540,00
B. Rp
10.560,00
C. Rp
2.640,00
D. Rp
1.320,00
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
W sehari
= 220v . 0.5 A . 8 jam = 880 wh
W 30
hari = 30 . 880 wh = 26400 wh = 26,4 kWh
Biaya
= 26,4 kWh . Rp. 400,00/kWh = Rp. 10.560,00
SOAL NO
: 22
Kemampuan yang diuji :
Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan gambar produk teknologi yang dirangkaikan pada jaringan
listrik PLN , peserta didik dapat menentukan besar daya listrik yang digunakan
oleh produk teknologi tersebut.
Soal :
Gambar
berikut menunjukkan sebuah seterika listrik yang dihubungkan dengan jaringan listrik PLN.
Jika hambatan kawat yang ada di dalam seterika listrik
tersebut sebesar 800 ohm dan kuat arus listrik yang melewatinya 500 mA, maka
daya listrik yang digunakan oleh seterika adalah ….
A.
500 watt
B. 400
watt
C. 300
watt
D. 200
watt
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
P = I2 x R = ( 500 mA )2 x 8oo ohm = (0,5)2 x 800 ohm = 200 watt
SOAL NO : 23
Kemampuan yang diuji :
Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang
dihasilkan
Indikator : Menjelaskan cara pembuatan
magnet dengan cara induksi,
elektromagnet atau gosokan serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan,
melalui gambar
Soal :
Seseorang membuat magnet dengan cara induksi sebagai berikut :
Paku besi YZ didekatkan dengan magnet batang , kemudian
paku besi PQ didekatkan pada paku YZ.
Jenis kutub magnet yang dihasilkan oleh ujung ujung paku adalah....
|
kutub utara
|
kutub selatan
|
A.
|
ujung Z
|
ujung Q
|
B.
|
ujung Y
|
ujung Q
|
C.
|
ujung Y
|
ujung P
|
D.
|
ujung Z
|
ujung P
|
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
Membuat magnet dengan
cara INDUKSI:
-
Jika
kutub utara magnet yang didekatkan , maka kutub magnet buatan
yang dihasilkan pada
ujung yang berdekatan adalah kutub selatan.
-
Jika kutub selatan magnet yang didekatkan,
maka kutub magnet buatan
yang dihasilkan pada ujung yang berdekatan
adalah kutub utara.
Data dari gambar :
Kutub selatan magnet
yang didekatkan, maka :
-
Ujung Y
menjadi kutub utara dan ujung Z menjadi kutub selatan.
SOAL NO : 24
Kemampuan yang diuji :
Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
Indikator : Disajikan gambar/narasi susunan Tata Surya,
peserta didik dapat menjelaskan karakteristik benda benda langit dalam Tata Surya.
Soal :
Perhatikan gambar susunan anggota tata surya berikut !
Planet terbesar kedua yang memiliki cincin berlapis-lapis
dan indah berada di antara planet yang bernomor urut ke ....
A. 6 dan 8
C. 5 dan 7
B. 4 dan 6
D. 3 dan 5
Kunci Jawaban : C
Pembahasan
Pelanet
yang memiliki cinsin berlapis-lapis dan
lidah adalah saturnus (6) berada di antara Jupiter (5) dan Uranus (7)
SOAL NO : 25
Keampuan yang diuji : Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan
pasang surut dengan posisi bulan
Indikator : Disajikan gambar posisi Matahari, Bumi, dan
Bulan , peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan pasang naikdan pasang surut
air laut dengan posisi Bulan.
Soal :
Perhatikan gambar posisi bulan, bumi, dan matahari berikut !
Ditinjau dari posisi matahari (a), bulan (c), dan bumi
(b), air laut mengalami pasang maksimum dan pasang minimum di bumi
berturut-turut ditunjukkan pada gambar nomor ….
A. 1, 2 dan 3, 4
B. 1, 4 dan 2, 3
C. 3, 4 dan 1, 2
D. 2, 3 dan 1, 4
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
Posisi matahari ( 1 ), bumi ( 2 ), dan bulan ( 3 )
Pada posisi ketiganya seperti pada
gambar, maka :
-
pada
daerah B dan D mengalami pasang
-
pada daerah A dan C mengalami surut
Nomor 26
Kompetensi yang di
uji : Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Indikator soal : Disajikan gambar ciri-ciri mahluk hidup,
peserta didik dapat menentukan ciri yang benar
Soal
Perhatikan gambar
berikut
Ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh gmbar di atas adalah....
A. berkembangbiak
B. memerlukan makanan
C. tumbuh dan berkembang
D. peka terhadap rangsang
Kunci Jawaban : A
Pembahasan
Gambar ayam dengan beberapa ekor anaknya merupakan ciri mahluk hidup yaitu
berkembangbiak
Nomor 27
Kompetensi yang di uji :
Mengidentifikasi ciri-ciri pada
pengelompokan makhluk hidup
Indikator soal : Disajiikan beberapa gambar hewan, peserta didik
dapat meng-identifikasi kelompok hewan tertentu
Soal :
Perhatikan kelompok hewan berikut!
|
||||||||
|
||||||||
|
|
|||||||
Diantara gambar tersebut, hewan- hewan
yang tubuhnya berpori adalah….
A. P
dan Q
B. Q dan
R
C. Q
dan S
D. R
dan S
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat
adalah R dan S keduanya termasuk kelompok hewan porifera
Nomor 28
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator
soal : Disajikan
bagan rantai makanan makanan peserta didik dapt menetukan akibat yang terjadi
bila salah satu komponen mengalami kepunahan
Soal :
Perhatikan bagan rantai makan berikut!
Akibat yang terjadi apabila jumlah
populasi ular menurun karena diburu untuk diambil kulitnya, adalah…
A. tikus
berkurang
B. elang
meningkat
C. padi
meningkat
D. tikus
meningkat
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
pada rantai makanan tersebut jika ular dibunuh sehingga populasinya menurun, maka mengakibatkan
gangguan dan ketidakseimbangan dalam ekosistem, dimana tikus akan meningkat
populasinya, karena tidak ada yang memakan.
Nomor 29
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan interaksi antara makhluk
hidup dalam ekosistem
Indikator
soal : disajikan contoh interaksi antara mahluk
hidup, peserta didik dapat menentukan
interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)
Soal :
Perhatikan contoh interaksi makhluk hidup berikut!
1. Ikan
remora dengan ikan hiu
2. Bunga anggrek dengan tanaman inang
3. Lebah madu dengan bunga mangga
4. Burung jalak dengan kerbau
5. Bakteri pembusuk dalam usus manusia
Contoh simbiosis komensalisme adalah nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1,
2, dan 4
C. 2,
3, dan 4
D. 3, 4
dan 5
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
Ikan remora dengan ikan hui merupakan
simbiosis komensalisme dimana ikan remora dapat makanan dari sisa-sisa ikan
hiu, sementara ikan hiu tidak rugi
Bunga anggrek
dengan tumbuhan inang adalah simbiosis komensalisme
Lebah dengan bunga
simbiosis mutualisme
Burung jalak dengan
kerbau simbiosis komensalisme
Bakteri pembusuk
dalam usus manusia simbiosis komensalisme
Nomor 30
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk
mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Indikator soal : disajikan gambar peserta didik dapat
menenetukan penyebab pencemaran air
Soal
Perhatikan gambar sungai
yang tercemar berikut!
Penyebab pencemaran
dan kerusakan lingkungan seperti gambar tersebut adalah ...
A. limbah kimia
rumah tangga dan pabrik, berupa deterjen
B. bahan dari plastik,
bekas pembungkus barang
C. bahan kimia dari pabrik, seperti magnesium
D. bahan dari
pabrik, seperti kaleng minuman
Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Di daerah perkotaan
yang tingkat pencemaran air tinggi akibat limbah buangan dari rumah tangga dan pabrik
berupa deterjen, bahan ini sebagai pencemar karena tidak bisa diuraikan oleh
mkroorganisme sehingga air menjadi keruh.
Nomor 31
Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi
usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
Indikator soal : Disajikan
gambar tumbuhan langka, peserta didik dapat menentukan usaha untuk
melestarikannya
Soal :
Perhatikan
gambar berikut
Usaha
yang di lakukan untuk melestarikan jenis tanaman tersebut adalah ….
A. membangun suaka
margasatwa
B. mendirikan kebun raya untuk melindunginya
C. menyilangkan jenis tanaman tersebut
D. menanfaatkannya untuk hiasan
Kunci Jawaban : B.
Pembahasan
:
Tanaman bunga bangkai (Amorpophalus tinanuim) dan anggrek merupakan tanaman langka,
diperlukan usaha untuk melestarikannya agar keberadaannya tidak punah, maka
perlu di lestarikan dengan mendirikan tempat khusus seperti kebun raya
Nomor 32
Kompetensi yang di uji :
Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari
kepadatan pnduduk terhadap sumberdaya lingkungan
Soal :
Pertumbuhan penduduk
yang semakin tak terkendali memiliki
dampak terhadap sumber daya manusia, yaitu....
A.
meningkatnya lahan kritis
B. munculnya polusi udara
C. menurunnya krimilalitas
D. sempitnya
lapangan kerja
Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
dampak pertumbuhan
penduduk yang tak terkendali di suatu daerah akan mengakibatkan berbagai
masalah antara lain : kebutuhan air bersih, masalah lahan tempat tinggal, kebutuhan udara bersih
dan sempitnya lapangan kerja dan meningkatnya kriminalitas.
Nomor 33
Kompetensi yang di uji :
Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal :
disajikan gambar tengkorak peserta didik dapat menentukan nama-nama tulang
Soal :
Perhatikan gambar ini !
Bagian yang diberi tanda huruf A dan B berturut – turut adalah ....
A. tulang pelipis dan
tulang ubun ubun
B. tulang baji dan tulang
pelipis.
C. tulang tapis dan
tulang ubun ubun.
D. tulang hidung dan tulang
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
Bagan yang di tunjuk adalah tulang pelipis dan tulang
ubun-ubun
Nomor 34
Kompetensi yang di uji :
Menentukan jenis tulang/ sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal : disajikan gambar sendi peserta didik dapat
menentukan nama sendi yang di tunjuk
Soal :
Perhatikan gambar berikut
Persendian yang ditunjukkan oleh huruf X pada gambar di
samping termasuk ....
A. sendi engsel
B. sendi putar
C. sendi peluru
D. sendi pelana
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Sendi yang ditunjuk
adalah sendi peluru terdapat pada pangkal paha dan pangkal lengan, sendi putar
terletak pada tulang atlas yaitu persendian antara leher dan tengkorak
kepala.
Nomor 35
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses
pencernaan
Indikator soal :
Disajikan data fungsi makanan, peserta didik dapat menentukan fungsi protein
Soal :
Perhatikan beberapa fungsi makanan berikut!
1. menghasilkan energi
2. mengganti sel sel yang rusak
3. membentuk enzim dan hormon
4. mengatur proses dalam tubuh
Fungsi dari protein bagi tubuh manusia sesuai dengan nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
Fungsi makanan bagi tubuh manusia
1.
Sebagai sumber energy/tenaga (karbohidrat dan
lemak)
2.
Membentuk sel baru dan mengganti sel-sel yang
rusak (protein)
3. Membentuk enzim dan hormone (protein)
4.
Mengatur proses metabolism tubuh (vitamin dan
mineral)
5. Sebagai penahan dingin/menjaga suhu tubuh (lemak)
Nomor 36
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator soal : disajikan
data peserta didik dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan darah
Soal :
Perhatikan nama-nama penyakit berikut :
1. anemia
2. leukemia
3. varises
4. hemofilia
5. arteriosklerosis
6. ambien
Penyakit manakah yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 6
C. 2, 4 dan 5
D. 3, 5 dan 6
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
Anemia :
kekurangan sel darah merah
Leukemia :
kekurangan sel darah putih
Varises :
penyumbatan pada pembuluh darah vena
Hemofilia :
darah tidak dapat membeku
Arteriosklerosis : penyumbatan pembuluh darah pada arteti
Ambien :
penyumbatan pembuluh darah pada anus
Nomor 37
Kompetensi yang di
uji : Menjelaskan proses pada sistem ekskresi
(ginjal)
Indikator soal : Disajikan gambar system ekskresi peserta
didik dapat menenentukan urutan system ekskresi
Soal :
Berdasarkan gambar tersebut, ureter da uretra di tunjukan oleh nomor : ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
:
Nama-nama bagian system
eksresi pada gambar :
1. Ginjal
2. Ureter
3. Kantong
kemih
4. Uretra
Nomor 38
Kompetensi yang di
uji : Menjelaskan sistem saraf pada
manusia
Indikator soal :
peserta didik dapat menjelaskan fungsi salah satu organ pada sistem saraf manusia
Soal :
Pernyataan mana yang menunjukkan fungsi sumsum tulang belakang ?
A. Memberi kemungkinan
jalan yang panjang menuju pusat saraf.
B. Memberi kemungkinan
jalan yang terpendek pada gerak refleks.
C. Sebagai penghubung
impuls saraf dari dan ke otak.
D. Sebagai penghubung
impuls dengan berbagai otot.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Sumsum tulang belakang
berfungsi sebagai pusat gerak reflex dan sebagai konektor atau penghubung dari
dan ke otak
Nomor 39
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
Indikator soal : disajikan data fungsi organ tumbuhan, peserta
didik dapat mengidentifikasi fungsi akar
Soal :
Perhatikan fungsi-fungsi organ tumbuhan berikut1
1. menyimpan cadangan makanan
2. membantu pernapasan melalui
3. melakukan fotosintesis
4. sebagai alat perkembangbiakan
5. menyerap air,garam mineral
6. sebagai penguat berdirinya tumbuhan
Fungsi fungsi akar bagi tumbuhan dapat ditujunkan pada data nomor . . .
A. 1, 2 , 3 dan 6
B.
1, 4, 5 ,dan 6
C. 2, 3 , 4 dan 6
D. 3, 4 , 5 dan 6
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
Fungsi akar pada tumbuhan
1. menyimpan cadangan makanan sebagai umbi
2. membantu pernapasan nmelalui lenti sel
4. sebagai alat perkembangbiakan
5. menyerap air,garam mineral
6. sebagai penguat berdirinya tumbuhan
Nomor 40
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator soal : disajikan beberapa gambar, peserta didik
dapat nenentukan arah gerak tumbuhan sesuai rangsang
Soal :
Dari gambar-gambar berikut, yang
menunjukkan gerak fototropisme adalah
yang diberi huruf .....
A B C D
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan :
Gerak yang benar pada adalah gerak ujng batang menuju kearah cahaya
disebut gerak fototropism, gerak sulur
tanaman melilit batang disebut gerak tigmotropisme.
Nomor 41
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan respons tumbuhan
terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator soal : disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan contoh gerak yang dipengaruhi datangnya
rangsang
Soal :
Perhatikan gambar gerak
tumbuhan berikut!
Gerak tumbuhan seperti pada gambar merupakan contoh ….
A. geotropism
B. fototropisme
C. hidrotropisme
D. tropisme
Kunci Jawaban : A
Pembahasan
:
Gerak akar menuju pusat bumi merupakan gerak
geotropism positif, sedangkan gerak ujung tunas tumbuh kea rah atas/menjauhi
pusat bumi disebut gerak geotropisme negatif
Nomor 42
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan proses
fotosintesis dan percobaan percobaan tentang proses tersebut
Indikator
soal : Disajikan bagan reaksi fotosintesis, peserta
didik dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut
Soal :
Perhatikan rangkaian percobaan fotosintesis berikut!
1 2 3 4
Perlakuan
terhadap bagian bertanda 3 bertujuan untuk ....
A. mematikan
sel-sel daun
B. menguji
adanya amilum
C. menguji
pentingnya cahaya matahari
D. melarutkan
butiran khlorofil
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
Pada percobaan tersebut perendaman daun
dengan air panas (2), bertujuan untuk membuat daun layu dan mematikan sel-sel
daun. Sedangkan perendaman daun dalam
alcohol panas (3) bertujuan untuk melalutkan butiran klorofil, yang terdapat
dalam daun.
Nomor 43
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan konsep
perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
Indikator
soal : Disajikan beberapa contoh prilaku mahluk hidup
peserta didik dapat menentukan tingkah laku mahluk hidup
Soal
:
Contoh adaptasi mahluk hidup
- Pada musin penghujan manusia sering mengeluarkan urin.
- Bunglon dapat mengubah warna tubuhnya sesuai lingkungannya.
- Hewan herbivora memiliki enzim selulase dalam perut besarnya
- Burung elang memiliki paruh yang tajam dan kuat untuk mengoyak mangsa
Dari pernyataan di atas, yang merupakan
contoh adaptasi fisiologi adalah ….
A.
1 dan 3
B.
2 dan 4
C.
3 dan 4
D.
4 dan 1
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
Pada musin penghujan manusia sering mengeluarkan urin. (adaptasi fisiologi)
Hewan bunglon dapat mengubah warna tubuhnya sesuai lingkungannya. (adaptasi
tingkahlaku)
Hewan herbivora memiliki enzim sesulase dalam perut besarnya (adaptasi
fisiologi)
Burung elang memiliki paruh yang tajam dan kuat untuk mengoyak daging
(morfologi)
Nomor 44
Kompetensi yang di uji :
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
Indikator soal : Disajikan contoh gambar pesilangan
monohibrida, peserta didik dapat menentukan jumlah/perbandingan fenotif pada
F-2
Soal :
Perhatikan bagan persilangan tumbuhan monohibrid berikut!
P1
merah muda 100 %
Jika antara sesama F 1 disilangkan, akan dihasilkan F
2 dengan rasio fenotip.....
A. 50 % merah : 50 % putih
B. 25 % merah : 50 % merah putih : 25 % putih *
C. 75 % merah muda :
25 % putih
D. 75 % merah : 25 % putih
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
P1. :
merah x putih
(MM) (mm)
Gamet:
M m
F1 : Mm
Merah muda
100%
Induk (P2) Merah
muda x
Merah muda
(Mm) (Mm)
Gamet
M M
m m
F2.
Keturunan kedua adalah
|
M
|
m
|
M
|
MM
|
Mm
|
M
|
Mm
|
mm
|
Perbandingan
Genotif :
MM
: Mm :
mm
1 2 1
Perbandingan
Fenotif :
Merah :
Merah muda : putih
1
: 2 :
1
25% 50% 25%
Nomor 45
Kompetensi
yang di uji : Menginterpretasikan hasil persilangan
berdasarkan hukum Mendel
Indikator
soal : disajikan
hasil persilangan monohibrida, peserta didik dapat menentukan rasio genotif
induknya
Soal :
Tumbuhan Mirabilis jalapa berbunga merah disilangkan dengan berbunga
putih. Keturunan pertamanya (F1)
menghasilkan tumbuhan dengan perbandingan fenotip
merah : putih =
1 :
1, maka genotip induknya adalah ….
A. MM x MM
B. Mm
x Mm
C. Mm
x mm
D. mM
x MM
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan :
P1. :
merah x putih
(Mm) (mm)
Gamet:
M m
m m
F1. Keturunan kedua adalah
|
m
|
m
|
M
|
Mm
|
Mm
|
m
|
mm
|
mm
|
Perbandingan
Genotif :
Mm
: mm
2 2
Nomor 46
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan
teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas
organisme disertai dengan contohnya
Indikator soal :
peserta didik dapat menentukan salah satu teknologi rreproduksi dengan cara
kultur jaringan
Soal :
Seorang petani ingin mendapatkan bibit unggul yang
memiliki sifat yang sama dengan induknya. Bibit unggul ini dibutuhkan dalam
jumlah yang banyak untuk penanaman dalam skala besar. Cara yang paling tepat
untuk mendapatkan bibit tersebut adalah....
- mencangkok
- kultur jaringan
- stek
- okulasi
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
:
Kultur jaringan
atau in vitro atau mikropropagasi adalah cara menanam dan memelihara sel atau
jaringan dari tumbuhan atau hewan yang di sebut eksplan secara aseptik (suci hama) pada suatu medium
yang cocok dan dalam keadaan steril
Nomor 47
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
Indikator soal : peserta didik dapat menentukan mikroorganisme
yang dimanfaatkan dalam pembuatan salah
satu jenis makanan
Soal :
Mikroorganisme yang berperan
dalam pembuatan tempe adalah ....
A. Rhizopus,sp
B Acetobacter xylinum
C. Sacharomyces cereviceae
D. Lactobacilles casei
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
Bioteknologi konvensional sering dipakai
dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, salah satunya adalah pembuatan tape
dengan batuan ragi (Saccaromyces
cereviceae), pembuatan tempe dengan bantuan jamur Rizhopus sp, untuk membuat
yogurt dibantu oleh Lactobacillus ,sp. Sementara
untuk membuat nata di coco dengan bantuan
Acetobacter xylinum
Nomor 48
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan
teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organism
disertai dengan contohnya
Indikator soal : disajikan
data peserta didik dapat menentukan contoh bioteknologi di bidang kesehatan
Soal :
Perhatikan beberapa produk
bioteknologi berikut!
1.
Antibiotik
2.
Transgenic
3.
Hormone sintetik
4.
Kultur jaringan
5.
Recombivax Hb
Produk bioteknologi
dalam bidang kesehatan adalah…
- 1 , 2, dan 4
- 1,3, dan 5
- 2, 3, dan 4
- 2,3, dan 5
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
:
Dalam bidang kesehatan bioteknologi dapat menghasilkan
beberapa bahan produk untuk membatu pasien seperti : antibiotika, hormone
sintetik untuk penyakit kencing masin dan rekombivax haemoglobin
Nomor 49
Kompetensi yang di uji :
Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan
Indikator soal : peserta didik dapat menentukan zat aditif
makanan untuk pengenyal
Soal :
Zat aditif yang biasa digunakan untuk pengawet dan
pengenyal bakso adalah ….
A. siklamat
B. boraks
C. formalin
D. monosodium
Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Zat aditif makanan
Pengawet : pengawet makanan alami digunakan bahan dengan
dosisi tinggi seperti pengasinan, pemanisan, pengasapan, pangasaman, dsb.
Contoh pengawet buatan
asam benzoate, asam asetat, asam propionate, asam sorbet,
formalin, sodium benzoate,
Pengenyal :
boraks
Pemanis : aspartame, siklamat dan sakarin
Penyedap alami :
bawang merah, bawang putih, pandan wangi,
Penyedap
buatan :
monosodium glutamate (MSG) / vitsin, isoamil asetat, etil butirat
Nomor 50
Kompetensi yang di uji :
Mendeskripsikan pengaruh zat
adiktif/psikotropika pada tubuh kita
Indikator soal : Disajikan data ciri-ciri pengaruh zat adiktif
bagi kesehatan, peserta didik dapat menentukan ciri yang di timbulkan oleh zat
aditif
Soal :
Dampak yang akan ditimbulkan oleh narkotika adalah …
A.
hilangnya
kesadaran dan ketergantungan
B.
meningkatnya
tekanan darah
C.
menurunnya
kualitas pendengaran
D.
timbulnya
bercak-bercak merah pada kulit
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Efek yang dapat
ditimbulkan karena pemakaian narkotika dan psokotropika antara lain sebagai
berikut.
1.
Sedatif
atau menghilangkan rasa nyeri.
2.
Hilangnya
kesadaran dan tidak bisa berfikir normal
3. Analgesik
atau membius.
4. Depresan
atau menenangkan.
5. Stimulan
atau merangsang.
6. Euphoria
atau
menyenangkan.
7. Halusinogen
atau menimbulkan khayalan.
8. Menimbulkan
ketagiah/ketergantungan obat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar