PAKET
3
CONTOH
SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA
INGGRIS SMP/MTS
Read
the caution and answer questions 1 to 4.

1.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indiktor: Disajikan sebuah pertanyaan
tentang gambara umum isi teks, siswa dapat menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
What is the caution about?
A. The
volcanoes and their effects.
B. The
danger of volcanic fumes.
C. The
women and their children’s health.
D. The
pregnant visitors of the mountain.
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Dari kata-kata
dalam caution seperti hazardous,
life-threatening, avoid dapat diketahui bahwa text ini tentang bahaya dari
gunung api dimana caution itu dipasang. Hal yang membahayakan itu berasal dari fumes (asap atau gas )yang berbahaya (
hazardous )
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalm teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan
informasi rinci tersurat yang tepat untuk melengkapinya.
·
Soal:
Visitors with breathing problems are not
allowed to visit the area because …
A.
the fumes can make them difficult to
breathe
B.
the fumes can enter the human’s lung
C.
it is very tiring to climb the volcano
D.
certain people cannot breathe well
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan:
Breathing problems dalam soal ini maksudnya orang yang menderita penyakit
terkait dengan pernafasan seperti asma. Bagi orang-orang seperti ini menghirup
bau yang ditimbulkan gunung api seperti bau blerang bisa membuat mereka tidak
mampu bernafas secara wajar bahkan susah bernafas dan efek selanjutnya bisa
menimbulkan kematian.
2.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalm teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pertanyaan
tentang informasi tersira dalam teks, siswa dapat menentukan jawabannya dengan
tepst.
·
Soal:
Where do you usually find such a
caution?
A.
At all public places with non domestic
visitors
B.
Any places visited by tourists.
C.
On all the mountains with few visitors
D.
At the volcanoes for tourist resorts
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Pertanyaan
menanyakan informasi tersirat. Dari clue berupa kata seperti volcanic, bisa disimpulkan bahwa caution
seperti ini biasa dijumpai di gunung api-gunung api khususnya yang juga
berfungsi sebagai tempat wisata.
3.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata sifat tertentu yang digaris bawahi,
siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“…. are hazardous to your health
..”
What does the underlined word in the
sentence mean?
A.
Dreadful.
B.
Dangerous.
C.
Uneasy.
D.
Serious.
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Berdasarkan
konteks kalimat atau kata-kata lain seperti health=kesehatan,
life-threatening= mengancam kehidupan, dan avoid= menghindari, bisa dipastikan bahwa makna kata hazardous sama dengan dangerous, bukan yang lain-lainnya.
Read the text and answer questions 5 to 10.
|
4.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Menentukan gambaran umum isi teks.
The
text above … .
A.
expresses one’s pleasure on Euis’s achievement
B.
invits Euis to attend a special school
activity
C.
informs Euis about her ambitions to be
the best
D.
reminds Euis of her good attitude in
learning
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan:
Dari bentuk teks dan kata
congratulations dapat diketahui bahwa maksud penulis adalah untuk memberi
ucapan selamat atas keberhasilan Euis. Dengan demikian teks di atas berisi tentang ungkapan kebahagiaan oran atas
keberhasilan Euis. Jawaban yang paling tepat adalah A
5.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang pokok pikiran suatu paragraph, siswa dapat
menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
What is the main idea of paragraph 2?
A.
Euis is very sure that she can study in
the best school in town.
B.
Deny’s goal is to keep studying so he
can be successful.
C.
Deny expresses his hope that Euis can
study at the best school.
D.
People like Deny and Euis should be
successful.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Dari arti
kata-kata dalam paragraph dua dapat dikatakan bahwa apa yang ingin disampaikan
adalah Deny menginginkan sahabatnya Euis sukses mencapai cita-cita belajar di
sekolah favoritnya. Dengan demikian jawabannya adalah C.
6.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks, siswa
dapat menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
·
Who
misses so much?
A.
Euis chantika does.
B.
Euis Chantika’s friends’ do.
C.
Euis Chantika’school does.
D.
Euis Chantika’friend does.
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Untuk
mendapatkan jawaban pertanyaan ini, kita harus mengecek kebenaran setiap
jawaban dengan informasi yang ada di teks. Dari ke empat informasi itu jawaban
D adalah jawaban yang salah atau incorrect
berdasarkan teks. Jadi jawaban soal adalah D
7.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pertanyaan
tentang informasi tersirat dalam teks, siswa dapat menentukan jawabannya dengan
tepat.
·
Soal:
What is the possible relationship between Euis
and the writer?
A.
Euis is his beloved sister.
B.
The writer is Euis’s brother.
C.
Both belong to a successful family.
D.
The writer is Euis’s special friend.
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Dari kalimat who
misses you so much, dapat disimpulkan bahwa Euis boleh jadi adalah teman
khusus si penulis. Jawaban lainnya tidak didukung oleh clue-clue yang pas dalam teks. Jadi jawaban D yang paling tepat.
8.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat ungkapan tertentu dalam teks, siswa dapat
menentukan makna ungkapan tersebut dengan tepat.
·
Soal:
The writer of the
text said, “Well done”.
The synonym of this expression is … .
A.
Take care!
B.
Good for you!
C.
How dare you!
D.
Good luck!
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Well done adalah ungkapan untuk memuji orang
karena telah berhasil melakukan sesuatu dengan baik. Padanan ungkapan yang
tepat untuk ini adalah Good for you. Ungkapan lainnya tidak cocok. Jadi jawaban yang benar
adalah B.
9.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu siswa dapat menentukan
kata yang tepat yang dirujuknya.
·
Soal:
“Besides, they must be very proud of
your accomplishment.”
What does the word “they” in the
sentence refer to?
A.
Deny’s friends.
B.
Euis’ parents.
C.
Deny and Euis.
D.
Euis’ classmates.
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Arti kata they
adalah mereka. Tentu saja yang dimaksud disini ayah dan ibu dari Euis sendiri,
bukan yang lain-lainnya. Jadi
jawaban yang benar adalah B.
Read the text and answer questions 11 to 16.
![]() |
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pernyataan
yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan gambaran umum isi teks
yang tepat.
·
Soal:
The text is about … to her children.
A.
a mom’s love expression
B.
folks’ willingness
C.
father’s information
D.
a mother’s message
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Dari isi teks jelas diketahui
bahwa ada seorang ibu yang tidak bisa pulang sebagaimana biasanya, lalu ia
menyampaikan pesan tentang hal-hal yang anak-anaknya harus lakukan di rumah. Dengan demikian teks di atas tentang
pesan-pesan si Ibu pada anak-anaknya. Jawaban D paling tepat untuk soal
di atas.
10.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraf teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf teks, siswa dapat
menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
What
does the second paragraph tell you about?
A.
Children’s task to remind their father’s
promise.
B.
Father’s job to cook for dinner for his
family at home.
C.
Mother’s chores to do at home for her family
D.
The time when father returns from the
office on that day.
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Dari makna
kalimat- kalimat dalam paragraph dua jelas yang menjadi topic pembicaraan
diparagraf itu adalah tugas anak-anak untuk mengingatkan ayah mereka akan
janjinya untuk memasak makanan malam bagi keluarganya. Dengan demikian jawaban
yang tepat adalah A.
11.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapinya
dengan informasi rinci tersurat yang tepat.
·
Soal:
The writer writes the text
because she …
A.
needs her children’s help
B.
cannot cook for her family
C.
will come home late
D.
has to go with her husband
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Si penulis harus
memimpin suatu rapat di tempatnya bekerja sehingga ia baru bisa pulang pada jam
tujuh. Dengan demikian ia menulis pesan itu karena ia akan
pulang tidak seperti biasanya atau terlambat. Jadi jawaban yg paling tepat
adalah C.
12.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pernyataan
yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan informasi tersirat yang
tepat dalam teks.
·
Soal:
The text shows that the writer’s
husband … cook well.
A. can
B. won’t
C. can’t
D. has
to
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Dari kalimat to prepare dinner for us as
he promised to fix us grilled snapper and chicken soup, kita bisa
menyimpulkan bahwa suami si penulis biasa memasak. Dengan demikian ia pasti bisa memasak dengan enak.
Jadi jawaban A yang paling tepat.
13.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata benda tertentu yang digaris bawahi,
siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“Please
don’t forget to do all your chores. “
What does the underlined word mean?
A.
Special cares.
B.
Routine tasks.
C.
School assignments.
D.
Job descriptions.
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Setelah kata chores dalam teks ada kalimat yang
menunjukkan pekerjaan-pekerjaan yang yang rutin dilakukan orang di rumah. Dengan
demikian kata ini mestinya terkait dengan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Arti
kata yang tepat diambil dalam konteks ini adalah jawaban routine tasks. Jadi jawaban yang benar adalah B.
14.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang memuat
kata ganti tertentu dalam teks, siswa dapat menentukan kata yang tepat yang
dirujuknya.
·
Soal:
“To : All …”
What does the word “All” in the text
refer to?
A.
The mother and father.
B.
The husband and wife.
C.
The writer’s children.
D.
All members of familly.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Arti kata all berarti semua. Tentu saja yang
dimaksud di sini adalah seluruh anak-anak si penulis. Jadi jawaban C yang
paling tepat.
Read the text and answer questions 16 to 22.
Dear Dr. Hambali Sahali,
We would like to
invite you and your staff to visit our school SMP Duta Bangsa, where we are
engaged in an exciting service learning project.
Service-learning
is a teaching method that engages our students in solving problems within their
school and communities as an integral part of their academic studies. It is
hoped that students master important curriculum content by making meaningful
connection between what they study and its real-life applications. Besides,
students become more effective citizens through acts of kindness, community
stewardship and civic action. This effort is made possible with support from
Learn and Serve America, a program of the corporation for National and
Community Service.
May we suggest
that you visit us on January 11, 2010 at 10 o’clock? This will give you an
opportunity to see our program in action. We have also invited our community
partners, members of the local media, and several families of students whom we
serve. They are eager to talk to you about the importance of investing in
service-learning activities in our local community.
We have enclosed
a one page profile of our program for your reference. I will contact your
office within the next two weeks to follow-up on this invitation. Again, we do
hope you can join us on this occasion.
Thank you very
much for your consideration.
Sincerely,
Andy Sehatapi
15.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang
tidak lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan gambaran umum isi teks yang
tepat.
·
Soal:
The text above is about … .
A. having
a National and Community Service
B. doing
a program to promote better education
C. informing
someone about a special program
D. inviting
people to attend a school activity
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Bila dibaca secara menyeluruh,
maka kita dapat menentukan bahwa teks di atas tentang mengundang seoseorang dan
stafnya untuk menghadiri suatu acara yang diselenggarakan sekolah. Dengan
demikian jawaban yang paling tepat adalah D.
16.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang pokok pikiran suatu paragraph, siswa dapat
menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
·
What does the second paragraph of the text
tell us about?
A. The
persons who have been invited.
B. The
purpose of service-learning project.
C. The
importance of local media in project.
D. The
opportunity to see a program in action.
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Soal di atas menanyakan topic suatu paragraph. Dari
kata-kata pada paragraph tersebut dapat diketahui bahwa paragraph tersebut
tentang tujuan diadakannya kegiatan service
learning project, bukan yang lainnya. Dengan demikian jawabannya adalah B.
17.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan informasi
rinci tersurat yang tepat untuk melengkapinya.
·
Soal:
Dr. Sahali is supposed to come on January
11, 2010 to … the service learning project in action.
A. enable him to watch
B. get a special experience with
C. open officially
D. ask questions related to
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Dari teks
terbaca bahwa mengapa Dr. Sahali diminta datang pada hari itu karena ia
diharapkan dapat melihat program yang dilakukan sekolah itu sewaktu sedang
berlangsung. Jadi jawaban A adalah jawaban yang paling tepat.
18.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang
tidak lengkap, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang tepat untuk
melengkapinya.
·
Soal:
The text shows
that Dr. Hambali Sahali is …
A. new school principal
B. government official
C.
teacher on duty
D.
next teacher
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Dari kata staff,
dan office dalam teks di atas kita
bisa menyimpulkan bahwa Dr. Sahali mestiya seorang pejabat pemerintahan, dan
jawaban yang lainnya kurang didukung oleh clue.
Jadi jawaban B yang paling tepat.
19.
· Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·
Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang
memuat kata kerja tertentu yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna dari
kata tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“ … and several
families of students whom we serve.”
What does the
underlined word mean?
A. Work
for.
B. Start
doing.
C. Spend
time.
D. Provide
food.
·
Kunci
jawaban: A
· Pembahasan:
Kata serve memiliki banyak arti misalnya
memberi makanan, memulai suatu permaianan atau bekerja untk membantu orang
lain. Dalam kalimat ini arti yang tepat adalah melakukan
sesuatu untu keperluan orang lain. Maka makna kata
tersebut yang tepat adalah pada jawaban A.
20.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuatkata ganti tertentu, siswa dapat menentukan
kata yang dirujuknya dengan tepat.
·
Soal:
“This will give you an
opportunity to see our program in action.” (par. 3)
What does the word “this” in the
sentence refer to?
A.
The school cooperation.
B.
The principal’s program.
C.
The effort of the school.
D. Dr.
Sahali’s visiting time.
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Arti kata this
adalah ini. Tentu saja yang dimaksud kata ini adalah waktu kedatangan Dr.
Sahali pada tanggal dan jam tersebut, bukan yang lain-lainnya. Jadi jawaban
yang benar adalah D.
Read
the text and answer questions 23
to 28.
INSTEAD TM Softcup TM
Simply Loved by Ning Baizura
INSTEAD TM Sofcup TM is an
advanced menstrual care product that collects rather than absorbs menstrual
fluid.
It is the only sanitary care product that health
professionals and gynecologists strongly recommend as the new standard for
sanitary care.
INSTEAD TM Softcup TM is cleared by the U.S FDA and has sold over
100 million units in America.
INSTEAD TM Softcup TM is
discreet and has neither strings nor wings.
It is dioxin-free, latex-free and has no reported
incidents of Toxic Shock Syndrome.
INSTEAD TM Softcup TM can be
worn for up to 12 hours, depending on the flow.
Health Sciences Group
Living a better life
Available
online at: www.sofcup-asia.com.
|
![]() |
21.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pertanyaan
tentang gambaran umum isi teks, siswa dapat menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
What
does the text mainly tell you about?
A. INSTEAD
TM Softcup TM .
B. Health
Sciences Group.
C. Toxic Shock Syndrome.
D. Living
a better life.
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan:
Bila dibaca secara menyeluruh,
maka kita dapat menentukan bahwa teks di atas tentang suatu produk yang
bermerek InsteadTM SoftcupTM. . Dengan demikian jawaban
yang paling tepat adalah A.
22.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapinya
dengan pokok pikiran paragraph yang tepat.
·
Soal:
·
The second paragraph of the text tells you
that InsteadTM SoftcupTM is .. .
A. the
best product for all people
B. gynecologists
for all women
C. the
only recomended sanitary care product
D. the
professionals in sanitary.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Soal di atas menanyakan topic suatu paragraph. Dari
kata-kata pada paragraph tersebut dapat diketahui bahwa paragraph ini
menjelaskan tentang InsteadTM SoftcupTM sebagai satu-satunya
product perawatan kebersihan. Dengan demikian jawabannya adalah C.
23.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat
dalam teks.
·
Soal:
The
text shows that the … suggest women to use INSTEAD TM Softcup TM
.
