PAKET 2
CONTOH SOAL DAN
PEMBAHASAN
Read
the text to answer questions 1 and 2
|
1.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna
kata/frasa/kalimat
·
Indikator : Disajikan
sebuah caution, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari caution
tersebut dengan tepat.
·
Soal:
What
does the caution mean?
A.
The
shop sells special broken articles.
B.
You
don't have to buy articles that are broken.
C.
In
this section you will only find broken articles.
D.
If
you break any of the articles, you should pay for it.
·
Kunci jawaban : D
·
Pembahasan :
Caution di atas untuk memberi peringatan
kepada orang agar berhati-hati karena jika memecahkan
barang meskipun tanpa disengaja maka harus membayarnya.
2.
·
Kemampuan yang diuji :
Menentukan informasi tersirat
·
Indikator :
Disajikan caution yang sama, dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat
dari caution tersebut dengan tepat.
·
Soal:
Where
do you usually find this caution ?
A.
Library.
B.
Bookstore.
C.
Greengrocer.
D.
Department
store.
·
Kunci jawaban : D
·
Pembahasan :
Caution di atas dapat dijumpai di toko
yang menjual barang pecah belah. Hal ini diketahui dari kata “articles”
dan “broke”.
Read the text to answer
questions 3 and 4.

.
3.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna
kata/frasa/kalimat
·
Indikator : Disajikan
sebuah notice, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari
notice tersebut dengan tepat.
·
Soal:
What
does the notice mean?
A.
You
will have breakfast at 10. 00 am.
B.
The breakfast will be served at 10.00
am.
C.
You will have breakfast till 10.am.
D. The
breakfast will be served after 10.00 am.
·
Kunci
jawaban : C
·
Pembahasan :
Notice
di atas lebih menekankan pada waktu untuk makan pagi yaitu “until 10.00 am”. Maka jawaban yang tepat adalah c.
4.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi
tersirat
·
Indikator : Disajikan
notice yang sama, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi
tersirat dari notice
tersebut dengan tepat.
·
Soal:
This kind of
notice is found in … .
A.
café
B.
hotel
C.
hospital
D.
restaurant
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Notice di atas
memberi pengumumam untuk makan pagi disajikan sampai jam 10, hal ini dijumpai
di hotel.
Read the text and answer questions 5 and 6.
![]() |
5.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan
informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan sebuah teks berupa kartu
ucapan selamat atas keberhasilan seseorang, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaay tentang informasi rinci
tersurat dengan tepat.
·
Soal:
What does Kartika do? She is a …
A.
staff
B.
manager
C.
journalist
D.
publisher
·
Kunci jawaban : C
·
Pembahasan :
Pada teks greeting card di atas
ditujukan untuk Kartika dalam rangka sebagai “The best Washington city journalist..”, maka
pekerjaan Kartika adalah sebagai seorang jurnalis.
6.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan komunikatif
teks
·
Indikator : Disajikan sebuah teks
berupa kartu ucapan selamat yang
sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyatentang tujuan komunikatif teks dari
teks tersebut
dengan tepat.
·
Soal:
The text is written in order to …
A.
congratulate
Kartika on her success.
B.
inform
people about the best journalist.
C.
tell
people to congratulate Kartika.
D.
invite
people to come to the Moonlight publisher.
·
Kunci
jawaban : A
·
Pembahasan :
Teks di atas untuk mengucapkan selamat
pada Kartika atas keberhasilannya sebagai journalist terbaik. Hal ini dapat
dilihat pada kalimat “ Congratulations on your success as The Best Washington City Journalist 2009.”
Read
the text and answer questions 7 and 8.
![]() |
7.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan sebuah teks berupa pesan
singkat tentang pemberitahuan berita duka, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
Who just passed away?
A.
Jack’s
father.
B.
Bram’s
friend.
C.
Nita’s
father.
D. Writer’s
father
·
Kunci Jawaban: C
·
Pembahasan:
Pada kalimat “He
passed away last night” , “He” merujuk pada Nita’s father. Maka jawaban yang
tepat adalah c.
8.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan rujukan kata.
·
Indikator : Disajikan
sebuah kalimat yang dikutip dari teks pesan singkat yang sama yang salah satu kata ganti
digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang
rujukan kata dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“As you know Nita’s father is
hospitalized.”
The underlined word refers to … .
A.
Jack
B.
Bram
C.
Reader
D.
Nita’s
father
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Pesan singkat
ini dikirim oleh Jack dan ditujukan untuk Bram, maka kata ganti “you” dalam
pesan singkat tersebut adalah “Bram”.
Read the following text to answer questions 9 and 10.
![]() |
9.
·
Kemampuan
yang diuji : Menentukan
informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan
sebuah teks berupa undangan kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang
informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
Where
will the graduation party be held?
A.
At
Osis room.
B.
On
Sudirman street.
C.
At
Nusantara school.
D.
At
Art room Pramesti Hotel.
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Lokasi pesta pada surat
undangan di atas dapat dijumpai pada kalimat “Venue: Art room Pramesti Hotel”,
maka jawaban yang tepat adalah d.
10.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi
tersirat
·
Indikator : Disajikan
sebuah teks berupa undangan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
How long is the graduation party carried
out?
A.
2
hours.
B.
3
hours.
C.
9
hours.
D 11
hours
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Lamanya pesta
tersebut diselenggarakan dapat diketahui dari durasi waktu dari keterangan
“Time: 10 a.
m. – 01 p.m.”yaitu selama 3 jam, maka
jawaban yang tepat adalah b.
Read the following text to answer
questions 11 to 13.
|
11.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator: Disajikan sebuah teks berupa
pengumuman di kantor, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks tersebut
dengan tepat.
·
Soal:
What
will be discussed in the meeting?
A. The
customer’s order.
B.
The customer’s needed.
C.
The customer’s documents.
D.
The customer’s complaints.
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Berdasarkan
teks pengumuman di atas, pertemuan akan membicarakan tentang keluhan pelanggan,
hal ini dapat dibaca pada kalimat: “ … the meeting to discuss the customer’s
complaints”, maka jawaban yang tepat d.
12.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi
tersirat
·
Indikator : Disajikan
sebuah teks pengumuman yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
Who
will attend the meeting?
A.
Customers.
B.
All
managers.
C.
Secretary
director and all managers.
D.
Director,
secretary and all managers.
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Pengumuman
di atas ditujukan untuk seluruh manajer dan yang membuat pengumuman sekertaris direktur atas perintah direktur,
maka yang akan hadir pada pertemuan adalah option d.
13.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna
kata/frasa/kalimat
·
Indikator : Disajikan
sebuah kalimat yang dikutip dari teks pengumuman yang sama yang salah satu katanya digaris bawahi, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa/kalimat dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“… the
meeting to discuss the customer’s complaints.”
The underlined word means … .
A.
to
speak with
B.
to
say something
C.
to
talk about
D.
to
tell somebody
·
Kunci jawaban: C
·
Penbahasan:
Makna yang tepat
dari “to discuss” pada kutipan kalimat di atas adalah “to talk about”.
Read the text to answer questions 14 to 17.
|
14.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan gambaran umum
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks deskriptif tentang sebuak kota/negara, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang
gambaran umum dari teks tersebut dengan tepat.
The
text tells us about … .
A.
Scotland as a nation
B.
Highlanders
in Scotland
C.
Rare
animals in Scotland
D.
The
population in Scotland
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Teks
deskriptif di atas mendeskripsikan Scotland
sebagai sebuah negara bagian yang terpisah dari Great Britain, dapat dilihat pada
paragraph pertama.
15.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi rinci tertentu
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi rinci
tertentu dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
Why
is the Highland going to be the last of the great wilderness of Europe?
A.
It’s
a favorite place in Scotland.
B.
It’s
home to rare birds and animals.
C.
It’s a lonely, wild, and empty land.
D.
It
‘s high mountain and deep valley.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Pada paragraph
terakhir, kalimat ke tiga “It’s a lonely, wild, and empty land” yang
menyebabkan Highland akan menjadi “the great wilderness of Europe”
16.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks deskriptif yang sama yang salah
satu katanya digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang makna kata/frasa/kalimat dari
kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“… and deep valleys, clean rivers and cold lochs.”
What does the underlined word mean?
A. Lake
B.
River
C.
Valley
D. Island
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Pada
paragraph terakhir, kalimat pertama “… because of the high mountains and deep
valleys, clean rivers and cold ‘lochs’.” Dari kata kunci ‘cold’ maka makna yang
tepat adalah ‘lake’ dan pada kalimat tersebut sudah disebutkan keterangan
tempat lainnya; ‘valley, river’ yang tidak mungkin diulang kembali.
17.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan kata
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks deskriptif yang sama yang salah
satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang rujukan kata dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“…the young people
who are born there have to move south to find a job.”
The word underlined refers to … .
A.
Europe
B.
Scotland
C.
Highlands
D. Great Britain
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan:
Kata ‘there’merujuk pada keterangan tempat
‘Highlands’, dapat dibaca pada kalimat-kalimat
sebelumnya yang mendeskripsikan ‘highlands’.
Read the text to answer questions
18 to 20.

18.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan tujuan komunikatif teks
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan
komunikatif dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
What is
the purpose of the text? It is to … .
A.
Entertain
the reader
B.
Inform
on a successful person
C.
tell
someone’s experience
D.
describe
a particular person
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Teks di atas
adalah teks deskriptif, tujuan komunikatif teks tersebut adalah mendeskripsikan
sesuatu yang khusus. Pada teks tersebut mendeskripsikan orang terkenal ‘Elizabeth’, maka jawaban
yang tepat c.
19.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi tersirat
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi tersirat
dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
Anne
is one of the … of George VI.
A.
Sisters
B.
Nieces
C.
daughters
D.
granddaughters
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Pada text di atas
tertulis Elizabeth adalah anak perempuan dari
George VI, dan Anne adalah anak perempuan dari Elizabeth, maka Anne adalah cucu perempuan
dari George VI.
20.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks deskriptif yang sama yang salah
satu katanya digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang makna kata/frasa/kalimat dari
kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“She possesses a sense of humorous rarely exhibited….”
The underlined word means….
A.
hidden
B.
found
C.
shown
D.
given
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Makna ‘exhibited’ yang tepat secara
konteks pada teks di atas adalah ‘shown’.
Read the text and answer questions
21 to 24.
|
21.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan gambaran umum
·
Indikator: Disajikan sebuah teks recount
tentang kejadian di suatu daerah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang gambaran umum dari teks tersebut
dengan tepat.
·
Soal:
The
text mainly discusses …
A.
the
story about terrible a earthquake
B.
the
writer’s experience with a big earthquake
C.
the
steps to avoid danger in your life
D.
the
description of a beach in Meulaboh
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Teks
di atas adalah teks recount yang menceritakan pengalaman seseorang, maka
jawaban yang tepat adalah b.
22.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan pikiran utama
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks recount yang sama, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang pikiran utama suatu
paragraph dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
What
is the main idea of the third paragraph?
A.
The
writer saw many fish on the sand.
B.
The
view of the beach was very exciting.
C.
The
writer liked to see the wave in the sea.
D.
Tsunami
occurred and destroyed everything.
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Pikiran utama pada paragraph
ketiga cluenya secara tersurat pada kalimat terakhir, terjadinya tsunami yang
menghancurkan segala-galanya.
23.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks recount yang sama, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi rinci
tersurat dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
Everybody in the beach was panic because …
A.
the
sun rose brightly
B.
there
was an earthquake
C.
the
beach was very enjoyable.
D.
there
was an amazing view in the sea.
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Pada
teks di atas dijelaskan orang-orang panic pada kalimat ke 2 dan ke 3. ‘Everybody in the beach was panic. We soon
realized that it was a very big earthquake’.
24.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks recount yang sama yang salah
satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang
makna kata/frasa/kalimat kata dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
“We
all seemed to be astonished by … .”
The
underlined word has the same meaning with …
A.
panicked
B.
amazed
C.
delighted
D. pleased
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Makna ‘astonished’ pada
teks di atas sama artinya dengan amazed, hal ini dapat dibaca dari konteksnya pada
kalimat ‘until we realized that there was
a huge wave coming towards us and destroying everything in its way’. Maka
makna yang tepat adalah b.
Read the text and answer questions 25 to 28.
![]() |
25.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi tersirat
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks recount tentang pengalaman seseorang, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang
informasi tersirat dari teks
tersebut dengan tepat
·
Soal:
When did the scouts
begin their fun camping programs?
A.
At night.
B.
In the evening.
C.
In the morning.
D.
In the afternoon.
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Pada paragraph
terakhir tertera ‘At 04.30 p.m…. start their fun caming rograms?’ Pukul 04.30 p.m menunjukkan waktu in the
afternoon.
26.
·
Kemampuan yang diuji: menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator: Disajikan
sebuah teks recount yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
The
scouts set their tents up.…
A. on
the mountain
B.
beside the road
C.
at the garden
D.
in the valley
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan:
Pada paragraph tiga,
kalimat pertama “…said the leader
while pointing at a garden.”,maka jawaban yang tepat adalah c.
27.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata/frasa
·
Indikator: Disajikan sebuah
kalimat yang dikutip dari teks recount yang sama yang salah satu kata ganti
digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata
ganti dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“… and some others cooked their lunch.”
(paragraph 3 line 5)
What
does the underlined phrase refer to?
A. The
teachers.
B.
The girl scouts.
C.
The boy scouts
D. The
leader of scouts.
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Mengacu pada kalimat
“After that, some girl scouts made a fire
while some others cooked their lunch.”, maka ‘some others’ mengacu pada girl
scouts.
28.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pikiran utama
·
Indikator: Disajikan sebuah
teks recount yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama suatu paragraf dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
What’s
the main idea of the third paragraph?
A.
The scouts set up their tents.
B.
The scouts came to the camping site.
C.
The scouts prepared everything for camping.
D. The
scouts started their activities in camping site.
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan:
Paragraph 3 menceritakan kegiatan peserta pramuka menyiapkan
segala sesuatu untuk berkemah, maka pikiran utama yang tepat adalah c.
Read the following text to answer questions
29 to 32.
![]() |
29.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran umum.
·
Indikator: Disajikan
sebuah teks procedure tentang membuat sesuatu, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang gambaran umum dari
teks tersebut dengan tepat
·
Soal:
What’s
the text about?
A.
The
instructions to prepare crisp roast duck.
B.
What’s
needed to make some food.
C.
The
steps to make a delicious food.
D.
How
to make crisp roast duck.
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Teks di atas adalah teks
prosedur, dari judulnya maka dapat diketahui teks tersebut tentang bagaimana
cara membuat ‘crisp roast duck’, maka jawaban yang tepat untuk pertanyaan
tersebut di atas adalah d.
30.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks procedure yang sama, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi rinci
tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
What
do we need to prick the skin of the duck?
A.
Salt.
B.
Black
pepper.
C.
A
sharp fork.
D.
Boiling-hot
water.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Jawaban pertanyaan di atas dapat
dibaca pada langkah kedua “Prick skin all over with a sharp fork.”, maka
jawaban yang tepat adalah c.
31.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks procedur yang sama, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi rinci
tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
What do we do to tighten the skin of the duck?
A.
Rinse
duck inside and outside.
B.
Prick
skin all over with a sharp fork.
C.
Pour
boiling-hot water over duck.
D.
Cool
the duck.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan di
atas, dapat dibaca pada langkah ketiga “Pour boiling-hot water over duck (to
tighten skin).”, maka jawaban yang tepat adalah c
32.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks prosedur yang sama yang salah
satu kata digaris bawahi, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa/kalimat dari kata yang
digaris bawahi tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“Prick skin all over with a sharp fork.”
What is the meaning of the
underlined word?
A.
Make
a small hole in something.
B.
Brush
something on the surface.
C.
Put
something on the body.
D.
Cut
something into small pieces.
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Makna dari kata kerja “Prick”
dapat di ketahui dengan clue kata “ a sharp fork”,maka jawaban yang tepat
adalah a
Read the text to answer
questions 33 to 36.
Little Brother,
Little Sister
Maltreated by their stepmother, who was a
witch, a little brother and sister fled into the woods. After
running for a while,
the brother said: 'I'm so thirsty. Let's find
a spring and have a drink.'
As the young boy bent down to drink, his sister heard a voice which
said: 'Who drinks from me will turn into a fawn.' it was the witch! Too late,
the sister tried to prevent her brother from drinking. The young boy changed
at once into a fawn. In tears, the little girl made a lead and collar out of
her belt, and led the fawn off into the woods. There they found an abandoned
cottage and lived together, far from any danger.
One day, however, the king was hunting in the woods, and he spied the
fawn, which could not resist the urge to wander away from the cottage. The
king and his hunters chased the fawn all the way back home. There, the king followed
it into the cottage, where he found a young girl stroking the frightened
animal. She was so beautiful and gentle that the king fell in love with her
at once. He asked her to be his wife, and his words caused the maiden to cry
for joy. When one of her tears fell on the fawn, it changed back to her
brother once more. Their goodness and love had overcome the witch's evil
spell, and they lived safely and happily with the king for ever after.
Taken from 366 and More Fairy Tales, 1990
|
33.
·
Kemampuan yang diuji:
Menentukan informasi tersirat
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks naratif fairy tale, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi
tersirat dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
Why did the brother
and sister flee into the woods? Because
….
A.
they had been maltreated by their stepmother
B.
they had been treated well by their stepmother
C.
they wanted to leave home
D.
they felt very happy
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Jawaban dari pertanyaan di atas dapat
dibaca pada paragraph 1 kalimat pertama
“Maltreated by their stepmother, who was a witch, a little
brother and sister fled into the woods.” Dengan clue kata yang digaris bawahi,
maka jawabannya adalah a.
34.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan rujukan kata
·
Indikator:
Disajikan sebuah kutipan kalimat yang kata gantinya digaris bawahi dari teks
naratif fairy tale yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan rujukan
kata ganti dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
“There, the king followed it into the
cottage..” The word it refers to ….
A.
cottage
B.
fawn
C.
wood
D.
home
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Jawaban
dari pertanyaan di atas dapat mengacu pada kalimat sebelumnya “The king and his
hunters chased the fawn all the way back home”
35.
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi tersirat
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks naratif fairy tale yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi
tersirat dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
What
caused the young boy turn into a fawn?
A.
He
left home into the woods.
B.
He
found an abandoned cottage.
C.
He
drank something and got cursed.
D.
He
said something bad to his mother.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Jawaban untuk
pertanyaan di atas terdapat pada paragraph 2 baris pertama dan kedua,yang
disimpulkan dia berubah menjadi anak rusa setelah minum dan mendapat kutukan,
maka jawaban yang tepat c
36.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator: Disajikan sebuah teks naratif
fairy tale yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
How did the fawn change back to be a young
boy?
A. When
the King asked for his sister to marry with him.
B. When
one of his sister’s tear fell on the fawn.
C. When
the king chased the fawn back home.
D. When
his sister cried for joy.
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Jawaban
dari pertanyaan di atas ditemui pada paragraph terakhir, kalimat “When one of
her tears fell on the fawn, it changed back to her brother once more.”, maka
jawaban yang tepat adalah b.
|
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan gambaran umum
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks naratif cerita pendek, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang gambaran umum dari
teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
The text tells
us about the queen ….
A.
was the most powerful queen in Arabia.
B.
was very proud of her beauty and riches.
C.
was very careful in deciding whom she would
marry.
D.
was very satisfied with the food given by the
sheiks.
·
Kunci
jawaban: c
·
Pembahasan: Cerita di atas adalah cerita seorang ratu
yang sangat hati-hati dalam mencari calon suami, maka jawaban yang tepat adalah
c.
Read the text and answer questions 38 to 40.
![]() |
|||
|
·
·
·
·
·
·
·
·
·
·
·
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi tersirat
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks naratif cerita pendek yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi
tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
· Soal:
The queen ordered her servants to give
the sheiks the same kind of food as that she got from them because she wanted ….
A.
to
entertain her guest
B.
to
test the sheik’s food
C.
to
see the sheik’s reactions
D. to repay the sheik’s kindness
· Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Pada paragraph 5 disimpulkan bahwa ratu akan mengujinya dengan melihat reaksi
para sheik setelah dihidangkan dengan makanan yang sama yang diberikannya pada
ratu.
|
· Kemampuan yang diuji: Menentukan nilai-nilai moral yang
terdapat pada cerita
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks naratif cerita pendek yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang nilai-nilai
moral dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal:
What’s the moral value that you
can learn from the story?
A.
Don’t
look at someone from the appearance.
B.
We
should make a party to decide something
C.
Don’t
trust easily to someone who has given a valuable thing.
D.
We
have to be careful in choosing the person to chase our life with.
· Kunci jawaban: d
·
Pembahasan:
Nilai moral dari cerita tersebut bahwa kita harus berhati-hati dalam memilih seseorang.
Maka jawaban yang tepat adalah d.
|
· Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan kata
· Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari
teks naratif yang sama yang salah satu
kata ganti digaris bawahi, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata ganti kata yang digaris
bawahi tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“One by one she had discarded them,…” The word ‘them’ refers to …
.
A.
three
sheiks
B.
servants
C.
Arabians
D.
suitors
· Kunci jawaban: d
·
Pembahasan:
Pada kalimat sebelumnya,”… powerful queen of Arabia,
had many suitors. One by one she had discarded them ..”, maka
them merujuk pada suitors.
|
|
· Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
· Indikator:
Disajikan sebuah teks label sebuah produk obat, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi rinci
tersurat dari teks tersebut dengan tepat
· Soal:
The text
is taken from the label of … produced by Pedia Care.
A. antibacterial lotion
B. fever medicine
C. cough syrup
D. antibiotic
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan: Jawaban dari pertanyaan di atas dapat dibaca
pada kalimat pertama dari label tersebut.
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat
· Indikator: Disajikan sebuah teks label yang sama, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa/kalimat dari teks
tersebut dengan tepat
· Soal:
“Pedia
Care Long Acting Cough, Liquid, Grape.”
The underlined word has the same meaning
as….
A.
fluid
B.
frozen
C.
gas
D.
hard
· Kunci jawaban: a
· Pembahasan: Makna yang sama untuk kata ‘liquid’ adalah
‘fluid’.
Read the text to answer questions 43 to 45.
![]() |
|||
|
·
Kemampuan yang
diuji: menentukan informasi tersirat
· Indikator: Disajikan sebuah teks report tentang gejala
alam, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dari
teks tersebut dengan tepat
· Soal:
When
does lunar eclipse happen?
A.
In
the morning.
B.
In
the afternoon.
C.
In
the evening.
D.
In the midday.
· Kunci
jawaban: C
· Pembahasan:
Jawaban pertanyaan di atas adalah kesimpulan dari paragraph 1 dan 2.
|
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pikiran utama
· Indikator: Disajikan sebuah teks report yang sama, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama suatu paragraf dari
teks tersebut dengan t
· Soal
· What is the main idea
of the third paragraph?
A. We can see the
surface of the Moon from the Earth.
B. The Sun is the
biggest planet in our solar system.
C. An eclipse never
happens at New or Full Moon.
D. The Sun and the
Moon rotate on the same line.
· Kunci jawaban: c
·
Pembahasan: Pikiran
utama paragraph 3, yaitu kalimat pertama dari paragraph tersebut.
|
· Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator: Disajikan sebuah teks report
yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci
tersurat dari teks tersebut dengan tepat
· Soal:
What will happen if the Moon's shadow crosses the
Earth's surface? There will be …
B. solar eclipse
C. new moon
D. full moon
· Kunci jawaban: b
· Pembahasan: Jawaban dari pertanyaan di atas dapat
dijumpai pada paragraph 1 dan 2
Read the text to answer questions 46 to 48.



|
· Kemampuan yang
diuji: Menentukan gambaran umum
·
Indikator: Disajikan sebuah teks sebuah
iklan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum dari
teks tersebut dengan tepat
·
Soal:
What is
the text about?
A.
The
benefits of a hotel in Bali.
B.
A
description of a hotel in Bali.
C.
An
information of a hotel in Bali.
D.
An
advertisement of a hotel in Bali.
·
Kunci
jawaban: d
·
Pembahasan:
Teks di atas adalah sebuah iklan hotel di Bali,
hal ini dapat dilihat pada kalimat pertama.
|
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator: Disajikan sebuah teks sebuah
iklan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi
rinci tersurat dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
Where should you go if you want to get
some meals?
A.
At
Sun loungers and pavilion terrace.
B.
At
the Laguna Pool Terrace.
C.
At
a tropical oasis.
D.
At
poolside.
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan: Jawaban
dari pertanyaan di atas dapat dijumpai pada paragraph 2 kalimat terakhir.
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat
· Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari
teks iklan yang sama yang salah satu
kata digaris bawahi, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa/kalimat yang digaris
bawahi tersebut dengan tepat.
· Soal
“… and pavilion areas create ample
space for …”
The
underlined word has same meaning with … .
A.
big
B.
wide
C.
large
D.
plenty
·
Kunci
jawaban: d
·
Pembahasan:
Secara kontekstual dapat dipahami makna ‘ample’ adalah ‘plenty’ yang berarti
‘banyak’ pada kalimat berikutnya yang menyebutkan beberapa ruang; ‘for leisure
and regular program of water sports and activities is held everyday’.
·
Read The following text for questions 49 to 52.

|
· Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator: Disajikan sebuah teks sebuah
email, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci
tersurat dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal:
What
is the sender’s e-mail address?
· Kunci jawaban:b
·
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi tersirat
· Indikator: Disajikan sebuah teks email yang sama, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
· Soal:
Why
does Wright require the brochures today?
A.
She
needs to fly to Canada.
B.
The
career fair has already started.
C.
Her
colleagues need the brochures for the next day.
D.
Her
colleagues are leaving at 12:00 a.m. tomorrow.
· Kunci jawaban: c
·
Pembahasan: Jawaban
untuk soal diatas adalah simpulan dari paragraph 2 kalimat terakhir
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan rujukan kata
· Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari
teks email yang sama yang salah satu kataganti
digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang
rujukan dari kata ganti yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
· Soal:
“…and they need the package that
contains … .” (paragraph 2). The word ‘they ‘ refers to … .
A.
my
colleagues
B.
your
colleagues
C.
Wright’s
colleagues
D.
customer’s
colleagues
· Kunci jawaban: c
·
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat
· Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari
teks email yang sama yang salah satu kata
digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna
kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
· Soal:
“Can you please investigate and
…” (paragraph 3). The underlined word can be replaced by … .
A.
ask
B.
find
C.
examine
D.
look for
· Kunci jawaban: c
· Pembahasan:
Makna kata yang tepat untuk ‘investigasi’ adalah ‘examine’.
