PAKET 2
CONTOH SOAL
DAN PEMBAHASAN
MATEMATIKA
SMP/MTs
1.
* Kemampuan yang diuji.
Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan
bulat
* Indikator soal
Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.
* Soal
Hasil dari
-4 + 10 : 2 ´ (-5) adalah ....
A. -29 C. -12
B. -15 D. -5
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan
-4 + 10 : 2 ´ (-5) = -4 + 5 ´ (-5)
= -4 – 25
= -29
2.
* Kemampuan yang diuji.
Menghitung hasil operasi tambah,
kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
* Indikator
soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
* Soal
Suhu tempat A adalah 60
C di bawah nol, suhu tempat B adalah 280C di atas nol, dan suhu
tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C
adalah ….
A. – 170 C. 110
B. – 110 D. 170
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan
60 di bawah nol di
artikan – 60, sedangkan 280 di atas nol diartikan + 280.
Selisih antara – 60 dengan + 280
adalah 340, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 340
: 2 = 170. Suhu tempat C
adalah – 60 + 170 = 110.
3.
* Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan.
* Indikator
soal
Mengurutkan beberapa bentuk
pecahan
* Soal
Urutan
dari besar ke kecil untuk pecahan
adalah ....

A.
C. 


B.
D.


* Kunci
jawaban: A
*
Pembahasan
KPK dari 5, 4, dan 2 adalah 20,
maka:
,
, dan 



Urutan dari besarke kecil adalah,
,
,
atau 




4.
* Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan.
* Indikator
soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi
hitung pecahan
* Soal
Banyak siswa di suatu kelas 40 orang.
bagian senang
sepakbola,
bagian senang volley,
bagian senang basket,
sedangkan sisanya senang berenang.



Banyak siswa yang senang berenang
adalah ....
A. 1 orang C. 10 orang
B. 3 orang D. 15 orang
* Kunci
jawaban: B
*
Pembahasan
KPK dari 10,4, dan 8 adalah 40.
Maka: 1 – (
+
+
) = 1 – (
+
+
)






= 1 –

= 

Jumlah siswa yang
senang berenang =
x 40 orang

= 3
orang.
5.
* Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan skala dan perbandingan.
* Indikator
soal
Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau
jarak pada gambar
* Soal
Jarak dua buah kota pada peta dengan
skala 1 : 3.500.000 adalah 5 cm.
Jarak sebenarnya kedua kota itu adalah
....
A. 175 km C.
17,5 km
B. 70 km
D. 7 km

* Kunci
jawaban: A
*
Pembahasan
Jarak sebenarnya = 3.500.000 ´ 5 cm.
= 17.500.000 cm
= 175 km
6.
* Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan skala dan perbandingan.
* Indikator
soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan perbandingan senilai atau
berbalik nilai
* Soal
Setelah berputar 18 kali, roda sepeda
menempuh jarak sejauh 27 meter. Jika roda tersebut berputar 12 kali, jarak yang ditempuh adalah
... .
a.
16
meter c. 24 meter
b.
18
meter d. 43 meter
* Kunci
jawaban:
B
*
Pembahasan
18 kali → 27 m
12 kali →
m = 18 m

Jarak yang dapat ditempuh adalah
18 m.
7.
* Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan skala dan perbandingan.
* Indikator
soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan perbandingan senilai atau
berbalik nilai
* Soal
Sebuah asrama memiliki
penghuni sebanyak 30 orang. Persediaan makanan yang ada diperkirakan akan habis
selama 8 hari. Karena ada tambahan 10 orang penghuni, berapa hari persediaan
makanan akan habis ?
A. 6 hari C.
15 hari
B. 11 hari D. 24 hari
* Kunci
jawaban: A
*
Pembahasan
30 orang ® 8 hari
40 orang ® m hari
maka : 



40 m = 240
m = 240 : 40
m = 6
Persediaan makanan akan
habis selama 6 hari.
8.
* Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan jual beli.
* Indikator
soal
Menentukan salah satu
dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi
* Soal
Harga pembelian 1,5 lusin
buku Rp72.000,00. Buku tersebut dijual eceran dengan harga Rp5.000,00 tiap
buah. Persentase untung atau ruginya adalah ....
A. untung
20% C. untung 25%
B. rugi
20% D. rugi 25%
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan
1,5 lusin = 18 buah.
Harga pembelian tiap buah = Rp72.000,00
: 18
= Rp4.000,00
Harga penjualan tiap buah Rp5.000,00
Karena harga penjualan lebih
besar dari pembelian, maka ia mendapat untung.
Untung = Rp5.000,00 – Rp4.000,00
= Rp1.000,00
Persentase untung adalah
= 25%

9.
* Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan jual beli.
* Indikator
soal
Menentukan salah satu
dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi
* Soal
Dengan harga jual Rp4.200.000,00 seorang
pedagang rugi 16%.
Harga pembeliannya adalah ....
A. Rp4.000.000.00 C. Rp5.000.000,00
B. Rp4.200.000,00 D.
Rp5.400.000,00
* Kunci
jawaban : C
*
Pembahasan
Pembelian = 100%
Rugi = 16%
Penjualan = 84% (Rp4.200.000,00)
Harga pembeliannya adalah
Rp4.200.000,00 = Rp5.000.000,00

10. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan perbankan dan koperasi.
* Indikator
soal
Menentukan salah satu
dari persentase bunga, waktu, atau besar uang setelah n bulan
* Soal
Dinda menabung uang sebesar Rp2.000.000,00
di Bank dengan bunga 18% per tahun. Jumlah tabungan Dinda setelah 8 bulan
adalah ....
A. Rp240.000,00 C. Rp2.240.000,00
B. Rp360.000,00 D. Rp2.360.000,00
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan
Bunga selama 1 tahun 18% =
Rp2.000.000,00

=
Rp360.000,00
Bunga selama 8 bulan =
Rp360.000,00

=
Rp240.000,00
Jumlah tabungan Dinda setelah 8
bulan adalah Rp2.000.000,00 + Rp240.000,00 =
Rp2.240.000,00
11. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan barisan bilangan.
* Indikator
soal
Menyelesaikan soal tentang gambar
berpola.
* Soal
Perhatikan
gambar pola berikut!
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||







(1)
(2) (3) (4)
Banyak lingkaran pada pola ke-20 adalah….
A. 600 C.
420
B. 440 D.
240
* Kunci
jawaban: B
*
Pembahasan
Pola ke-1 = 1 ´ 3 = 3
Pola ke-2 = 2 ´ 4 = 8
Pola ke 3 = 3 ´ 5 = 15
Pola ke-4 = 4 ´ 6 = 24
... (dst, hingga pola ke-20)
Pola ke-20 = 20 ´ 22
= 440
12. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan barisan bilangan.
* Indikator
soal
Menentukan rumus suku ke-n
barisan bilangan.
* Soal
Rumus suku
ke-n barisan bilangan 8, 13, 18, 23, …adalah ….
A. 3n + 5 C. 5n + 3
B. 4n + 4 D. 6n + 2
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan
Beda tiap suku pada barisan
bilangan tersebut adalah 5.
Suku pertama (8) ® (5 ´ 1) + 3
Suku kedua (13)
® (5 ´ 2) + 3
Suku ketiga (18)
® (5 ´ 3) + 3
Suku keempat (23) ® (5 ´ 4) + 3
Jadi, suku ke-n adalah ® (5
´ n) + 3 atau 5n + 3.
13. * Kemampuan yang diuji.
Mengalikan bentuk aljabar.
* Indikator
soal
Menentukan hasil perkalian bentuk
aljabar suku dua.
* Soal
Hasil dari (a–7b)(4a– 2b) adalah
....
A.
4a2 – 26ab – 14b2 C. 4a2 – 30ab
+ 14b2
B.
4a2 + 26ab – 14b2 D. 4a2 + 30ab
+ 14b2
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan
(a–7b)(4a– 2b) = a(4a– 2b) –
7b(4a– 2b)
= 4a2 – 2ab – 28ab + 14b2
= 4a2 – 30ab + 14b2
14. * Kemampuan yang diuji
Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat
bentuk aljabar
* Indikator soal
Menentukan hasil operasi hitung bentuk aljabar
* Soal
Bentuk sederhana dari 2x + 4xy – 6y -5x – 7xy + y adalah ....
A.
-3x - 3xy – 5y
B.
-3x - 11xy + 7y
C.
-7x – 3xy + 5y
D.
-7x + 11xy – 7y
* Kunci
Jawaban : A
*
Pembahasan
2x + 4xy – 6y -5x – 7xy + y = 2x – 5x + 4xy – 7xy – 6y + y
= -3x – 3xy – 5y
15. * Kemampuan yang diuji.
Menyederhana-kan bentuk aljabar
dengan memfaktorkan.
* Indikator
soal
Menyederhanakan pecahan bentuk
aljabar.
* Soal
Bentuk sederhana dari
adalah ....

A.
C.



B.
D.



* Kunci
jawaban: B
*
Pembahasan


=

16. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
* Indikator
soal
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
* Soal
Penyelesaian dari
(3x – 6) =
(2x – 3) adalah ....


A.
x = -30
B.
x = -6
C. x = 6
D. x = 30
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan

17. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
* Indikator
soal
Menentukan irisan dua himpunan.
* Soal
Diketahui K = { bilangan prima antara 2 dan 12} dan
L
= { 4 bilangan kelipatan 3 yang pertama}.
A
B adalah ….

A. {
3,5,6,7,9,11,12} C.
{3,6,9}
B. {
5,6,7,9,11,12} D.
{3}
* Kunci
jawaban: D
*
Pembahasan
K = { bilangan prima antara 2 dan
12}, maka K={3,5,7,11}
L = { 4 bilangan kelipatan 3 yang
pertama}, maka L={3,6,9,12}
K
L = {3}

18. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
* Indikator
soal
Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
* Soal
Dari suatu kelas terdapat
25 siswa suka membaca, 30 siswa suka mengarang. Jika 12 orang siswa suka
membaca dan mengarang, banyak siswa dalam kelas tersebut adalah ....
A. 67 orang C. 43 orang
B. 55 orang D. 37 orang
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan
Misal: yang suka membaca adalah K, dan yang suka
mengarang adalah L, maka:
n(S) = n(K) + n(L) – n(K
L)

n(S) = 25 + 30 – 12
n(S) = 43
Jadi, banyak siswa dalam
kelas adalah 43 orang.
- * Kemampuan Yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan relasi dan fungsi
* Indikator Soal
Menentukan diagram panah/himpunan pasangan berurutan/diagram cartesius
yang menunjukkan fungsi
* Soal
Diketahui diagram panah:
(1)

(2)

(3)

(4)

Diagram yang menunjukkan pemetaan/fungsi adalah ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
Pemetaan/fungsi dari himpunan A
ke himpunan B adalah relasi yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu
anggota B, (1) dan (3) memenuhi syarat sebagai pemetaan/fungsi
20. * Kemampuan Yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan relasi dan fungsi
* Indikator Soal
Menentukan nilai fungsi
* Soal
Fungsi f (x) = ax + b, jika f (2) = -2 dan f (-3) = 13 maka nilai f (4)
adalah ....
A.
-16
B.
-12
C.
-8
D.
-4
* Kunci
jawaban : C
*
Pembahasan

21.
* Kemampuan Yang Diuji
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator
Soal
Menentukan gradien garis
* Soal

Gradien garis pada gambar di atas
adalah ....
A.


B.


C.


D.


* Kunci
jawaban : C
*
Pembahasan

22.
* Kemampuan Yang Diuji
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator
Soal
Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar atau tegak
lurus garis lain
* Soal
Persamaan garis melalui titik (-3, 2) dan sejajar dengan
garis 2x + 3y = 6 adalah ....
A.
2x + 3y = -8
B.
2x + 3y = 8
C. 2x + 3y = –4
D.
2x + 3y = 4
* Kunci
jawaban : D
*
Pembahasan
Gradien garis 2x + 3y = 6 adalah :

Persamaan garis melalui titik (-3, 2) dan sejajar dengan
garis 2x + 3y = 6 adalah :

23. * Kemampuan Yang
Diuji
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua
variabel
* Indikator Soal
Menentukan penyelesaian dari SPLDV
* Soal
Penyelesaian sistem persamaan 2x + 4y + 2 = 0 dan 3x – y –
11 = 0 adalah x1 da y1. Nilai x1 + y1
adalah ....
A.
-5
B.
-1
C.
1
D.
5
* Kunci jawaban :
C
* Pembahasan
2x + 4y + 2 = 0 Þ 6x + 12y + 6 = 0
3x – y – 11 = 0 Þ 6x – 2y – 22 = 0
14y +28 = 0
14y = -28
y1 = -2
2x + 4y + 2 = 0 Þ 2x – 8 + 2 = 0 Þ 2x = 6 Þ x1 = 3
Jadi x1 + y1 = 3 + (-2) = 1
24. * Kemampuan Yang
Diuji
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua
variabel
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
* Soal
Jumlah dan selisih dua buah bilangan masing-masing 12 dan
4. Selisih kuadrat kedua bilangan itu adalah ....
A. 4
B. 16
C. 48
D. 72
* Kunci jawaban :
C
* Pembahasan
x + y = 12
x – y = 4 +
2x = 16
x = 8
x + y = 12
8 + y = 12
y = 4
Selisih kuadrat = 82 – 42 = 48
25. * Kemampuan Yang
Diuji
Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal dengan
menggunakan teorema Pythagoras
* Soal
Perhatikan gambar dan pernyataan berikut.
![]() |
(1)
a2 = b2 – c2
(2)
b2 = a2 + c2
(3)
c2 = a2 + b2
(4)
a2 = c2 – b2
Pernyataan yang benar adalah ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
* Kunci jawaban :
A
* Pembahasan
Sisi miring pada segitiga panjangnya adalah b satuan
sehingga b2 = a2 + c2 atau a2 = b2
– c2
26. * Kemampuan Yang
Diuji
Menghitung luas bangun datar
* Indikator Soal
Menghitung luas gabungan beberapa
bangun datar
* Soal
Perhatikan gambar
berikut!

Luas daerah yang diarsir pada gambar di atas adalah ....
A.
152 m2
B.
160 m2
C.
172 m2
D.
180 m2
* Kunci
jawaban : A
*
Pembahasan

27. * Kemampuan Yang
Diuji
Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep
keliling dalam kehidupan sehari-hari
* Indikator Soal
Menghitung keliling gabungan
beberapa bangun datar
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Keliling daerah yang diarsir pada gambar di atas adalah
....
A.
287 cm
B.
175 cm
C.
84 cm
D.
54 cm
* Kunci
jawaban : D
*
Pembahasan

28. * Kemampuan Yang
Diuji
Menghitung besar sudut pada bidang datar
* Indikator Soal
Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Besar ÐCOE pada gambar di atas adalah ....
A.
1050
B.
900
C.
850
D.
750
* Kunci
jawaban : B
*
Pembahasan

Besar Ð COE = (5x + 15)0 = 900
29. * Kemampuan Yang
Diuji
Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua
garis sejajar berpotongan dengan garis lain
* Indikator Soal
Menghitung besar sudut yang saling berhubungan (sehadap,
bertolak belakang, berseberangan dan sepihak)
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Nilai (x + y + z) pada gambar di atas adalah ....
A.
1250
B.
1500
C.
1800
D.
2700
* Kunci jawaban :
A
* Pembahasan
3x + 1200 = 1800 Þ 3x = 600 Þ x = 200
2y + 1500 = 1800 Þ 2y = 300 Þ y = 150
z + 600 + 300 = 1800 Þ z = 900
Jadi x + y + z = 1250
30. * Kemampuan Yang
Diuji
Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada
lingkaran
* Indikator Soal
Menghitung besar sudut
pusat/sudut keliling pada lingkaran
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Besar ÐCBD pada gambar di atas adalah ....
A.
350
B.
400
C.
450
D.
500
* Kunci
jawaban : B
*
Pembahasan
Ð ADC = 900
Ð CAD = 1800 – 900 – 500 = 400
Ð CBD = Ð CAD = 400
31. * Kemampuan Yang
Diuji
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep
kesebangunan
* Indikator Soal
Menghitung panjang sisi pada dua segitiga sebangun
* Soal
Perhatikan gambar berikut!
![]() |
Panjang PQ pada gambar di atas adalah ....
A.
6 cm
B.
8 cm
C.
10 cm
D.
12 cm
* Kunci
jawaban : A
* Pembahasan

32. * Kemampuan Yang
Diuji
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep
kesebangunan
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan
* Soal
Sebuah foto dengan ukuran alas 20 cm dan tinggi 30 cm
dipasang pada bingkai yang sebangun dengan foto. Jika lebar bingkai bagian
atas, kiri, dan kanan yang tidak tertutup foto adalah 2 cm, maka lebar bingkai
bagian bawah foto adalah ....
A.
4 cm
B.
6 cm
C.
7 cm
D.
8 cm
* Kunci
jawaban : A
*
Pembahasan

Lebar bagian bawah foto = 36 – 30 – 2 = 4 cm
33. * Kemampuan yang
diuji.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
* Indikator soal
Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat
menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika unsur yang diperlukan
diketahui.
* Soal
Perhatikan gambar !

x
x o o
A B D E
Segitiga
ABC dan DEF kongruen.
Sisi yang sama panjang adalah
....
A. AC=EF C. BC=EF
B. AB=DE D. BC=DE
* Kunci
jawaban: D
*
Pembahasan
Jawab:
Panjang sisi yang sama harus diapit oleh besar sudut yang
sama, maka
AB = EF ( diapit
oleh sudut x dan o )
BC = ED ( diapit
oleh suduti o dan kosong )
dan AC = FD (
diapit oleh sudut x dan kosong )
34. * Kemampuan
yang diuji.
Menentukan unsur-unsur bangun
ruang sisi datar
* Indikator soal
Siswa dapat menentukan banyak
diagonal sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus dan balok
* Soal
Banyak diagonal ruang pada kubus adalah….
A.
4 C. 8
B.
6 D. 12
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
Banyak diagonal ruang kubus =
Banyak titik sudut : 2
= 8 :
2 = 4
35. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan jaring-jaring bangun
ruang
* Indikator
soal
Diberikan gambar rangkaian persegi, siswa dapat menentukan
rangkaian yang merupakan jaring-jaring kubus.
* Soal
![]() |
Dari
rangkaian persegi di atas, yang merupakan jaring-jaring kubus adalah ....
A. 1 dan 3 C. 2 dan 3
B.
1 dan 4 D. 2 dan 4
* Kunci
jawaban: B
*
Pembahasan
Cukup jelas
36. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung volume bangun ruang
sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator
soal
Siswa dapat menghitung volume kubus, balok, prisma atau
limas
* Soal
Alas sebuah limas berbentuk
persegi dengan keliling 40 cm dan tinggi limas 12 cm. Volum limas tersebut
adalah ….
A. 400 cm3
C.
1200 cm3
B.480 cm3 D. 1440 cm3
* Kunci
jawaban: A
*
Pembahasan
Diketahui : sisi alas = 40 : 4 = 10 cm
V =
x La x t

=
x ( 10 x 10) x 12

= 400 cm

37. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung volume bangun ruang
sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator
soal
Siswa dapat menghitung volume
tabung, kerucut, atau bola
* Soal
Volume tabung dengan panjang
diameter 7 cm dan tinggi 12 cm adalah ….
(p =
)

A. 154 cm³ C. 462 cm³
B. 231 cm³ D. 1848 cm³
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan
Diketahui :
d = 7 cm, r =
cm dan t = 12 cm

V = pr2t
=
x (
x
) x 12



= 462
cm

38. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung volume bangun ruang
sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator
soal
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volume bangun ruang sisi lengkung
* Soal
Sebuah kaleng berbentuk tabung
berdiameter 28 cm dan tinggi 60 cm penuh berisi minyak. Minyak tersebut akan
dituang ke dalam kaleng-kaleng kecil berdiamater 14 cm dan tinggi 20 cm. Berapa
banyak kaleng kecil yang diperlukan
untuk menampung minyak dari kaleng besar?
A. 8 buah. C.
16 buah.
B. 12 buah. D.
32 buah.
* Kunci
jawaban: B
*
Pembahasan
Banyak kaleng kecil = 

= 

39. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi
datar dan sisi lengkung
* Indikator
soal
Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus,
balok, prisma, atau limas
* Soal
Alas sebuah prisma berbentuk
belah ketupat dengan keliling 100 cm dan panjang salah satu diagonalnya
30 cm serta tinggi prisma 12 cm. Luas seluruh permukaan prisma tersebut adalah
….
A.2400 cm2
C.
7200 cm2
B.6000 cm2 D.
18000 cm2
* Kunci
jawaban: A
*
Pembahasan
Panjang sisi alas = 100 : 4 = 25
cm, d
= 30 cm, t = 12
cm

Setengah d
=
= 20 cm, maka d
= 40 cm



La =
= 600 cm

L = 2.La +
Ka.t = 2 x 600 + 100 x 12
= 1200
+ 1200 = 2400 cm2
40. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung luas permukaan bangun
ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator
soal
Siswa dapat menghitung luas permukaan tabung,
kerucut, atau bola
* Soal
Luas permukaan bola dengan panjang jari-jari 7 cm
adalah ....(p =
)

A. 154 cm2 C. 462 cm2
B. 308 cm2 D.
616 cm2
* Kunci
jawaban : D
*
Pembahasan
L. bola= 4
4 x
x 7 x 7


= 616
cm2
41. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator
soal
Siswa dapat menghitung
mean , median, atau modus
data tunggal
* Soal
Mean dari data : 4, 3, 5, 6, 7,
5, 8 , 7, 7, 2 adalah ....
A. 5 C.
5,5
B. 5,4 D. 7
* Kunci
jawaban: B
*
Pembahasan
Mean =
=
= 5,4


42. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator
soal
Siswa dapat menghitung mean ,
median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
* Soal
Nilai
|
4 5
6 7 8
9 10
|
Frekuensi
|
6 2
4 3 5
2 1
|
Modus dari data pada
tabel di atas adalah….
A. 4 C.
7
B. 6,5 D. 10
* Kunci
jawaban : A
* Pembahasan
Nilai 4 muncul 6
kali (terbanyak)
43. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator
soal
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan nilai
rata-rata
* Soal
Perhatikan tabel nilai
matematika berikut :
Nilai
|
4 5
6 7 8
9 10
|
Frekuensi
|
5 3
4 3 5
2 1
|
Banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari nilai
rata-rata adalah ….
A.
11 orang C. 15 orang
B. 12 orang D.
23 orang
* Kunci
jawaban: B
*
Pembahasan
Nilai rata-rata =
6,4
Nilai kurang dari 6,4 = nilai 4,
5, dan 6
= 5 + 3 + 4
= 12 orang
44. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator
soal
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata
* Soal
Dari 18 siswa yang
mengikuti ulangan Bahasa Inggris, nilai rata-ratanya 65. Setelah 2 orang siswa
ikut ulangan susulan, nilai rata-ratanya
menjadi 64. Nilai rata-rata 2 orang
siswa yang ikut ulangan susulan adalah….
A. 55 C. 64,5
B. 62 D. 66
* Kunci
jawaban: A
*
Pembahasan
Jumlah nilai 18 siswa = 18 x
65 = 1170
Jumlah nilai 18 + 2
siswa = 20 x 64 = 1280
Jumlah nilai 2 siswa =
1280- 1170 = 110
Nilai rata-rata
ke-2 siswa itu adalah 110 : 2 = 55
45. * Kemampuan yang diuji.
Menyajikan dan
menafsirkan data
* Indikator
soal
Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang,
diagram lingkaran, atau diagram garis
* Soal
Perhatikan diagram tentang 4 pelajaran yang disukai
sekelompok siswa.
![]() |
Matematika
900
1200 600 IPA
Bahasa
Kesenian
Jika banyak siswa seluruhnya 280
orang, maka banyak siswa yang suka kesenian adalah ….
A. 60 orang C. 80 orang
B. 70 orang D.
90 orang
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
Banyak siswa seluruhnya = 280
orang atau 3600
Besar sudut untuk siswa yang suka
kesenian = 360o – (120o+90o+60o)
= 360o – 270o = 90o
Jadi banyak
siswa yang suka kesenian =
orang = 70 orang

Tidak ada komentar:
Posting Komentar