A.
all professionals
B.
some scientists
C.
all doctors
D.
gynecologists
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Bila dicek
setiap jawaban di atas dengan informasi tentang produk ini, dapat diketahui
bahwa jawaban A,B dan C salah. Hanya jawaban D yang tepat. Dengan demikian
jawaban D adalah jawaban yang paling tepat.
24.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pernyataan
yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang tepat untuk
melengkapinya
·
Soal:
The text shows that the
product is … to be worn by people.
A.
dangerous
B.
interesting
C.
safe
D.
hard
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan: Teks tersebut secara umum
menggambarkan bahwa produk tersebut
aman bagi wanita. Informasi ini
diperoleh pada paragraph 2
25.
· Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·
Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang
memuat kata kerja tertentu, siswa dapat menentukan makna kata yang tepat dari
kata tersebut.
·
Soal:
“INSTEAD TM
Softcup TM is cleared by
the U.S FDA and ….”
What does the
underlined word mean?
A.
consumed
B.
authorized
C.
ordered
D.
made
·
Kunci jawaban: B
· Pembahasan:
Kata clear
memiliki banyak arti misalnya mendapatkan, menyelesaikan, menghapus dan
mendapat otorisasi. Dalam kalimat ini arti yang tepat adalah diberikan
otorisasi. Maka makna kata tersebut yang tepat adalah pada jawaban B.
26.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat
menentukan kata yang dirujuknya dalam teks dengan tepat.
·
Soal:
“It
is the only sanitary care product that health professionals and gynecologists
strongly recommend…”
What
does the word “it” in the sentence refer to?
A.
The new standard.
B.
INSTEAD TM Softcup TM
C.
The menstrual fluid.
D.
The sanitary care.
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Arti kata it adalah
dia. Kata ganti ini mengganti kata
benda produk yang bernama INSTEAD TM Softcup TM . Jadi jawaban yang benar
adalah B.
Read the letter and answer questions 29 to 34.
|
27.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi pernyataan rumpang dengan gambaran umum isi teks dengan
tepat.
·
Soal:
The
letter is meant to … Wirdatul Amimy.
A. entertain
B. congratulate
C. greet
D. invite
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Bila dibaca kita dapat mengetahui
bahwa surat di
atas dimaksudkan untuk mengundang Wirdatul. Jawaban lain kurang tepat. Dengan
demikian jawaban yang paling tepat adalah D.
28.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan topic
paragraph yang tepat ntuk melengkapinya.
·
Soal:
The third paragraph of the
text tells you about the writer’s … .
A. intention
to visit her friend
B. family
in her new address
C. plan
to continue her study
D. ability
to make a good plan
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Soal di atas menanyakan topic suatu paragraph. Dari
kata-kata pada paragraph tersebut dapat diketahui bahwa paragraph ini
menjelaskan tentang keinginan/ harapan penulis untuk dapat berkunjung ke rumah
Aiping. Dengan
demikian jawabannya adalah A.
29.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Soal:
Wirdatul
asked Aiping to … to inform her anything.
A. email
B. phone
C. visit
D. write
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Bila di cek
kebenaran setiap jawaban di atas berdasarkan isi teks, dapat diketahui bahwa
hanya jawaban A yang benar. Dengan demikian jawaban soal ini adalah A.
30.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pernyataan
yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang tepat untuk
melengkapinya.
·
Soal:
The text shows that Aiping
lives … now.
A. next
to Wirdtul’s parents
B. near
Wirdatul’s friend
C. far
from Malang
D. around
the city
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Dari kalimat I
have moved to Malang now, bisa disimpulkan
bahwa Aiping tinggal jauh dari kota Medan. Kata Medan tidak akan disebut bila Aiping juga
tinggal di Medan. Jadi jawaban C yang paling tepat.
31.
· Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·
Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang
memuat ungkapan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang
arti kata tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“We have shared a lot of ups
and downs throughout the past years…”
The phrase “ups and downs” in the
sentence means having … .
a.
both good and bad fortune
b.
happiness and luck
c.
great and poor experiences
d. easy
and difficult time
·
Kunci jawaban: A
· Pembahasan:
Dari kata shared, throughout the past years, dapat
dipastikan jawaban yang paling mendekati adalah A, bukan yang lainnya. Maka makna kata tersebut yang tepat adalah pada jawaban
B.
32.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat ang memuat kaa ganti tertentu, siswa dapat menentukan
kata yang dirujuknya dalam teks dengan tepat.
·
Soal:
“ …. so we can plan to get together.”
(paragraph 3)
What does the word “we” in the
sentence refer to?
A. Aiping
and her friends.
B. Wirdatul
and her parents.
C. Wirdatul’s
parents.
D. Aiping
and Wirdatul.
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Arti kata we
dalam konteks ini adalah kita bukan kami. Kata kita disini merjuk pada Wirdatul
dan Aiping. Jadi jawaban yang paling benar adalah D.
G.
ANNOUNCEMENT
Read the text and answer questions 35 to 40.
JAKARTA GLOBAL JUNIOR HIGH SCHOOL
We
are delighted to announce the appointment of Mr Erick Viagio as our new
football coach.
Prior
to his appointment with Jakarta Global Junior High School,
Mr Viagio was the coach of Junior Club Brazil.
Mr
Vaigio is highly experienced and has enjoyed an active role within the football
clubs for children in Brazil.
He has a strong understanding on how to make our football club the best in
town.
Mr Viagio, a Brazilian, speaks English and Indonesian as well as a
couple of Chinese dialects. He spent five years living and working in the
cosmopolitan city of Jakarta and is extremely
familiar with Indonesia’s
diverse culture and traditions.
Principal,
Jim
Harrison
|
![]() |
33.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi kalimat yang tidak lengkap dengan gambaran umum isi teks
yang tepat..
·
Soal:
The text above
tells you about Mr Viagio’s … as the new school football coach.
A.
ambition
B.
promise
C.
appointment
D.
experience
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan:
Bila dibaca secara menyeluruh, maka
kita dapat mengetahui bahwa pengumuman di atas berisi tentang pengangkatan
seseorang menjadi pelatih sepak bola. Dengan
demikian jawaban yang paling tepat adalah D.
34.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban yang tepat untuk melengkapi pernyataan rumpang
dengan pokok pikiran paragraph suatu teks.
·
Soal:
The second paragraph of the text tells
you Mr. Vaiagio’s….
A. current
position
B. previous
job
C. next
carrier
D. football
team
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Soal di atas menanyakan topic suatu paragraph. Dari
kata-kata pada paragraph tersebut dapat diketahui bahwa paragraph ini
menjelaskan tentang pekerjaan yang dulu Bp. Viagio lakukan yaitu sebagai
pelatih klub sepak bila Brazil. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat
adalah B.
35.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks, siswa
dapat menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
How many foreign languages does Mr
Viagio speak?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Dari teks
diketahui bahwa bahasa Pak Viagio adalah bangsa brazil
dan dia mampu berbahasa Inggris,
Indonesia dan
china. Dengan demikian bahasa asing yang ia kuasai berjumlah 3, tidak termasuk
bahasa aslinya sendiri. Dengan demikian jawaban soal ini adalah C.
36.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pernyataan
yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam teks yang
tepat untuk melengkapinya.
·
Soal:
The text shows that Mr. Viagio …
A. used
to avoid working with children
B. likes children very much
C. dislikes
playing football with boys
D. is
not a Brazilian anymore now
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini semua jawaban harus di kaji
kebenarannya, baik yang tersurat maupun yang tersirat. Dari jawaban di atas
hanya jawaban B yang benar; yang lainnya salah. Jadi jawaban B yang paling
tepat.
37.
· Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat dari teks yang memuat kata benda tetentu, siswa dapat
menentukan makna kata yang tepat dari kata tersebut.
·
Soal:
“ …. and is extremely familiar with Indonesia’s diverse culture
and traditions.”
What
does the underlined word mean?
A.
Attractive.
B.
Different
C.
Interesting
D.
Exclusive
·
Kunci jawaban: B
· Pembahasan:
Dari pengetahuan
orang tentang Indonesia
dan kata culture and tradition, orang
dapat menduga bahwa yang dimaksud kata diverse
dalam kalimat ini adalah berbeda-beda. bukan yang lainnya. Maka makna kata tersebut yang tepat adalah pada jawaban
B.
38.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator:
Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Soal:
“He
spent five years living and working in the cosmopolitan city …” (par. 4)
What does the word “he” in the sentence refer to?
A.
Mr Viagio.
B.
The teacher.
C.
The principal.
D.
The writer.
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan:
Kata ’he’
mengacu kepada Mr Viagio, hal ini dapat dilihat dari kalimat sebelumnya.
Read
the text and answer questions 41
to 46.
REALLY
NEW FOR YOU!
Dahlia Closet Freshener emits fresh fragrance
throughout the room.
How to use:
Take out the camphor from plastic case, remove
transparent cellophane wrapper and put into the plastic case again. Hang it
in the wardrobes, toilet or any other necessary place.
Caution:
Keep out of reach of children.
|
![]() |
39.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum dengan tepat.
·
Soal:
What is the text about?
A. Really
New For You.
B. Fresh
Wardrobes.
C. Dahlia
Closet Freshener.
D. Cellophane
Wrapper
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan:
Bila dibaca secara menyeluruh, maka kita
dapat mengeneralisir bahwa teks membahas
tentang Dahlia Closet Freshener.
Dengan demikian jawaban yang paling
tepat adalah C.
40.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap tentang pokok pikiran suatu paragraph
teks, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat untuk melengapinya.
·
Soal:
The second part of the text tells you
about the way … the product.
A. to
make
B. to
use
C. to
sell
D. to
get
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Bagian kedua
dari teks jelas berisi tentang bagaimana orang semestinya memakai produk
tersebut. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah B.
41.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap tentang informasi rinci
tersurat, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat untuk melengapinya.
·
Menentukan
informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Soal:
The text shows that the cellophane
wrapper of camphor must be … before using.
A.
taken away
B.
wrapped
C. crushed
D. cut
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Dari teks
diketahui bahwa produk tersebut dibungkus dan sebelum dipakai ia harus di
sobek/ digunting dulu bungkusannya baru ditempatkan di wadahnya. Dengan
demikian jawaban soal ini adalah D.
42.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pertanyaan
tentang informasi tersirat dalam teks, siswa dapat menentukan jawabannya dengan
tepat.
·
Soal:
Which of the following places does not
need this product based on the text?
A.
In the wardrobe.
B.
In the rest room.
C.
In the book cases.
D.
In the refrigerator.
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini semua jawaban harus di kaji
kebenarannya, baik yang tersurat maupun yang tersirat. Dari jawaban di atas
hanya jawaban D yang jelas-jelas tidak memerlukan produk ini karena sangat
berbahaya; yang lainnya salah. Jadi jawaban D yang paling tepat.
43.
· Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ungkapan.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang diambil dari teks, siswa dapat menentukan makna
dari kalimat tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“Keep out of reach of children.”
The sentence is meant … users.
A. to
warn
B. to
stop
C. to
offer
D. to
help
|
·
Kunci jawaban: A
· Pembahasan:
Kalimat
“Keep out of reach of
children.” merupakan kalimat perintah yang maksudnya agar produk itu dijauhkan
dari anak-anak. Anak-anak bisa saja tanpa sadar memakan produk itu dan ini
membahayakan kesehatan MEREKA. Maka makna kata tersebut yang tepat adalah pada
jawaban A.
44.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang diambil dari teks yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat menentukan kata yang
dirujuknya dengan tepat.
·
Soal:
“Hang it in the
wardrobes, toilet or any other necessary place.”
What does the word “It” in the sentence refer to?
A.
The toilet
B.
The wardrobe
C.
The plastic case.
D. Dahlia
Closet Freshener.
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Arti kata it dalam konteks ini adalah dia – maksudnya
produk tersebut, bukan yang lainnya. Jadi jawaban yang paling
benar adalah A.
Read
the text and answer questions 47 to 52.
Steve Irwin was known
around the world as the enthusiastic crocodile hunter. His up-close
interactions with dangerous animals, along with his Australian accent and
catchword “Crickey”, made him an international celebrity, generating TV
specials, board games, action figures and even a feature film “The Crocodile
Hunter: Collision Course.”
Irvin, who was born in
1962, grew up with wildlife all around him at his parents’ reptile park in Queensland, Australia. An experienced crocodile
trapper, he took over direction of the park in 1991, naming it the Australia
Zoo. With his wife, Terri Raines, from the United States, he created the TV
show “The Crocodile Hunter” in 1992, which became an instant hit on American
cable television. Irwin and his wife were soon regulars on TVs worldwide.
Irvin’s shows included “CroFiles”(2000), “The Crocodile Hunter Diaries”(2002),
“Confessions of the Crocodile Hunter’(2004) and “New Breed Vets”(2006)
On September 4, 2006,
Irvin was sadly killed by a stingray during a diving expedition on the Great Barrier Reef, where he was filming a documentary.
He left behind a wife and two children, Bindi and Robert. Bindi, his daughter,
has starred in her own show, “Bindi the Jungle Girl,” and says she wants to
follow in her father’s footsteps.
45.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi pernyataan rumpang dengan gambara umum isi teks.
·
Soal:
The text mostly discusses … .
a. Terri
Raines
b. Bindi
c. Robert
d. Steve
Irvin
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Bila
dibaca secara menyeluruh, maka kita dapat mengeneralisir bahwa teks tentang Steve Irvin. Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah D.
46.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang pokok pikiran paragraph, siswa dapat
menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
What does paragraph 3 tell you about?
A. The
danger of reef.
B. The
Irvin’s death.
C. The
great expedition.
D. Irvin’s
children.
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Bila dibaca
pararaf dua teks diatas, jelas berisi tentang kematian Irvin. Dengan demikian
jawaban peranyaan yang tepat adalah B.
47.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks, siswa
dapat menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
Which is the last TV show he created?
A. The Crocodile Hunter.
B.
The Crocodile Hunter Diaries.
C.
New Breed Vets.
D.
Confessions of the Crocodile Hunter.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Dari teks
terutama informasi tentang film yang dibuat berdasarkan tahun diketahui bahwa
film terakhir Irvin adalah pada jawaban C. Dengan demikian jawaban soal ini
adalah C.
48.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pernyataan
yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang tepat untuk
melengkapinya.
·
Soal:
In
the last paragraph, the writer expresses his … for Irvin’s death.
A.
grief
B.
happiness
C.
appreciation
D.
curiosity
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Dari kata sadly dapat disimpulkan
bahwa penulis teks ini merasa sangat sedih atas kematian Irvin hanya karena
seekor ikan kecil. Jadi jawaban A yang paling tepat.
49.
· Kemampuan yang diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat/
ungkapan.
·
Indikator: Siswa dapat menentukan makna
frasa yang tepat sesuai konteks.
·
Soal:
“ …. he took over
direction of the park in 1991, naming it the Australia Zoo.”
What does the phrase “took over” mean?
A.
Bought.
B.
Hired.
C.
Led.
D.
Began.
·
Kunci jawaban: C
· Pembahasan:
Ada beberapa makna frasa took over. Namun dalam konteks kalimat di atas makna yang paling
tepat adalah memimpin; sedangkan jawaban yang lain-lainnya kurang tepat. Jawaban
C jadi yang paling tepat.
50.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan
kata dalam teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan kata yang dirujuk oleh sebuah kata ganti dalam teks
dengan tepat.
·
Soal:
“ …. and says she wants to follow
in her father’s footsteps.” (last paragraph)
What does the word “she” in the sentence
refer to?
A.
Terry Raines.
B.
Bindi
C.
Robert’s daughter.
D.
Bindi’s friend.
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Arti kata she
dalam konteks ini adalah dia – maksudnya puteri Irvin, bukan yang lainnya. Jadi
jawaban yang paling benar adalah B.
Read
the text and answer questions 53 to 58.
On July 20, 1969, the
dream to visit the moon came true. Two American astronauts landed on the moon.
Their names were Neil Armstrong and Edwin Aldrin.
The first thing the men
discovered was that the moon is covered with gray dust. The dust is so thick
that the men left footprints wherever they walked. Those were the first
footprints any living thing had ever made on the moon. And they could stay
there forever! There is no wind or rain to wipe them away.
The two astronauts
walked on the moon for four hours. They picked up rocks for earth scientists to
study. They dug up dirt to bring back to earth. They set up machines to find
out things scientists wanted to know. Then they climbed back into their moon-landing
craft.
Next day the
landing-craft rockets roared as the two men blasted off from the moon. They
joined Michael Collins in the space ship that waited for them above the moon.
Then they began the long trip back to earth.
Behind them they left
the craters, plains, and tall mountains of the moon. They left the machines
they had set up. And they left footprints that may last forever.
51.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks dengan
tepat.
·
Soal:
What is the text about?
A. Two
men who successfully landed on the moon.
B. The
moon -landing craft used by astronauts.
C. People’s
visits to the space through the moon.
D. The
craters, plains and mountains of the moon.
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan:
Bila
dibaca secara menyeluruh, maka kita dapat mengatakan bahwa teks tentang dua
orang (astronot) yang berhasil mendarat di Bulan, bukan hal lainnya.
Dengan demikian jawaban yang paling
tepat adalah A.
52.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran suatu paragraph
dengan tepat.
·
Soal:
What does the third paragraph tell you
about?
A. Taking
a walk on the surface of the moon.
B. Landing
the first moon-landing craft.
C. The
astronauts’ activities on the moon.
D. The
research done by earth scientists.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Bila dibaca
paragraf tiga teks di atas, jelas berisi tentang kegiatan astronot di bulan;
bukan yang lainnya. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah C.
53.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dalam teks yang tepat untuk
melengkapi pernyataan rumpang yang diberikan.
·
Soal:
Neil Armstrong’s footprints could stay
forever on the moon because ... .
A. they
are made of hard rock of the moon
B.
they were set up by machines and strong
dirt
C.
they were placed on the tall mountains
of the moon
D. there
is no wind or rain to wipe them away
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Dari teks
diketahui ada kalimat yang memberi alasan mengapa bekas tapak kaki Neil tidak
bisa hilang yaitu karena tidak adanya angin atau hujan disana. Dengan demikian jawaban soal ini adalah D.
54.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Siswa dapat menentukan
informasi tersirat dalam teks yang tepat untuk melengkapi pernyataan rumpang
yang diberikan
·
Soal:
Based on the text, it can be
concluded that the situation in the moon is very …
A.
noisy
B.
quiet
C.
common
D.
crowded
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Dari kalimat
seperti the moon is covered with gray
dust dan There is no wind or rain to
wipe them away, dapat disimpulkan bahwa suasana di bulan sangat sepi, tapi
bisa mungkin sangat menarik, tidak biasa, dan yang pasti tidak crowded seperti suasana di bumi. Jadi jawaban yang paling
tepat adalah B.
55.
· Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·
Indikator: Siswa dapat menentukan makna kata
suatu kata dalam kalimat dengan tepat.
·
Soal:
“And they left footprints that may last
forever.”
What does the word “forever” mean?
A. For
all future time.
B. In
the near future.
C. In
the long run.
D. For
the time being.
·
Kunci jawaban: A
· Pembahasan:
Dari
sejumlah pilihan di atas, makna forever
yang tepat adalah pada jawaban A yang artinya selamanya. Jawaban yang
lain-lainnya kurang tepat. Jawaban A jadi yang paling tepat.
56.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat menentukan
kata yang dirujuknya dalam teks.
·
Soal:
“They joined … in the space
ship that waited for them above the moon.” (par.4)
What does the word “them” in the sentence refer to?
A.
Neil Amstrong and his three crews
B.
Edwin Aldrin and his Michael Collins
C.
Michael Collins and all his friends
D.
Neil Armstrong and Edwin Aldrin
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan:
Arti kata them dalam konteks ini adalah mereka –
hanya ada tiga orang yang melakukan perjalanan dalam misi ini. Karena Collins
menunggu mereka, berari yang dimaksud tentu saja hanyalah Neil Armstrong dan Edwin Aldrin, bukan yang
lainnya. Jadi jawaban yang paling benar adalah D.
Read the text and answer questions 59 to 64.
Fruits are a source of
nourishing substances that keep us alive and healthy. For example, they contain
many vitamins, especially vitamins A and C, and many minerals, such as calcium,
potassium, and zinc. They also provide fiber for a healthy digestive system and
carbohydrates that the body needs to make energy. They don’t have a lot of
calories to make us fat.
People use fruits for
many things. We make juices from them. We cook bread and pie with them. We make
jams and jellies and sweets. We freeze them to eat later. We even make alcohol
from fruit. Beer comes from grains, wine comes from grapes, and some brandies
are made from plums, apricots, or other fruits.
But most of the time,
we don’t do anything special with fruits. We eat them fresh, just as they are!
57.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi bacaan
dengan tepat.
·
Soal:
What is the text about?
A.
Vitamins.
B.
Energy.
C.
Fruits.
D.
Minerals.
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan:
Bila
dibaca secara menyeluruh, maka kita dapat mengatakan bahwa teks tentang buah-buahan. Jawaban yang lainnya
sangat khusus. Dengan demikian jawaban
yang paling tepat adalah C.
58.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraph
dengan tepat.
·
Soal:
What is the main idea of the second paragraph?
A.
We make juice from fruits.
B.
People use fruits for
many things.
C.
Some beer and brandies are made of
fruits.
D.
We freeze fruits to eat whenever we
need later.
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Pertanyaan di
atas mananyakan pokok pikiran paragraph dua. Bila dibaca paragraf dua teks
diatas, jelas kalimat pertamanya merupakan pokok pkiran. Yang lainnya menjadi
kalimat penjelas. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah A.
59.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat
dalam teks dengan tepat.
·
Soal:
Which substance do we need to have a healthy digestive
system?
A.
Vitamins.
B.
Calories.
C.
Fiber.
D.
Carbohydrate.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Dari teks
diketahui bahwa yang diperlukan untuk memiliki system pencernaan yang baik
adalah dengan memakan makanan yang mengandung serat/ fibre. Dengan demikian jawaban soal ini adalah C.
60.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi pernyataan rumpang dengan informasi tersirat yang tepat.
·
Soal:
People can be fat because they eat a lot
of … .
A. sweets
B. poultry
C. cereal
D. avocado
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Dari teks
diketahui bahwa buah-buahan tidak membuat orang gemuk. Dari pilihan jawaban
soal hanya jawaban D yang termasuk buah-buahan dan dengan demikian disimpulkan
ia tidak membuat orang gemuk. Jadi jawaban yang paling tepat adalah B.
61.
· Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata kerja tertentu, siswa dapat
menentukan makna dari kata tersebut dengan tepat.
·
Soal:
“ We freeze them to eat later.” ( par.2 )
The word”freeze” in the sentence is
similar in meaning to … .
A. liquidate
B. ice
up
C. preserve
D. cool
·
Kunci jawaban: B
· Pembahasan:
Agar
makanan bisa dimakan nanti, orang menyimpan makanan itu dalam kulkas, sehingga
makanan itu dilapisi es. Dengan demikian kita bisa menebak bahwa arti freeze sama dengan ice up. Bukan yang lainnya. Jawaban B jadi yang paling tepat.
62.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan
kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat
menentukan kata yang dirujuknya dalam teks dengan tepat.
·
Soal:
“We
eat them fresh, just as they are!” (last paragraph)
The word “they” in the sentence refer to?
A.
Fruits.
B.
Jams.
C.
Jellies.
D.
Sweets.
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan:
Arti kata them dalam konteks ini adalah mereka.
tentu saja yang dimaksud adalah buah-buahan. Jadi jawaban yang tepat adalah A,
bukan yang lainnya.
Read the text to answer questions
65 to 70.
A
street sweeper was doing his
job when he came across some money lying on the ground. He decided to use it to
buy a surprise present for his little daughter. He bought a jar of honey,
rushed home and left it on the table, so that his daughter would find it as
soon as she came home from school. But, alas, it was the flies that ate the
honey.
The sweeper was so
angry that he went to ask the judge to give orders for the flies to be arrested
and condemned to death.
“You are absolutely
right,” smiled they judge, “but as you will well understand, we cannot mobilize
the army against these rascals. We shall see justice done in another way. Every
time you see a fly, strike it down. I authorize you to execute them yourself.
Furthermore, I demand personally that you do not allow even a single one of
these thieving flies to escape.”
“Yes, your honor. You
can count on me,” the sweeper assured him.
At that very moment, a
fly decided to settle on the judge’s head and the sweeper did not hesitate: he
raised his brush and brought it crashing down on the judge’s head. The guards
were about to arrest him, when the judge recovered and intervened. “Leave him
be,” he ordered, “he has taught me not to say foolish things to simpletons.”
63.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks dengan
tepat.
·
Soal:
What is the text about?
A. The
street sweeper and the judge.
B. The
flies and the rascals.
C. The
guards and their master.
D. The
court and the simpletons.
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan:
Bila
dibaca secara menyeluruh, maka kita dapat mengatakan bahwa teks di atas bercerita tentang tukang sapu jalan
dan sang hakim. Jawaban yang lainnya kurang tepat. Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah A.
64.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi pernyataan rumpang dengan pokok pikiran paragraph yang
tepat.
·
Soal:
The last paragraph of the text tells you about what the
street sweeper …
A.
did to carry out the judge’s order
B.
liked doing during his real life
C.
made to buy honey for his daughter
D.
got as a result of his bad behavior
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Pertanyaan diatas mananyakan topic paragraph. Bila dibaca
paragraf akhir teks di atas, jelas menceritakan apa yang penyapu jalan lakukan
atas perintah sang hakim. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah
A.
65.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi tersirat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks, siswa dapat
menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
What is the moral value of the story?
A.
There is no justice for foolish people.
B.
It is dangerous to talk to street
sweepers.
C.
A judge should be careful with his or
her orders.
D.
We must be careful with stupid persons
in this life.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Dari teks diketahui bahwa orang sangat menjunjung
tinggi keputusan hakim. Ucapan hakim harus jelas dan tegas hingga tidak
disalahgunakan orang. Nilai moral cerita ini diantaranya hakim semestinya
berhati-hati dengan omongannya terutama kepada orang awam. Jawaban yang cocok
untuk soal ini adalah D, sedangkan yang lainnya kurang tepat.
66.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan makna kata/frasa berdasarkan konteks kalimat ang diberikan.
·
Soal:
“Yes, your honor. You can count on me,” the sweeper assured him.
What does the phrase “count on” in the sentence mean?
A. Get
B. Ask
C. Pay
D. Trust.
·
Kunci jawaban: D
· Pembahasan:
Dari
konteks kalimat jelas bahwa makna count
on yang paling pas adalah percaya atau mengandalkan. Dengan demikian kita bisa menebak bahwa arti count on sama dengan trust. Bukan yang
lainnya. Jawaban D menjadi yang paling tepat.
67.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan
kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat
menentukan kata yang dirujuknya dengan tepat dalam teks
·
Soal:
“….so that his daughter would find it
as soon as she came home from school.”
What does the word “it” in the sentence
refer to?
A. The
money.
B. The
fly.
C. The
honey.
D. The
jar.
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan:
Arti kata it dalam konteks ini adalah dia, tentu saja yang dimaksud adalah
madu. Jadi jawaban yang tepat adalah C, bukan yang lainnya.
Read the text and answer questions 71 to 75.
Ingredients
·
4 red potatoes
·
1 tablespoon olive oil
·
1 onion, chopped
·
1 green bell pepper, seeded and chopped
·
2 tablespoons olive oil
·
1 teaspoon salt
·
3/4 teaspoon paprika
·
1/4 teaspoon ground black pepper
·
1/4 cup chopped fresh parsley
Equipment
·
Large skillet
·
Plate
·
Pot
Method
|
![]()
PREP
TIME: 20 Min
COOK
TIME: 25 Min
|
68.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran
umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan
gambaran umum isi teks yang tepat.
·
Soal:
The
text tells you about….
A. the
potatoes and their use
B. how
to make fried potatoes
C. boiling
potatoes in good ways
D. someone’s
experience in cooking
·
Kunci
jawaban: B
·
Pembahasan:
Bila
dibaca secara menyeluruh, maka kita dapat mengatakan bahwa teks di atas
bercerita tentang cara membuat kentang goreng. Dengan demikian jawaban yang
paling tepat adalah B.
69.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dalam teks untuk melengkapi
kalimat rumpang dengan tepat.
·
Soal:
The text shows that … .
A.
It takes 25 minutes to cook the food
well.
B.
You need 3 kinds of equipment to cook
the meal.
C.
You are supposed to serve the meal when
it is hot.
D.
The potatoes must be cut before they are
getting cool.
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Untuk menjawab
soal di atas, setiap jawaban harus dicek mana yang benar dan mana yang tidak
berdasarkan isi teks. Dari teks diketahui bahwa yang tidak sesuai dengan isi
teks adalah jawaban D. Jawaban lain benar menurut informasi yang ada dalam
teks Dengan demikian jawaban soal ini
adalah D.
70.
·
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi
tersirat dalam teks.
·
Indikator: Disajikan sebuah pernyataan
rumpang tentang informasi tersirat siswa dapatenetukan jawaban yang tepat untuk
melengkapinya.
·
Soal:
It takes you … minutes to try the recipe until
it is ready to be served?
A. 45
B. 40
C. 25
D. 20
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Dari teks
diketahui bahwa untuk menyiapkan resep ini perlu 20 menit sedangkan untuk
memasaknya perlu 25 menit. Jadi waktu yang diperlukan seluruhnya adalah 45
menit. Jawaban yang cocok untuk soal ini adalah A, sedangkan yang lainnya
kurang tepat.
71.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata kerja tertentu , siswa dapat
menentukan maknanya dengan tepat.
·
Soal:
“Transfer to a plate
and set aside.”
The word “transfer” in
the sentence nearly means…
A.
bring
B.
move
C.
drain
D.
take
·
Kunci jawaban: B
· Pembahasan:
Dari konteks kalimat jelas bahwa makna transfer yang paling pas adalah
memindahkan. Yang lainnya kurang tepat. Jadi jawaban B yang paling tepat.
72.
·
Kemampuan
yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat menentukan kata yang dirujuknya dengan tepat.
·
Soal:
“ Drain the potatoes and cut … when they are
already cool.”
What does the word “they” in the sentence
refer to?
A.
The
potatoes.
B.
The
cubes.
C.
The
utensils.
D.
The
ingredients.
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan:
Arti kata they dalam konteks ini adalah mereka, tentu saja yang dimaksud
adalah kentang-kentang yang sudah dibentuk segi empat. Jadi jawaban yang tepat
adalah C, bukan yang lainnya.
For questions 75 to 81 choose the best
words to complete the text.
HOW FISH SWIM
Most fish use their side,
back, and tail fins for swimming. Fins (75) … movable, fanlike parts. A fish
(76) … through the water by swinging its tail fins back and forth. A fish uses
(77) ... other fins to steer (78) ... to stop. Sometimes the other fins also
help it go fast through the water.
Most fishes have bodies
shaped like a torpedo. Their bodies are pointed at the head and at the tail.
This streamlined body helps fish speed through water. Sailfish can swim as (79)
… as 70 miles per hour (110 kilometers
per hour).
(80) … fish have unusual
shapes. Rays have flat, disc-shaped bodies. Large fins like wings go out from a
ray’s head. To swim, rays flap the fins.
Most fish also have swim
bladders. They fill their swim bladders (81) … air. Their air-filled swim
bladders act like life jackets. They keep the fish from sinking to the bottom.
73.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan bentuk to be yang tepat.
·
Soal:
A.
are
B.
were
C.
is
D.
was
·
Kunci jawaban: A
· Pembahasan:
Dari
konteks kalimat khususnya subjek kalimat berbentuk jamak (fins) maka
kemungkinan to be yang dipakai adalah
are dan were. Tapi karena yang dibicarakan suatu fakta yang merupakan
kebenaran umum (simple presen tense), maka to
be yang tepat dipakai adalah yang berbentuk simple present yaitu are. Jadi jawaban A yang paling tepat.
74.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi teks rumpang
dengan bentuk kata kerja yang tepat.
·
Soal:
A.
are moving
B.
move
C.
moved
D.
moves
|
·
Kunci jawaban: D
· Pembahasan:
Dari teks secara umum jelas tenses yang dipakai dalam
bentuk simple present tense. Demikian
juga aturan ini berlaku untuk kata kerja pada kalimat nomor ini. Karena
subjeknya orang ketiga tunggal maka jawaban yang benar adalah bentuk simple present tense dari kata kerja move yaitu moves, bukan yang lainnya. Jadi jawaban D yang
paling tepat.
75.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator: Siswa dapat melengkapi
teks rumpang dengan possesseive adjective yang tepat.
·
Soal:
A.
their
B.
its
C.
it
D.
them
|
·
Kunci jawaban: B
· Pembahasan:
Yang
diuji adalah penggunaan kata yang menunjukkan kepunyaan yang tepat dalam
kalimat. Karena yang memiliki binatang jumlahnya tunggal maka yang dipakai
adalah its, bukan yang lain. Jadi
jawaban B yang paling tepat.
76.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi teks rumpang
dengan kata penghubung setara .
· Soal:
A.
nor
B.
but
C.
and
D.
or
|
·
Kunci jawaban: C
· Pembahasan:
Yang
diuji adalah penggunaan kata penghubung antara dua kata. karena konteknya
menunjukkan adanya hubungan tambahan maka yang tepat dipakai adalah penghubung and, bukan yang lain. Jadi jawaban C
yang paling tepat.
77.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata keterangan yang tepat.
·
Soal:
A.
slowly
B.
fast
C.
hurriedly
D.
hastily
|
·
Kunci jawaban: B
· Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata keterangan yang tepat.
Dalam konteks ini keterangan yang tepat adalah dengan cepat yang memakai kata fast. Kata keterangan lainnya tidak
cocok dipakai disini. Jadi jawaban B yang paling tepat.
78.
·
Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan keterangan jumlah yang tepat.
·
Soal:
A.
Some
B.
Most
C.
All
D.
A little
|
·
Kunci jawaban: A
· Pembahasan:
Yang
diuji adalah penggunaan kata keterangan jumlah. Dalam konteks ini keterangan
yang tepat adalah beberapa (some), karena bentuk ikan yang aneh itu tidak
banyak sejauh ini. Kata
keterangan lain kurang tepat dipakai di kalimat ini. Jadi jawaban A yang paling
benar.
79.
·
Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan preposisi yang tepat.
·
Soal:
A.
in
B.
to
C.
near
D.
with
|
·
Kunci jawaban: D
· Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata preposisi. Dalam
konteks ini preposisi yang tepat adalah with.
Preposisi lainnya tidak cocok. Jadi jawaban D yang paling benar.
For questions 82
to 86 choose the best words to complete the letter.
![]() |
80.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan bentuk kata kerja yg tepat.
·
Soal:
A.
will have
B.
am having
C.
had
D.
have
|
·
Kunci jawaban: D
· Pembahasan:
Kalimat
ini ingin menyatakan apa yang orang miliki saat ini sehingga kata kerja yang
dipakai memakai bentuk simple present
tense. Jadi kata yang tepat dipakai adalah have. Jadi jawaban soal ini adalah D.
81.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi teks rumpang
dengan kata sifat yang tepat.
·
Soal:
A.
tame
B.
fierce
C.
big
D.
nice
·
Kunci jawaban: B
· Pembahasan:
Dari
kata rather dan konteks kalimat
lainnya jelas kata yang tepat di sini adalah fierce (galak). Kata sifat lain kurang cocok. Jadi jawaban B yang
paling tepat.
82.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
·
Soal:
A.
while
B.
when
C.
before
D.
After
·
Kunci jawaban: D
· Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata kteterangan waktu. Dari
konteks kalimat seharusnya dalam soal ini yang dipakai kata after. Kata lainnya tidak cocok. Jadi
jawaban D yang paling tepat.
83.
·
Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata ganti yang tepat.
·
Soal:
A.
me
B.
I
C.
we
D.
he
|
·
Kunci jawaban: A
· Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata ganti orang. Yang dibicarakan adalah si penulis sendiri. Karea
posisinya pada objek, maka bentuk kata ganti yang tepat adalah A. Jadi jawaban
A yang paling tepat.
84.
·
Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator: Siswa dapatmelengkapi teks rumpang dengan bentuk negatif yang tepat.
·
Soal:
A.
am not
B.
didn’t
C.
don’t
D.
doesn’t
|
·
Kunci jawaban: C
· Pembahasan:
Yang
diuji adalah penggunaan bentuk negatif suatu kalimat. Karena yang digunakan
pada umumnya bentuk simple past tense
dan subjek kalimatnya I, maka bentuk
negative yang tepat adalah don’t.
Yang lainnya tidak cocok. Jadi jawaban C yang paling tepat.
85.
·
Kemampuan yang diuji: Menyusun kalimat- kalimat
menjadi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan susunan kalimat- kalimat menjadi teks berbentuk
deskriptif dengan tepat.
·
Soal:
Arrange the following sentences into a good text.
1. They
therefore beathe air but cannot survive on land.
2. Whales
are sea-living mammals.
3. Some
species are very large indeed and the blue whale is the largest animal to have
lived on earth.
4. This
is up to 30 cm in thickness and serves to conserve heat and body fluids.
5. The
skin is smooth and shiny and beneath it lies a layer of fat (bubbler).
6. Superficially,
the whale looks rather like a fish, but there are important differences in its
external structure.
A.
2- 1- 3- 6- 5- 4
B.
2- 3- 1- 5- 4- 6
C.
2- 6- 3- 5- 6- 4
D.
3- 2- 6- 5- 1- 4
·
Kunci jawaban: A
· Pembahasan:
Jika
ada soal yang meminta kita menyusun kalimat menjadi teks atau paragraph, maka
ada hal-hal penting yang perlu kita perhatikan. Biasanya paragraph atau teks
disusun berdasarkan pada suatu text
organization atau bangunan teks/ paragraph yang diawali oleh kalimat utama.
Kalimat ini selanjutnya dijelaskan atau diikuti oleh
kalimat-kalimat penjelas. Untuk menunjukkan adanya hubungan antar kalimat itu
dipakailah kata-kata yang membuat kalimat-kalimat tersebut menjadi padu.
Misalnya penggunaan kata ganti, kata penghubung atau keterangan waktu atau
kata-kata yang menyatakan urutan kegiatan. Pada soal di atas bila kita pelajari
hubungan antar kalimatnya jelas kalimat 2 adalah kalimat yang dijelaskan oleh
kalimat-kalimat lainnya sehingga posisinya berada di awal. Kalimat ini
selanjutnya diikuti kalimat 1 sebagai penjelasnya. Selanjutnya diikuti kalimat
3 yang menjelaskan tentang desikripsi fisiknya. Kalimat ini selanjutnya
dijelaskan lagi oleh kalimat 6. Perhatikan hubungan kalimat 4 dan 5. Kalimat 4
seharusnya menjelaskan atau menambah informasi kalimat 5, karena itu jangan
sampai terbalik menyusunnya. Bila penyusunan dilakukan seperti petunjuk ini
bisa dipastikan bahwa susunan yang tepat untuk soal di atas adalah susunan
jawaban A.
86.
·
Kemampuan yang diuji: Menyusun kalimat-
kalimat menjadi paragraf.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan susunan kalimat- kalimat menjadi paragraf yang padu.
·
Soal:
1.
First, they are difficult to find.
2.
They are only found in a few places in
the world.
3.
Diamonds are very expensive for several
reasons.
4.
And finally, they are very beautiful.
5.
People use diamonds to cut other stones.
6.
Second, they are useful.
7.
They stay the same for millions of
years.
8.
Third, diamonds do not change.
The best arrangement to make a good paragraph is … .
A.
5- 3- 6- 2- 1- 4- 8- 7
B.
5- 3- 1- 2- 4- 6- 4- 7
C.
3- 1- 2- 6- 5- 8- 7- 4
D.
3- 2- 1- 5- 6- 4- 7- 4
·
Kunci jawaban: C
· Pembahasan:
Soal
di atas lebih mudah dari soal sebelumnya karena ada terdapat kata-kata yang
menyatakan urutan seperti first, second,
dsb. Dengan memperhatikan urutan ini
dan kalimat yang menjelaskan urutan tersebut, kita bisa menemukan jawaban yang
benar. Jawaban
yang paling tepat adalah C.
87.
·
Kemampuan yang diuji: Menyusun kata-kata
menjadi kalimat.
·
Indikator: Siswa dapat
menentukan susunan kata-kata menjadi kalimat perintah yang tepat.
·
Soal:
your – just – laptop – put – this
case – inside – slide – and – your bag – it – into
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10
11
A.
2- 4- 1- 3- 6- 5- 8- 7- 10- 11- 9
B.
4- 1- 6- 11- 3- 8- 7- 9- 10-2- 5
C.
7- 9- 11- 1- 3- 8- 2- 5- 6- 4- 10
D.
2-4- 6- 3- 1- 8- 5- 7- 11- 10- 9
·
Kunci jawaban: A
· Pembahasan:
Untuk
menjawab soal di atas, perlu terlebih dahulu memahami arti kata-katanya setelah
itu pikirkan kemungkinan pola kalimat yang dipakai. Dari kata-kata yang ada,
kalimat yang hendak dibuat adalah bentuk kalimat perintah. Dengan demikian
kalimat mestinya diwawali oleh kata kerja atau yang menerangkannya. Cara
menyusun kata-katanya dimulai dari dua kata, kemudian dari dua itu dicari lagi
kata mana yang pas untuk melengkapinya, dan seterusnya. Dalam soal ada kata and,
ini artinya ia menggabung dua kata/phrase menjadi satu. Dengan memperhatikan
cara-cara ini akan diketemukan bahwa susunan kata yang tepat untu membuat
kalimat perintah jatuh pada pilihan A.
88.
·
Kemampuan
yang diuji: Menyusun kata-kata menjadi kalimat.
·
Indikator: Siswa dapat
menentukan susunan kata-kata menjadi kalimat majemuk yang tepat.
·
Soal:
but – she – must – soon – is – Melly –
here – leave
1
2
3 4 5
6 7 8
A.
6- 7- 4- 1- 2- 5- 3- 8
B.
8- 6- 4- 1- 2- 7- 3- 5
C.
2- 5- 7- 1- 6- 3- 4- 8
D.
6- 5- 7- 1- 2- 3- 8- 4
|
·
Kunci jawaban: D
· Pembahasan:
Untuk
menjawab soal di atas, perlu terlebih dahulu memahami arti kata-katanya setelah
itu pikirkan kemungkinan pola kalimat yang dipakai. Dari kata-kata yang ada,
kalimat yang hendak dibuat adalah bentuk kalimat majemuk. Hal ini dapat
diketahui dari penggunaan kata but
dan ada dua subjek. Dengan demikian kita tinggal membuat kata-kata itu menjadi
dua bagian kalimat. Setelah dua kalimat diketahui baru kita menempatkan but diantara kedua kalimat tersebut.
Cara menyusun kata-katanya dimulai dari dua kata, kemudian dari dua itu dicari
lagi kata mana yang pas untuk melengkapinya, dan seterusnya. Jawaban yang paling tepat adalah susunan kata pada
jawaban D.
89.
·
Kemampuan
yang diuji: Menyusun kata-kata menjadi kalimat.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan susunan kata-kata menjadi kalimat komplek yang tepat.
·
Soal:
Lita – help – will – you – not
- promise - to be- anymore – if – you - naughty
1
2
3 4
5 6 7 8 9 10
11
A.
1- 3- 11- 9 - 10- 6- 5- 4- 7- 8- 2
B.
1- 6 – 2 - 4- 9 - 5- 7- 10-3-8-11
C.
1- 3 - 2- 4- 9- 10- 6- 5- 7- 11- 8
D.
1- 6 - 2- 4- 9- 6- 10- 7- 5- 11- 8
|
·
Kunci jawaban: C
· Pembahasan:
Untuk
menjawab soal di atas, perlu terlebih dahulu memahami arti kata-katanya setelah
itu pikirkan kemungkinan pola kalimat yang dipakai. Dari kata if,
bisa dipastikan bahwa kalimat yang hendak dibuat adalah bentuk kalimat komplek.
Dengan demikian kalimat mestinya diawali oleh induk kalimat diikuti oleh anak
kalimatnya. Sekarang tinggal mencari susunan kalimat induk dan susunan anak
kalimatnya. Cara menyusun kata-katanya dimulai dari dua kata, kemudian dari dua
itu dicari lagi kata mana yang pas untuk melengkapinya, dan seterusnya. Dengan
memperhatikan cara-cara ini akan diketemukan bahwa susunan kata yang tepat untu
membuat kalimat komplek diatas ada pada pilihan C.
90.
·
Kemampuan
yang diuji: Menyusun kata-kata menjadi kalimat.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan susunan kata-kata menjadi kalimat sederhana dengan
tepat.
·
Soal:
speaking -
the student - the tree - very - good at - is - under
1
2 3 4 5 6
7
A.
2
– 6 – 7- 3 – 5 – 1 - 4
B.
2
– 1 - 7 – 3 - 5 – 4 - 6
C.
2 - 7 – 3 – 6 – 4 – 5 - 1
D.
2 – 6 – 5 – 7 – 3 – 1 - 4
·
Kunci jawaban: C
· Pembahasan:
Untuk
menjawab soal di atas, perlu terlebih dahulu memahami arti kata-katanya setelah
itu pikirkan kemungkinan pola kalimat yang dipakai. Dari kata-kata yang ada,
bisa dipastikan bahwa kalimat yang hendak dibuat adalah bentuk kalimat
sederhana, bukan majemuk atau komplek. Dengan demikian kalimat mestinya diwawali oleh subjek diikuti oleh predikat
dan lain-lain bila ada. Sekarang tinggal mencari susunan kalimat sederhana
tersebut. Dengan memperhatikan cara-cara ini akan diketemukan bahwa susunan
kata yang tepat untu membuat kalimat sederhana di atas ada pada pilihan C.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar