PAKET
I
CONTOH SOAL DAN
PEMBAHASAN
BAHASA INGGRIS
SMP/MTS
Read the text
and answer question 1.

1.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna
“CAUTION”
·
Indikator Soal : Disajikan satu teks
CAUTION, siswa dapat menentukan makna tersirat yang ada pada tersebut.
·
Soal
:
·
What does the
above caution mean?
A.
Children
are playing games around the place.
B.
Children
are not allowed to play around the area.
C.
It
is the place for children to play around here.
D.
You
have to be careful because children are playing there.
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Caution di atas dimaksudkan untuk memberi peringatan
kepada orang agar berhat-hati karena ada anak-anak yang sedang bermain. Hal ini
diketahui dari kata “live” dan “playing”
Observe the opicture to answer question
number 2

2.
·
Kemampuan yang
diuji : Informasi rinci tersurat
dari “CAUTION”
·
Indikator Soal :
Disajikan satu teks CAUTION, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang ada pada teks
tersebut.
·
Soal
:
The notice means that….
A.
the
parking lot is only meant for visitors
B.
only
people having permission can park their car at the parking lot
C.
the
visitors are permitted to leave their vehicle at the parking lot
D.
people
must take the parking tickets before entering the parking lot
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan :
Jawaban yang
tepat adalah B, karena hanya orang yang telah mendapatkan ijin yang boleh
parkir di tempat parkir.Kata kunci “Permit only”
Read this text and answer questions 3 and 4 .
![]() |
3.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna kata.
·
Indikator : Disajikan satu
GREETING CARD, siswa dapat menentukan makna kata yang terdapat dalam teks tersebut.
·
Soal
:
The word “wish” in the text nearly means
….
A.
see
B.
look
C.
hope
D.
want
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan :
Kata
wishes (wish) yang terdapat pada kalimat This card comes with living wishes …
Yang
paling tepat adalah “hope”.
4.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan Tujuan Text
·
Indikator : Disajikan
satu teks fungsional pendek berbentuk GREETING CARD, siswa dapat menentukan tujuan text tsb
·
Soal:
The purpose of the text above
is….
A.
to
remind someone about New Year
B.
to
greet someone for the New Year
C.
to
inform everyone about New Year
D.
to
invite someone to a New Year Celebration
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan:
Tujuan dari teks tersebut adalah mengucapkan selamat
tahun baru; kata kunci’’ Happy New Year 2010’’
Read the text below and answer question 5
and 6.
![]() |
5.
·
Kemampuan yang
diuji : Menemukan Informasi
Rinci
·
Indikator : Disajikan
satu teks fungsional pendek berbentuk MESSAGE, siswa dapat menentukan informasi rinci dari text
tersebut
·
Soal
:
The scout
meeting is cancelled because of Mr Brown’s….
A.
absence
B.
meeting
C.
coming
D. information
·
Kunci Jawaban : A
·
Pembahasan :
Scout meeting ditunda karena ketidakhadiran
Mr Brown. Kata kunci’’Mr Brown hasn’t come yet from Egypt”.
6.
·
Kemampuan yang
diuji : Menemukan rujukan kata
·
Indikator : Disajikan
satu kalimat yang memuat rujukan kata tertentu, siswa dapat, menentukan rujukan kata tersebut
·
Soal:
‘’Please forward to others…”
The word others refers to …
A.
Dona
and Riri
B.
Riry
and Mr Brown
C.
Mr.
Brown and Dona
D.
scout
members
·
Kunci Jawaban :
D
·
Pembahsan :
Kata
others dimaksudkan untuk anggota pramuka yang lain selain Dona, rapat
itu untuk anggota pramuki.
Read this text and answer questions 7 and 8.

7.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi
rinci.
·
Indikator
: Disajikan
sebuah Greeting Card, siswa dapat menentukan informasi rinci dari “INVITATION
CARD” tersebut
·
Soal
:
The party will be held …
A.
in
the morning
B.
in
the evening
C.
in
the afternoon
D.
at
night
·
Kunci Jawaban : C
·
Pembahasan:
Kelly Madison’birthday party akan
dilaksanakan pada siang hari, kata kunci: “Saturday, June 22nd at 12.30
p.m”.
8.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan Text
·
Indikator : Disajikan satu
INVITATION CARD, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut
·
Soal:
The purpose of the text above is ….
A.
to
forbid someone to come to Kelly Madison’s birthday party
B.
to
invite someone to attend Kelly Madison’s
birthday party
C.
to
inform everyone about a birthday party
D.
to
remind someone to celebrate a birthday
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan:
Tujuan dari teks tersebut adalah inviting
people untuk merayakan ulang tahun Kelly Madison. Kata kuncinya adalah “you’re
invited to”
Read
the following text to answer questions 9 and 10.
![]() |
9.
·
Kemampuan yang
diuji : Menemukan informasi tersirat
·
Indikator : Disajikan
sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan infomasi tersirat dari teks tersebut
·
Soal:
Who is in charge of the program?
A.
Student.
B.
Teacher.
C.
Mrs.
Erika.
D.
Student
organization.
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan:
Semua jawaban yang terdapat pada option
di atas salah kecuali jawaban C. Hal ini terdapat pada kalimat terakhir dari
announcement tersebut.
10.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan gambaran
umum
·
Indikator : Disajikan
sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.
·
Soal
:
The text is about
….
A.
Programs
to celebrate the National Education Day
B.
explaining
special programs in January
C.
inviting
students to come to school in January
D.
informing
some programs on Jan 4th, 2010
·
Kunci Jawaban : A
·
Pembahasan
Tujuan
dari teks di atas adalah menginformasikan program yang akan dilaksanakan dalam
rangka memperingati hari Pendidikan Nasional
Read the
following announcement and answer questions 11 to 12.
![]() |
11.
·
Kemampuan yang
diuji : Menemukan informasi tersirat
·
Indikator :
Disajikan sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan informasi tersirat
dari text tersebut.
·
Soal
:
When
will the meeting start?
A.
Around
4.05 p.m.
B.
At
about 4.15 p.m
C.
At
4.50 p.m
D.
At
5.00 p.m
·
Kunci Jawaban : B
·
Pembahasan :
Jawaban B, karena“The meeting is expected to last around 45 minutes and finish by 5”
12.
·
Kemampuan yang
diuji : Menemukan informasi rinci
tersurat
·
Indikator : Disajikan sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut.
·
Soal
:
What should a student do if she is
not able to attend the meeting?
A.
Go
home.
B.
Go
to the library.
C.
Ask
for permission from Mr. Elder.
D.
Let
the class teacher know about her absence.
·
Kunci Jawaban : C
·
Pembahasan :
Kalimat yang menyatakan bahwa yang tidak bisa
ikut meeting harap menghubungi Mr. Elder adalah “Should anyone unable to attend the meeting, find Mr. Elder for
permission…”
Read the following text to answer questions 13 to
16.
![]() |
13.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan gambaran
umum
Indikator :
Disajikan satu teks deskriptif, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks
REPORT tersebut.
·
Soal
:
What
is the text about?
A.
Describing
bees in general.
B.
Explaining
bees in Antarctica.
C.
Telling
the habitat of the bees.
D.
Giving
information about bees in the Northern Hemisphere.
·
Kunci Jawaban :
A
·
Pembahasan :
Jawaban paling tepat adalah A. Hal ini
dilihat dari deskripsi Bees are flying insects … yang tidak mendeskripsikan
bees secara khusus.
14.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan pikiran Utama
Indikator : Disajikan satu
teks REPORT, siswa dapat menentukan pikiran utama dari paragraf yang ditentukan
·
Soal
:
What is the main idea of paragraph one?
A.
Bees
live on every continent.
B.
Bees
belong to flying insects.
C.
Bees
produce honey and beeswax.
D.
Bees
only live with insect-flowering plants.
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan:
Kesimpulan dari
paragaf 1 adalah menjelaskan tentang bees dan termasuk ke dalam flying insects.
15.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan
informasi rinci tersurat
Indikator : Disajikan satu teks DESKRIPTIF, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat yang ada pada text tersebut.
·
Soal
:
Which of the following sentences is
one of the physical appearances of the bees?
A.
None
has wings.
B.
It
has 13 antennae.
C.
Its
length is 39 mm.
D.
Its
tongue is complex.
·
Kunci Jawaban: D
·
Pembahasan:
Jawaban paling tepat adalah D. Hal ini
diambil dari kalimat pertama pada paragraph ke 2 yang menyatakan Bees have a
long proboscis (a complex
"tongue") that …
16.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan rujukan Kata
Indikator :
Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks DESKRIPTIF yang disediakan,
siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu dalam kalimat tersebut.
·
Soal
:
The
word “they” refers to … .
A.
ants
B.
bees
C.
insects
D.
flying
insects
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan :
Kata they merujuk kata
bees yang terdapat pada kalimat sebelumnya yatu there yang meryjuk pada kata
bees.
Read
the following text and answer questions 17 to 20.
![]() |
17.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan
informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu teks RECOUNT, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat
dari teks tersebut
·
Soal
:
Where did the
writer and his family set up their tent?
A.
Near
the river.
B.
Near
the big tree.
C.
At
the back of the river.
D.
Far
away from other campers.
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan
Jawaban
diambil dari kalimat “Finally we found a good place little bit further. It was near
the big tree”
18.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan Text
·
Indikator : Disajikan satu teks RECOUNT, siswa dapat menentukan tujuan teks
tersebut
·
Soal
:
What is the
purpose of the text above?
A.
To
describe a camping site.
B.
To
give instruction how to set up the tent.
C.
To
retell the writer’s past camping experience .
D.
To
inform people the new camping site.
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan
Tujuan penulisan teks recount adalah untuk menceritakan pengalaman tentang
kamping. Oleh
karena itu jawaban yang paling tepat adalah C.
19.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi
tersirat
·
Indikator :
Disajikan satu teks RECOUNT, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam
teks tersebut
·
Soal
:
What is the writer and his father’s hobby?
A.
Camping.
B.
Cooking.
C.
Fishing.
D.
Playing
ball.
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan :
Jawaban
ini diambil dari kalimat yang terdapat dalam text yaitu, “After setting up the
tent, I and my father went fishing”.
20.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna Kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks RECOUNT yang disediakan, siswa dapat menentukan
makna kata tertentu dalam kalimat tersebut.
·
Soal
:
“…the river had been occupied by…”
The underlined word is similar in meaning to…
A.
inhabited
B.
authorized
C.
bought
D.
grabbed
·
Kunci Jawaban :
A
·
Pembahasan :
Makna kata yang tepat untuk kata occupied
adalah inhibited (ditempati).
Read
the following text and answer questions 21 to 24.
MAKING CANDLES
Making
coloured and scented candles is really quick and simple. What's more, you'll
save so much money. If making candle is easy, why do you
ever buy one from a shop? What you need in making candle are wax, moulds,
wick, dye discs, essential oils, and a double boiler.
All these materials are available from craft shops. Or if you do not want to
buy them, you can improvise with an old saucepan, Pyrex jug, or even a sturdy
can, in a pot of water. After providing the materials, follow this procedure or instruction in making
candles!
First of all, melt the wax. All wax has a flash point, so to prevent it bursting into flames; you must melt it in a double boiler, with water in the bottom of the pan.
Then, prepare
the mould with the wick. Thread the wick through the mould and make sure
that you leave a good few centimeters sticking out of the hole in the bottom.
After that,
add the scent.
If you want a scented candle, add a few drops of essential oil to the melted
wax. You can use any essential oil you like, as long as it doesn't contain
water.
Next step,
pour the wax into the mould. Try and tip the wax into the mould
quickly, all in one go, to minimize spillage and air bubbles.
Then, release
the bubbles and top it up. Releasing the air bubbles will
eventually make the candle sink, so you will need to top it up with more
melted wax.
Finally,
remove it from the mould. After four or five hours, the candle can be taken
out of its mould.
Your candle is
now ready for display. Remember, you must always leave it for a day before
lighting it.
Source: www.channel4.com/4homes/design-style/how-to-guides/how-to-make-candles-intro-09-04-21_p_1.html
|
21.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan pikiran utama.
·
Indikator : Disajikan
satu teks PROCEDURE, siswa dapat menentukan pikiran utama dalam paragraf tertentu dalam teks tersebut.
·
Soal
:
What does paragraph one tell us
about?
A.
The
steps in making candles.
B.
The
materials we need in making candles.
C.
The
goal of the text in making candles.
D.
The
way to make candles.
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan:
Pada
paragraph pertama menjelaskan bahan-bahan (materials) yang seharusnya
dipersiapkan
dalam membuat lilin.
22.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan informasi
rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu teks PROCEDURE,
siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dalam teks tersebut.
·
Soal
:
What should you do after melting the
wax?
A.
Pour
the melting wax into the mould.
B.
Remove
the melting wax from the mould.
C.
Prepare
the mould with the wick.
D.
Release
the bubbles and top it up.
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan:
Pada step 1 adalah melt the wick dan
langkah berikutnya (step 2) adalah prepare the mould with the wick.
23.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi rinci
·
Indikator : Disajikan satu
teks PROCEDURE, siswa dapat menentukan informasi rinci yang terapat pada teks
yang sama
·
Soal
Where can you buy the materials for
making candle?
A.
At
the handicraft shop.
B.
At
the super market.
C.
At
the stall.
D.
At
the craft shop.
- Kunci Jawaban : D
·
Pembahasan
Kalimat pendukung untuk menjawab
pertanyaan ini terdapat pada All these materials are available from craft
shops. Jadi jawaban yang paling tepat adalah D
24.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna Kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks PROCEDURE yang disediakan, siswa dapat
menentukan makna kata tertentu dalam teks yang sama
·
Soal
:
“…, so to prevent it bursting
into flames you …”
The word
“bursting” means …
A.
exploding
B.
melting
C.
satisfying
D.
becoming
·
Kunci jawaban :
A
·
Pembahasan:
Makna kata (synonym) yang paling tepat
untuk kata bursting yaitu exploding
Read the following text and answer questions 25 to
28.
THE
SMARTEST PARROT
Once upon
time, a man had a wonderful parrot. There was no other parrot like it. The
parrot could say every word, except one word. The parrot would not say the
name of the place where it was born. The name of the place was Catano.
The man felt
excited having the smartest parrot but he could not understand why the parrot
would not say Catano. The man tried to teach the bird to say Catano, however
the bird did not say the word.
At first, the
man was very nice to the bird but then he got very angry. “You stupid bird!”
pointed the man to the parrot. “Why can’t you say the word? Say Catano! Or I
will kill you” the man said angrily. Although he tried hard to teach, the
parrot would not say it. Then the man got so angry and shouted to the bird
over and over; “Say Catano or I’ll kill you”. The bird kept not to say the
word of Catano.
One day, after
he had been trying so many times to make the bird say Catano, the man really
got very angry. He could not bear it. He picked the parrot and threw it into
the chicken house. There were four old chickens for next dinner “You are as
stupid as the chickens. Just stay with them” Said the man angrily. Then he
continued to humble; “You know, I will cut the chicken for my meal. Next it
will be your turn, I will eat you too, stupid parrot”. After that he left the
chicken house.
The next day,
the man came back to the chicken house. He opened the door and was very
surprised. He could not believe what he saw at the chicken house. There were
three death chickens on the floor. At the moment, the parrot was standing
proudly and screaming at the last old chicken; “Say Catano or I’ll kill you”.
|
25.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan informasi
rinci tersirat
·
Indikator : Disajikan satu
teks NARATIF, siswa dapat menentukan informasi rinci tersirat dari teks tersebut.
·
Soal
:
Why does the man feel so angry
with the parrot?
A. It can say everything except Catano.
B. It couldn’t say everything.
C. It
was a parrot like others.
D. It
was a stupid parrot.
·
Kunci jawaban : A
·
Pembahasan:
Jawaban diambil dari kalimat
At
the first, the man was very nice to the bird but then he got very angry. “You
stupid
bird!”
pointed the man to the parrot. “Why can’t you say the word? Say Catano!
26.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan Text
·
Indikator : Disajikan satu
teks naratif, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut.
·
Soal
:
What does the purpose of the text
above?
A. To
describe the smartest parrot.
B. To tell
us how the smartest parrot is.
C. To
entertain the readers by telling about the smartest parrot.
D. To
describe in general the smartest parrot.
·
Kunci jawaban :
C
·
Pembahasan:
Tujuan text narrative adalah untuk
menghibur (amuse/entertain the reader)
27.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan pesan moral
·
Indikator : Disajikan satu
teks NARATIF, siswa dapat menentukan pesan moral dari teks tersebut.
·
Soal
:
From the text we
learn that … .
A.
we
have to respect others
B.
we
have to imitate others
C.
we
are not allowed to force others to do something
D.
we
must not have the feeling as higher creature than others
·
Kunci jawaban :
C
·
Pembahasan:
Cerita di atas menggambarkan bahwa kita
tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, meskipun hanya seekor
binatang. Jadi jawaban yang paling tepat adalah C
28.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna kata.
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks NARATIF yang disediakan, siswa dapat menentukan
makna kata tertentu dalam kalinat tersebut
·
Soal
:
“… the parrot
was standing proudly and screaming at the last old chicken …”
The word “proudly” nearly means …
A.
arrogantly
B.
bravely
C.
smugly
D.
humbly
·
Kunci Jawaban :
A
·
Pembahasan :
Arti kata yang paling tepat adalah
arrogantly.
Read the
following text and answer questions 29 to 34.
MILK CALCIUM
Dietary Supplement
600 mg 100 Soft gels
|
Supplement Facts
Serving size : 1 soft gel
|
Amount per 1 soft gel % Daily Value*
Vitamin D 200 IU 50
Calcium (from milk)
600 mg 60
Zinc 15
mg *
|
*Daily value has not been established
|
Other ingredients: Gelatin, Glycerin, Purified Water
|
Directions: As a dietary supplement, take one soft gel for adults
daily.
|
Manufactured for: EXP 04 27 10
NU-HEALTH PRODUCTS CO.
LOT 2 75 61
Walnut, CA 91789
Made in U.S.A.
|
29.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan gambaran umum
text LABEL
·
Indikator : Disajikan satu
teks LABEL, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.
·
Soal
:
The
label is telling us about … of a dietary supplement.
A.
the
information
B.
the
usage
C.
the
materials
D.
the benefits
·
Kunci Jawaban : A
·
Pembahasan
Jawaban
tersebut diambil dari isi keseluruhan label tersebut yang menginformasikan
bahan-bahan, petunjuk pemakaian, tanggal kadaluarsa, dsb.
30.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan informasi
rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu
teks LABEL, siswa dapat menentukan informasi rinci dari teks tersebut.
·
Soal
:
When
would it be best to consume the product?
A.
Before
April 27th , 2010.
B.
After
April 4th, 2010.
C.
During April
4th, 2010.
D.
On
April 4th, 2010.
·
Kunci Jawaban :
A
·
Pembahasan
Sebagaimana tertera pada label diatas bahwa date expired 04 27
10. Ini berarti tanggal kadaluwarsa.
31.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi tersirat
·
Indikator : Disajikan satu
teks LABEL, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut.
·
Soal
:
How many soft gels does someone take
everyday?
A.
1
gel.
B.
15
mg.
C.
200
IU.
D.
600
mg.
·
Kunci Jawaban :A
·
Pembahasan
Jawaban
betul adalah 1 gel setiap hari, yang lain merupakan ukuran ingredient yang
terkandung dalam supplement tsb.
32.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks LABEL yang disediakan, siswa dapat menentukan
makna kata tertentu dalam label tersebut
·
Soal
:
“Daily
value has not been established.” (Line 10)
What is the meaning of the word
“established”?
A.
Ordered.
B.
Determined.
C.
Carried
D.
Helped
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan
Kata
yang mempunyai arti terdekat dari kata established adalah determined.
Read the text below to answer
questions 33 to 37.

33.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan informasi
rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu
teks report, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari text REPORT
·
Soal
:
Where can we find cacti mostly?
A.
In
the jungle.
B.
On
the beach.
C.
On
the mountain.
D.
In
the arid and hot region.
·
Kunci Jawaban : D
·
Pembahasan
34.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan informasi
rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu
teks report, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari text tersebut
·
Soal
:
Why do cacti mostly bloom at night?
A.
Because
their flowers are large.
C.
Since
cacti are pollinated by nocturnal insects.
D.
As
the afternoon period is used for
photosynthetic process.
·
Kunci Jawaban : C
·
Pembahasan
…
as they are pollinated
by nocturnal insects
or small animals … adalah kalimat yang mendukung jawaban.
35.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan gambaran umum
·
Indikator : Disajikan satu
teks report, siswa dapat menentukan gambaran umum dari paragraph yang
ditentukan.
·
Soal
:
What does the first paragraph tell us
about?
A.
The
members of cacti.
B.
The
habitat of cacti.
C.
The
use of cacti
D.
Types
of cacti.
·
Kunci Jawaban : C
·
Pembahasan:
Paragraf
1 pada teks di atas dapat disimpulkan yaitu “the use of cacti”
36.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan Text
·
Indikator : Disajikan satu
teks REPORT, siswa dapat menentukan tujuan text tersebut.
·
Soal
:
The text is
written to ….
A.
give
information about American cacti
B.
explain
physical feature of cacti
C.
describe
cacti in general
D.
tell
cacti ‘s life
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan
Teks tersebut adalah text report yang
bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum.
37.
·
Kemampuan yang
diuji :Menentukan makna kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks REPORT yang disediakan, siswa dapat menentukan
makna kata tertentu dalam teks tersebut
·
·
Soal
:
“Cacti are unusual and distinctive
plants, which …”
The synonym of the word “distinctive”
is …
A.
typical
B.
antique
C.
unique
D.
different
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan
Kata lain
yang tepat dari kata distinctive adalah unique.
Read the
following text and answer questions 38 t0 40.

38.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan gambaran
umum
·
Indikator : Disajikan satu
advertisement, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.
·
Soal
:
What
is advertised?
A.
A
white buffalo.
B.
A
strange place.
C.
A
museum.
D.
A
miracle.
·
Kunci jawaban :
A
·
Pembahasan
Seperti yang
tertera pada advertisement di atas gambar yang di iklankan kan adalah kerbau putih, maka jawaban yang
paling tepat adalah white buffalo.
39.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan Informasi
rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu
ADVERTISEMENT, siswa dapat menentukan informasi tersurat dari teks tersebut
·
Soal
:
Why is the buffalo called a miracle?
A.
The
museum opens on work days only.
B.
Ripley’s
Believe It or Not is a name of a museum.
C.
White
buffaloes are rarely found.
D.
The
museum collections are on TV programs too.
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan
Pada
informasi di atas tertulis ” …are over 10 millions to one…” berarti sangat
jarang; dalam 10 juta satu.
40.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan text
·
Indikator : Disajikan
satu advertisement, siswa dapat menentukan tujuan teks dari teks tersebut
·
Soal
:
What is the
purpose of the advertisement above?
A.
To
describe the white buffalo.
B.
To
attract to see the white buffalo.
C.
To
show the society about the castle of white buffalo.
D.
To
tell the people the breeding of the white buffalo.
·
Kunci jawaban :
B
·
Pembahasan
Tujuan
dari suatu iklan adalah mempropagandakan kepada publik mengenai sesuatu.
41.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna
kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari advertisement, siswa dapat menentukan makna kata tertentu
dari kalimat tersebut
·
Soal
:
“ … the pure white buffalo, odds of
such birth …”
The meaning of the word “pure” is …
A.
clear
B.
almost
C.
total
D.
holly
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan
Kata yang paling mendekati dari arti kata
pure adalah total.
Read the letter below to answer
questions 42 to 46.
![]() |
42.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan gambaran
umum.
·
Indikator : Disajikan
satu teks berbentuk LETTER, siswa dapat menentukan gambaran umum teks tersebut
·
Soal
:
What
is the letter about?
A. Sam’s
holiday.
B. The
Gold Coast.
C. The
Movie World.
D.
The
Shower of Rain.
·
Kunci Jawaban :
A
·
Pembahasan
Surat di atas dapat disimpulkan
bahwa surat tersebut tentang Liburan Sam
43.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan pikiran utama.
·
Indikator : Disajikan satu
surat, siswa
dapat menentukan pikiran utama dari teks tersebut.
·
Soal
:
What is the main idea of paragraph 3?
A. The
weather in Gold Coast.
B. Police Academy
Show.
C. Sam’s
activities in the Movie World.
D. A
great holiday in the Movie World.
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan
Kesimpulan
dari paragraph 3 pada surat
di atas adalah kegiatan yang dilakukan Sam di Movie World.
44.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan Informasi
rinci tersurat.
·
Indikator : Disajikan satu
surat, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut.
·
Soal
:
Where did Sam spend his holiday with his family?
A. On
the Gold Coast.
B. In
the Movie World.
C. In
Lethal Weapon.
D. At
the Police Academy.
·
Kunci Jawaban :
A
·
Pembahasan
Jawaban ini diambil dari kalimat We are having a great a holiday
here on the Gold Coast
45.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi tersirat.
·
Indikator : Disajikan
satu surat, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut.
·
Soal
:
What did they get at one o’clock?
A.
Lunch.
B.
Shower.
C.
A
little rain.
D.
Batman
ride.
·
Kunci Jawaban :
C
·
Pembahasan
Kunci
jawaban yang tepat adalah C, karena tiba tiba ada hujan rintik-rintik.
46.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan Rujukan
kata.
·
Indikator : Disajikan satu
surat, siswa
dapat menentukan rujukan kata tertentu dari teks tersebut.
·
Soal
:
The word ‘we’ in the text refers to…
A.
Sam
and Nan
B.
Sam
and Mum
C.
Mum
and Kelly
D.
Sam,
Mum, and Kelly
·
Kunci Jawaban :
D
·
Pembahasan
Kata
we pada surat
di atas merujuk pada Sam, Mum and Kelly.
47.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna
kata.
·
Indikator :
Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan makna kata terntentu dalam surat
tersebut.
·
Soal
:
The word queued in paragraph 3 means ……
A.
went
on
B.
lined
up
C.
sat
down
D.
waited
for
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan
Makna kata yang tepat
untuk kata queued adalah lined up (antri).
For
questions 48 to 51, choose the best words to complete the text.
PLATYPUS
Many people
call platypus duckbill because this animal has a bill like duckbill. Platypus
…(48) a native Tasmania and southern and
eastern Australia.
Platypus … (49) a flat tail and webbed feet. Its body length is 30 to 45 cm and covered with a thick and woolly layer of fur. Its bill is detecting prey and stirring up mud. Platypus' eyes and head are small. It has no ears but has ability to sense sound and light. Platypus … (50) in streams, rivers, and lakes. Female platypus usually dig burrows in the streams or river banks. The burrows are blocked with soil to …(51) it from intruders and flooding. In the other hand, male platypus does not need any burrow to stay. |
48.
·
Kemampuan
yang diuji : Melengkapi teks
rumpang.
·
Indikator : Disajikan satu
teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang tersebut
·
Soal
:
A. is
B. are
C. was
D. were
·
Kunci Jawaban :
A
·
Pembahasan
Platypus
adalah kata benda bentuk tunggal dan dalam bentuk present. Diketahui dari
kalimat sebelumnya.
49.
·
Kemampuan
yang diuji : Melengkapi teks
rumpang.
·
Indikator : Disajikan satu
teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang tersebut
·
Soal
:
A. has
B. had
C. have
D. having
·
Kunci Jawaban : A
·
Pembahasan
Kalimat dalam bentuk the simple present
tense dan untuk subject platypus, kata kerja
yang tepat adalah has.
50.
·
Kemampuan
yang diuji : Melengkapi teks
rumpang.
·
Indikator : Disajikan satu
teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang tersebut
·
Soal
:
A. live
B. lives
C. lived
D. living
·
Kunci Jawaban :
B
·
Pembahasan
Kalimat
dalam bentuk the simple present tense dan untuk subject platypus, kata kerja
yang tepat
adalah lives
51.
· Kemampuan yang
diuji : Melengkapi teks
rumpang.
· Indikator : Disajikan
satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan
kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
· Soal :
A. protecting
B. protected
C. protects
D. protect
·
Kunci Jawaban :
D
·
Pembahasan
Kata kerja
yang tepat setelah to adalah kata kerja dasar. Maka kata kerja yang tepat adalah
protect.
For questions 52
to 54, choose the word closest in meaning to the underlined words.

·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna kata.
·
Indikator :
Disajikan satu teks report dengan 3 kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan makna kata
tersebut.
·
Soal
:
52. A. plays
B. shows
C. stages
D. exhibitions
53. A. beat
B. switch
C. pull
D. crack
54. A. soft
B. audible
C. echoing
D. smooth
·
Kunci Jawaban : 52.
B, 53. A, 54. C.
·
Pembahasan
Jawaban-jawaban
dari nomor 52-54 adalah kata kata” closest in meaning” dari kata-kata yang digaris bawahi yang
ada pada teks di atas.
55.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan kata
menjadi kalimat yang padu.
·
Indikator : Disajikan
sekelompok kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi
kalimat yang padu.
·
Soal
:
Arrange the following jumbled
words to make a good sentence.
her class – in – diligent
– Jessica – very – is – student – a
1 2 3 4 5 6
7 8
A.
4
– 6 – 8 – 5 – 3 – 7 – 2 – 1
B.
4
– 2 – 1 – 6 – 8 – 5 – 3 – 7
C.
2
– 1 – 4 – 6 – 8 – 5 – 7 – 3
D.
2
– 1 – 8 – 5 – 3 – 7 – 6 – 4
·
Kunci Jawaban :
A
·
Pembahasan
Susunan kata yang tepat adalah Jessica is
a very diligent student in her class. Jadi jawaban yang tepat adalah A.
56.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan kata
menjadi kalimat yang padu.
·
Indikator : Disajikan sekelompok kata acak, siswa dapat
menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu.
·
Soal
:
Arrange
the following jumble words to make a good sentence.
a phone call – her – there
– for – was – the geography teacher – was teaching
– while
1 2 3 4 5 6 7 8
A.
8
– 6 – 7 – 3 – 5 – 1 – 4-- 2
B.
8
– 2 – 7 – 6 – 5 – 4 – 3 – 1
C.
6
– 7 – 2 – 8 – 3 – 5 – 1 – 4
D.
3
– 5 – 1 – 4 – 6 – 8 – 2 – 7
·
Kunci jawaban :
A
·
Pembahasan
Kalimat yang tepat untuk susunan kata di
atas adalah :”While the geography teacher was teaching, there was a phone call
for her”.
57.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan kata
menjadi kalimat yang padu.
·
Indikator :Disajikan
sekelompok kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi
kalimat yang padu.
·
Soal
:
Arrange
the following jumble words to make a good sentence.
Not to use – with –
for water – be careful – the pump – except – other
liquid
1 2
3 4 5 6 7
A.
5 – 4 – 1 – 7 – 2 – 3 – 6
B.
4 – 1 – 5 – 2 – 7 – 6 – 3
C.
7 – 4 – 6 – 5 – 2 –1 – 3
D.
4 – 1 – 7 – 2 – 5 – 3 – 6
·
Kunci jawaban :
B
·
Pembahasan
Kalimat yang tepat untuk susunan kata di
atas adalah :”Be careful not to use the pump with other liquid except for water.”
58.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan
kalimat menjadi paragraf yang padu.
·
Indikator :
Disajikan sekelompok kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi
paragraf yang padu.
·
Soal
:
Arrange the
following sentences to make a good paragraph .
1.
Jack
had an accident a few days ago.
2.
Jill
went to the hospital too visit him.
3.
He
is still in the hospital now.
4.
She
is at the hospital now.
5.
He
had to go to hospital.
A.
1-4-3-5-2
B.
1-3-5-4-2
C.
1-2-3-4-5
D.
1-5-3-2-4
·
Kunci jawaban : D
·
Pembahasan
Urutan yang tepat untuk penyusunan kalimat menjadi sebuah
paragraph adalah D. Jack kecelakaan, dia harus ke RS, dia masih di RS, Jill ke RS mengunjunginya dan sekarang masih
di RS
59.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan
kalimat menjadi paragraph yang padu.
·
Indikator : Disajikan sekelompok kalimat acak, siswa dapat
menyusun kalimat acak tersebut menjadi paragraf yang padu.
·
Soal
:
Arrange the following sentences to make
a good paragraph.
1 Some of Lavisher’s other ideas were important
too
2 He
learned some very important facts about chemistry.
3 These
are the same names we use today.
4 He
also worked on a way to improve France's
banks and government.
5 He
used science to improve farming.
6 And
he gave names to many chemicals
7 Lavisher
was a great man in many ways.
8 He
helped to make taxes and money the same all over France
A. 7-1-4-8-2-6-5-3
B. 7-2-6-3-1-5-4-8
C. 7-8-4-1-2-6-5-3
D. 7-5-6-3-1-4-8-2
·
Kunci Jawaban : A
·
Pembahasan
Urutan yang tepat untuk
penyusunan kalimat menjadi sebuah paragraph adalah A. hal ini diperkuat dengan
kalimat utama dari kelompok kalimat tersebut
adalah no 7 diikuti oleh kalimat pendukung lainnya yang paling dekat .
60.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan
kalimat menjadi paragraph yang padu.
·
Indikator : Disajikan sekelompok kalimat acak, siswa dapat
menyusun kalimat acak tersebut menjadi paragraf yang padu.
·
Soal
:
Arrange the
following sentences to make a good paragraph
1.
Nature’s
recycling programme for water is called the water cycle.
2.
Rain
or snow eventually finds their way back to the ocean.
3.
Water
falls from the air as rain or snow.
4.
Water
goes from the ocean, lakes, and rivers into the air.
5.
One
of the things nature recycles is water.
6.
Did
you know that nature recycles too?
7.
Maybe
you recycle cans, glass, and paper.
A.
7-6-5-4-3-2-1
B.
1-2-3-4-5-6-7
C.
5-6-3-4-7-1-2
D.
2-1-4-3-6-7-5
·
Kunci jawaban : A
·
Pembahasan
Urutan yang tepat untuk penyusunan kalimat menjadi sebuah paragraph
adalah A, Kalimat yang paling umum adalah tentang recycles, lanjut dengan
Nature juga mendaur ulang, salah satunya Water Recycle, kalimat kalimat yang
lain merupakan penduklung, dicari yang paling dekat.
thank you so much,tapi saya lagi cari soal khusus refers to 10 nomor
BalasHapusLucky Club Lucky Club, home of Lucky Club
BalasHapusLucky Club Lucky Club, home of Lucky Club, is the largest of all Lucky Club slots. A luckyclub perfect venue for your next casino night, Rating: 4.5 · Review by LuckyClub