For numbers 53 to 55,
choose the best options to complete the text
![]() |
|||
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks report dengan tiga rumpang yang masing-masing rumpang
diberi nomor, siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapi
teks tersebut.
· Soal:
A. easy
B. easier
C. easiest
D. more easy
·
Kunci jawaban: c
·
Pembahasan: Kata sifat yang paling tepat
untuk melengkapi teks di atas dalam bentuk superlative dari clue ‘The …’
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks report yang sama dengan tiga rumpang, siswa dapat
menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.
·
Soal:
A.
But
B.
However
C.
Although
D.
Therefore
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan: Kata penghubung yang tepat
untuk melengkapi teks di atas ‘although’ secara konteks.
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks report yang sama dengan tiga, siswa dapat menentukan kata
kerja yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.
·
Soal:
A.
call
B.
calls
C.
called
D.
calling
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan: Kalimat yang harus
dilengkapi adalah kalimat pasif, maka kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
adalah ‘called’
For numbers 56 to 58,
choose the best options to complete the text.
![]() |
|||
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks berupa surat dengan tiga rumpang yang masing-masing
rumpang diberi nomor, siswa dapat menentukan kata kerja bantu yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut.
·
Soal:
A.
. is
B.
are
C.
was
D.
were
·
Kunci jawaban: b
·
Pembahasan:
Jawaban yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ‘are’, hal ini dapat
dilihat dari kata ‘many places’
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks berupa surat yang sama dengan tiga rumpang, siswa dapat
menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.
·
Soal:
A.
. see
B.
. come
C.
. visit
D.
invite
·
Kunci jawaban: d
·
Pembahasan:
Jawaban yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ‘invite’,hal ini dapat
dibaca dari kalimat “… to have dinner with my family on Saturday. “
|
·
Kemampuan yang
diuji: Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
·
Indikator:
Disajikan sebuah teks berupa surat yang sama dengan tiga rumpang, siswa dapat
menentukan kata penutup surat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.
·
Soal:
A.
Dear
B.
Sign
C.
Love
D.
Happily
·
Kunci jawaban: c
·
|
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan susunan kata yang
tepat untuk membuat kalimat
·
Indikator: Disajikan kata-kata acak dari sebuah
‘compound sentence’, siswa dapat menentukan susunan kata yang tepat menjadi
kalimat tersebut.
·
Soal:
For questions 59,
choose the best arrangement of the words to make a good sentence.
Is –
but – beautiful – the
girl – attitude – bad – has – she -- a
1
2 3 4 5 6 7 8
9
A. 4 –
1 – 2 – 3 – 8 – 7 – 5 – 6 - 9
B. 4 –
1 – 8 – 3 – 2 – 7 – 6 – 5 - 9
C. 4 –
1 – 3 – 2 – 8 – 7 – 6 – 5 - 9
D. 4– 1
– 5 – 8 – 2 – 6 – 7 – 3 - 9
· Kunci jawaban: c
· Pembahasan:
Dalammembuat kalimat di mulai dengan subjek, dalam kalimat di atas dimulai
dengan ‘the girl’, maka susunan yang tepat adalah c.
|
· Kemampuan yang
diuji: Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraph yang padu
·
Indikator: Disajikan kalimat-kalimat
acak dari satu paragraph teks recount yang sederhana, siswa dapat menentukan
susunannya yang tepat
· Soal:
Arrange these sentences into a good
paragraph.

A.
4
– 5 – 7 – 9 – 6 – 10 – 1 – 2 – 3 – 8
B.
4
– 1 – 3 – 9 – 6 – 5 – 7 – 2 – 10 – 8
C.
4
– 7 – 1 – 9 – 6 – 5 – 10 – 2 – 3 – 8
D.
4
– 1 – 3 – 6 – 9 – 10 – 5 – 2 – 7 – 8
·
Kunci
jawaban: d
·
Pembahasan:
Susunan kalimat yang tepat adalah d, hal ini dapat dilihat dari kronologi
kejadiannya yang berurutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar