PAKET
3
CONTOH
SOAL DAN
PEMBAHASAAN
IPA
SMP
SOAL NO : 1
Kemampuan yang diuji :
Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai
Indikator : Disajikan tabel besaran dan satuan atau tabel
hasil suatu percobaan, peserta didik dapat menentukan besaran fisika dan satuan
yang sesuair
Soal :
Perhatikan tabel berikut !
No
|
Besaran fisika (X)
|
Satuan (Y)
|
1
|
Panjang
|
kg
|
2
|
Massa
|
meter
|
3
|
Waktu
|
kelvin
|
4
|
Suhu
|
sekon
|
Massa
jenis merupakan besaran fisika yang diturunkan dari besaran pokok dan satuan dalam Sistem Internasional ( SI ) ditunjukkan
oleh ....
A. X2, Y1 dan X1, Y2
B. X2, Y1 dan X4, Y3
C. X3, Y4 dan X1, Y2
D. X4, Y3 dan X3, Y4
Kunci
Jawaban: A
Pembahasan
:
Massa jenis diturunkan dari besaran
pokok :
massa (x2)
– kg (y1)
panjang (x1)
– m (y2)
SOAL NO : 2
Kemampuan yang diuji : Membaca alat ukur
Indikator : Disajikan gambar kegiatan pengukuran, peserta
didik dapat menentukan nilai terukur suatu besaran fisika secara langsung
maupun secara tidak langsung
Soal :
Perhatikan gambar alat dan bahan serta data pengukurannya
berikut!
Besaran fisika yang
terukur sesuai dengan data yang diperlihatkan tersebut adalah....
|
Besaran fisika
|
Nilai pengukuran
|
A.
|
Volume zat cair
|
79,6 cm³
|
B.
|
Volume zat cair
|
204,6 cm³
|
C.
|
Massa zat cair
|
79,6 gram
|
D.
|
Massa zat cair
|
204,6 gram
|
Kunci Jawaban: C
Pembahasan :
SOAL NO : 3
Kemampuan yang diuji :
Menentukan salah satu variabel dari rumus
Indikator : Disajikan gambar , peserta didik dapat
menentukan salah satu variabel dari rumus
p= m/v atau jenis suatu zat bila data yang diperlukan diketahui
Soal :
Seorang siswa melakukan
percobaan dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut.
Jika data kepustakaan sebagai berikut:
Nama benda
|
Massa jenis (kg/m³)
|
||
|
7.900
|
||
Emas
|
19.300
|
||
Perak
|
10.500
|
||
Alumunium
|
2.700
|
maka
logam yang terukur seperti pada gambar (a) dan (b), dan dikaitkan dengan data
kepustakaan adalah....
A. besi
B. emas
C. perak
D. tembaga
KunciJawaban : A
Pembahasan :
Dari data
pengamatan :
Dari data kepustakaan, logam yang memiliki massa jenis 7900 kg/cm³
adalah BESI
SOAL NO : 4
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator :
Disajikan ganbar peristiwa dalam kehidupan sehari hari , peserta didik
dapat menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam peristiwa tersebut
Soal :
Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat
dan bahan tampak seperti gambar berikut :
Setelah siswa tersebut mematikan lilin dan ditunggu
beberapa menit kemudian maka yang terjadi adalah …
A. Udara tetap keluar dari mulut pipa
B. Bola dilatometer menjadi retak
C. Air masuk kedalam pipa dilatometer
D. Titik lebur kaca bejana bertambah besar
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Udara : dipanaskan → memuai
didinginkan
→ menyusut
Data dalam gambar :
-
Pada saat lilin menyala, udara dalam dilatometer memuai,
akibatnya udara keluar dari mulut pipa.
-
Pada saat lilin dimatikan, udara dalam dilatometer menyusut,
akibatnya air dalam bejana akan masuk ke dalam pipa DILATOMETER
SOAL NO : 5
Kemampuan yang diuji : Menentukan salah satu variabel dari rumus
kalor
Indikator : Disajikan grafik suhu terhadap kalor, peserta
didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan
Q = m.c. atau Q = m. L bila
data yang diperlukan diketahui.
Soal:
Perhatikan grafik hasil suatu percobaan berikut!
Air sebanyak 2 kg bersuhu 60 ºC akan diuapkan, Jika kalor uap air 2,27 x 106
J/kg, kalor jenis air 4.200 J/(kgºC) dan tekanan udara pada saat ini 1
atmosfir, maka kalor yang diperlukan untuk proses B – C adalah ....
- 336 kilojoule
- 4.540 kilojoule
- 4.876 kilojoule
- 5.212 kilojoule
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Proses B – C :
Perubahan wujud (menguap)
SOAL NO : 6
Kemampuan yang diuji : Membedakan jenis gerak lurus dan
mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan gambar peristiwa tentang gerak , peserta didik dapat membedakan jenis
gerak lurus atau mengidentifikasi
terjadinya gerak dalam kehidupan sehari hari.
Soal :
Perhatikan mobil mainan
pad bidang miring dan bidang datar kasar seperti pada gambar berikut!
Dengan mengamati gerakan mobil tersebut, jenis gerakan mobil pada....
|
Gambar I
|
Gambar II
|
A.
|
GLBB diperlambat
|
Gerak Lurus Beraturan
|
B.
|
GLBB dipercepat
|
Gerak Lurus Beraturan
|
C.
|
GLBB diperlambat
|
GLBB dipercepat
|
D.
|
GLBB dipercepat
|
GLBB diperlambat
|
Kunci Jawaban
: D
Pembahasan :
Gambar I : mobil meluncur ke bawah → GLBB dipercepat
Gambar II : gerak mobil dari V1
= 1,5 m/s ke V2 = 0 m/s → GLBB diperlambat
SOAL NO : 7
Kemampuan yang diuji : Menentukan variabel dari rumus tekanan pada
suatu zat
Indikator : Disajikan gambar atau tabel tentang tekanan pada zat padat, peserta didik
dapat menentukan salah satu parameter
dalam persamaan p=F/A, bila data yang diperlukan diketahui
Soal :
Perhatikan sebuah beban digantung pada sistem katrol
berikut !
Ketika beban dilepas dan
posisinya vertikal terhadap lantai, tekanan yang diberikan beban terhadap
lantai sebesar....
A. 5000 N/m²
B. 10000 N/m²
C. 20000 N/m²
D. 30000 N/m²
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Ketika beban
dilepaskan dan posisinya vertikal terhadap lantai :
→
SOAL NO : 8
Kemampuan yang diuji : Menentukan variabel dari rumus tekanan pada
suatu zat
Indikator : Disajikan
gambar alat hidrolik atau benda
dalam bejana yang berisi zat cair dalam keadaantidak bergerak , peserta didik dapat menentukan
salah satu variabel dalampersamaanF1/A1=F2/A2
atau Ph =p.g.h, bila variabel yang lain diketahui
Soal :
Perhatikan gambar dua
buah bejana yang memiliki spesifikasi sama dan berisi aki seperti pada gambar
berikut:
Tekanan (P) yang dialami
oleh ketiga titik dalam bejana I dan bejana II adalah ....
|
Bejana I
|
Bejana II
|
A.
|
Pz > Py > Px
|
PK > PL
> PM
|
B.
|
Pz = Py = Px
|
PK = PL
= PM
|
C.
|
Pz = Py = Px
|
PK > PL
> PM
|
D.
|
Pz > Py > Px
|
PK = PL
= PM
|
Kunci Jawaban: D
Pembahasan :
Pada bejana I
:
Posisi titik makin ke dalam, tekanan makin besar.
Pada bejana II :
Karena dalam ruang tertutup, tekanan di mana-mana sama
besar.
SOAL NO : 9
Kemampuan yang diuji : Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat
dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : Disajikan
gambar suatu alat dalam kehidupan sehari hari,peserta didik dapat menyebutkan
perubahan energi yang terjadi
Soal :
Seorang siswa melakukan pengukuran GGL sebuah baterai
sebagai berikut :
Jika sakelar (S) ditutup dan arus listrik mengalir sesuai arah I seperti
pada gambar, maka urutan perubahan
energi yang terjadi adalah ….
A. energi gerak à energi listrik à energi kimia
B. energi kimia à energi listrik à energi gerak
C. energi gerak à energi kimia à energi listrik
D. energi kimia à energi gerak à energi listrik
Kunci Jawaban: B
Pembahasan :
Data dari gambar rangkaian listrik
pengukuran GGL :
Setelah saklar ditutup, perubahan
energy yang terjadi :
Energi kimia → energi listrik → energi gerak.
SOAL NO : 10
Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika pada usaha dan
energi
Indikator : Disajikan gambar dalam stem atau dalam option
, peserta didik dapat menentukan salah satu satu variabel dalam persamaan W=F.
S , bila variabel yang lain diketahui
Soal :
Dua buah gaya bekerja pada sebuah benda sehingga
berpindah seperti pada gambar berikut
Jika usaha yang dilakukan oleh dua
gaya F1 dan F2 sebesar 150 joule, maka besar....
|
Gaya F 1 ( N )
|
Gaya F2 ( N )
|
A
|
5
|
10
|
B
|
5
|
20
|
C
|
10
|
5
|
D
|
20
|
5
|
Kunci Jawaban: D
Pembahasan :
Konfigurasi gaya F 20 N ke kanan, 5 N
ke kiri (Lihat gambar ).
SOAL NO : 11
Kemampuan yang diuji :
Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
Indikator : Disajikan
gambar berkaitan dengan energi potensial
dan energi kinetik, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam
persamaan Ep = mgh atau Ek = ½ mv2
atau hubungan antara besaran fisika besaran fisika yang terdapat dalam
petsamaan tersebut
Soal :
Perhatikan
gambar berikut!
Agar mobil B tersusul,
mobil A bergerak dengan kelajuan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan mobil
B. Berapa kali lipat energi kinetik pada mobil A dibandingkan dengan mobil B?
A. empat kali lebih besar
B. seperempat kali lebih besar
C. dua kali lebih besar
D. setengah kali lebih besar
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
mobil A →
mobil B →
EkA menjadi
empat kali lebih besar.
SOAL NO : 12
Kemampuan yang diuji : Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat
sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan gambar dalam stem atau dalam option
, pesrta didik dapat mengidentifikasi jenis
jenis pesawat sederhana serta
penerapannya dalam kehidupan sehari hari
Soal :
Seorang siswa disuruh
mengambil alat alat seperti pada gambar berikut :
Dari keempat alat tersebut yang bekerja berdasarkan
prinsip tuas adalah ….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Kunci Jawaban : A
Pembahasan
:
Dari
option :
( 1 ) dan ( 3 ) prinsip kerjanya berdasarkan tuas
( 2 ) dan ( 4 ) prinsip kerjanya berdasarkan bidang
miring
SOAL NO : 13
Kemampuan yang diuji : Menentukan salah satu besaran fisika pada
getaran dan gelombang
Indikator : Disajikan
gambar / grafik , peserta didik dapat menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang
Soal :
Gelombang permukaan air
suatu danau seperti pada gambar berikut :
Bila kedua gabus
tersebut naik turun bersama permukaan air dengan frekuensi 2 Hz, maka cepat
rambat gelombang tersebut adalah ....
A. 20 cm/s
B. 30 cm/s
C. 80 cm/s
D. 120 cm/s
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
SOAL NO : 14
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi
serta pemanfaatannya
Indikator : Disajikan gambar , peserta didik dapat
menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat
bunyi serta pemanfaatannya
Soal :
Perhatikan gambar seorang siswa menempelkan telinganya pada rel kereta api
berikut !
Bunyi kereta api dapat didengar oleh telinga siswa tersebut, walaupun
posisinya masih jauh. Hal ini merupakan bukti bahwa....
- bunyi kereta api hanya dapat merambat melalui rel kereta api
- bunyi kereta api sebagian besar merambat melalui rel kereta api
- jika ada rel kereta api, udara tidak dapat merambatkan bunyi
- bunyi merambat pada rel kereta api lebih baik daripada di udara
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Bunyi merambat pada zat padat lebih baik dari zat cair lebih baik dari
udara.
SOAL NO : 15
Kemampuan yang diuji : Menentukan berbagai besaran fisika jika benda
berada di depan lensa atau cermin
Indikator : Disajikan gambar benda berada di depan sebuah cermin, peserta
didik dapat menentukan berbagai besaran fisika, jika data yang diperlukan
diketahui
Soal :
Perhatikan gambar sebuah benda di
depan cermin berikut!
Jika
benda benda B seperti pada gambar, dipantulkan oleh cermin tersebut, maka
bayangan yang terbentuk mengalami perbesaran.....
A.
kali
B.
kali
C.
kali
D.
kali
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Data dari gambar :
SOAL NO : 16
Kemampuan yang diuji : Menentukan berbagai besaran fisika jika benda
berada di depan lensa atau cermin
Indikator :
Disajikan gambar sebuah benda berada di depan sebuah lensa , peserta didik
dapat menentukan berbagai besaran fisika , jika variabel yang diperlukan
diketahui
Soal :
Perhatikan gambar
berikut !
Bila benda berada di depan lensa dengan data seperti pada
gambar, dan bayangan nyata terbentuk pada jarak 60 cm, maka jarak fokus lensa
tersebut adalah ....
A. 5 cm C. 15 cm
B. 10 cm D. 20 cm
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Data dari gambar :
SOAL NO : 17
Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran-besaran pada alat optik
dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan gambar alat optik , peserta didik
dapat menentukan besaran besaran pada
alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.
Soal :
Perhatikan gambar
jalannya sinar datang menuju lensa mata berikut !
Sinar - sinar bias berpotongan seperti pada gambar,oleh karena itu dapat
dipastikan....
|
Cacat mata yang diderita
|
Jenis kaca mata yang dapat mengatasi
|
A.
|
Miopi
|
Berlensa cekung
|
B.
|
Miopi
|
Berlensa cembung
|
C.
|
Hipermitropi
|
Berlensa cembung
|
D.
|
Hipermitropi
|
Berlensa cekung
|
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan :
Berdasarkan
jalannya sinar melalui lensa mata dan titik bayangan jatuh di belakang RETINA,
dipastikan cacat mata yang diderita : HIPERMITROPI.
Jenis kacamata
yang dapat menolong : kacamata berlensa cembung.
SOAL NO : 18
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis
serta menentukan jenis muatan
Indikator : Disajikan gambar, peserta didik dapat
menjelaskan terjadinya gejala listrik statis
serta menetukan jenis muatan
listrik.
Soal :
Perhatikan sederetan
benda-benda bermuatan listrik yang digantung dengan benang berikut !
Jika benda C bermuatan listrik positif, maka
berturut-turut benda A, B, D, dan E bermuatan listrik ....
A. positif, negatif, positif, dan positif
B. negatif, positif, negatif, dan negatif
C. negatif, negatif, positif, dan positif
D. positif, positif, negatif, dan negatif
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
:
Data dari gambar :
-
A
dan B tarik menarik
-
B
dan C tolak menolak
-
C
dan D tarik menarik
-
D
dan E tolak menolak
Jika C
bermuatan ( + ), maka :
-
A
bermuatan ( - )
-
B
bermuatan ( + )
-
D
bermuatan ( - )
-
E
bermuatan ( - )
SOAL NO : 19
Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika pada berbagai
bentuk rangkaian listrik
Indikator : Disajikan gambar rangkaian listrik yang
didalamnya terdapat beberapa penghambat yang terangakai secara kombinasi,
peserta didik dapat menentukan besar kuat arus listrik yang mengalir dalam rang
kaian listrik tersebut.
Soal :
Perhatikan gambar rangkaian listrik tertutup berikut !
|
( I ) yang mengalir melalui resistor(6 0hm) seperti pada gambar adalah ....
A. 0,5 ampere
B. 1,0 ampere
C. 1,5 ampere
D. 2,0 ampere
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
:
(R=6 ohm) = V/R(=6 ohm)
= 6v/4 ohm = 1,5 A
SOAL NO : 20
Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran
fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
Indikator : Disajikan
gambar rangkaian listrik
yang didalamnya terdapat beberapa penghambat
(resistor) yang terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat
menentukan besar beda potensial diantara penghambat yang terangkai tersebut
Soal :
Seorang siswa ingin membagi besar beda potensial menjadi
dua bagian dengan menggunakan rangkaian listrik sebagai berikutt :
Berdasarkan data yang
diperlihatkan pada gambar dan hambatan dalam baterai diabaikan, maka beda
potensial antara terminal AB dan terminal BC adalah.....
|
VAB
|
VBC
|
A.
|
4 volt
|
2 volt
|
B.
|
1 volt
|
5 volt
|
C.
|
2 volt
|
4 volt
|
D.
|
5 volt
|
1 volt
|
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Data
dari gambar :
R
total = 8 ohm +16 ohm = 24 ohm
I
induk = V/R total = 6v/24 ohm = 0,25 ampere
VAB
= 0,25 A . 8 ohm = 2 volt
VBC
= 0,25 A . 16 ohm = 4volt
SOAL NO : 21
Kemampuan yang diuji : Menentukan besarnya energi dan daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Peserta didik dapat menentukan biaya
pemakaian energi listrik dengan
menggunakan persamaan : Biaya = daya x waktu x tarif PLN. , bila data yang
diperlukan diketahui
Soal :
PLN menetapkan tarif Rp
800,00 per kWh, energi listrik yang disuplainya. Sebuah rumah tangga
menggunakan 4 lampu pijar, masing-masing 100 Watt selama 5 jam setiap harinya.
Biaya pemakaian energi listrik selama 1 bulan ( 30 hari ) yang harus dibayar
sebesar ....
A.
Rp
48.000,00
B.
Rp
19.200,00
C.
Rp
4.800,00
D.
Rp
1.920,00
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan :
W 30
hari = W sehari = 4 x 100 watt x 5 jam = 2000 wh
30 x 2000 wh = 60000 wh = 60 kWh
Biaya = 60 kWh x Rp. 800,00/kWh = Rp
48.000,00
SOAL NO : 22
Kemampuan yang diuji : Menentukan besarnya energi dan daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Disajikan gambar Produk Teknologi yang dirangkaikan pada jaringan listrik
PLN , peserta didik dapat menentukan besar daya listrik yang digunakan oleh
Produk Teknologi tersebut.
Soal :
Perhatikan gambar
televisi berikut!
Sebuah
pesawat televisi dirangkaikan pada
jaringan listrik PLN seperti pada ganbad. Jika hambatan listrik yang dimiliki pesawat TV tersebut 800 ohm, maka daya listrik yang digunakan oleh
TV tersebut adalah....
A. 60, 5 watt
B. 121 watt
C. 679 watt
D. 800 watt
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan :
P =
V2 / R = 220 v x 220 v/ 800 ohm = 60,5 watt
SOAL NO : 23
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan cara pembuatan magnet serta
menentukan kutub-kutub yang dihasilkan
Indikator : Disajikan gambar, peserta
didik dapat menjelaskan cara membuat magnet serta menentukan jenis kutub magnet yang
dihasilkan.
Soal :
Perhatikan gambar berikut !Setelah baja tersebut dialiri
arus listrik beberapa waktu seperti pada gambar, maka….
|
Kutub
magnet yang dihasilkan
|
Sifat
magnet yang ditimbulkan
|
|
Ujung K
|
Ujung L
|
||
A.
|
Kutub
utara
|
Kutub
selatan
|
Permanen
|
B.
|
Kutub
selatan
|
Kutub
utara
|
Sementara
|
C.
|
Kutub
utara
|
Kutub
selatan
|
Sementara
|
D.
|
Kutub
selatan
|
Kutub
utara
|
permanen
|
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan :
Membuat magnet dengan cara ELEKTRO :
-
Jika
empat jari yang lain menunjuk arah arus litrik, maka ibu jari
menentukan
/menunjukkan KUTUB UTARA.
-
Data dari gambar :
-
Ujung K menjadi kutub Utara dan ujung L
menjadi kutub selatan.
Bahan
yang dibuat dari BAJA, magnet yang dihasilkan PERMANEN
SOAL NO : 24
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan karakteristik benda-benda langit
dalam tata surya
Indikator : Disajikan gambar/narasi tentang susunan Tata Surya, peserta didik dapat
menjelaskan karakteristik benda benda langit
dalam Tata Surya.
Soal :
Perhatikan gambar susunan anggota Tatasurya berikut !
Asteroid merupakan
planet kecil planet kecil yang mengorbit
di antara orbit planet yang bernomor ….
A.
(
1 ), dan ( 2 )
B.
(
2 ), dan ( 3 )
C.
(
3 ), dan ( 4 )
D.
(
4 ), dan ( 5 )
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
Susunan anggota
tata surya :
Matahari :
( 1 )
Merkurius ( 5 ) Yupiter
( 2 ) Venus ( 6 ) Saturnus
( 3 ) Bumi ( 7 ) Uranus
( 4 ) Mars ( 8 ) Neptunus
Asteroid mengorbit di antara orbit
planet Mars ( 4 ) dan Yupiter ( 5 )
SOAL NO : 25
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan
pasang surut dengan posisi bulan
Indikator : Disajikan gambar posisi Matahari, Bumi, dan
Bulan , peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan pasang naikdan pasang surut
air laut dengan posisi Bulan.
Soal :
Perhatikan gambar bulan
mengelilingi bumi dan bersama-sama beredar mengelilingi matahari berikut !
Jika
(1), (2), dan (3) berturut-turut adalah matahari, bumi, dan bulan, maka akibat
pengaruh gaya
gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi, di daerah berikut yang air lautnya
mengalami ….
|
Pasang
|
Surut
|
A
|
(A)
dan (D)
|
(B)
dan (C)
|
B
|
(B)
dan (D)
|
(A)
dan (C)
|
C
|
(A)
dan (B)
|
(D)
dan (C)
|
D
|
(A)
dan (C)
|
(B)
dan (D)
|
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Posisi matahari ( 1 ), bumi ( 2 ),
dan bulan ( 3 )
Pada posisi ketiganya seperti pada gambar, maka :
-
pada
daerah B dan D mengalami pasang
-
pada daerah A dan C mengalami surut
SOAL NO 26
Kompetensi yang di uji : Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Indikator soal : Diberikan gambar
ciri-ciri mahluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri yang benar
Soal
Perhatikan
gambar berikut
Ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh gambar tersebut adalah ...
A. berkembangbiak
B. memerlukan makanan
C. tumbuh dan berkembang
D. peka terhadap rangsang
·
Kunci Jawaban :
B
Pembahasan
Gambar hewan kerbau sedang memakan rumput, merupakan ciri mahluk hidup yaitu membutuhkan
makanan atau nutrisi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Nomor 27
Kompetensi yang di uji :
Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup
Indikator soal : Dinerikan bebapa gabar
organ tumbuhan peserta didik dapat mengidentifikasi ciri tumbuhan dikotil
Soal :
Perhatikan ciri beberapa organ berikut!
Ciri-ciri organ yang miliki oleh tumbuhan dikotil adalah …..
A.
1,
3 dan 4
B.
1,
4 dan 6
C.
2,
3 dan 4
D.
2,
3 dan 5
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Cirri-ciri
tumbuhan dikotil adalah
Nomor 28
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup
dalam ekosistem
Indikator soal :
Diberikan bagan rantai makanan/jarring
makanan peserta didik dapt menetukan akibat yang terjadi bila salah satu
komponen mengalami kepunahan
Soal :
Perhatikan rantai makanan berikut!
Kemungkinan yang akan terjadi jika populasi katak menurun karena diburu
oleh para petani adalah... .
A.
populasi
laba-laba meningkat, populasi ikan menurun
B. populasi tumbuhan menurun, populasi ulat meningkat
C. populasi laba-laba menurun, populasi ikan menurun
D.
populasi
ulat meningkat, populasi ikan meningkat
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
Dalam rantai makanan tersebut jika katak di populasinya
menurun akibat diburu oleh petani, maka mengakibatkan gangguan dan
ketidakseimbangan dalam ekosistem, dimana tanaman laba-laba akan meningkat
populasinya, sementara ikan yang makananya tergantung pada katak maka populasinya akan menurun
bahkan musnah.
Nomor 29
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan interaksi antar makhluk
hidup dalam ekosistem
Indikator soal : sisajikan piramida makanan peserta didik dapat
menentukan komposisi komponen dalam
ekosistem
Soal :
Bentuk piramida makanan yang sesuai dengan komposisi
komponen dalam ekosistem normal adalah ….
A. B.
A B
C D
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan :
Susunan
yang tepat adalah Produsen(P) –
herbivore (K-1) – karnivora (K-3) – omnivore (K-3)
Nomor 30
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk
mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Indikator soal : Peserta
didik dapat menjelaskan usaha manusia untuk mengurangi pencemaran tanah
Soal :
Perhatikan gambar pencemaran tanah berikut!:
Penyebab pencemaran
dan kerusakan lingkungan tersebut adalah ....
A. bahan kimia dari rumah tangga, berupa
deterjen yang sukar terurai
B. bahan dari plastik, stirofom bekas pembungkus
barang yang sukar terurai
C.
bahan kimia dari pabrik, seperti
magnesium yang dapat membunuh bakteri
D.
bahan sampah organik dari rumah tanngga yang tak dapat terurai bakteri
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
di daerah tertentu dapat
terjadi pencemaran tanah, hal ini di sebabkan oleh adanya sampah non organic
yang terbuat dari plastic, kaca, stirofom. Bahan ini sangat sulit diuraikan oleh bakteri pembusuk,
perlu waktu ratusan tahun
Nomor 31
Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi usaha manusia dalam
melestarikan makhluk hidup
Indikator soal : Diberikan gambar/data hewan langka, peserta didik dapat menentukan usaha
untuk melestarikannya
Soal :
Perhatikan gambar berikut!
Harimau Sumatra Tapir
Usaha yang di lakukan
untuk melestarikan jenis hewan tersebut adalah ….
A. Membangun suaka margasatwa
B. Mendirikan
cagar alam
C. Menyilangkan jenis hewan tersebut
D. Menanfaatkan untuk hewan peliharaan
Kunci
Jawaban : A.
Pembahasan :
Hewan tapir dan harimau Sumatra
keberadaanya sudah mulai langka, untuk itu diperlukan usaha untk
melestarikannya agar keberadaannya tidak punah. Usaha yang perlu di lakukan
yaitu dengan mendirikan tempat khusus seperti suaka margasatwa
Nomor 32
Kompetensi yang di uji :
Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
Indikator soal : disajikan grafik, peserta didik dapat menentukan hubungan
antara kepadatan populasi dengan pangan yang benar
Soal :
Grafik manakah yang menunjukkan meningkatnya
populasi penduduk yang sangat cepat di
suatu daerah pada saat tertentu akan berpengaruh terhadap kekurangan pangan?
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
dampak pertumbuhan
penduduk yang tak terkendali di suatu daerah akan mengakibatkan berbagai
masalah seperti : kebutuhan pangan, jika hal tersebut tidak ada usaha untuk
mengendalikannya maka grafik akan berbenruk kurva. Awalnya naik sampai batas
waktu tertentu kemudian akan menurun karena jumlah makanan tidak mencukupi/
tidak seimbang dengan jumlah penduduk.
Nomor 33
Kompetensi yang di uji :
Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal :
disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan nama sendi yang ditunjuk
Soal :
Perhatikan gambar sendi berikut!
Bagian
yang ditunjuk oleh huruf B merupakan...
A.
sendi engsel
B.
sendi peluru
C.
sendi pelana
D.
sendi putar
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan :
Sendi yang di tunjuk adalah sendi putar, terletak pada
tulang atlas yaitu tulang yang berada diantara tulang leher pertama dengan
tulang tengkorak. Sendi yang lain adalah sendi peluru terdapat pada pangkal
paha dan pangkal lengan, sendi engsel terletak pada tulang siku dan lutut.
Nomor 34
Kompetensi yang di uji :
Menentukan jenis tulang/ sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal : disajikan ciri-ciri otot peserta didik dapat menentukan perbedaan otot
pada manusia
Soal :
Perhatikan ciri - ciri
otot berikut!
1.)
Memiliki
banyak inti
2.) Bekerja secara tidak sadar
3.) Bentuk silindris panjang
4.) Terdapat pada saluran pencernaan
5.) Bentumya gelendong
Berdasarkan data tersebut, yang merupakan ciri otot polos adalah ....
a. 1, 2, dan 5
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 4, dan 5
Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
No
|
Otot rangka
|
Otot polos
|
Otot jantung
|
bentuk
|
Bentuk
silinder
|
Bentuk
gelendong
|
Bentuk
silinder bercabang
|
Jimlah
inti
|
Berinti
banyak
|
Berinti
1
|
Berinti
banyak
|
Warna
|
Warna
lurik-lurik
|
Warna
bening
|
Warna
lurik-lurik
|
Cara
kerja
|
Bekerja
diatur otak
|
Bekerja
tidak diatur otak
|
Bekerja
secara otonom
|
Terdapat
/tempat
|
Menempel
pada rangka, maka disebut juga daging
|
Terdapat
pada saluran pencernaan, pembuluh darah, saluran ekskresi
|
Terdapat
hanya pada jantung
|
Nomor
35
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses
pencernaan
Indikator soal :
disajikan gambar alat pencernaan makanan, peserta didik dapat menentukan organ
yang menghasilkan enzim
Soal :
Perhatikan gambar berikut
Enzim yang berfungsi mengubah amilum menjadi glukosa dihasilkan oleh bagian yang di tunjukan nomor : ....
A.
1
dan 2
B.
1
dan 3
C.
2
dan 4
D.
3
dan 4
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
amilum dalam system pencernaan makanan mengalami dua kali
pencernaan yaitu dalam mulut
dibantuoleh enzim ptialin, berperan
mengubah amilum menjadi glukosa, dan di dalam usus halus dibantu oleh enzim
amilase, berfungsi mengubah amilum menjadi glukosa,
Nomor 36
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan
dengannya
Indikator soal : disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menentukan tempat perombakan sel darah
Soal :
Trombosit berperan penting dalam proses pembekuan darah. Namun umur
trombosit sekitar 10 hari,
kemudian akan mati. Trombosit
yang telah mati akan dihancurkan di dalam ....
A. hati
B. pankreas
C. limpa
D. jantung
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan :
Trombosit yang sudah tua dan tidak bisa melaksanakan
tugas lagi akan di hancurkan di dalam limpa, sel darah merah yang tua akan di
rombak di dalam hati menjadi warna empedu, sementara sel darah putih yang kalah
perang akan di dihancurkan dalam limpa menjadi nanah.
Nomor 37
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan proses pada sistem ekskresi
(ginjal)
Indikator soal : Disajikan gambar ginjal peserta didik dapat
menentukan bagian organ yang di tunjuk
·
Soal :
|
Penyaringan darah dari
bahan-bahan yang tidak bermanfaat berupa urin terjadi pada nomor ….
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
Bagian ginjal yang berfungsi untuk menyaring
darah adalah simpai Bowmann dan Glomerolus yang terdapat pada korteks ginjal
(gambar nomor 1). Selanjutnya urin akan di teruskan pada sumsum ginjal (nomor
4), kemudian menuju rongga ginjal (nomor 2).
Nomor 38
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan
sistem saraf pada manusia
Indikator soal :
Disajikan gambar saraf, peserta didik dapat
menjelaskan fungsi organ yang di tunjuk
Soal :
Perhatikan gambar sel saraf berikut!
Bagian yang ditunjuk oleh
huruf X berfungsi untuk....
A.
menghantarkan impuls menuju badan sel saraf
B.
menerima rangsangan dari indera
C.
melanjutkan impul menuju pusat saraf
D. sebagai pusat pengaturan impuls
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan
:
Bagian yang di tunjuk disebut akson, berfungsi untuk
meneruskan rangsang ke saraf yang lain menuju saraf pusat
Nomor 39
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
Indikator soal : disajikan gambar jaringan daun, peserta didik
dapat menentukan fungsi bagian jaringan daun
Soal :
Perhatikan gambar penampang daun berikut!
Fungsi bagian yang bertanda X adalah
….
A.
sebagai tempat pertukaran gas
oksigen dan carbondioksida
B. sebagai alat mengangkut bahan dan hasil fotosintesis
C.
sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis pada daun
D. untuk melindungi daun agar tetap kuat dan segar
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Jaringan yang di tunjuk adalah jaringan pembuluh/tulang daun yang terdiri
floem dan xylem. berfungsi untk
mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan
dan mengangkut air dan mineral dari
dalam tanah ke daun.
Nomor 40
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap
pengaruh lingkungan luar
Indikator soal : disajikan gambar pesert didik menentukan
contoh gerak yang dipengaruhi datangnya rangsang
Soal :
Gerak tumbuhan seperti pada gambar merupakan contoh gerak
….
A.
geotropism
B.
fototropisme
C.
hidrotropisme
D.
tropisme
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan :
Gerak akar menuju pusat bumi merupakan gerak geotropism
positif, sedangkan gerak ujung tunas tumbuh kea rah atas/menjauhi pusat bumi
disebut gerak geotropisme negative
Nomor 41
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator soal : peserta didik dapat nenentukan hubungan
antara jenis rangsang tumbuhan dan arah gerak
Soal :
Apabila di samping tanaman kacang panjang ditancapkan batang kayu, arah gerak sulurnya
adalah...
A. membelok menjauhi
batang kayu
B. mendekat ke
batang kayu dan melekat
C. menuju ke bawah
batang kayu
D. tetap menuju ke
atas
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
:
Gerak yang benar
adalah gerak sulur menuju kearah
batang/tiang tujuanya untuk melekatkan tumbuhan agar dapat berpegangan disebut
gerak tigmotropism,
Nomor 42
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan percobaan tentang proses tersebut
Indikator soal : Disajikan gambar percobaan fotosintesis,
peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut
Soal :
Perhatikan gambar percobaan fotosintesis berikut
ini!
Setelah
dilakukan penetesan yodium sebagaimana pada gambar 6, maka daun
nomor 1 berwarna hijau dengan bintik-bintik biru kehitaman dan daun nomor 2
berwarna hijau. Dari hasil percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa
fotosintesis ....
A. menghasilkan
amilum
B.
memerlukan alkohol
C.
memerlukan olsigen
D.
menghasilkan
karbondioksida
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan :
|
Rekasi
kimia fotosintesis :
Nomor
43
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan konsep
perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
Indikator soal :
disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan prilaku mahluk hidup
Soal :
Perhatikan tabel berikut
No
|
Organisme
|
Perilaku
|
1.
|
Cumi-cumi
|
P.
Memutuskan ekornya
|
2.
|
Bunglon
|
Q.
Muncul ke permukaan
|
3.
|
Cicak
|
R.
Mengeluarkan tintanya
|
4.
|
Lumba-lumba
|
S.
Mengubah warna
tubuh
|
Hubungan
antara jenis organisme dan perilakunya yang tepat adalah nomor….
A. 1 dan P
B. 2 dan S
C. 3 dan Q
D. 4 dan R
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan
:
Dalam kondisi berbahaya maka cecak mengorbankan ekornya
untuk diputuskan, peristiwa ini merupakan cara adaptasi tingkah lalu cecak,
disebut ototomi, sementara hewan lain seperti bunglon dengan cara mengubah
warna tubuhnya., cumi-cumi dengan cara menyemprotkan tinta hitan.
Nomor
44
Kompetensi yang di
uji : Menginterpretasikan hasil
persilangan berdasarkan hukum Mendel
Indikator soal : diberikan contoh pesilangan dihibrida,
peserta didik dapat menentukan jumlah/perbandingan fenotif pada F-2
Soal :
Perhatikan persilangan Monohibrid dan dominan penuh di bawah ini !
Bunga mawar merah x Mawar putih
P1 MM mm
Gamet M m
M m
F1 ......................................
P2 Mm x Mm
Gamet M M
m m
F2
Bunga mawar merah x Mawar putih
P1 MM mm
Gamet M m
M m
F1 ......................................
P2 Mm x Mm
Gamet M M
m m
F2
Dari tabel hasil persilangan di atas, individu yang memiliki genotip persis
sama dengan induk (P1) terdapat pada kolom bernomor ... .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan :
F2.
Keturunan kedua adalah
|
M
|
m
|
M
|
MM
|
Mm
|
M
|
Mm
|
mm
|
Jadi yang memiliki genotif sama dengan induknua adalah
nomor 1 dan 4
Nomor
45
Kompetensi
yang di uji : Menginterpretasikan hasil persilangan
berdasarkan hukum Mendel
Indikator
soal : disajikan hasil persilangan monohibrida,
peserta didik dapat menentukan rasio genotif induknya
Soal :
Diketahui B adalah gen yang
menentukan kacang berbiji bulat,
sedangkan b berbiji kisut . Persilangan antara tanaman kacang berbiji
bulat ( BB ) dan kacang berbiji
bulat ( Bb ) menghasilkan F1 dengan fenotip sebanyak .....
A. 100 % berbiji bulat
B. 50 % berbiji bulat
C. 75 % berbiji kisut
D. 100 % berbiji kisut
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan :
P1. : (BB) x (Bb)
Gamet:
B x B
b
F2.
Keturunan kedua adalah
|
B
|
b
|
B
|
BB
|
Bb
|
B
|
BB
|
Bb
|
Perbandingan
Genotif :
BB : Bb
2 2
Perbandingan
Fenotif :
Bulat :
keriput
2
: 2
50% 50%
Nomor
46
Kompetensi
yang di uji : Menjelaskan teknologi
reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme
disertai dengan contohnya
Indikator
soal : disajikan pernyataan peserta didik dapat
menentukan salah satu cara teknologi rreproduksi
Soal :
Pak Amir seorang petani pisang yang ingin mengembangbiakkan tanamannya supaya
mendapatkan hasil yang memiliki
rasa manis seperti induknya tetapi dengan cepat dan jumlah yang banyak. Cara
yng paling tepat adalah....
A. Radiasi
B. Hidroponik
C. Kultur jaringan
D. Rekombinasi gen
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
salah satu teknologi reproduksi
untuk mendapatkan bibit unggul dan keturunan yang baik adalah dengan cara
kultur jaringan, misalnya pada tanaman buah-buahan seperti , pisang, nanas.
Nomor 47
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat
untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
Indikator soal : Disajikan pernyataan yang berkaitan dengan biotekhnologi, peserta didik dapat menentukan biotekhnologi dengan tepat
Soal :
Pak Ujang adalah seorang peternak sapi local di Tapos Bogor. dia berkeinginan
menyilangkan sapi piaraanya dengan sapi varietas unggul dari India sehingga
diperoleh sapi yang memiliki sifat unggul. Usaha yang harus dilakukan oleh pak Ujang tanpa harus
mendatangkan sapi dari India adalah…
A. kloning
B. inseminasi
C. kultur
jaringan
D.
pemberian
hormon
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan :
Kultur
jaringan atau in vitro atau mikropropagasi adalah cara menanam
dan memelihara sel atau jaringan dari tumbuhan atau hewan yang di sebut eksplan
secara aseptik (suci hama)
pada suatu medium yang cocok dan dalam keadaan steril
Inseminasi
buatan, adalah proses memasukkan spermatozoid hewan jantan ke
dalam tubuh hewan betina yang dilakukan dengan bantuan alat tertentu (“alat
suntik”). Oleh karena itu,
inseminasi buatan sering disebut dengan kawin suntik. Rekayasa reproduksi
inseminasi buatan sering dilakukan pada
hewan ternak seperti sapi dan lembu.
Bayi
tabung dilakukan dengan cara
mencampurkan spermatozoa dan sel telur di luar
tubuh (invitro) sehingga terjadi
pembuahan. Sel telur yang telah mengalami pembuahan, akan berkembang sampai pada fase tertentu, selanjutnya di transplantasikan
(dicangkokkan) ke dalam rahim induknya atau induk pengganti, manakala induk
aslinya tidak sanggup mengandung anaknya.
Kloning berarti “menciptakan” suatu kelompok makhluk hidup yang
memiliki materi genetik persis sama dengan makhluk hidup lainnya, misalnya
ketela pohon dan tebu.
Rekayasa genetika adalah mengubah faktor keturunan (gen) untuk mendapatkan
sifat baru. Pengubahan gen dapat dilakukan melalui transfer inti, fusi sel, dan
rekombinasi DNA.
Rekombinasi DNA, Rekombinasi DNA adalah pemutusan dan penyambungan DNA.
DNA mengandung gen yang mengendalikan sifat individu
Organisme transgenik adalah organisme yang telah diubah urutan informasi
genetik di dalam kromosomnya. Susunan materi genetik, diubah dengan
jalan menyisipkan gen baru yang unggul ke dalam kromosomnya
Nomor 48
Kompetensi yang di uji :
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
Indikator soal : peserta
didik dapat menentukan mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan minuman tertentu
Soal :
Minuman yoghurt merupakan hasil fermentasi bakteri
....
A. Acetobakter
xylinum
B.
Rhizopus,sp
C. Saccharomyces, sp
D.
Lactobacillus,sp
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
Bioteknologi konvensional sering dipakai dalam kehidupan
sehari-hari di masyarakat, salah satunya adalah pembuatan tape dengan batuan
ragi (Saccaromyces cereviceae),
pembuatan tempe dengan bantuan jamur Rizhopus
sp, untuk membuat yogurt dibantu
oleh Lactobacillus ,sp. Sementara
untuk membuat nata di coco dengan bantuan
Acetobacter xylinum
Nomor
49
Kompetensi
yang di uji : Menentukan bahan kimia
pada makanan yang ditambahkan pada makanan
Indikator
soal : peserta didik dapat menentukan kelompok zat
aditif makanan untuk pewarna makanan
Soal :
Contoh bahan kimia yang sering
ditambahkan sebagai pewarna
sintetis dalam pembuatan bahan makanan dalam jumlah besar adalah…
A. erittrosin, hijau FCF, dan Ponceau 4R
B. sakarim, siklamat, dan sorbitol
C. beta karotin, natrium benzoat, dan ponceau 4R
D. sakarim, boraks, dan kalsium propionat
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan :
Zat
aditif alami untuk makanan
Pewarna sintetis : erittrosin, hijau FCF, Ponceau 4R
Pewarna
alami :
Antosianian : memberikan warna
oranye, merah dan biru.
Contoh
: anggur, strobery, rasberi, bunga
Karotinoid
: memberikan warna kuning, oranye
dan merah
Contoh
: wortel, tomat, cabai, daun jati, daun jambu biji
Klorofil memberikan warna hijau contoh : daun suji, katuk, dan pandan
Kurkumin : memberikan warna kuning. Contoh kunyit
Nomor 50
Kompetensi yang di uji :
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita
Indikator soal : disajikan data ciri-ciri pengaruh zat adiktif
bagi kesehatan, peserta didik dapat menentukan ciri yang di timbulkan oleh obat
heroin
Soal :
Pengaruh psikis/ kejiwaan zat narkotika jenis
ekstasi dosis tinggi terhadap tubuh Adalah ....
A. pandangan mata kabur, jalan sempoyongan
B. halusinasi, perasaan gembira dan melayang
C. kehilangan nafsu makan, banyak berkeringat
D. rasa haus dan tenggorokan terasa kering
Kunci Jawaban : B
Pembahasan
:
Efek yang dapat
ditimbulkan karena pemakaian narkotika antara lain sebagai berikut.
1.
Sedatif atau
menghilangkan rasa nyeri.
2.
Analgesik
atau membius.
3.
Depresan
atau menenangkan
4.
Stimulan
atau merangsang.
5.
Euphoria atau menyenangkan.
6.
Halusinogen
atau menimbulkan khayalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar