PAKET 3
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA
1.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat
menentukan gagasan utama paragraf tersebut
SOAL :
. Apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan
ini, kesan pertama yang terasa adalah bersih teratur dan menyenangkan. Baik
pengaturan buku-buku maupun dekorasi ruangannya. Semuanya ini tentu merupakan
salah satu unsur mengapa perpustakaan sekolah ini menjadi juara pertama dan
ditetapkan sebagai perpustakaan teladan se-DKI Jaya tahun ini.
Gagasan utama
paragraf tersebut adalah ....
A. ruang perpustakaan
B. dekorasi buku
C. dekorasi ruangan
D.
perpustakaan teladan
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Gagasan utama atau gagasan
pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat
tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: semuanya ini (kalimat terakhir); ruang perpustakaan bersih
(kalimat 1); dekorasi ruangan menyenangan (kalimat 2
2.
Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut
SOAL :
(1) Mengenang
pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara, sudah sewajarnya kita lakukan,
sebab tanpa mereka itu kita yang hidup di zaman ini tidak mungkin mengisi
kemerdekaan. (2) Tugas kita mengisi kemerdekaan itu sesuai profesi kita masing-masing sebagai
pelajar. (3) Semangat juang para pahlawan bangsa itu, hendaknya dijabarkan menjadi
kerja keras belajar meraih cita-cita. (4) Adalah keliru apabila kita terlena
dan hanya berhura-hura saja.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B.
(2)
C.
(3)
D. (4)
KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kalimat utama
merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.
Kata kunci: … mengisi
kemerdekaan (kalimat 1=umum); tugas … mengisi kemerdekaan itu (kalimat 2= khusus);
3.
Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan kritik terhadap isi bacaan
Indikator Soal :
Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan
kririkan terhadap isi bacaan tersebut
SOAL :
Pemerintah akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret
2009. Keputusan menunggu ini dilakukan sebelum memutuskan harga premium dan
solar yang dilepas sesuai harga pasar. Jika harga minyak pada saatnya tetap
rendah, pemerintah segera melepas harga premium dan solar.
Kritikan terhadap isi paragraf
tersebut adalah ...
- Pemerintah hendaknya menunggu bulan Maret.
- Pemerintah hendaknya segera melepas harga.
- Pemerintah hendaknya tidak melepas premium dan solar.
- Pemerintah hendaknya tidak terlalu lama dalam mengambil keputusan.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku
negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “tidak sesui dengan isi brosur …; menjelaskan … salah
cetak.
4.
Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan isi dan penyajian teks
berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan kedua teks
berita tersebut
SOAL :
Cermati
kutipan teks berita berikut!
Kutipan Teks
Berita 1
|
Kutipan Teks
Berita 2
|
Kemarahan
rakyat bisa meledak seandainya hasil kerja Tim Pengawas Penanganan Lumpur
Lapindo DPR direkomendasi. Rakyat mengharapkan DPR terus mendesak pemerintah
agar melindungi serta memulihkan hak-hak korban dan ekosistem secara optimal.
Selain itu, peta area terdampak pun harus selalu direvisi.
|
Masyarakat
korban Lapindo membutuhkan tindakan nyata untuk mengatasi penderitaan mereka.
Karena mereka kehilangan segalanya, hak hidup, ketenangan, dan rutinitas kehidupan jadi terkoyak. Perlu penanganan secara
bersama baik pemerintah daerah maupun pusat dan elemen masyarakat demi
kemanusian.
|
Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ….
A. Perlindungan dan penanganan korban lumpur Lapindo.
B. Jumlah korban luapan lumpur Lapindo Sidoarjo.
C. Penanganan korban lumpur Lapindo dibahas DPR.
D. Perlindungan yang serius terhadap korban Lapindo.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi
berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa,
bagaimana).
Teks 1: ... melindungi hak-hak korban (apa, kalimat
kedua); teks 2: ... mengatasi penderitaan mereka = korban (apa, kalimat pertama)
5.
Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan isi dan penyajian teks
berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan isi
berita tersebut
SOAL :
Perancis lumpuh, Kamis 29/1 akibat pemogokan buruh di
seluruh negeri. Ratusan ribu buruh di berbagai organisasi pekerja dari yang
beraliran moderat hingga yang radikal menggelar protes untuk menekan Presiden
Nicolas Sarkozy dan pebisnis agar melakukan langkah-langkah yang lebih banyak untuk
melindungi dunia kerja dalam situasi krisis seperti sekarang ini. Meski
Perancis terhantam resesi tidak separah negara tetangga lainnya di Eropa
seperti Yunani, Spanyol, dan Inggris. Akan tetapi, tingkat pengangguran di
negeri itu meningkat secara konstan, mencapai 2.07 juta orang per November
2008. Jumlah ini meningkat 8.5 persen dari tahun sebelumnya. Presiden Sarkozy
sudah mengeluarkan paket stimulus 26 miliar euro akhir tahun lalu. Namun,
kalangan buruh menilai paket itu hanya meguntungkan indutrialis besar.
(Warta Kota, 30
Januari 2009)
Pernyataan yang merupakan informasi berita tersebut adalah ...
- Perancis lumpuh akibat banyaknnya buruh antre dana stimulus.
- Perancis mengalami krisis ekonomi sebanding Yunani dan Spanyol.
- Tingkat pengangguran di Perancis naik 8.5% dari tahun sebelumnya.
- Tingkat pengangguran dapat diatasi dengan dana stimulus 26 miliar.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Isi berita berpedoman pada pertanyaan ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, bagaimana).
Kata yang dirujuk: ... tingkat penganguran meningkat
(kalimat keempat); ... meningkat 8.5 % .... (kalimat kelima)
6.
Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian
ktutipan tersebut
SOAL :
Bacalah dua
kutipan teks berita berikut!
Teks Berita
1
|
Teks Berita
2
|
Semburan lava dan bebatuan pijar
Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan Selat Sunda, Provinsi Lampung, meluas
ke daerah sekitarnya. Bencana gunung meletus ini terjadi Rabu dini hari.
Petugas pengamatan di Pos Desa Pasuruan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten
Serang, menuturkan dengan rinci. Sekitar pukul 06.00 WIB telah terjadi
letusan dengan diawali kegempaan vulkanik A (dalam) sebanyak 3 kali, disusul
vulkanik B (dangkal) 30 kali, dan
gempa embusan sebanyak 25 kali.
|
Gunung Kelud
mungkin akan terus diguncang gempa embusan. Bahkan, hingga Rabu, 14/11/2008
letusan itu masih terjadi. Gempa embusan telah menghasilkan asap setinggi
2.500 meter. Data dari pos pengamatan Gunung Api Kelud di Dusun Margomulyo,
Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri Jawa Timur hingga Selasa
13/11 telah tercatat 203 kali gempa embusan dengan amplitude antara tiga
hingga 33 milimeter.
|
Perbedaan urutan penyajian kedua teks berita tersebut
adalah ....
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
mengapa, apa,
kapan, bagaimana
|
bagaimana,
siapa, kapan, di mana
|
B
|
apa, kapan,
siapa, bagaimana
|
apa, kapan,
bagaimana, di mana
|
C
|
apa, kapan,
di mana, siapa
|
di mana,
kapan, apa, bagaimana
|
D
|
apa, kapan,
di mana, mengapa
|
kapan, di
mana, mengapa, siapa
|
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Struktur berita disusun secara piramida terbalik dengan berpedoman pada pokok-pokok berita yang
dirangkai dalam akronim ADIKSIMBA (apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
Kata yang dirujuk pada
teks berita 1:
semburan lava .. (apa), ... rabu dini hari (kapan),
... petugas pos (siapa=saksi peristiwa), ... terjadi letusan ...,
disusul ... (bagaimana);
teks berita 2: gempa
... Gunung Kelud ... (apa), Rabu ...
(kapan), gempa ... menghasilkan ... (bagaimana), ... dari pos pengamatan ... (di/dari mana)
7.
Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan kalimat fakta/pendapat
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat pendapat pada paragraf tersebut
SOAL :
(1) Tenaga
listrik pertama kali ditemukan oleh Thomas Alva Edison pada tahun 1879. (2)
Saat itu, dia berhasil menemukan bola lampu pijar yang sangat terkenal sampai
ke seluruh dunia. (3) Saat itu Thomas Alva Edison masih berusia 17 tahun. (4)
Penemuan listrik tersebut sangat terasa manfaatnya oleh semua negara termasuk
Indonesia. (5) Jika hal itu tidak terjadi mungkin di Indonesia listrik tidak masuk ke pelosok
desa.
Kalimat berisi fakta pada paragraf tersebut ditandai
nomor ....
- (1) dan (3)
- (2) dan (4)
- (2) dan (5)
- (4) dan (5)
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa
yang benar dan bisa dibuktikan. Fakta biasanya ditandai
oleh hadirnya data berupa angka.
Kata kunci :
… pertama kali .. tahun 1879 (kalimat 1); … berusia 17 tahun (kalimat 3)
8.
Kemampuan
yang Diuji : Menyimpulkan
isi paragraf
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut
SOAL :
8
Suku Sakai
memang masih seperti terjajah di tanahnya sendiri. Paling tidak mereka dijajah secara ekonomi dan sosial. Tanah yang mereka
miliki, membentang luas dari Minas hingga Dumai. Tanah tersebut mengandung minyak terbesar di
Nusantara. Sayangnya, yang menikmati kekayaan alamnya orang asing, bukan
penduduk asli.
Simpulan paragraf tersebut
adalah ...
A. Suku Sakai merdeka secara ekonomi dan sosial.
B. Suku Sakai memiliki cadangan minyak.
C. Suku Sakai dijajah bangsa sendiri.
D. Suku
Sakai hidup menderita karena bangsa asing.
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat
pada isi teks bacaan.
Isi teks: Suku Sakai ... terjajah (kalimat 1); mereka ...
dijajah .... (kalimat 2); mereka ... meiliki ... (kalimat 3); sayangnya ...
menikmai ... orang asing (kalimat 4)
Pendapat akhir: Suku Sakai menderita karena orang asing
.... (sesuai data pada kalimat 1, 3, dan 4)
9.
Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan isi tajuk
Indikator Soal :
Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat
-
menentukan
gagasan
utama tajuk tersebut
SOAL : 9
.
Bacalah teks tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9
s.d. 12!
H.M. Soeharto meninggal 27 Januari lalu. Suasana masih
diwarnai rasa duka dan layak jika
masyarakat ikut menyampaikan duka cita. Namun, di lain pihak, ada juga
yang menyampaikan pernyataan dan peringatan agar persoalan hukum presiden kedua
RI itu segera diselesaikan.
Di antara kita tidak pula ketinggalan untuk menyampaikan
catatan, pandai-pandailah kita, pemerintah, dan publik, menyikapi. Jangan sampai
masalah itu menghambat usaha dan konsentrasi kita membangun kebersamaan.
Pandai-pandailah kita membawa diri menyikapi masalah tersebut.
Kita pun ragu, tidakkah terlalu pagi kita minta perhatian
atas persoalan tersebut, sementara tanah masih belum juga kering usai
pemakaman. Paling tidak, sesuai dengan tugasnya, pemerintah harus segera
menyikapi pertentangan yang timbul, untuk dijadikan pegangan semua pihak.
Gagasan utama kutipan tajuk tersebut adalah ...
A.
Kematian H.M.
Soeharto menimbulkan pertentangan pendapat.
B.
Usul sikap bijak
menyikapi masalah yang muncul terkait
dengan mantan presiden kedua RI.
C.
Suasana duka masih
mewarnai kepergian mantan presiden Soeharto.
D.
Tugas pemerintah
dalam menanggapi persoalan yang ada.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Gagasan utama tajuk merupakan ide (pendapat) penulis
tentang fenomena hangat.
Fenomena pada teks: H.M. Soeharto meninggal, ada yang
berduka, ada yang menyampaikan penyelesaikan hukum, ada yang mengingatkan agar
pandai bersikap; ide (pendapat) penulis: minta perhatian atas persoalan=bijak (paragraf
terakhir kalimat pertama).
10. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi tajuk
Indikator Soal :
- menentukan kalimat fakta pada tajuk tersebut
SOAL :
Kalimat fakta pada tajuk tersebut terletak pada ...
A.
paragraf I, kalimat
I
B.
paragraf I, kalimat
II
C.
paragraf III, kalimat
I
D.
paragraf III,
kalimat II
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa
yang benar dan bisa dibuktikan. Fakta biasanya ditandai
oleh hadirnya data berupa angka.
Kata kunci :
… 27 Januari (kalimat pertama pada
paragraph pertama)
11. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi tajuk
Indikator Soal -
menentukan keberpihakan penulis pada tajuk tersebut
SOAL :
Penulis pada tajuk tersebut berpihak kepada ....
A.
Soeharto
B.
pemerintah
C.
masyarakat
D.
keluarga
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Berpihak
artinya mengikut/memilih salah satu pihak.
Keberpihakan (berpihak) terutama tergambar pada paragraf terakhir kalimat pertama.
12. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi tajuk
Indikator Soal -
menentukan simpulan isi tajuk tersebtut
SOAL :
Simpulan tajuk
tersebut adalah ...
A.
Rasa duka boleh
saja, tetapi masalah hukum jangan diselesaikan.
B.
Presiden Soeharto
meninggal tanggal 27 Januari 2007 di Jakarta.
C.
Pemerintah harus
menyikapi pertentangan yang timbul, untuk
pegangan semua pihak.
D.
Kesalahan Soeharto
sebaiknya kita maafkan mengingat jasa-jasa beliau sangat banyak.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Simpulan tajuk merupakan pendapat akhir terhadap data
baik fakta maupun opini pada tajuk.
Data: H.M.
Soeharto meninggal, ada yang berduka, ada yang menyampaikan penyelesaikan hukum, ada yang
mengingatkan agar pandai bersikap.
Pendapat akhir: Pemerintah harus menyikapi pertentangan yang timbul (tidak bertentangan dengan data).
13. Kemampuan yang Diuji :
Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal :
Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
SOAL :

![]() |
||||
|
Simpulan isi grafik tersebut yang tepat adalah …
A. Koperasi Siswa SMP Kartika tahun 2006 mengalami kenaikan.
B. Perkembangan koperasi SMP Kartika setiap tahun meningkat.
C. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami kenaikan dari tahun
2002 hingga tahun 2003.
D. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami kenaikan drastis
pada tahun 2007.
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Simpulan grafik diperoleh dengan mencermati data pada
grafik kemudian diberi pendapat . Data
pada grafik tersebut: keuntungan
Koperasi SMP Kartika tahun 2001: 100 ribu, 2002: 200 ribu, 2003 200 ribu, 2004: 300 ribu, 2005: 400 ribu, 2006: 300 ribu,
2007: 600 ribu
Pendapat : terjadi kenaikan drastis tahun 2007
(sesuai data).
14. Kemampuan yang Diuji :
Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal :
Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
SOAL :
. Perhatikan tabel berikut!
TEBEL USULAN
KENAIKAN TARIF ANGKUTAN UMUM
(DALAM RUPIAH)
Nama
Angkutan Umum
|
Tarif
Lama
|
Organda
DKI
|
Pemprov
DKI
|
DPRD
DKI
|
Mikrolet/KWK
|
1.900,00
|
2.650,00
|
2.300,00
|
2.400,00
|
Bus sedang
|
1.400,00
|
2.500,00
|
2.100,00
|
2.000,00
|
Reguler
|
1.200,00
|
2.400,00
|
2.100,00
|
1.900,00
|
Patas
|
1.600,00
|
3.400,00
|
2.200,00
|
2.000,00
|
Sumber: DPRD DKI
Pernyataan yang merupakan isi tabel tersebut adalah ....
A. Usulan kenaikan tertinggi untuk tarif mikrolet dikemukan
oleh Organda DKI
B. Usulan kenaikan teringgi dari tarif untuk bus sedang
disampaikan oleh DPRD DKI
C. Kenaikan tertinggi dari tarif lama yang diusulkan oleh
Premprov terjadi pada bus patas.
D. Kenaikan tertinggi dari tarif lama terjadi pada bus
mikrolet
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Isi tabel dapat ditemukan dengan mencermati judul tabel,
judul kolom dan judul baris
Informi pada tabel terebut dilakukan dengan menghubungkan judul tabel, judul kolom, dan
judul baris. Judul tabel: usul kenaikan angkutan, judul kolom: Organda DKI,
judul baris: Mikrolet/KWK , ditemukan angka: 2.650.000 melampui Pemprov DKI
(2.300.00) dan DPRD DKI (2.400.00).
15. Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah diagram, siswa dapat menentukan pernyataan yang metupakan
isi diagram tersebut
SOAL :
Cermati diagram
berikut!

Jenis ekskrakurikuler yang paling banyak diminati
siswa kelas I SMP Widay Guna adalah ….
- PMI
- Kesenian
- Volly
- Pramuka
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Sesuai dengan data pada diagram. Peminat pada PMI=12.5%,
Volly=12.5%, Kesenian 25%, Bhs. Inggrs=12.5 %, dan
Pramuka 37.5%.
16. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan kutipan
puisi, siswa dapat
- menentukan
tema puisi tersebut
SOAL :
16
Tuhan, pelankanlah malam tiba
agar kami berdua tidak kehilangan arah
jalan yang kami tempuh masih jauh
Tuhan, sisihkanlah mendung itu
jika gerimis, sakit ibuku kambuh
jalan yang kami tempuh masih jauh
Tuhan berikanlah kekuatan
untuk menempuh hidup ini
kami tahu derita hari ini
adalah bahagia esok hari
Tema puisi tersebut adalah ….
A.
kepasrahan
B.
keyakinan
C.
peralanan
D.
permintaan
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Kata yang dirujuk: Tuhan … pelnakanlah … (permintaan) ;
Tuhan … sisihkanlah … (permintaan), Tuhan …. berikanlah …. (permintaan)
17. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan kutipan
puisi, siswa dapat
-
menentukan suasana yang tergambar pada puisi
tersebut
SOAL :
Suasana puisi tersebut adalah . . . .
A.
iba
B.
sepi
C.
riang
D.
senang
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Kata yang dirujuk: … kehilangan arah; jalan … masih jauh; sakit ibu … kambuh; …
derita hari ini.
Kata-kata tersebut menggambarkan rasa iba. Sesuai KBBI
iba berarti berbelas kasihan;
terharu dan kasihan.
18.
Kemampuan yang
Diuji :
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal
: Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
-
menentukan bukti latar tempat pada kutipan
cerpen tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan cerpen berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Keesokan harinya, betapa terkejutnya Sabir melihat
onggokan onderdil sepedanya sudah lenyap dari tempatnya. Padahal hari itu dia
sudah ada janji dengan Pak Wahid untuk membeli kelengkapan onderdil darinya.
Dengan langkah mantap didekatinya teman-temannya di ruang makan.
“Saya tahu siapa di antara kalian
yang mengambil onderdil sepeda saya. Mungkin satu atau dua di antara kalian,”
ucap Sabir sambil menatap Diki dan Bondan, “saya tidak mengancam, tetapi saya
kira setiap orang mempunyai kewajiban mempertahankan haknya. Onderdil sepeda
itu hak milik saya. Kalau sampai besok pagi tidak kembali tahu apa akibatnya.”
Diki dan Bondan tampak pucat wajahnya.
Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai
nomor ...
A.
pertama C. ketiga
B.
kedua D. keempat
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Latar merupakan tempat, waktu, dan atau suasana peristiwa
cerita terjadi. Untuk menemukan latar perlu mencermati kata yang meujuknya.
Kata kunci (yang dirujuk): … didekatinya … di ruang makan
(latar tempat)
19.
Kemampuan yang
Diuji :
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : - menentukan
konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
SOAL :
Keesokan harinya, betapa terkejutnya Sabir melihat
onggokan onderdil sepedanya sudah lenyap dari tempatnya. Padahal hari itu dia
sudah ada janji dengan Pak Wahid untuk membeli kelengkapan onderdil darinya.
Dengan langkah mantap didekatinya teman-temannya di ruang makan.
“Saya tahu siapa di antara kalian
yang mengambil onderdil sepeda saya. Mungkin satu atau dua di antara kalian,”
ucap Sabir sambil menatap Diki dan Bondan, “saya tidak mengancam, tetapi saya
kira setiap orang mempunyai kewajiban mempertahankan haknya. Onderdil sepeda
itu hak milik saya. Kalau sampai besok pagi tidak kembali tahu apa akibatnya.”
Diki dan Bondan tampak pucat wajahnya.
Konflik
kutipan cerpen tersebut adalah ....
- Onderdil sepeda Sabir hilang
- Sabir mendatangi teman-temannya
- Sabir menuduh teman-temannya
- Diki dan Bondan mencuri onderdil.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam
cerita rekaan atau drama (pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dl
diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dsb)
Kata yang dirujuk: saya tahu ... di antara kalian ...
mengambil ...; ... sampai besok tidak kembali ... tahu akibatnya.
20.
Kemampuan yang
Diuji :
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal :
- menentukan amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
SOAL : 20
"Tidakkah
kau sadari bahwa kau mendurhakai, Yati?"
Katanya tiba-tiba setelah kami, kau dan dia, diam lama
sekali.
Mukanya masih merah seperti tadi.
"Tidak,"
jawabku tenang.
"Aku tak
tahu kenapa ibu dulu punya anak aku."
"Itu satu
kebetulan," katanya menenangkan.
”Kalau aku
boleh memilih, aku tidak ingin terlahir di bumi ini,” kataku sedikit kesal.
"Itu sebabnya kau kau bikin aturan
sendiri sedangkan lain-lainnya tidak?" tanyanya penuh selidik.
Amanat kutipan cerpen tersebut adalah....
A.
Jangan menyesali
hal yang sudah terjadi!
B.
Sebaiknya
menghindar dari perbuatan durhaka!
C.
Selesaikan
permasalahan dengan aturan sendiri!
D.
Hindari pertikaian
sesama anggota keluarga!
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Amanat merupakan gagasan yang mendasari karya sastra;
pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar. Pesan
dapat disimpulkan dari persitiwa tersirat pada teks.
Kalimat yang dirujuk: ”Kalau aku boleh memilih, aku tidak ingin terlahir di
bumi ini,” kataku sedikit kesal.
21. Kemampuan yang Diuji : Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan karakteristik kedua novel tersebut
SOAL :
Bacalah kedua kutipan novel
berikut dengan saksama!
Kutipan I
Bapak
berwajah orang penting tadi berusaha tersenyum ramah.
”Ini
anak saya, Flo,” katanya pelan-pelan. ”Dia sudah tidak ingin lagi sekolah di
sekolah PN dan sudah membolos dua minggu. Dia bersikeras hanya ingin sekolah di
sini.”
Kutipan II
”Aku sedang belajar, Bu. Doakan aku besok bisa, ya Bu!”
Aku gugup
menghadapi ujian pertamaku. Aku tidak ingin mengecewakan ibuku. Sudah saatnya
aku belajar dengan kesadaran sendiri tanpa disuruh-suruh ibuku.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut
adalah....
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
|
A
|
Tokoh
yang terlihat banyak
|
Tokoh
yang terlihat dua
|
B
|
Sudut
pandang diaan
|
Sudut
pandang akuan
|
C.
|
Latar
tidak jelas
|
Latar
jelas
|
D
|
Amanat
jelas
|
Amanat
tidak jelas
|
KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Perbedaan karakteristik novel adalah membedakan dua
kutipan novel dari segi unsur instrinsik. Perbedaan itu dapat dilihat dari
tema, tokoh, perwatakan, sudut pandang, latar, amanat, alur, penggunaan bahasa,
dll.
Kata kunci : Pada kutipan I, pengarang menggunakan sudut pandang
orang ketiga. Katanya… Dia..Dia..Sedangkan pada kutipan II, pengarang
menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama. Aku…Aku…ibuku..
22. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan kutipan novel, siswa dapat
- menentukan bukti nilai moral novel tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan novel berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
(1) Sejurus lamanya timbul pikiran dan berkata ia dalam
hati ”Baiklah kemalangan ini kuserahkan saja pada-Nya.” (2) Budi menyapu air
mata adiknya sambil berkata, ”Diamlah Gus, jangan menangis. Ini aku bawakan
nasi sebungkus.” (3) Agus menerima bungkusan lalu makanlah ia dalam gelap
gulita itu. (4) Budi pun termenung dalam kegelapan malam.
Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bernomor ....
A.
(4) C. (2)
B.
(3) D. (1)
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Nilai kehidupan adalah nilai-nilai yang berkaitan dalam
kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai
ini dapat berupa nilai budaya, agama, dan sosial. Nilai kehidupan yang
berkaitan dengan keagamaan itu ditunjukkan dalam kalimat pertama.
Kata Kunci :
baiklah...(kuserahkan saja pada-Nya)
23. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : -
menentukan salah satu watak totok novel tersebut
SOAL :
Watak tokoh Budi
pada kutipan novel tersebut adalah ....
A.
pemalu C. penyayang
B.
peramah D. pemarah
KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Watak adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam
sebuah cerita yang berhubungan dengan sifat duniawi. Dengan mencermati dan
menemukan kata-kata kunci yang mengarah pada sifat dan perilaku tokoh maka kita
dapat menemukan watak tokoh dengan tepat.
Kata kunci : (2) diamlah Gus…(ini
aku bawakan nasi)
24. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan naskah drama siswa dapat
- menentukan suaana yang tergambar pada naskah drama tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan drama berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!
Kak Mimi : (Sebelum pelajaran dimulai, Ketua OSIS masuk
ke kelas VII)
Adik-adik, besok ada acara tukar makanan.
Jadi, kalian semua harus bawa makanan sendiri-sendiri. Nantinya akan saling
tukar.
Siswa : Hore….
Amir : (sambil unjuk jari)
Kak, makanannya misalnya apa?
Kak Mimi : Oh, ya. Harus nasi lengkap dengan lauk dan sayuran.
Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ....
A. gembira C. takut
B. tenang D. seram
KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Suasana berhubungan dengan situasi yang tergambar pada
kutipan drama tersebut. Suasana yang tergambar adalah tegang. Hal itu terbukti
pada seluruh dialog percakapan dan petunjuk laku dalam kutipan drama tersebut.
Kata kunci :
hore....
25. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal : - menentukan latar drama tersebut
SOAL :
Latar tempat kutipan drama tersebut adalah....
A. kantor C. aula
B. kelas D. lapangan
KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Latar selalu berhubungan dengan tempat dan waktu. Kata
kunci yang merujuk pada tempat dan waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama
tersebut.
Kata kunci :
sebelum pelajaran dimulai...(masuk ke kelas)
26. Kemampuan yang Diuji : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan catatan buku harian sesuai dengan ilustrasi tersebut
SOAL :
Pengumuman itu mewujudkan keinginan Daffa yang tertunda
sejak dua tahun yang lalu. Sabtu, 2 Januari 2010, namanya dipanggil panitia
sebagai juara I lomba mendongeng.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk
ditulis dalam buku harian adalah...
A.
Sabtu, 2 Januari
2010. Berdasarkan hasil keputusan dewan juri, maka untuk juara I lomba
mendongeng diraih oleh Daffa. Daffa sangat bangga dan bersyukur atas prestasinya.
B. Sabtu, 2 Januari 2010. Aku dipanggil oleh panitia. Hari
itu kegiatan lomba mendongeng. Aku harus segera menyiapkan diri karena setelah
ini, aku harus mendongeng di depan juri.
C. Sabtu, 2 Januari 2010. Berdasarkan keputusan dewan juri,
diputuskan untuk juara I lomba mendongeng diraih oleh Daffa. Sedangkan untuk
juara II dan III diraih Fajar dan Yona.
D. Sabtu, 2 Januari
2010. Hari yang tak akan kulupakan seumur hidupku. Sudah dua tahun aku menunggu
saat seperti ini. Asyiknya…IAkhirnya aku dapat meraih juara I lomba mendongeng.
KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Buku harian berisi pengalaman yang paling berkesan.
Isinya terdiri dari pengalaman paling berkesan, waktu, dan tempat yang
dituangkan dengan kalimat yang ekspresif.
Kata kunci :waktu (Sabtu, 2 Januari 2009)
aku..dua tahun menunggu...juara I lomba
27. Kemampuan yang Diuji : Menulis isi pesan singkat
sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan isi pesan singkat yang sesuai ilsutrasi tersebut
SOAL :
Kepala Sekolah meminta kepala tata usaha membuat undangan
rapat persiapan perpisahan siswa kelas IX. Undangan itu ditujukan kepada staf
dan wali kelas IX.
Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah.…
A. Harap segera
dilaksanakan berbagai persiapan
perpisahan bagi seluruh siswa kelas IX.
B.
Segera buat undangan
rapat persiapan perpisahan kelas IX untuk staf dan wali kelas IX.
C.
Buat daftar hadir
rapat persiapan perpiasahan siswa kelas IX untuk staf dan wali kelas IX.
D.
Undang semua staf
dan seluruh guru kelas IX untuk rapat persiapan perpisahan kelas IX.
KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Pesan singkat atau memo harus
disampaikan dengan jelas dan singkat.
Isi pesan singkat harus singkat, jelas, dan sesuai ilustrasi.
Kata kunci :
membuat undangan...(segera buat undangan)...
28. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi berupa data hasil kegiatan, siswa
dapat menentukan laporan yang tepat berdasarkan data tersebut
SOAL :
Hasil
Lomba Menulis Cerpen
SMP
Idaman Tahun 2009
Juara
|
Nilai
|
Nama
|
I
|
888
|
Ahmad
|
II
|
875
|
Zazkia
|
III
|
830
|
Aminah
|
Laporan
yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ...
- Hasil lomba menulis cerpen, SMP Idaman tahun 2009 adalah sebagai berikut. Juara I nilai 888 diraih oleh Ahmad, juara II nilai 875 diraih oleh Zazkia dan juara III dengan dilai 830 diraih oleh Aminah.
- Secara berturut-turut hasil lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 yaitu Ahmad mendapat juara pertama, juara kedua Aminah, dan juara ketiga Zazkia. Dengan jumlah perolehan nilai 888, 830, dan 875.
- Selama lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 dapat dilaporkan sebagai berikut. Aminah mendapat juara pertama, Zazkia juara kedua, dan Ahmad juara ketiga. Urutan nilainya adalah 888, 875, dan 830.
- Hasil lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 adalah sebagai berikut. Ahmad mendapat juara pertama dengan nilai 888, juara kedua Aminah dengan nilai 875, dan juara ketiga Zazkia dengan nilai 830.
KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Bahasa laporan menggunakan bahasa yang baku, singkat, dan
jelas. Sesuai data dengan laporan.
29. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan kalimat laporan yang belum runtut, siswa dapat
menentukan susunan kalimat laporan yang tepat
SOAL :
(1) Kelompok kami bertugas mengamati kantin.
(2)
Di antara makanan
itu adalah bakso, bubur, dan berbagai makanan goreng.
(3)
Pagi-pagi kami
ditugasi guru bahasa Indonesia untuk melakukan pengamatan lingkungan sekolah.
(4)
Sungguh
pembelajaran yang menyenangkan hari itu.
(5)
Hasil identifikasi
tersebut kami presentasikan di depan kelompok lain.
(6)
Dalam kantin itu
kami mengidentifikasi sejumlah makanan yang siap dijual.
Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan
adalah...
A.
(1),
(2), (5), (6), (3), (4)
B.
(1),
(3), (6), (4), (2), (5)
C.
(3),
(1), (6), (2), (5), (4)
D.
(3),
(1), (2), (4), (6), (5)
KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Mengurutkan
kalimat paragraf laporan hendaknya memperhatikan konjungsi dan kepaduan paragraf
laporan. Laporan dapat disajikan berdasarkan kronologis waktu, kegiatan, dan
tempat.
30. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat pribadi
Indikator Soal : Disajikan surat pribadi yang bagian pembukanya
dirumpangkan, siswa dapat menentukan kaliamt yang tepat untuk
melenngkapinya
SOAL :
30.
Jakarta, 14
Desember 2009
Untuk Karibku Diana
Jalan Sunan Bonang No.
12 Jambi
Salam
kangen dari jauh,
[…]
Diana, terima kasih ya. Berkat doamu, keluargaku juga
sehat dan baik-baik saja.
Diana, bagaimana rencanamu? Jadi berkunjung ke kotaku
kan? Aku janji akan mengajakmu berkeliling kota. Kutunggu kabar kepastianmu
berangkat.
Sampai di sini dulu ya, teriring salam untuk keluargamu.
Sahabatmu,
Ana
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian surat pribadi
tersebut adalah ...
- Hatiku sangat senang dapat bersilaturahmi denganmu via surat.
- Inaara aku senang kita bertemu meski hanya melalui surat menyurat.
- Maafin aku ya, karena baru sekarang aku sempat membalas suratmu.
- Hai Inaara, kamu dan seluruh keluargamu baik-baik saja bukan?
KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Kalimat pembuka surat pribadi selalu berhubungan dengan
menanyakan kabar atau permohonan maaf jika surat balasan.
31. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi tanggal surat resmi
Indikator Soal :
Disajikan kutipan surat resmi yang beberapa bagian
dirumpangkan, siswa dapat
-
melengkapinya
dengan tanggal surat yang tepat
SOAL :

Tanggal surat yang tepat untuk mengisi bagian nomor (1) pada surat tersebut....
A. 2 May 2009
B. Jakarta, 2 May 2009
C. 2 Mei 2009
D. Jakarta, 2 Mei 2009
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Penulisan tanggal pada surat resmi tidak perlu
menyertakan nama kota karena pada surat resmi terdapat kop surat. Pada kop
surat sudah tertera nama kota (keterangan tempat). Penulisan nama bulan yang
sesuai dengan kaidah EYD adalah Mei.
Kata kunci : Penulisan May tidak cermat (jawaban A). Jawaban B, penulisan bulan
cermat tetapi ada keterangan tempat. Jawaban C, penulisan cermat dan tanpa
keterangan tempat. Jawaban D, tidak cermat karena
ada keterangan tempat.
32. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal :
Disajikan kutipan surat resmi yang beberapa bagian
dirumpangkan, siswa dapat
-
melengkapi
bagian isi surat yang tepat
SOAL :
Isi surat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang (2)
pada surat tersebut adalah...
A.
Sehubungan dengan
pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2009, kami mengharap kehadiran
Bapak/Ibu pada
hari,tanggal :
Sabtu, Mei 2009
waktu :
Pukul 08.00
tempat : Aula SMP Satria Bangsa
acara : Persiapan Ulangan Semester Genap
B.
Sehubungan dengan
pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2009, kami mengharap izin Bapak/Ibu
pada
hari,tanggal :
Saptu, 2 Mei 2009
waktu :
Pukul 08.00
tempat :
Aula SMP Satria Bangsa
acara :
Persiapan Ulangan Semester Genap
C.
Sehubungan dengan
pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2009, kami mengharap sambutan
Bapak/Ibu pada
hari,tanggal : Sabtu, 2 May 2009
waktu : Jam 08.00
tempat :
Aula SMP Satria Bangsa
acara :
Persiapan Ulangan Semester Genap
D.
Sehubungan dengan
pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2009, kami mengharap izin Bapak/Ibu
pada
hari,tanggal : Saptu, 2 May 2009
waktu : Jam 08.00
tempat
: Aula SMP Satria Bangsa
acara :
Persiapan Ulangan Semester Genap
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN : Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi. Cermati tanggal dikirim surat dengan tanggal kegiatan dilaksanakan. Cermati perihal surat, maksud isi surat, penulisan
waktu, tempat, dan acara.
Kata kunci : perihal surat; undangan, maksud isi surat; mengharap
kehadiran, waktu; Sabtu, 2
Mei 2009, dst.
33. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menentukan isi surat resmi berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat
menentukan isi surat berdasarkan ilustrasi kegiatan tersebut.
SOAL :
OSIS SMP Putra Nusantara mengadakan bakti sosial. Ketua
OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat evaluasi panitia bakti sosial. Rapat
tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 November 2009 pukul 10.30 di Ruang
OSIS.
Isi surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah ...
A. Kami mengharapkan kehadiran Para Pengurus OSIS SMP Putra
Nusantara dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Saptu, 4 November 2009
waktu : Pukul 10.30
tempat : Aula SMP Putra Nusantara
acara : Pembentukan Panita
B.
Para Pengurus OSIS
SMP Putra Nusantara harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 14 November 2009
waktu : Pukul 14.30
tempat : Aula SMP Putra Nusantara
acara : Evaluasi Panitia Bakti Sosial
C. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Putra
Nusantara dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 14 November 2009
waktu : Pukul 10.30
tempat : Ruang OSIS
acara : Evaluasi Panitia Bakti Sosial
D. Teman-teman pengurus OSIS SMP Putra Nusantara harap hadir
dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari,tanggal : Saptu, 24 Oktober 2009
waktu : Pukul 10.30
tempat : Ruang OSIS
acara : Evaluasi Panita Bakti Sosial
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi. Cermati tanggal dikirim surat dengan tanggal kegiatan dilaksanakan. Cermati maksud isi
surat, penulisan waktu, tempat, dan acara.
Kata
kunci :
Maksud surat; mengundang, mengharap kehadiran, waktu; Sabtu, 14 November 2009, tempat; Ruang OSIS.
34. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menentukan slogan berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan
sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut
SOAL :
SMP Tunas membuat slogan untuk meningkatkan disiplin
siswa supaya tidak terlambat ke sekolah.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ...
A.
Ingin disiplin
banyak latihan
B.
Aku malu datang
terlambat.
C.
Segera datang lebih
awal.
D.
Kita tingkatkan
disiplin diri
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik
atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Slogan harus
sesuai dengan ilustrasi.
Kata kunci : disiplin
tidak terlambat...(aku malu datang terlambat)
35. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menentukan rangkuman bacaan
Indikator Soal :
Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut
SOAL :
Penangkapan ikan secara illegal mengancam stok perikanan
nasional. Jika hal itu dibiarkan, akan merugikan nelayan tradisional.
Akibatnya berdampak pada kemorosotan hasil tangkapan.
Pemerintah harus mengoptimalkan
sumber daya perikanan. Jika hal itu
dapat dilaksanakan, kerugian Negara 30 triliun dapat ditekan. Dengan demikian,
pendapatan negara bisa dioptimalkan dan harga BBM bagi nelayan tidak perlu
naik.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ...
- Kerugian nelayan tradisional terjadi akibat penangkapan ilegal. Akibatnya berdampak pada kemorosotan hasil tangkapan.
- BBM tidak perlu dinaikkan. Itu sebabnya pemerintah mengoptimalkan sumber daya perikanan dan sarana prasarananya.
- Penangkapan ikan ilegal dapat mengancam stok perikanan. Oleh karena itu, pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan.
- Kerugian nelayan tradisional berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan. Oleh karena itu, harga BBM tidak perlu naik.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Rangkuman adalah bentuk ringkas dari sebuah
paragraf/wacana tetapi tetap memuat informasi penting dari paragraf tersebut. Dengan merangkaikan makna kalimat-kalimat dalam paragraf,
kemudian disusun dalam sebuah kalimat sederhana jadilah sebuah rangkuman.
Rangkuman bacaan urutannya masih mengikuti pola aslinya. Untuk membuat
rangkuman, dapat kita lakukan dengan menarik gagasan-gagasan pokok dari setiap
paragraf.
Kata kunci : penangkapan
ikan ilegal (paragraf
pertama)…optimalkan sumber
daya perikanan (paragraf kedua)…
36. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan petunjuk melakukan
sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan,
siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL :
Petunjuk Membuat Puding Srtowberi Segar
(1)
Siapkan 1 bungkus
agar-agar rasa strowberi.
(2)
Agar-agar
dicampur dengan air, dimasak sampai mendidih.
(3) […]
(4) Masukkan agar-agar yang telah mendidik sedikit
demi sedikit ke dalam kocokan putih telur yang telah kaku sampai habis sambil
diaduk rata.
(5) Ambil cetakan ukuran garis tengah 24cm tebal
3cm.
(6) […]
(7) Setelah dingin
dikeluarkan dari cetakan, hiasi dengan strowberi segar dan siap dihidangkan.
Bagian rumpang pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi
dengan kalimat...
A.
(3) Cetak agar-agar
dalam cetakan tadi lalu dinginkan.
(6) Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras.
B.
(3) Sementara itu
putih telur dikocok sampai kaku
(6) Cetak
agar-agar dalam cetakan tadi lalu dinginkan.
C.
(3) Sementara itu putih telur dikocok sampai
kaku.
(6) Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras.
D.
(3) Sementara itu
masukkan ke cetakan.
(6) Bungkus agar-agar dengan plastic kecil-kecil sampai habis.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Petunjuk adalah ketentuan yang memberi arah atau
bimbingan tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Melengkapi petunjuk dilakukan dengan cara mencermati
kalimat petunjuk sebelum dan sesudah kalimat petunjuk yang dirumpangkan.
Kata
kunci : ...(dinginkan)
37.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/melengkapi
petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal :
Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak,
siswa dapat menentukan susunan yang tepat
SOAL :
Perhatikan
pernyataan berikut!
(1)
Rapikan, buatkan cover kemudian dijilid.
(2)
Kemudian desain
kertas HVS untuk tempat menempelkan artikel.
(3)
Setelah itu gunting
artikel berikut judulnya yang akan didokumentasikan.
(4)
Pertama tentukan
tema atau hal pokok penting dari media cetak.
(5)
Tempelkan guntingan
artikel di kertas HVS.
(6)
Lalu siapkan kertas
HVS, gunting, lem, dan berbagai koran/majalah.
Petunjuk mengkliping artikel dari media cetak yang tepat
adalah ....
A.
(4),
(3), (6), (1), (5), (2)
B.
(4),
(3), (5), (6), (2), (1)
C.
(4),
(6), (5), (3), (1), (2)
D.
(4),
(6), (2), (3), (5), (1)
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Petunjuk ketentuan yang memberi arah atau bimbingan
tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Menyusun petunjuk
berarti memaparkan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu secara benar.
Cermati kata-kata konjungsi pada setiap pernyataan petunjuk. Jika petunjuk
tentang makanan atau minuman, cermati kata siap dinikmati, disajikan,
dihidangkan.. letaknya di akhir petunjuk tersebut.
Kata kunci : pertama;
lalu; kemudian; setelah
itu;
38. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menentukan isi teks pidato berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi, teks pidato yang
tepat
SOAL :
SMP Bintang selalu menyelenggarakan perpisahan siswa
kelas IX di luar kota. Untuk tahun ini acara tersebut diselenggarakan di
sekolah. Pada saat sambutan, kepala sekolah menyampaikan mengapa perpisahan
diselenggarakan di sekolah.
Bagian
isi pidato Ahmad yang tepat adalah ...
A.
Puji syukur kita
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala nikmat dan karunia-Nya
sehingga acara perpisahan ini dapat kita selenggarakan.
B. Terima kasih kami sampaikan kepada semua panitia. Semoga
perbuatan yang telah kita lakukan ini menjadi nilai ibadah bagi kita semua.
C. Demikian yang dapat saya sampaikan. Harapan saya,
anak-anak kelas IX yang telah dinyatakan lulus, mereka mendapatkan SMU yang
terbaik.
D. Perpisahan ini sengaja diselenggarakan di sekolah agar
Keluarga besar SMP Bintang turut menjadi saksi peresmian sarana yang baru
selesai kita bangun.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan
ilustrasi. Cermati apakah
pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata
ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih);
isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)
39. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi teks pidato
Indikator Soal :
Disajikan teks pidato yang
dirumpangkan bagian penutupnya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL :
Teks Pidato
Hari ini, kita berkumpul dalam rangka memperingati hari
ulang tahun ke-64 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan memperingati HUT Kemerdekaan ini, berarti kita
menikmati kebebasan dan kemerdekaan selama enam puluh empat tahun.
{…}
|
Bagian
penutup pidato tersebut yang tepat adalah ...
- Akhir kata, marilah kita sambut HUT Kemerdekaan kita yang ke-64 tahun ini dengan penuh kegembiraan dan dengan semangat yang tetap menyala.
- Demikian sambutan dari saya, semoga uraian saya bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf lahir dan batin, sekian terima kasih.
- Sebagai penutup, marilah kita panjatkan doa bersama-sama, mudah-mudahan Allah melimpahkan karunia bagi kita semua.
- Sekian pidato yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan HUT Kemerdekaan kita dapat kita peringati setiap saat.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan
ilustrasi. Cermati apakah
pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata
ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih);
isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)
40.
Kemampuan yang
Diuji :
Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar
belakang karya ilmiah)
Indikator Soal :
Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah
karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema
SOAL :
Tema: Daur
ulang plastik kemasan
Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah...
- Siapa yang mendaur ulang plasitk kemasan?
- Kapan kita mendaur ulang plastik kemasan?
- Bagaimana mendaur ulang plastik kemasan?
- Apakah mendaur ulang plastik kemasan?
KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah
cirinya singkat, jelas, dan terarah yang dikemukakan dalam ilmiah merupakan
rangkaian pertanyaan yang diuraikan dari tema. Rumusan masalah tidak boleh
keluar dari topik yang diteliti atau dibahas.
Kata kunci : kata tanya yang digunakan adalah kata tanya yang
memerlukan penjelasan, jawaban yang panjang dan mendetail. (bagaimana, mengapa,
apakah…dll)
41. Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan
karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah, siswa
dapat menentukan paragraf latar belakang berdasarkan identifikasi masalah karya
ilmiah tersebut
SOAL :
Identifikasi masalah:
1.
Peran pemuda dalam
sejarah
2.
Pemuda harapan
bangsa
3.
Pemuda sokoguru
perjuangan bangsa
Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan
identifikasi masalah tersebut adalah ...
A. Sejak masa penjajahan hingga reformasi, pemuda menjadi
pelaku sejarah. Seluruh komponen bangsa menaruh harapan besar pada para pemuda.
Pemuda diharapkan sebagai sokoguru perjuangan bangsa Indonesia.
B. Pada masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan,
pemuda selalu berjuang. Perjuangannya tidak mengenal lelah. Pemuda menjadi
panutan bangsa.
C. Pada masa sekarang bahkan sejak dulu peran pemuda patut
dicatat. Pemuda selalu berjuang membela kebenaran. Pemuda menjadi harapan.
D. Pada masa dahulu dan sekarang peran pemuda sangat
penting. Pemuda menjadi harapan bangsa. Pemuda menjadi cermin perjuangan
bangsa.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Latar belakang adalah jawaban pertanyaan “apa yang
melatarbelakangi” sehingga masalah tersebut dijadikan topik penelitian atau
pembahasan. Pada latar belakang
dicantumkan pula alasan yang mendukung topik atau data yang ingin dijadikan
karya ilmiah.
Kata kunci : apa yang melatarbelakangi… masalah karya ilmiah
tersebut
42. Kemampuan
yang Diuji : Menyunting kalimat tidak efektif
Indikator Soal :
Disajikan kalimat tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan
perbaikan yang tepat
SOAL :
Para anak-anak yang berulangkali sering minum jus apel
lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak
yang jarang meminumnya.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif
adalah …
A.
Anak-anak yang
berulangkali sering minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan
asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.
B.
Para anak yang
berulangkali sering minum jus apel lebih kecil kemungkinannya mengidap gangguan asma dibandingkan dengan
anak-anak yang jarang meminumnya.
C.
Anak-anak yang
sering berulangkali minum jus apel lebih
kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang
jarang meminumnya.
D.
Anak-anak yang
sering minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma
dibandingkan dengan mereka yang jarang meminumnya.
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Menyunting adalah menyiapkan naskah siap cetak atau siap
terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa
(menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat). Dalam menyunting terkandung
memperbaiki, melengkapi, menambah, dan menghilangkan/menghapus. Kalimat efektif
adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan penutur/penulisan secara tepat sehingga pembaca dapat memahami pikiran
tersebut dengan mudah, jelas, dan lengkap seperti apa yang dimaksud oleh
penulis. Kalimat dikatakan efektif bila (1) menyatakan gagasan yang logis, (2)
bermakna tunggal, (3) menggunakan kata yang konseptual, lugas, dan baku, (4)
gramatikal, (5) dinyatakan dalam bentuk kata yang benar, (6) tidak menggunakan
kata-kata yang mubazir, (7) ditulis dengan kaidah tata tulis yang benar.
Kata kunci : ada kata
yang mubazir…(para…, berulangkali…), kata ...anak-anak
diganti dengan mereka agar tidak
monoton dalam pemilihan diksi)
43. Kemampuan yang
Diuji : Menyunting
penggunaan huruf kapital
Indikator Soal : Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam
paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
SOAL :
Kedatangan tim sepak bola Inggris ke jakarta dibatalkan
karena tragedi bom di JW mariot. Hal itu, membuat kecewa pecinta Bola di tanah
Air.
Perbaikan penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut
adalah ....
A
|
B
|
C
|
D
|
Sepak
|
Bola
|
Tim
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Mariot
|
Mariot
|
Mariot
|
Mariot
|
bola
|
Tanah
|
Air
|
Tanah
|
air
|
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Penggunaan huruf kapital yang cermat harus sesuai dengan
kaidah tata tulis.
Kata kunci :
huruf kapita digunakan untuk nama kota (Jakarta), nama tempat (JW Mariot), kata
bola dan air dalam kalimat tersebut tidak ditulis dengan huruf kapital,
kecuali berada pada awal kalimat.
44. Kemampuan yang
Diuji : Menyunting pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan
paragraf yang menggunakan beberapa
pilihan kata salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
SOAL :
Pelatih sepak bola Benni Dolo dipercayakan sebagai
pelatih PSSI. Dalam waktu dekat, seleksi pemain dilakukan dan selama uji coba yang sedianya dilaksanakan di berbagai kota
di Indonesia, Benni Dolo menetapkan strategi 442.
Perbaikan kata bercetak miring pada paragraf tersebut
adalah ....
A. sepanjang, rencananya
B. rencana, akan
C. seleksi, rencana
D. seleksi, telah
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Pilihan kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah
EYD. Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita maksud. Bentuk
kata yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita kemukakan dalam
konteks yang berbeda.
Kata kunci : selama (sepanjang), sedianya (rencananya)
45. Kemampuan yang
Diuji : Menulis/menentukan pantun
Indikator Soal :
Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai
ilustrasi tersebut
SOAL :
Asri sangat sedih karena kemarin kelinci kesayangannya
mati. Asri seolah kehilangan sahabat karibnya. Air matanya selalu berlinang
jika teringat kelincinya yang mati.
Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A.
Singkarak jauh di
Padang
Tempat indah untuk wisata
Si Pussy kelinci tersayang
Kami selalu main bersama
B.
Burung nuri terbang
melayang
Di angkasa tinggi
terbangnya
Kini mati
kelinci tersayang
Mata
berlinang mengenangnya
C.
Pulau Bunaken di
Sulawesi
Tempat indah
untuk wisata
Bermain
dengan si Pussy
Hari berlalu
tiada terasa
D.
Pergi jalan ke
Jepara
Jangan lupa beli ukiran
Asri sangat gembira
Dapat hadiah si Pussy
KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN : Menulis pantun harus
mencermati ciri pantun. Pantun
berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi. Jumlah suku kata terdiri atas 8
– 12 suku kata. Menulis pantun sesuaikan dengan ilustrasi.
Kata kunci : Air
matanya selalu berlinang jika teringat kelincinya yang mati.
… (Mata berlinang mengenangnya)
46. Kemampuan yang
Diuji : Menulis/melengkapi pantun
Indikator Soal : Disajikan pantun yang larik isinya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapi isi pantun tersebut
SOAL :
Perhatikan pantun
berikut!
Taman
bunga taman yang indah
Tempat
bermain anak balita
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut
adalah .…
A. (1) Masa muda masa ibadah
(2)
Kelak hidupmu jadi
aman
B. (1) Mari kita giat beramal
(2)
Suapaya dirimu
menjadi baik
C.
(1) Jika kamu tekun
ibadah
(2) Damai akhirat hidup bahagia
D.
(1) Tekunlah kamu
jalankan ibadah
(2) Agar hidupmu senantiasa senang
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN : Menulis
pantun harus mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran,
larik 3-4 isi. Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun
sesuaikan dengan ilustrasi. Melengkapi isi pantun rumpang, cermati rima pantun.
Kata kunci : indah(ibadah);
balita (bahagia)
47. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan puisi yang
lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas
Soal :
Angin yang nakal
[…]
Dari arah laut
Butiran pasir
berhamburan
Bak kabut di udara
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Menyambut rambut ikalmu
B. Asinnya air laut
C. Pasir putih di pantai
D. Mentari merah merona
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Melengkapi puisi dengan larik bermajas, cari larik yang
mengandung makna konotasi.
Kata kunci :
Angin yang nakal…( menyambut rambut ikalmu)
48. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi puisi
Indikator
Soal : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat
Soal :
Ambil puan dari Merinda
Pandan
di Jawa saya robohkan
Jika
Tuan membawa adinda
Badan
dan nyawa saya […].
Pilihan
kata yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang tersebut adalah ....
A. serahkan C. bertanya
B.
berpunya D. ragukan
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN : Melengkapi puisi dengan pilihan kata,
cari kata yang memiliki hubungan makna dengan larik-larik sebelumnya.
Kata kunci : Badan dan nyawa saya ….( serahkan )
49. Kemampuan yang
Diuji : Menulis /menentukan puisi
berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal :
Disajikan ilustrasi gambar pemandangan alam, siswa dapat menentukan puisi yang
sesuai ilustrasi tersebut
Soal
Perhatikan
gambar berikut!
![]() |
Puisi yang
sesuai dengan gambar adalah ....
A. Tak ada lagi
senyummu
kala duka mendera jiwa
tak ada lagi desir nasihatmu
kala gelisah mencekam dada
B. Suara eranganmu
menggugah
lamunanku
teringat aku
akan manjamu
manakala
ekormu menggeliat di
pangkuanku
C. Bola mata itu
ya, aku jadi ingat kamu
kamu yang selalu curhat padaku
rambutmu yang selalu dikepang dua
sungguh mempesona
D. Sering kau
dijadikan lambang
kabut dalam hatiku
cepatlah kau pergi
agar keceriahan kembali padaku
KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Menulis puisi berdasarkan ilustrasi, cermati ilustrasi
tersebut. Sesuaikan larik puisi cari
dengan ilustrasi.
Kata kunci :
kucingku… (Suara eranganmu, manakala
ekormu menggeliat di
pangkuanku)
50. Kemampuan yang
Diuji : Menulis/melengkapi drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan,
siswa dapat melengkapinya dengan tepat
Soal :
Perhatikan
kutipan naskah drama berikut!
Pemuda: (melambaikan tangan, dengan suara lembut)
Kemari! Kemarilah! Jangan takut. Aku hanya ingin dekat dengan kamu. Kamu mau
ini? Ambillah tidak usah takut. Ini rasanya enak, sungguh!
Gelandangan:
(masih ragu-ragu) Tapi aku tidak boleh menerima sesuatu dari orang lain yang
belum aku kenal.
Pemuda : [...]
Gelandangan:
Kakakku
Pemuda:
Kakakmu memang benar. Itu agar kamu berhati-hati. Ambil saja! Tidak apa-apa.
Kamu lapar, kan?
Gelandangan:
Iya sudah dua hari ini aku belum makan
nasi. Terima kasih.
Dialog yang tepat
untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ...
A. Mengapa begitu?
B. Ada yang melarangmu?
C. Siapa yang melarangmu?
D. Mengapa kamu dilarang?
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Dialog drama yang rumpang, lengkapi dialog isinya
sesuaikan dengan ilustrasi. Cermati hubungan makna yang logis kalimat sebelum dan
sesudah dialog yang dirumpangkan. Cermati tokoh / pelaku dalam drama untuk
melengkapi dialog rumpang tersebut.
Kata kunci :
Pemuda :
Siapa yang melarangmu?
Gelandangan: Kakakku
51.
Kemampuan yang
Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah
kutipan berita, siswa dapat
menentukan pertanyaan yang
jawabannya terdapat pada kutipan berita tersebut
Soal :
Menurut Menkeu dalam Pokok-pokok Kebijakan Fiskal 2009
yang disampaikan kepada Komisi XI DPR beberapa waktu lalu disebutkan bahwa
pemerintah masih optimis volume BBM bersubsidi masih bisa ditekan di level 32,6
juta kilo liter. Namun, dalam pembahasan antara Komisi VII DPR dengan Menteri
Energi dan Sumber Daya Mineral minggu lalu ditetapkan bahwa volume BBM
bersubsidi akan membengkak ke level 38,8 juta kilo liter.
Pembengkakan volume konsumsi BBM bersubsidi disebabkan oleh
kenaikan volume konsumsi premium dari target awal 14,4 juta kilo liter menjadi
20,4 juta kilo liter. Demikian juga konsumsi solar akan meningkat dari rencana
semula 9,8 juta kilo liter menjadi 12,6 juta kilo liter.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut adalah ...
A.
Berapa besar
kenaikan volume BBM bersubsidi?
B.
Mengapa pemerintah
menaikkan harga BBM bersubsidi?
C.
Mungkinkah BBM
bersubsidi dapat ditekan pemakaiannya?
D.
Di mana dapat
membeli BBM bersubsidii untuk konsumsi kendaraan?
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Menjawab pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan
berita, cermati kata tanya dan cari jawaban pada kutipan berita. Kata tanya
yang digunakan lima W + 1 H.
Kata kunci : berapa…
52.
Kemampuan yang
Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator
Soal :
Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat
menentukan pernyataan yang
sesuai dengan kutipan berita tersebut
SOAL :
Hingga sekarang kanker masih menjadi salah satu penyebab
kematian tertinggi di dunia. Menurut data WHO tingkat kematian akibat kanker
akan terus meningkat. Bahkan lebih lanjut diprediksi pada tahun 2030 tingkat
kematian akibat kanker di seluruh dunia akan mencapai angka 12 juta jiwa.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut
adalah ...
A.
Kanker menjadi
penyebab utama kematian manusia.
B.
Tingkat kematian
akibat kanker setiap tahunnya terus bertambah.
C.
WHO sebuah lembaga
kesehatan dunia yang menangani penyakit kanker.
D.
Tahun 2030 tingkat
kematian akibat kanker di seluruh dunia kurang dari 12 juta jiwa.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN : Pernyataan yang sesuai
dengan isi kutipan berita.
Kata kunci : terdapat pada kalimat kedua … (Menurut
data WHO tingkat kematian akibat kanker akan terus meningkat)
53. Kemampuan yang Diuji : Menentukan
unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa
dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
SOAL :
(1) Ya Tuhan. Airin terbelalak. “Kamu tak
pernah cerita dalam surat.”
(2) “Aku
tak ingin kehilangan sahabat, Airin.
Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu aku lumpuh.”
(3)“Mana
mungkin aku begitu...!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak
keluar. (4)Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar
walaupun dengan kondisi seperti itu. (5) “Aku tetap sahabatmu, Dayu.
Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
(Kurnia Effendi, Menunggu Matahari Padam)
Bukti bahwa
watak tokoh Airin pada kutipan cerpen tersebut penyayang terletak pada kalimat bernomor .…
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (5)
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN : Watak adalah gambaran
perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan dengan sifat
duniawi. Watak tersebut tergambar pada kalimat-kalimat yang mengacu pada
karakteristik tokoh menjadi bukti watak tokoh pada teks tersebut.
Kata kunci : (3) “Mana
mungkin aku begitu !” (5) )“Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah
sayang ....”
54. Kemampuan yang
Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal :
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut
SOAL :
Airin mendorong kursi Dayu, berjalan di atas
pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang
tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa
berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
(Kurnia Effendi, Menunggu Matahari Padam)
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore
adalah .…
A. langit mulai redup
B. laut tampak kecoklatan
C. Airin berjalan di atas pasir putih
D. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Latar selalu berhubungan dengan tempat dan waktu. Temukan
kata kunci yang merujuk pada waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama
tersebut. Kata kunci pada
kutipan tersebut adalah mentari di sebelah barat.
Kata kunci : Matahari
hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut .... (tanda sore hari telah tiba)
55. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan paragraf laporan, siswa dapat menentukan
judul laporan yang tepat
SOAL :
Perhatikan
paragraf berikut!
Kegiatan perkemahan berjalan dengan baik, dengan hasil sebagai berikut:
Kegiatan diikuti oleh 1600 siswa dan guru.
Selama kegiatan berlangsung, semua peserta sehat-sehat saja, hanya ada
satu peserta yang pingsan saat api unggun akan dinyalakan. Setelah diperiksa
dokter, ternyata siswa tersebut hanya ketakutan saja. Minggu pagi, esok harinya, semua peserta bersiap-siap
untuk pulang.
|
Judul yang tepat untuk paragraf laporan tersebut adalah
….
A.
Laporan
Api Unggun
B. Laporan Perkemahan
C. Laporan Anak Pingsan
D. Laporan Persiapan Pulang
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN : Judul laporan harus
mencerminkan isi laporan sesuai data
Kata kunci :
Kegiatan perkemahan berjalan dengan baik, dengan hasil sebagai berikut:
56. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menentukan slogan
Indikator Soal :
Disajikan slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat
memperbaikinya
SOAL :
Kepedulian
masyarakat bikin hutan berseri
Perbaikan terhadap slogan tersebut yang tepat adalah ….
A.
Hutanku
berseri alam pun berseri
B.
Masyarakat
peduli hutan berseri
C. Pohon rindang petani berdendang
D.
Alamku
berseri anak cucu peduli
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan
mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.
57.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan isi teks pidato
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi teks pidato yang tepat .
SOAL :
Ketua OSIS SMP Cemerlang mendapat giliran pertama
memberikan sambutan pada acara pembukaan lomba berbusana kebaya dalam rangka
memperingati Hari Kartini..
Bagian isi pidato Ketua OSIS yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
Bagian isi pidato Ketua OSIS yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Melalui lomba berbusana kebaya, diharapkan generasi muda
lebih mengenal dan mencintai busana nasional. Busana kebaya, memang jarang
digunakan saat ini.
B. Marilah kita bersyukur kepada Tuhan karena kita dapat berkumpul
pada acara pembukaan lomba berbusana kebaya dalam rangka memperingati Hari
Kartini.
C. Demikianlah yang dapat dapat saya sampaikan, mohon maaf
bila ada khilaf kata. Semoga kegiatan lomba berbusanan kebaya ini dapat
berjalan lancer.
D. Tujuan pelaksanaan lomba berbusana kebaya ini untuk
memperingati Hari Kartini. Dengan harapan, kita generasi muda semakin mengenal
busana kebaya.
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan
ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup
pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji
syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato
(harapan, permohonan maaf)
58.
Kemampuan yang Diuji : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca,
pilihan kata
Indikator Soal :
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
SOAL :
Jika frekwensi penggunaan ponsel Anda tinggi, pastikan
pembicaraannya sudah disiapkan. Jangan ngobrol terlalu lama karena pulsa akan
terus berjalan. Anda harus ingat beberapa uang yang Anda keluarkan.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut
yang tepat adalah ….
A. jika diganti bila
dan jangan diganti tidak
B. penggunaan diganti pemakaian
dan tinggi diganti sering
C. frekwensi diganti frekuensi
dan ngobrol diganti ngomong
D. frekwensi diganti frekuensi
dan ngobrol diganti berbicara
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Pilihan kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah
EYD. Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita maksud. Bentuk
kata yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita kemukakan dalam
konteks yang berbeda.
Kata kunci : frekwensi diganti frekuensi
dan ngobrol diganti berbicara
59. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan saran karya ilmiah berdasarkan simpulan karya ilmiah
Indikator Soal :
Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan
simpulan karya ilmiah
SOAL :
Simpulan karya ilmiah
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa
kunyit memiliki banyak manfaat bagi
manusia. Selain digunakan untuk bumbu dapur, kunyit juga dapat digunakan untuk
obat-obatan tradisonal.
Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah ...
A.
Setiap orang harus
menanam tanaman kunyit di rumahnya.
B.
Masyarakat perlu
membudidayakan tanaman kunyit.
C.
Mulai sekarang para
petani lebih baik menanam kunyit daripada lainnya.
D.
Masyarakat agar
selalu mengobati penyakit dengan menggunakan kunyit.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN : Saran dalam karya tulis
adalah saran, anjuran yang disampaikan untuk memberikan solusi terhadap
hasil penelitian.
Kata kunci : Masyarakat perlu membudidayakan tanaman kunyit.
60. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi drama
Indikator Soal :
Disajikan kutipan drama yang penulisannya salah, siswa dapat menentukan
perbaikan yang tepat
SOAL :
(1) Fajar,Daffa : (Di jalan setapak, berjalan tergesa-gesa. Tiba-tiba
mereka berhenti. Dari balik semak belukar, ia mendengar suara mencurigakan)
(2) Daffa :
Jar ... gimana .... suara apa itu? (Daffa melepas pegangan tangannya dari
lengan Fajar)
(3) Fajar :
Iya...ya..., tapi lepaskan tanganmu! (matanya menyelidik ke arah sumber suara)
(4) Daffa :
Jar, aku...aku...hu...hu.... (menangis)
(5) Fajar :
Diam! Gimana aku akan mendengar suara itu? Berisik dengan tangismu!
Perbaikan
kesalahan petunjuk laku nomor (2) pada naskah drama tersebut adalah ....
A.
(Daffa merangkul
pundak Fajar)
B.
(Fajar ikut
ketakutan juga karena sikap Daffa)
C.
(Daffa semakin mempererat pegangan tangannya
ke lengan Fajar)
D.
(Fajar dan Daffa
berpelukan karena ketakutan)
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Memperbaiki kesalahan petunjuk laku, harus mencermati
dialog sebelum dan sesudahnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar